TEKNIK MEMBUAT KUESIONER TRACER STUDY

8 04 2008

Untuk dapat mengetahui struktur jaringan komunikasi antar alumni diperlukan suatu cara tertentu pada pengumpulan data. Adapun cara pengumpulan data jaringan komunikasi adalah dengan mengajukan pertanyaan sosiometris, yaitu pertanyaan dari siapa seseorang mendapatkan informasi tertentu. Berdasarkan pengalaman, agar jaringan dapat dibuat sisiogramnya sebaiknya orang tersebut diminta untuk menunjuk paling sedikit tiga orang sumber informasi.

            Berbeda dengan survei, dimana orang yang diwawancarai biasanya hanya suatu sample dari populasi, sedang untuk pertanyaan sosiometris ini diajukan kepada semua anggota populasi; atau dengan kata lain cara sensus. Seperti telah disebut pada pendahuluan, cara ini digunakan agar jaringan-jaringan komunikasi yang ada tidak putus karena pengambilan dengan cara sampling.

            Namun demikian, untuk jumlah populasi yang terlalu besar, sensus dirasa sangat tidak efisien, serta terlalu banyak biayanya. Untuk itu, orang mengumpulkan data sosiometris dengan suatu cara yang disebut snow balling. Dari orang-orang yang telah mendapat pertanyaan-pertanyaan yang diajukan, kita mendapatkan beberapa nama. Nama-nama tersebut kita jadikan sasaran berikutnya. Demikian seterusnya.

            Secara umum, dalam kuesioner analisis jaringan tracer study terdapat tiga kelompok pertanyaan yang perlu dibuat>

 

Pertama, kelompok identitas responden

            Seperti dalam studi lain, identitas responden yang pokok meliputi identitas diri yaitu: (1) Nama, (2) Tanggal lahir/Usia, (3) kedudukan/jabatan dalam kelompok, (4) lama aktif atau berkiprah dalam kelompok/organisasi tersebut.

            Pertanyaan pertama dan kedua, jelas, memang sangat diperlukan untuk mengetahui identitas responden. Sedangkan pertanyaan ketiga dan keempat, diperlukan terutama untuk mengetahui kedudukan atau posisi yang bersangkutan dalam kelompok, selama yang bersangkutan menjadi anggota (jaringan) kelompok tersebut. Ada kalanya responden dengan jabatan pengurus kelompok tetapi kiprahnya tidak begitu tampak, meskipun masa aktifnya telah lama. Kemungkinan lain adalah responden dengan kedudukan anggota, dengan masa aktif cukup lama, tetapi memiliki pengaruh kuat- karena yang bersangkutan menjadi sumber informasi dalam kelompok kecil tersebut. Ringkasnya, yang ingin dilihat dari jawaban pertanyaan nomor 3 dan 4 adalah kedudukan riil – baik secara sosiologis (jabatan) maupun secara psikologis (kedekatan emosional terhadap anggota tim) – dari responden.

 

Kedua, kelompok pertanyaan pokok

            Yaitu pengetahuan, sikap dan perilaku yang ingin diketahui/ditelusur dari responden. Misalnya, tracer study tentang jaringan komunikasi KB, khususnya inovasi dan adopsi metode kontrasepsi modern di kecamatan X, maka pertanyaan yang diajukan dapat berkisar pada:

  1. pengetahuan responden tentang metode kontrasepsi modern.
  2. Sikap responden tentang penggunaan metode kontrasepsi modern.
  3. Perilaku responden dalam penggunaan metode kontrtasepsi modern.

Dalam istilah Bloom (1949) pengetahuan disebut ranah kognitif, sikap disebut ranah afektif dan perilaku disebut ranah psikomotor. Masing-masing ranah tersebut dapat dibuat lebih dari satu pertanyaan. Misalnya, masing-masing tiga, sehingga semuanya menjadi sembilan pertanyaan.

            Contoh lain, adalah jaringan komunikasi agama (Islam) dan tingkatan religiusitas ibu-ibu dalam sebuah kelompok pengajian. Pertanyaan pokoknya adalah: pengetahuan, sikap dan perilaku responden tentang agama Islam dan atau dalam menjalankan praktik beragama Islam. Meminjam kategori Glock dan Stark (1963 dikutip Ancok, 1987), konsep religeusitas mempunyai lima dimensi, yaitu (1) ritual involvement- peribadahan wajib, (2) ideological involvement – keyakinan, (3) intellectual involvement – pengetahuan agama, (4) experiential involvement – pengalaman agama, (5) consequential involvement – keterlibatan dalam kegiatan masyarakat.  Karena itu, pertanyaan dari masing-masing dimensi dapat berjumlah misalnya tiga buah, sehingga semuanya berjumlah 15 buah.

 

Ketiga, pertanyaan sosiometris

            Yaitu pertanyaan tentang darimana responden tersebut memperoleh informasi tertentu. Misalnya, dalam jaringan komunikasi KB di atas, pertanyaannya adalah: darimana responden mendapatkan informasi tentang metode kontrasepsi modern dalam ber-KB. Dalam jaringan komunikasi agama ibu-ibu pengajian, adalah darimana responden mendapatkan informasi tentang aktivitas keagamaan/pengajian tersebut. Orang atau anggota kelompok yang disebutkan dapat berasal dari kelompok itu maupun dari kelompok lain. Agar tidak condong keluar, dan lebih memusatkan perhatian pada anggota kelompok sendiri, pertanyaan sosiometris ini dapat diberi jawaban antara empat sampai enam pilihan.

 

Daftar Pustaka

Nazir, M. 1988. Metode Penelitian.  Ghalia Indonesia. Jakarta.

Setiawan, B. dan A. Muntaha. 2000. Metode Penelitian Komunikasi II. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. Jakarta.

About these ads

Actions

Information

59 responses

18 07 2008
Ermasyanto

Mas Urip Tolong berikan contoh kuesioner yang tidak menggiring responden kepada perspesi (jawaban tidak sangat setuju, setuju, ragu-ragu …)

18 07 2008
uripsantoso

Daftar pertanyaan dapat disusun dengan: 1) jawaban bebas, misal: Berapa lama anda mendapat pekerjaan setelah lulus?; Menurut anda, apakah ilmu yang anda diperoleh di bangku kuliah sudah mencukupi sebagai bekal bekerja?; 2) jawaban dengan pilihan yang telah ditentukan, misal: Berapa pendapatan anda setiap bulan? a. kurang dari Rp 500.000, b. antara Rp 500.000 – Rp 1.000.000,-, c) di atas Rp 1.000.000 – Rp Rp 2.000.000, d) diatas Rp 2.000.000,-; 3) jawaban setengah bebas artinya anda membuat daftar pertanyaan yang sudah ada jawabannya, tetapi juga responden diberi kesempatan menjawab yang lain. Banyak tipe-tipe pertanyaan untuk wawancara. Anda disarankan membaca lebih lanjut buku metode penelitian survei.

12 09 2008
Aulia Rahman

mas urip. saya mau melakukan penelitian tentang pengaruh penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan ibu nifas tentang vitamin A. saya gunakan metode pre-post test. dengan instrumennya adalah kuesioner. yang bikin saya bingung bagaimana membuat perhitungan untuk orang sudah mengetahui atau tidak. misalnya, kalau dia hanya menjawab 6 yang benar dari 10 pertanyaan, apakah sudah bisa disimpulkan sudah punya pengetahuan gitu? makasih sebelumnya atas masukannya.

12 09 2008
uripsantoso

Biasanya, kita punya target berapa persen dari jawaban responden yang dapat kita nilai bahwa responden sudah memahami apa yang kita sampaikan. Menurut pendapat saya untuk pemahaman paling sedikit 80% responden mampu menjawab itu sudah dapat dinyatakan bahwa re4sponden telah memahami apa yang kita sampaikan. Sekali lagi persentase ini bergantung kepada jenis kegiatan, tujuan dll. Thanks.

17 09 2008
heri

Asslm,pak tolong kirimi saya bagaimana car mengukur validitasv dan realibilitas angket tracer studi

20 01 2009
ety hendrawati

mas tolong berikan contoh quesioner untuk penelitian faktor resiko infeksi

3 03 2009
sasa

Assalamu’alaikum pak boleh minta kuesioner religiusitas y bisa pakai bt penelitian.jazakumullah

17 01 2013
ana

saya juga pengen, bingung nyari2 kuesioner religiusitas yang udah valid… ada yang bisa bantuin nggak, tolong bnget…?
email: ana.fitria.2001@gmail.com

6 03 2009
sharee

Ass.mas, saya mau tanya ada ga teori yang menyebutkan tujuan peneliti membuat pernyataan item kuesioner yang hampir sama maknanya…kalo ada kasih tw secepatnya ya..soalnya mau dipake revisi proposal skripsi..
makasih banyak mas

wass

6 03 2009
uripsantoso

Teori tentang item pertanyaan secara umum ada. Coba baca metode ilmiah sosial. thanks.

27 03 2009
melti suriya

ass..bang, ada kuesioner tentang hubungan tingkat pengetahuan dan sikap perawat terhadap prilaku cering??? atau kuesioner yang hampir sama dengan judul ini lah bang.. kalau ada ksih tau cepat ya..bang, sebelum dan sesudahnya terimaksih,,,,

1 04 2009
uripsantoso

Teknik membuat daftar pertanyaan sudah banyak bukunya. Dari contoh-contoh itu anda bisa menyusun daftar pertanyaan sesuai dengan bidang ilmu anda. thanks.

8 04 2009
heri p

Asslm, Pak Urip saya mau bertanya bagaimana cara menguji reliabilitas angket studi pelacakan alumni.trima kasih atas jawabannya.

8 04 2009
uripsantoso

Caranya tidak jauh beda dengan studi-studi lain yang sejenis. thanks.

10 04 2009
desi wijaya

mas, bisa gak aku minta tolong dikirimkan kuesioner dengan judul hubungan partisipasi dengan kepuasan pemakai dalam pengembangan sistem informasi akutansi yang berbasis komputer..makasih

10 04 2009
uripsantoso

Saya tidak punya kuesioner seperti itu. Sebenarnya anda bisa membuatnya. Untuk membuat kuesioner seseorang harus menguasai bidang kajian yang akan diteliti. thanks.

11 04 2009
rainer

pak ,bisa ngak saya minta tolong dikirimkan kuisioner dengan judul pengaruh fenomena sosial terhadap studi mahasiswa.
terimkasih . ( kalau tidak keberatan tolong balasannya juga dikirimkan keemail saya )

12 04 2009
uripsantoso

Terus terang saya tidak punya kuesioner tersebut. Yang bisa saya bantu adalah teorinya seperti yang sudah saya tulis, atau anda bisa membaca buku khusus tentang itu. Selebihnya tentu saja si pembuat kuesioner harus menguasai bidang ilmu ybs. Tanpa penguasaan bidang ilmu ybs maka tidak akan mampu membuat kuesioner yang bagus. thanks.

26 06 2009
lia

saya sedang mengerjakan skripsi dengan menggunakan kuesioner. permasalahan saya adalah saya ingin mengetahui penerapan suatu metode pada 2 tahun sebelumnya( 3 tahun termasuk dengan tahun ini) apakah dengan kuesioner dapat menjelaskan hal tersebut? ataukah kuesioner hanya berlaku untuk tahun yang bersangkutan? terimakasih…

26 06 2009
uripsantoso

Sdr. Lia, kuesioner dapat digunakan pula untuk menanyakan aktivitas sebelumnya. Misalnya anda mengambil informasi dari petani 3 bulan yang lalu sampai 3 bulan mendatang. Jika responden tidak mempunyai data, maka anda berarti menggunakan metode dengan mengandalkan daya ingat. Misalnya 3 bulan, 6 bulan atau setahun yang lalu. Ini akan lebih mudah jika responden punya data yang anda maksud. thanks.

28 06 2009
Kelik Purwandaru

wah…saya akan mencoba untuk membuat quesioner untuk action research saya pada saat ngajar….kira-2 sarannya mas urip gimana?

28 06 2009
Kelik Purwandaru

wah…saya akan mencoba untuk membuat quesioner untuk action research saya pada saat ngajar….kira-2 sarannya mas urip gimana?=purwa_ndaru@yahoo.com

28 06 2009
uripsantoso

penyusunan kuisioner tentu saja bergantung kepada judul riset anda, sdr Kelik.

3 01 2012
afdhal

KUISIONER PERSEPSI MASYARAKAT
CONTOH PERTANTAANNYA

11 09 2009
Dwi Prihanto

ikut singgah tuk pelajari teknik pembuatan angket. trimakasih

11 09 2009
uripsantoso

Silahkan dwi p.

14 10 2009
Sania Zahra

Mngkin ini sdkit mnyimpang, tp sy harap pak urip membantu sy. Sy mw tanya ttg perbedaan teknik pengumpulan data kuesioner, wawancara, dan observasi. Sy membuat prposal penelitian ttg metode pencatatan sebuah supermarket. Tolong beri contoh masing2 teknik pengumpulan data tersebut? Terimakasih

14 10 2009
uripsantoso

kuesioner atinya data dikumpulkan melalui daftar pertanyaan yang telah disiapkan; wawancara artinya data dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan responden; observasi adalah pengumpulan data melalui pengamatan langsung oleh peneliti. tq.

31 10 2009
Mini AMINIH

Pak urip bz ta tlong d bkin kan quisioner jdul proposalq(hubungan pengetahuan dan sikap perawat terhadap penerapan sop d rmhskt

31 10 2009
uripsantoso

Sdr Mini untuk membuat kuisioner, seseorang harus menguasai bidang ilmu yang akan dikaji. Pada dasarnya membuat kuisioner tahapannya telah banyak dibahas di dunia kuliah S1 khususnya mereka yang belajar ilmu sosial. Jadi saya yakin anda lebih kompeten.

18 04 2010
anna

pak uri,bgaimana cra menghitung reliabilitas angket?ap memakai rumus alpha?bs dikatakan reliabel kl r nya lebih dari berapa?trimksh

27 05 2010
elly agustiani

P. urip, saya dan tim akan mengadakan pendampingan melalui transfer knowledge tentang IT &computer atau management & acounting dll kepada usaha kecil menengah (UKM) di daerah Jatim, sebelum pelaksanaan pendampingan tersebut apakah lebih baik kami melakukan tracer study untuk mengetahui kebenaran kebutuhan UKM misal, ada 5 UKM butuh pendampingan IT & computer dan 10 UKM yang butuh pendampingan management & acounting. Trimakasih atas perhatiannya

2 06 2010
uripsantoso

Akan lebih baik begitu, tetapi mungkin bergantung pula kepada ketersediaan dana.

6 07 2010
alex

mas urip, apakah ada cara menentukan jumlah pertanyaan dalam kuisioner ? kalo ada cara apa saja ? terimakasih ats perhatiannya

7 07 2010
uripsantoso

Alex, jumlah pertanyaan itu bergantung kepada teknik pendekatan untuk mendapatkan satu informasi, misalnya informasi tentang banyaknya pendapatan. Anda dapat langsung bertanya: “Berapa pendapatan Anda setiap bulan?” Tapi kadang kala responden merahasiakan, maka kita dapat membuat pertanyaan-pertanyaan tidak langsung. Jika ini yang Anda pilih, maka Anda nantinya harus menghitung pendapatan responden dari informasi yang Anda peroleh. Tentu saja ini perlu beberapa pertanyaan. Anda kalang kala tidak bisa menanyakan secara langsung pendapatan petani per bulannya. Bukan karena mereka merahasiakan, tapi karena mereka tidak tahu. Dalam kasus ini Anda harus mendekatinya secara tidak langsung. Misalnya: 1) Apa usaha utama Bapak? Misalnya petani menjawab: bersawah; 2) Berapa kali dalam setahun Bapak menanam padi?. Misalnya dijawab 3 kali; 3) Berapa pikul padi Bapak hasilkan sekali panen?; 4) Berapa harga padi per pikulnya?; 5) Apakah Bapak mempunyai usaha sampingan? dst….

7 07 2010
uripsantoso

Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan fermentasi. Yang perlu dicek adalah apakah fermentasi yang Anda lakukan berhasil? Untuk mengetahuinya tentu saja Anda harus analisis zat gizi sebelum dan sesudah difermentasi. Tanpa analisis Anda hanya akan meraba-raba saja.

30 09 2010
Linda

saya pengen tau, perbedaan kuesioner terbuka dan tertutup..
serta contohnya..terimakasih..

31 10 2010
31 10 2010
28 11 2010
ita

mas, saya minta tolong dong kasi contohnya kuesioner tentang pengetahuan kesehatan mata dan sikap terhadap damapk PS pd penglihatan…
thx

28 11 2010
uripsantoso

Sdri Ita paper yang saya tulis ini bisa dijadikan acuan untuk membuat kuesioner. tq.

28 11 2010
ita

mas, saya minta tolong dong kasi contohnya kuesioner tentang pengetahuan kesehatan mata dan sikap terhadap dampak PS pd penglihatan…
thx

2 12 2010
Penanganan Sampah untuk Menuju Kota Bersih dan Sehat « Blog Archive « indraarsip

[...] TEKNIK MEMBUAT KUESIONER TRACER STUDY [...]

6 12 2010
Dacia Galvan

I’d have to check with you on this. Which is not something I typically do! I enjoy reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to comment!

6 01 2011
Nurrochim

Ass. Wr. Wb,
Pak Urip Yth.
Saya seorang dosen muda di salah satu akademi swasta di Surakarta yang bukan pada home base saya, tetapi belum tahu tentang tri dharma perguruan tinggi, dan sekarang saya sudah agak sadar bahwa tugas dosen tidak hanya mengajar, tetapi kok saya belummengerti sama sekali tentang penelitian dan pengabdian masyarakat. mohon dukungan dan saran, darimana saya harus memulainya. Pernah saya coba untuk meneliti penggunaan internet pada mahasiswa untukj penunjang belajar (kebetulan sambungan interrnet di kampuskamibaru) tapi baru sebatas gagasan saya masih belum ada gambaran untuk memulainya. Pak Urip yth. sekali lagi mohon saran dan masukannya, kalau perlu quisioner, bila diijinkan saya mohon contoh quisioner untuk penelitian tersebut. Terima kasih dan mohon maaf kalau tidak berkenan atau dianggap curhat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

6 01 2011
uripsantoso

Pak Nurrochim, tugas dosen adalah tridharma PT, yaitu pendidikan & pengajaran, pengembangan ilmu dan pengabdian pada masyarakat. Ketiga merupakan kegiatan terpadu. Di blog ini ada contoh proposal, ada artikel bagaimana membuat proposal. Langkah pertama membuat proposal adalah menggali ide, pilihlah ide yang terbaik, lalu buatlah membuat proposal. Mungkin Anda bisa mengajukan proposal di PT dimana Anda bekerja. Diskusikan dengan teman-teman sebidang ilmu, sehingga ide-ide penelitian akan terungkap banyak. tq

31 01 2011
Designer

Thanks.. atas bantuannya dalam mengerjakan tugas

29 03 2011
ridwan bin sah

met kenalan mas urip,,mas ane mau penelitian tapi ane bingung dalam membuat angket,,,judul penelitianx,,,pengaruh metode demonstrasi terhadap daya serap siswa kelas VII pada mata pelajaran fiqih di MTs,,,tolong ane mas,,,makasih sebelumnya

29 03 2011
uripsantoso

Ridwan, pertama tentukan varabel yang diukur. Kedua, definisikan varabel secara operasional. Ketiga, tentukan item pertanyaan. Jadilah angketnya! tks.

15 04 2011
sartika supardi

pusing kak……. gi mana sich memahami ,cara pembuatan kuesioner itu bagaimana …….????? masalahnya waktu kuliah dulu sering maen2 pas mata kuliah metode penelitian, jadinya pasmau turun meneliti,,, bingung,,,,,,, plisssss tolong ada solusinya ngga’ kak…..

16 04 2011
uripsantoso

sdr sartika membuat daftar pertanyaan memang gamgang-gampang susah he5X. Satu-satunya jalan adalah latihan terus..

20 05 2011
pulsa murah

saya lagi cari referensi contoh kuesioner dengn metode ahp,ada yg punya ga?klo ada tolong dong di kirim ke email saya

11 07 2011
elyank
20 07 2011
designer bags

this is a fabulous idea to use the fabrics as sentiments on buttons.

12 12 2011
ma'ruful musthofa

Assalamualaikum,
mas, saya ingin melakukan quesioner mengenai kinerja lembaga dakwah kampus selama satu tahun kepengurusan, kinerja yang dilakukan sudah efektif atau belumnya dalam memberikan pelayanan dan syiar kepada mahasiswa di kampus saya, kira2 contoh kriteria2 pertanyaannya seperti apa saja ya, makasih.

31 08 2012
niya

Mas….kalau kuesioner mengenai kegemaran membaca cerpen kira2 pertanyaan bgaimana??trus buku sumber yang relevan pa ya?mnta bntuanx ya mas..trimakasih

1 09 2012
uripsantoso

Maaf, yang tahu tentu saja mereka yang bidang ilmunya sastra atau yang sejenis. Pertanyaan tergantung pada judul/topik penelitian dan variabel yang diukur. Yang jelas, proses penyusunan kuesioner itu seperti yang telah saya jelaskan. Tks.

15 05 2013
resepmu

dl aku juga pernah nyebar kuisioner. gampang2 sulit deh

16 05 2013
uripsantoso

Betul sekali resepmu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: