Teleportasi Sebuah Teknologi Masa Depan

19 03 2013

Teleportasi adalah suatu teknik pemindahan materi atau benda secara langsung  dalam waktu sekejap ke tempat yang berbeda. Teleportasi memiliki arti pemindahan sesuatu (materi) dari satu titik ke titik lain melalui sebuah proses penguraian dan pengembalian kembali susunan dari sesuatu tersebut. Teleportasi, dalam arti harfiahnya adalah perpindahan dari suatu benda, objek, ataupun manusia dari satu tempat ke tempat lain yang berbeda dalam waktu yang relatif singkat, atau instan.dalam kecepatan cahaya. Teleportasi adalah proses untuk menguraikan sebuah objek menjadi atom dan menyusunnya kembali di tempat lain.

Sudah tidak asing bagi kita semua tentang sihir seperti santet dan sejenisnya yang dapat memindahkan berbagai benda ke dalam tubuh manusia dari tempat jauh. Kita juga sering mendengar atau melihat acara di TV bagaimana seseorang mampu mengobati orang lain dari jarak jauh. Praktek penyembuhan jarak jauh sudah lazim di Indonesia, meskipun ini antara percaya dan tidak. Bahkan kadang terbetik berita seseorang mampu mengambil benda-benda dalam tubuh seseorang tanpa melalui operasi. Kita juga sering mendengar cerita bahwa seseorang (kyai) atau wali yang shalat di Mekah setiap 5 waktu. Atau kita juga mungkin mendengar bagaimana orang-orang sakti (dalam cerita silat) mampu pindah dalam waktu sekejap ke tempat lain. Bahkan konon tokoh sakti itu bisa berada di beberapa tempat sekaligus. Sebuah cerita yang dianggap mustahil, tahayul, mistis atau ngayawara.

Apakah peristiwa di atas termasuk dalam teleportasi? Jika benar, berarti teleportasi itu mungkin dapat dibuktikan secara ilmiah.

Dalam Al Qur’an fenomena teleportasi juga dijelaskan dalam Surat  An Naml 38-40.

Berkata Sulaiman: “Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri”, Berkata ‘Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin: “Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya”, Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari AI Kitab : “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip”. Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: “Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). Dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia“.

Dari ayat di atas dijelaskan bahwa terdapat 2 macam metode untuk memindahkan tahta Ratu Bilqis. Yang pertama, teknologi dari bangsa jin yang dapat memindahkan singgasana tersebut dalam waktu singkat, yang digambarkan ‘sebelum Nabi Sulaiman as berdiri dari tempat duduknya’. Yang kedua adalah teknologi dari seseorang yang memiliki ilmu dari Al Kitab (apakah itu Kitab terdahulu dalam hal ini Zabur dan Taurat, atau kitab Ilmu pengetahuan dan teknologi yang mereka kuasai saat itu). Ia mampu memindahkan singgasana dengan hitungan waktu yang lebih cepat dari tawaran jin, yaitu dalam waktu sekejap yang digambarkan sebelum mata Nabi Sulaiman as berkedip.

Beberapa contoh fenomena yang mungkin termasuk dalam kategori teleportasidi Al Qur’an antara lain

1.Peristiwa “al Maidah” permintaan Nabi Isa as kepada Allah SwT (QS. Al Maidah 5 ayat 114-115),
2.Peristiwa “al Maidah” Maryam binti Imron, ibunda Isa as yang kedapatan makanan di mihrabnya saat Zakariya as mengetahui keberadaan makanan tersebut (QS.Ali Imron 3 ayat 37),
3.Peristiwa perjalanan Sulaiman as dengan menggunakan angin (QS.Saba 34 ayat 12),
4.Peristiwa teleportasi Isa as ke suatu tempat yang hanya Allah tahu (QS. An Nisa 4 ayat 158 – 159),
5.Peristiwa Isra’ dan Mi’raj nya Rasulullah Muhammad SAW (QS. Isra 17 ayat 1).

 

Kini manusia mulai mencoba mewujudkan mimpinya. Pada tahun 1993,fisikawan Charles Bennet menyatakan bahwa bahwa teleportasi kuantum adalah mungkin, tapi hanya jika objek asli yang dipindahkan dihancurkan. Pada tahun 1998, ahli fisika di California Institute of technology (Caltech) sukses men-teleportasikan photon, partikel energi yang dalam cahaya. Grup Caltech berhasil membaca struktur atom dari photon, mengirimkan informasi ini melewati 3,28 kaki (kira-kira 1 meter) kabel koaksial dan menciptakan replikanya. Sesuai perkiraan, photon asli tidak lagi eksis setelah replika dibuat.Pada Juni 2002, seorang ahli fisika Australia, Ping Koy Lam, melakukan teleportasi sinar leser. Sinar leser yang terdiri atas miliyaran foton  oleh Lam diukur kecepatan pertikel, bentuk, dan polarisasinya, untuk kemudian dibentuk ulang menggunakan sekumpulan foton di tempat lain. Lam meramalkan bahwa lima tahun ke depan, seseorang bisa melakukan teleportasi atom atau molekul.

Richard Feyman membuktikan bahwa suatu partikel masih dapat dipindahkan menembus batas dinding partikel tanpa mengalami kerusakan. Demikian juga temuan Dr Ivan Geiver (pemenang Nobel Fisika) dari Amerika semakin menguatkan khazanah ilmu kuantum ini. Temuan Feyman dan Geiver ini memberikan pengertian  bahwa teleportasiadalah rasional. Begitu pula dengan Isra’ Mi’raj. Jika seseorang sudah dapat melakukan suatu perlakuan khusus terhadap dirinya sampai batas energi ambang, maka orang tersebut memungkinkan mengalami derajat emanasi, eksitasi, atau kuantum. Sama persis dengan energi ambang yang dibutuhkan suatu logam untuk dapat melakukan kuantum.

Teknologi teleportasi seperti yang terjadi pada zaman Sulaiman mungkin masih jauh untuk bisa digapai tapi hal ini tidaklah mustahil jika nantinya akan terwujud. Setidak-tidaknya hasil riset saat ini membuktikan bahwa teleportasi itu mungkin bisa diwujudkan di masa yang akan datang.

Bahan Bacaan

1)      http://abinehisyam.wordpress.com/2012/05/21/al-quran-berbicara-tentang-teleportasi/

2)      http://iwanblog.wordpress.com/2012/12/18/teknologi-teleportasi-di-jaman-nabi-sulaiman/

3)      http://jalu-pangna.blogspot.com/2012/12/fisik-dan-metafisik-teori-kuantum.html

About these ads

Actions

Information

8 responses

19 03 2013
osly rachman

Subhanallah… tulisan yg sangat menarik Prof., mohon share. Terima kasih

19 03 2013
uripsantoso

Thanks sdr Osly, saat ini para fisikawan sedang meneliti topik ini. Jika berhasil maka transportasi konvensional akan kurang diperlukan lagi atau kebutuhan transportasi konvensional menjadi lebih sedikit. Mungkin ini bisa mengurangi biaya untuk transportasi. Tks.

19 03 2013
osly rachman

Membaca tulisan ini say jadi ingat peristiwa Raja Daqyanus ( ± 200 M), menyembah berhala. Ia memburu pemuda Ashab Al Kahfi dan kawan2nya karena beriman kepada Allah swt. Pemuda2 itu, atas kuasa Allah disembunyi dalam gua selama 309 tahun. Mungkin ini termasuk juga dalam kategori teleportasidi ke masa depan seperti firmanNya dlm Al Qur’an pada QS Al Kahfi ayat 25 dan ayat 18. Tulisan ini semakin memperkokoh keyakinan kita akan ayat2 Al Quran…

19 03 2013
uripsantoso

Betul. Saya pikir itu juga fenomena teleportasi. Ayat-ayat Al Qur’an satu demi satu terbukti kebenarannya. Ini memang janji Allah bahwa Allah akan memperlihatkan tanda-tanda kekuasaan-Nya sebagai bentuk kasih sayang-Nya kepada makhluk-Nya. Sayang tidak semua manusia mengakui secara jujur meski dalam hatinya mengakuinya. Tks

20 03 2013
hendra apiko

sungguh menarik pak tulisan ini, ternyata dengan teknologi, kita diberikan petunjuk oleh allah agar dapat melihat semua kekuasaan ny, sehingga kita lebih yakin sdan percaya hanya kepada allah, bukan yg lain..

20 03 2013
uripsantoso

Benar sekali Hendra

15 05 2013
lpsp

terimakasih pak atas artikelnya yang sangat bermanfaat ..

16 05 2013
uripsantoso

Tks atas kunjungannya lpsp.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: