Penyusunan Pendahuluan pada Proposal Penelitian Peternakan

6 02 2013

Oleh: Urip Santoso

Kesulitan menyusun latar belakang penelitian tidak hanya milik para siswa dan mahasiswa, tetapi juga menimpa para guru dan dosen serta para peneliti di seantaro jagat raya. Kalau kita baca latar belakang berbagai skripsi, tesis, disertasi atau karya ilmiah ataupun proposal penelitian, pasti akan dijumpai pada sebagian karya itu yang latar belakangnya  berputar-putar tidak karuan. Akibatnya pembaca menjadi stress dan kurang tertarik untuk membaca lebih lanjut.

Padahal, latar belakang hendaknya langsung saja pada pokok permasalahan yang akan diuraikan/diteliti. Jadi, pada paragraph pertama hendaknya penulis langsung menulis apa  sesungguhnya pokok permasalahan penelitian yang hendak diangkat, dan apa pentingnya (urgensinya) masalah tersebut sehingga diangkat untuk diteliti. Tentu saja pernyataan ini harus didukung oleh data, fakta, informasi hasil penelitian sebelumnya. Disini juga diuraikan titik-titik lemah/kekurangan pada penelitian sebelumnya.

Pada paragraph kedua, nyatakan alternatif pemecahan masalah. Nyatakan kelebihan alternatif pemecahan masalah itu dibandingkan dengan alternatif-alternatif pemecahan yang sudah dikemukakan oleh peneliti lain. Disini Anda sekaligus menguraikan apa sebab alternatif tersebut dipilih. Uraian ini juga harus didukung oleh hasil-hasil penelitian sebelumnya. Tanpa data, fakta dan informasi yang dibutuhkan, maka argumentasi Anda akan lemah.

Baru kemudian pada paragraph ketiga uraikan hasil-hasil penelitian yang sudah diterbitkan mengenai  alternatif pemecahan yang Anda pilih beserta justifikasi metode penelitian yang akan Anda gunakan. Jika Anda memilih daun katuk untuk menurunkan deposisi lemak misalnya, maka sajikan hasil-hasil penelitian tentang daun katuk yang sudah ada dan uraikan justifikasi metode yang Anda pilih. Ini penting untuk menentukan posisi penelitian Anda dalam khasanah ilmiah dan sekaligus  sebagai landasan penetapan metode penelitian seperti misalnya perlakuan yang akan diteliti, hipotesis, rancangan percobaan yang dipilih dll.

Setelah itu diparagraf keempat Anda uraikan hipotesis (jika ada), tujuan peneliti, dan manfaat penelitian (jika diperlukan).

Sederhana bukan?

Hal yang tampaknya sederhana ini, nyatanya tidak semua peneliti mampu menyusun proposal  penelitian yang baik. Hal ini memerlukan banyak latihan, dan tidak putus asa terhadap kegagalan yang  menimpa dirinya.

Contoh Kasus pada Peternakan

1)      Penggunaan limbah. Jika Anda bermaksud membuat proposal penelitian tentang pemanfaatan limbah bagi ternak, maka Anda dapat mengajukan masalah penelitian sbb.: a) kemukakan tingginya biaya produksi; b) biaya pakan menempati 60-70% biaya produksi.  Kemukakan pemecahan masalah dengan: a) bahan pakan yang banyak tersedia, mudah diperoleh dan murah; b) komposisi gizi yang sebanding dengan bahan pakan/beberapa bahan pakan yang akan digantikan. Setelah itu, uraikan justifikasi metode penelitian dengan cara mengemukakan hasil-hasil penelitian sebelumnya.

2)      Probiotik. Disini Anda dapat mengemukakan masalah tentang: a) penggunaaan antibiotika sintetik akan teresidu dalam produk ternak; b) antibiotic sintetik dapat menyebabkan resistensi mikrobia pathogen terhadap antibiotic itu; c) tuntutan konsumen terhadap produk ternak yang bebas antibiotic dan senyawa kimia sintetik lainnya. Pemecahannya: a) pilih probiotik yang mampu menyeimbangkan flora dan fauna dalam saluran pencernaan; b) pilih probiotik yang dapat menggantikan antibiotika. Setelah itu, uraikan justifikasi metode penelitian dengan cara mengemukakan hasil-hasil penelitian sebelumnya.

3)      Tumbuhan obat. Kemukakan masalah penelitian seperti yang tersebut pada point 2, Cuma pada pemecahannya adalah sbb: a) tumbuhan obat yang diduga mampu menggantikan fungsi antibiotika; b) senyawa aktif yang ada dalam tumbuhan obat terpilih yang diduga dapat menggantikan antibiotika. Setelah itu, uraikan justifikasi metode penelitian dengan cara mengemukakan hasil-hasil penelitian sebelumnya.

4)      Kualitas karkas. Kemukakan masalah misalnya: a) adanya masalah dalam mutu produk seperti misalnya bau yang amis, rasa yang kurang enak, warna produk yang kurang disukai, tebal kerabang yang tipis dll; b) tuntutan konsumen terhadap mutu produk.  Pemecahannya: a) pilih bahan pakan yang berpotensi memperbaiki mutu karkas; b) kemukakan senyawa aktif yang berperan. Setelah itu, uraikan justifikasi metode penelitian dengan cara mengemukakan hasil-hasil penelitian sebelumnya.

5)      Performans produksi. Kemukakan masalah performans produksi yang terjadi, misalnya: a)  produksi yang rendah/belum optimal/masih dapat ditingkatkan, efisiensi penggunaan pakan yang rendah/belum optimal dll; b) tuntutan konsumen pada berat tertentu; c) tuntutan peternak yang menghendaki proses produksi yang lebih efisien.  Kemukakan alternatif pemecahan masalah dengan mengemukakan justifikasinya mengapa itu yang dipilih. Setelah itu, uraikan justifikasi metode penelitian dengan cara mengemukakan hasil-hasil penelitian sebelumnya.

6) Deposisi lemak. Kemukakan masalah lemak yang ada, misalnya: a) tuntutan konsumen yang menghendaki produk rendah lemak; b) tingginya deposisi lemak; c) bahaya mengkonsumsi produk berlemak tinggi, dll. Kemukakan alternatif pemecahan masalah, misalnya: a) feed additive, b) bahan pakan, c) tumbuhan obat, dll. Setelah itu, uraikan justifikasi metode penelitian dengan cara mengemukakan hasil-hasil penelitian sebelumnya.

Jadi, intisari dari latar belakang penelitian adalah masalah penelitian, urgensi penelitian, alternative pemecahan masalah, justifikasi pemilihan alternative pemecahan masalah, dasar penentuan metode penelitian, hipotesis, tujuan dan manfaat penelitian.

Semoga bermanfaat!

About these ads

Actions

Information

5 responses

19 02 2013
angga sinaga tea

terimakasih atas info dan tip2 nya pak, semoga dengan membaca ini bisa bermanfaat buat saya. dan memperlancar pembuatan proposal saya

19 02 2013
uripsantoso

Insya Allah Angga Sinaga. Sukses slalu. Tks

6 10 2013
faisal ae lah

thanks so much ,sir, ,
md2han dpt membantu,,

28 12 2013
Inndaach'or-iin Viillha Davied

makasih pak susanto

21 03 2014
SYawal Lete

Hatur Nuhun Pisan,,, sangat membantu,….:-D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: