Hubungan Akhlaq dan Ibadah

1 02 2013

Kalau kita amati kehidupan sehari-hari, banyak terjadi paradoks. Banyak orang rajin shalat ke masjid tapi perilaku dalam kehidupan sehari-hari kurang terpuji. Banyak orang yang puasa, baik yang wajib maupun yang sunah, tapi tidak mau berinfak. Tiba waktu shalat mereka bergegas menunaikannya, tapi korupsi jalan terus.

Mengapa ini terjadi? Banyak sebab! Ada yang beranggapan antara ibadah dan urusan dunia terpisah sama sekali. Nah, mereka yang berpendapat seperti ini jelas tersesat. Ada juga yang tidak tahu makna ibadah-ibadah yang dilakukannya, sehingga bacaan-bacaan dalam ibadah tidak membekas dalam kehidupan sehari-hari. Ada juga yang paham semuanya itu, tetapi tidak mampu menahan diri dari godaan dunia yang serba gemerlap.

Seharusnya antara ibadah dan akhlaq itu tidak terpisah. Mereka ibarat dua sisi mata uang, yang tidak terpisahkan. Rasulullah sendiri bersabda bahwa ia diutus untuk memperbaiki akhlaq manusia. Bagaimana akhlaq kepada Allah swt, kepada Rasulullah, kepada kedua orang tua, kepada sesama muslim, kepada lingkungan dll.

Mari kita simak tujuan shalat, yaitu bahwa shalat itu mencegah kepada perbuatan keji dan munkar. Tujuan puasa adalah agar menjadi orang bertaqwa, ikhlas, dermawan dll. Semua ibadah bertujuan untuk memperbaiki akhlaq. Jika kita pelajari Al Qur’an mengenai akhlaq dan ibadah, maka mereka selalu terkait satu sama lainnya. Oleh sebab itu, mereka yang rajin beribadah tapi berakhlaq buruk maka ibadahnya akan sia-sia.

Dalam kehidupan sehari-hari banyak orang yang berakhlaq mulia, tapi tidak rajin beribadah. Apakah ini lebih baik? Tidak! Mungkin mereka dinilai berakhlaq mulia bagi sesama, tetapi mereka yang tidak beribadah berarti berakhlaq buruk terhadap Allah swt dan Rasulullah. Mereka tidak mentaati perintah Allah dan Rasulullah, bagaimana mungkin bisa dikatakan berakhlaq mulia. Semua amalannya menjadi sia-sia.

About these ads

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: