Apa Tugas dan Peran Mahasiswa?

24 12 2012

Pernahkah Anda sebagai mahasiswa bertanya apakah sesungguhnya tugas mahasiswa? Tugas utama mahasiswa yaitu belajar secara total sesuai dengan bidang ilmu yang dipilihnya, karena diharapkan mahasiswa itu mempunyai wawasan yang luas dan jauh ke depan (khususnya bagi mahasiswa S1). Dengan bekal wawasan yang luas itu diharapkan mahasiswa ketika bekerja mampu mengembangkan diri lebih cepat jika dibandingkan dengan tamatan SMA. Jika mahasiswa itu memutuskan berwirausaha, maka bekal tersebutt akan mampu membuat mahasiswa itu menjadi wirausahawan yang handal. Jika mereka menjadi ilmuwan, maka mereka akan menjadi ilmuwan yang handal pula.

Mungkin ada diantara mahasiswa yang beranggapan bahwa belajar itu hanya terkait dengan materi yang diberikan oleh dosen dalam pertemuan tatap muka. Anggapan ini tentu saja menyesatkan, sebab materi yang diberikan oleh dosen dalam tatap muka – kegiatan kurikuler/kuliah – hanya memberikan bekal sebesar 15-20% bagi mahasiswa untuk terjun ke masyarakat. Materi dosen hanya sebagai pemicu bagi mahasiswa untuk belajar lebih lanjut dengan mengunjungi perpustakaan baik yang konvensional maupun yang digital, berkonsultasi dengan dosen di luar kuliah, diskusi sesama mahasiswa dan kemudian mempraktekkannya dalam skala ujicoba. Sebagai contoh, seorang mahasiswa peternakan yang telah mendapat materi manajemen unggas dan produksi unggas, maka mereka seyogyanya mempelajari lebih mendalam dan kemudian mempraktekkan pengetahuannya dalam bentuk usaha ayam misalnya, meskipun baru dalam skala kecil. Ini juga merupakan bentuk belajar bagi mahasiswa. Sekarang ini ada program Dikti untuk mahasiswa baik Program Kreativitas Mahasiswa, program Kewirausahaan bagi Mahasiswa dll. Sangat disayangkan hanya sedikit mahasiswa yang memanfaatkan program ini. Contoh lain, mahasiswa Bahasa Inggris bisa mencoba mempraktekkan pengetahuannya dengan lebih lanjut banyak membaca, menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris. Masih banyak contoh lain bukan?

Selain mencoba mendalami dan mengaplikasikan materi kuliah yang disampaikan oleh dosen, mahasiswa juga mempunyai tugas lain yang tidak kalah pentingnya, yaitu mengamati dan mengkritisi apa yang terjadi di masyarakat, baik itu masyarakat kampus maupun masyarakat umum. Mahasiswa bisa mengamati dan mengkritisi kebijakan yang diambil oleh kampus, tindakan dosen dan staf karyawan. Mahasiswa yang mempunyai perhatian dalam hal ini adalah mahasiswa yang sangat peduli terhadap kemajuan kampusnya. Mereka tidak ingin ada kebijakan dan justru membawa kampus ke dalam keterpurukan. Untuk bisa menerapkan hal ini, mka mahasiswa harus aktif dalam organisasi kampus. Hal ini harus dilakukan agar saran dan kritik mahasiswa diperhatikan oleh kampus. Banyak kampus yang menjadi besar karena dosen, pimpinan, karyawan dan mahasiswa bahu membahu memikirkan dan menerapkan kebijakan yang tepat sasaran, dan sebaliknya banyak kampus yang kurang maju dan tetap di tempat dikarenakan tidak adanya sinergitas diantara semua pelaku dan pengguna di kampus.

Mahasiswa juga sangat diharapkan untuk mengamati dan mengkritisi apa yang terjadi di masyarakat luas. Era reformasi misalnya, merupakan kepedulian mahasiswa terhadap jalannya pemerintah era Soeharto. Sayangnya, era reformasi berjalan tidak sebagaimana yang diharapkan. Mahasiswa juga bisa menjadi pendamping bagi kemajuan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Melalui KKN dan bakti sosial, mahasiswa dapat berperan sebagai pendamping, penyuluh dan agen perubahan di masyarakat. Oleh sebab itu, KKN dan bakti sosial harus direncanakan secara matang dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Peran mahasiswa sebagai pengawas berbagai kebijakan pemerintah juga tidak usah diragukan lagi. Melalui organisasi kemahasiswaan mereka telah mampu mengontrol kampus, pemerintah dan masyarakat luas.

Selain itu mahasiswa perlu mengembangkan jiwa kreativitas. Caranya dengan menghasilkan karya-karya ilmiah berbobot baik melalui penelitian, kajian maupun telaah pustaka. Dikti telah mewadahi hal ini, yaitu dengan mengembangkan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PKM yang dirilis oleh Dikti itu berupa kegiatan penelitian, pengabdian pada masyarakat, kewirausahaan, penulisan karya ilmiah. Disamping itu, Dikti juga setiap tahunnya mengadakan lomba penulisan karya ilmiah bagi mahasiswa. Selain Dikti, Perguruan tinggi setempat juga mengadakan program-program serupa bagi mahasiswa. Dengan melakukan semuannya di atas diharapkan mahasiswa menjadi insan yang mempunyai daya kritis yang tinggi, kreatif, inovatif, bermoral dan mempunyai sifat-sifat terpuji lainnya, memiliki keinsafan tanggung jawab atas kesejahteraan masyarakat, cakap dan mandiri dalam memelihara dan memajukan ilmu pengetahuan serta cakap memangku jabatan atau pekerjaan di masyarakat.

Mahasiswa diharapkan menjadi insan tangguh, berdaya saing dan berakhlak mulia. Mahasiswa juga diharapkan sebagai penjaga nilai-nilai di masyarakat bukan sebaliknya. Mahasiswa diharapkan sebagai agen motivator, yaitu menumbuhkan semangat berprestasi. Mahasiswa juga mempunyai kewajiban transfer ipteks ke masyarakat. Mahasiswa juga harus mampu membuat terobosan bagi kemajuan kampus, daerah dan negara dan  berpikir secara logis dan universal (tidak terkotak-kotak dalam kelompok, suku atau lainnya).

Saya sangat berharap mahasiswa saya belajar keras demi untuk masa depannya, masa depan orang lain, masa depan masyarakat dimana mereka tinggal dan beraktivitas dan masa depan negara dan bangsa. Semua aktivitas itu harus dilakukan berlandaskan iman dan taqwa kepada Allah swt.

About these ads

Actions

Information

5 responses

27 12 2012
eka saputri

eka saputri
saya setuju dengan artikel ini, mahasiswa harus bisa berwirausaha, mendalami dan menjalankan materi yang diberikan dan selalu berfikir kritis serta menganalisis semua permasalahan yang terjadi. so mahasiswa wajib membaca artikel ini agar mulai mengingat fungsi dan peran sebagai mahasiwa

27 12 2012
muhammad nur syahid

memeng benar peranan mahasiswa sangat penting, oleh sebab iti sebaiknya para mahasiswa membaca artikel yang bagus ini supaya mahasiswa tersadar dengan tugas utamanya yaitu tri darma.
tapi disini bimbingan dosen sangat di perlukan agar kegiatan yang di lakukan berjalan dengan baik.salah satunya yaitu pengembangan program yang di adakan seperti PKM.

29 12 2012
maharani

maharani.. artikel yg sangat baik untuk para mahasiswa,, mahasiswa harus dapat melakukan tugasnya dg baik sebagai mahasiswa…

30 12 2012
Dewi Puspitasari ( E1C011090 )

amin pak , semoga kita semua menjadi mahasiswa yang di harapkan, mempunyai wawasan yang luas,bisa mentransfer ilmu nya dan di terapkan di masyarakat , selain itu mahasiswa juga di tuntut untuk mandiri dan yang paling utama adalah bertaqwa kepada allah swt sehingga bisa menjadi insan yang bermanfaat bagi semua orang khusus nya indonesia

5 01 2013
siswanto E1C011061

bener sekali pak, sebagai mahasiswa kita hrus berfikir kratif dan dapat menerapkan ilmu yang disampaikan oleh dosen dan menerapkannya di lapangan sehingga apa yang kita pelajari bukan hanya sekedar teori saja dan ilmu yang kita ketahui hanyalah pintar berteori.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: