Uang Kuliah Tunggal

18 12 2012

Mulai tahun 2013, mahasiswa baru tidak lagi dikenakan berbagai biaya selama kuliah sampai mereka lulus. Sebagai gantinya akan diterapkan uang kuliah tunggal. Uang kuliah tunggal  adalah uang kuliah yang dibayarkan mahasiswa cukup  satu kali dalam satu semester atau satu tahun. Setelah itu mahasiswa tidak dipungut biaya apapun lagi, sebab mereka sudah membayar semuanya di awal semester. Baguskah? Bagi mereka yang mampu barangkali tidak ada masalah, tapi bagi mereka yang tidak mampu akan merasa terbebani. Sebab, mereka harus membayar sekaligus di awal semester. Meskipun secara kumulatif uang kuliah tunggal itu tidak menaikkan biaya yang harus dikeluarkan oleh mahasiswa selama ini, namun dengan harus sekaligus membayar di awal semester akan terasa berat sekali.

Kebijakan uang kuliah tunggal ini tertuang dalam Surat Edaran Dirjen Dikti No. 21/E/T/2012 tanggal 4 Januari 2012 dan No. 274/E/T/2012 tanggal 16 Februari 2012. Untuk mengimplementasikan uang kuliah tunggal ini, semua perguruan tinggi negeri (PTN) pada tahun 2012 ini menghitung berapa uang kuliah untuk masing-masing program studi. Hasil perhitungan masing-masing PTN itu diusulkan ke Dirjen Dikti. Dirjen Dikti kemudian mengevaluasi dan kemudian menyetujui/menetapkan uang kuliah tunggal tersebut untuk masing-masing program studi selingkung PTN masing-masing. Konsekwensi dari kebijakan ini tentu saja untuk program studi yang sama akan mempunyai uang kuliah tunggal yang bermacam-macam bergantung kepada PTN yang bersangkutan.

Uang kuliah tunggal ini nantinya akan dijadikan acuan oleh Dirjen Dikti untuk menentukan besaran BOPTN (Biaya Operasional Perguruan Tinggi Negeri) yang akan diberikan kepada sebuah PTN. Bantuan tersebut dapat dialokasikan untuk pengurangan uang kuliah tunggal yang harus dibayarkan oleh mahasiswa dan digunakan untuk pemeliharaan fasilitas kampus. Dirjen Dikti kemudian memasukkan komponen BOPTN dalam APBN dan mengajukannya ke DPR untuk mendapatkan persetujuan DPR.

 

Keuntungan Uang Kuliah Tunggal

1. Mahasiswa lebih praktis dalam membayar uang kuliah dan tidak lagi membayar biaya apapun. 2. Uang kuliah tunggal dapat menghilangkan perbedaan keluaran biaya kuliah berdasarkan status sosial.

3. Biaya apa saja yang dikeluarkan oleh mahasiswa selama menjalani kuliah dapat diketahui secara transparan oleh orang tua mahasiswa.

4. Pemerintah dapat mengetahui secara jelas jumlah biaya yang dapat disubsidikan kepada perguruan tinggi negeri dalam bentuk BOPTN.

Kerugian Uang Kuliah Tunggal

1. Biaya operasional perguruan tinggi akan mengalami penurunan  atau bahkan defisit dikarenakan jumlah uang kuliah yang masuk tidak sesuai dengan anggaran.

2. Biaya kuliah terkesan lebih mahal, karena dibayarkan sekaligus di awal semester.

3. Akan terjadi program studi elitis dan ada pula yang terkesan program studi murah. Program studi yang elitis tentu saja tidak bisa dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah.

4. PTN di daerah bisa semakin termarjinalkan.

Bahan Bacaan

1)       http://bemfkunram.blogspot.com/2012/07/kajian-fk-terhadap-spp-tunggal-2012.html

2)      http://reconia4training.wordpress.com/2012/07/03/pemberlakuan-spp-tunggal-diperguruan-tinggi-etiskah/

3)       http://edukasi.kompasiana.com/2012/05/16/uang-kuliah-tunggal-pembayaran-yang-diringkas-462800.html

About these ads

Actions

Information

14 responses

18 12 2012
Binti Nurkhasanah E1C011051

Mengenai uang kuliah tunggal ini harus di pertimbangkan lagi karena bila dilaksanakan sangat membebani mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu.Bla tetap dilaksanakan perlu kebijakan dari perguruan tinggi untuk keluarga kurang mampu tersebut agar mahasiswa tsb biasa tetap kuliah.Agar terputusnya mata rantai kemiskinan

20 12 2012
adi susanto E1C011070

uang kuliah tunggal ini perlu diperhatikan lagi , karena hal tersebut sangat membebani mahasiswa,apalagi bagi mahasiswa yang berasal dari kalangan kurang mampu.
agar mahasiswa tersebut bisa tetap kuliah dengan baik.

20 12 2012
EUDI HARTONO E1C011078

Uang kulia tunggal perlu dilakukan peninjauan kembali agar tidak ada mahasiswa yang tertekan tentang uang ku;lia tunggal
perlu dilakukan sosialisasi kan dengan mahasiswa

20 12 2012
RUDI HARTONO E1C011078

Uang kulia tunggal perlu dilakukan peninjauan kembali agar tidak ada mahasiswa yang tertekan tentang uang ku;lia tunggal
perlu dilakukan sosialisasi kan dengan mahasiswa
Agar kuliah bisa berjalan dengan lancar

20 12 2012
liza tri astini

hm,2013 ada kebijakn baru dengan uang kuliah tunggal.menurut saya semua nya harus butuh pertimbangan yang lebih matang dan persetujuan dari mahasiswa juga,jika banyak mahasiswa yang tidak mampu membayar uang kuliah sekaligus maka apa yang akan konsekuensi yang harus diterima???? berikan kebijakan dan solusi terbaik dan harus memikirkan mahasiswa dari kalangan menengah kebawah.terimakasih pak informasi nya.O iya pak apakah kebijakan ini akan langsung diterapkan di tahun 2013 ini???

21 12 2012
uripsantoso

Ya Liza.

20 12 2012
eka saputri

eka saputri (E1C011063)
mengenai uang kuliah tunggal, saya rasa perlu di pertimbngkan lagi. karena dirasakan memberatkan para mahasiswa karena harus mengeluarkan uang yang lebih. meskipun sistem ini simpel dalam proses pembayaran dan tidak merepotkan mahasiswa yang ada di luar kota.

20 12 2012
muhammad nur syahid

muhammad nur syahid (E1C011088)
menurut saya uang kuliah tunggal ini memang sangat membantu untuk mahasiswa agar tidak terlalu repot membayar setiap semesternya. akan tetapi hal ini juga terlalu membebani karena uang bayaranya terlalu besar, jadi sebaiknya di pertimbangkan kembali masalah uang kuliah tunggal ini.

21 12 2012
nazarudin(E1C011039)

Tentang uang kilah tunggal,sangat baik,apabila biaya kita mencukupi, sebab perkuliah seamkin singkat dan belajar nya pun sangat efektif,tpi sangat mahal jika orang-orang sepert kitai ini…
trimakasih atas ingormasinya.

27 12 2012
sutrisno 2011

jurnal mengenai kuliah tunggal di atas menemuai pro dan kontra,bagi orang yang setuju rata-rata mereka dari golongan orang tua yang mamu,sedangkan untuk orang yang tidak setuju tkebanyakan dari orang yang tidak mampu karena merasa terbebani.

28 12 2012
maharani

maharani.. uang kuliah tunggal lebih baik, dari pada membayar nya berturut-turut selama kuliah persemester,, biarpun dibayar sekaligus hal ini lebih baik bagi org tua yg kurang mampu, karena lepas dari awal semester, selama 6 bulan mreka bisa menyiapkannya…

5 01 2013
siswanto E1C011061

uang kuliah tunggal sbanarnya cukup menguntungkan, karena dengan adanya pembayaran uang kuliah diawal smester kita tidak lagi perlu membayar bulanan untuk kuliah, namun untuk kalangan bawah ini sangat memberatkan karena biaya harus di bayar sekaligus .

25 03 2014
elsafy

thanks sangat membantu,,,,,,,,,:)

23 11 2014
Dedi

Betul seperti coment-comen sebelumnya. Sistem Uang Kuliah Tunggal harus diperbaiki.
Sistem Uang Kuliah tunggal untuk keluarga seperti saya terasa berat Pak, karena harus mengkuliahkan dua anak sekaligus. Sedangkan sistem UKT hanya memberi kesempatan kuliah untuk satu anak dengan besar UKT sesuai dengan kemampuan ekonomi keluarga. Kalaulah bukan sistem UKT bisa memilih PTN mana yang SPP dan Uang bangunannya paling rendah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: