Kewajiban Menunaikan Shalat Jum’at

20 10 2012

9. Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat pada hari Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual-beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.

10.Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

11. Dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka tinggalkan kamu sedang berdiri (berkhutbah). Katakanlah: “Apa yang di sisi Allah adalah lebih baik daripada permainan dan perniagaan”, dan Allah Sebaik-baik Pemberi rezki.

Surat Al-Jumu’ah (surat 62) ayat 9-11

Ada beberapa intisari dari ketiga ayat tersebut, antara lain:

1) Perintah Allah untuk menunaikan shalat Jum’at sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

2) Segera menunaikan shalat Jum’at tanpa menunda-nunda. Jika masih sibuk urusan dunia, maka diperintahkan untuk segera menghentikannya sementara waktu.

3) Ada hikmah/pelajaran yang dapat dipetik yang akan menguntungkan bagi mereka yang mematuhi perintah shalat Jum’at. Secara tidak langsung Allah menganjurkan agar setiap muslim menggali hikmah tersebut agar menjadi orang yang beruntung.

4) Allah juga memerintahkan setelah shalat Jum’at selesai, setiap orang muslim segera kembali bekerja untuk mencari karunia Allah.  Jadi kita tidak boleh malas, atau istirahat setelah shalat Jum’at.

5) Namun Allah memerintahkan bahwa selama beraktivitas harus selalu berdzikir (mengingat) Allah agar kita beruntung. Berdzikir bukan berarti selama beraktivitas sambil membaca kalimat-kalimat dzikir. Dzikir selama beraktivitas bisa dimulai dengan membaca basmalah, dan kemudian melaksanakan aktivitas sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah dan RasulNya, yaitu harus memperhatikan halal dan haram dll. Ketika ada niat untuk berbuat curang, maka segera ingat kepada Allah dan tidak melanjutkan niatnya. Ketika ada terkilas riya’ maka segera ingat kepada Allah dst.

6) Ayat 11 mengingatkan kepada kita untuk tidak berperilaku buruk seperti yang digambarkan pada ayat tersebut, yaitu tetap berniaga meskipun shalat Jum’at telah masuk waktunya.

7) Disini Allah mengingatkan kepada kita bahwa Allahlah Pemberi Rizki. Jadi tidak usah khawatir bahwa dengan menunaikaan  shalat Jum’at rizki akan berkurang drastis. Kita juga diingatkan bahwa apa yang disisi Allah itu jauh lebih baik daripada terus berniaga dan bermain-main dengan urusan dunia.

Meskipun perintah ini berkaitan dengan shalat Jum’at, tetapi sesungguhnya ini merupakan perintah yang harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu bahwa seorang muslim:

1) harus berdzikir setiap saat agar tidak tersesat jalan, sebab godaan dunia sangat mempesona.

2) tidak boleh malas bekerja.

3) memperhatikan keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

4) memperhatikan hubungan vertikal (Allah) dan horizontal (manusia) serta lingkungan secara harmoni.

About these ads

Actions

Information

6 responses

9 11 2012
luthfi

Terimakasih Pak Urip, tulisan bapak sangat bermanfaat

9 11 2012
uripsantoso

Terima kasih atas kunjungannya Luthfi.

22 11 2012
LIZA TRI ASTINI NPM E1C011052

shalat jumat tu wajib loh bagi laki laki yang sudah baliq…!!!
jika kita masih di sibukkan dengan urusan dunia maka bergegas lah untuk meninggalkkan urusan tersebut sejenak dan segeralah menunaikan shalat jumat tanpa menunda nunda . karena hidup hanya sementara manfaatkan sisa umur kita sebaik baik dengan hal hal yang bermanfaat.

20 12 2012
Dewi Puspitasari

nah ini artikel sangat bermanfaat banget nih bagi cowok -cowok yang suka melalaikan sholat jum’at , kudu’ ( wajib ) baca ni artikel biar gak lalai lagi. karena waktu sholat adalah waktu yang paling tepat di pilih allah sebagai kewajiban kita untuk menunaikan nya untuk rehat sejenak dari aktifitas duniawi yang tak kunjung ada henti- hentinya. dan sebagai sarana komunikasi antara hamba dengan penciptanya. kemudian yang pasti hari jum’at adalah hari yang paling istimewa dari hari – hari lainya. terimaksaih

21 12 2012
muhammad nur syahid

muhammad nur syahid
artikel ini sangat bermanfaat bagi para kaum hawa.
jika kalian para laki – laki yang suka meninggalkan sholat jumat seharusnya segera membaca artikel ini agar terbuka hati nya dan tidak meninggalkan sholat jumat

5 01 2013
siswanto E1C011061

walaupun shalat wajib dikerjakan bagi kaum laki-laki muslim tpi msih saja orang yang enggan menjalankannya, meraka lebih memilih tidur di rumah dibandngkan menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: