Linieritas Pendidikan dalam Jabatan Dosen

24 11 2011

Akhir-akhir ini Dikti mensyaratkan linieritas pendidikan bagi dosen yang akan mengajukan jabatan fungsionalnya ke jenjang Guru Besar (profesor). Dengan cara ini diharapkan para guru besar mempunyai kepakaran yang tinggi sesuai dengan pendidikannya.

Persyaratan ini tentu saja memupus harapan bagi para dosen yang tidak linier jenjang kepakarannya. Namun, masih bayak dosen yang bingung mengenai konsep linieritas ini. Pada dasarnya, linieritas ada 3 model. Model pertama adalah linieritas dalam hal institusi penyelenggara pendidikan. Misalnya, Si A S1-nya dari Fakultas Ekonomi, S2 juga dari Fakultas Ekonomi dan S3-nya juga. Dalam pengertian linieritas model ini, maka tidak diperhatikan mengenai bidang ilmu. Pokoknya institusi penyelenggaranya sama, yaitu misalnya Fakultas Ekonomi. Model kedua adalah linieritas bidang ilmu. Dalam konsep ini institusi penyelenggara pendidikan bisa berbeda, misalnya si B s1 di Fakultas Ekonomi, dengan keahlian ilmu ekonomi, S2-nya di Fakultas Ekonomi dengan keahlian ilmu manajemen, dan S3-nya di Fakultas pendidikan dengan keahlian manajemen pendidikan. Model yang ketiga adalah focus interest. dalam konsep ini linieritas bukan didasarkan kepada institusi penyelenggara maupun bidang ilmu, tetapi ditekankan kepada bidang kajian tertentu. Untuk contoh kasus ini misalnya S1-nya mengambil skripsi budidaya katuk di Fakultas Pertanian, s2-nya mengambil tesis berjudul teknologi daun katuk untuk dibuat jamu di Fakultas Farmasi, dan S3-nya mengambil disertasi berjudul penggunaan daun katuk sebagai obat pelansing dan efek sampinya di Fakultas Kedokteran.

Nah, sekarang konsep/model mana yang digunakan oleh Dikti? Jika ketiga konsep itu dipakai sebagai acuan maka tidak ada masalah (saya dengar sih ketiga konsep tadi dipakai oleh Dikti). Akan tetapi jika hanya salah satu konsep yang dijadikan acuan (misalnya acuannya hanya institusi penyelenggara), maka bisa jadi banyak dosen yang kesandung. Mereka harus memperbaiki pendidikannya jika ingin menjadi Guru Besar.

Apapun, tujuan Dikti adalah untuk memperbaiki kualitas guru besar yang dihasilkan oleh perguruan tinggi. Harapannya, semakin tinggi kualitas guru besar akan membuat semakin banyak karya ilmiah berbobot yang dihasilkannya.

Berikut ini barangkali bisa dijadikan acuan bagi mereka yang bermaksud melanjutkan pendidikannya ke S2 dan S3, yaitu di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_academic_disciplines

About these ads

Actions

Information

448 responses

5 01 2012
ronny

selamat pagi Pak Urip
mohon info, untuk masalah linieritas dosen ini apakah bapak punya dasar atau sumbernya? mohon dapat dibantu, terima kasih

ronny

5 01 2012
uripsantoso

Sdr Ronny, apa yang saya sajikan ini adalah beberapa alternatif kemungkinan linieritas keahlian dosen. Di PT tempat saya bekerja juga diberlakukan seperti yang saya sampaikan. Ketika pejabat kepegawaian Dikti sosialisasi tentang hal ini juga disampaikan seperti yang disajikan ini. Terus terang saya belum dapat sumber tertulisnya. Tks.

24 03 2012
ulfi

linearitas belum terealisasi.
masih banyak saudara-saudara kita yang terlantas. Eups salah, masih banyak yang tidak linear bisa menjadi dosen. Dan curiganya bisa menjadi &*^%**&

28 08 2012
Rico Ramadhan

Selamat pagi Pak Urip
Terus bagaimana pak bila, s1 kimia, s2 kimia bahan obat tetapi masuk dalam teknologi hasil hutan, s3 kimia ? apakah ada statement DIkti tentang hal ini pak
Terima kasih sebelumnya pak

29 08 2012
uripsantoso

Kalau dari bidang ilmu, maka ini termasuk linear.

1 09 2012
abdul malik

selamat malam pak urip, perkenalkan saya abdul, saya mau bertanya ,,,
saya mahasiswa ilmu filsafat, dgn fokus studi yang saya ambil yaitu etika,, saat ini saya berminat untuk ambil s2 bidang bioetika,, setahu saya secara keilmuaan keduanya sangat linear tapi jika dilihat dari lembaga penyelenggara (s1 filsafat di fak. filsafat sedangkan s2 bietika hanya ada di fak. kedokteran) sangatlah berjauhan ….
jdi pertanyaannya, menurut bapak apakah dikti akan menganggap pendidikan yg akan sya tempuh itu liner, pak?
kalau berkenan,, tlg dibalas ke email saya pak, terima kasih
abdul_maliq@ymail.com

1 09 2012
uripsantoso

Linieritas dapat dilihat dari penyelenggara (ijazah) karena diasumsikan semua PS yang sesuai dikumpulkan di satu fakultas, tapi pada kenyataaannya tidaklah demikian. Jika dilihat dari bidang ilmu memang linear. Yang saya belum pasti apa kriteria Dikti mengenai hal ini. Saya sendiri kurang bisa menjawab.Tks

10 09 2012
Nida Maulida

Assalamu’alaikum Pak. saya mau tanya, klo s1 saya Pendidikan Bahasa Inggris dari fakultas tarbiyah/keguruan, dan s2 sy ingin mengambil prodi linguistik di fakultas ilmu budaya apakah linier? karena dulu waktu s1, linguistik juga dipelajari, bahkan skripsi saya tentang sosiolinguitik. mohon dibalas ke email saya pak. saya amat sangat membutuhkan jawaban bapak. sebelumnya saya ucapkan terimakasih.

11 09 2012
uripsantoso

Kalau didasarkan kepada bidang ilmu, maka linier. Tapi jika ditinjau dari fakultas/penyelenggara pendidikan tidak linier.

24 09 2012
hendri

Assalamualaikum,, pak saya dari S1 pendidikan Ekonomi, ingin melanjutkan di fakultas yang sama namun mengambil jurusan S2 murni yaitu ilmu ekonomi, apakah masih tergolong linier?

25 09 2012
uripsantoso

Saya pikir masih linier. Jika mengambil S3 juga sebaiknya sesuai dengan S2nya.

28 09 2012
Andika Robi

S1 saya Fakultas Syariah jurusan Peradilan Agama. Lalu S2 Fakultas Ilmu Agama Islam, konsentrasi Pendidikan Islam. Ingin melanjutkan S3 konsentrasi Hukum Islam. Bagaimana menurut Bapak berkait dengan linieritas ini? Tks..

30 09 2012
uripsantoso

Kalau S1 & S3 sih masih linier, tapi S2-nya tampaknya kurang linier. Bagaimana jika tetap pada Pendidikan Islam pada S3nya sehingga linier dengan S2.

30 09 2012
Agusta Praba Ristadi Pinem

Pak Urip mohon pencerahannya,, saya lulusan Fakultas Teknologi Informasi program studi Teknik Informatika dan mendapat gelar S.Kom,, untuk agar pendidikan saya linear,, saya mengambil jurusan apa di pasca sarjana,, Megister Ilmu Komputer atau Megister Sistem Informasi??
Sedangkan perbedaan gelar M.Cs dengan M.Kom itu apa?? Terima Kasih

30 09 2012
uripsantoso

Ambil Teknik Informatika untuk S2nya. MSc itu gelar umum, sedangkan M.Kom kan khusus magister lulusan komputer atau yang berkaitan dengannya. Tks.

30 09 2012
Agusta Praba Ristadi Pinem

jadi kalau gelarnya S.Kom., M..Sc tidak linear ya pak??
saya mencari beberapa univ di khusunya jateng dan sekitarnya tidak ada yg membuka Megister Teknik Informatika, yg ada hanya Megsiter Sistem Informasi dan Megister Ilmu Komputer,, sedangkan dari dikti belum ada sosialisasi kepada para mahasiswa. Terima Kasih

1 10 2012
uripsantoso

Diusahakan selinier mungkin. Jika tidak memungkinkan ambil bidang ilmu yang dekat dengan teknik informasi. Andalah yang bisa menentukan sesuai dengan pengetahuan Anda apakah sistem informasi dan komputer itu linier dengan teknik informasi. Bisa saja Anda mengambil ilmu komputer tetapi dalam konsentrasinya mengambil yang dekat dengan teknik informasi. Tks

6 10 2012
Agusta Praba Ristadi Pinem

iya pak, kalau menurut saya sekarang linear yang Megister Sistem Informasi, karena berada pada satu fakultas teknologi informasi, sedangkan ilmu komputer berada di fakultas MIPA..
terima kasih pak infonya..

7 10 2012
uripsantoso

Saya setuju pendapat Bapak! Selamat berS2.

30 09 2012
rois

askum pak urip mau nanya kalo s1 PAI sedangkan s2 nya PBA apa linier?? trmksih

1 10 2012
uripsantoso

Waduh apa itu PAI & PBA? Tks

4 10 2012
rois

PAI ( pendidikan agama islan) PBA (pendidikan bahasa arab)

4 10 2012
rois

PAI

4 10 2012
rois

PAI pendidikan agama islam PBA pendidikan bahasa arab

5 10 2012
uripsantoso

Kalau begitu menurut saya itu tidak linier sdr Rois. Biasanya S2 itu memdalami apa yang sudah dipelajari di S1. Misalnya, saya S1 Peternakan, S2 Nutrisi Ternak, S3 Biokimia Nutrisi Ternak. Tks.

5 10 2012
rois

tapi itu kan satu fakultas dan masih satu rumpun mas,,,trmksih

7 10 2012
uripsantoso

Kalau dilihat dari penyelenggaranya memang linier mas Rois.

8 10 2012
rois

dari jurnal mas urip diatas kan kalo penyelengaranya sama maka tidak dipertanyakan mengenai bidang ilmu,,,mf mas soale tmen2 jg bnyak yg nanya ke saya,,,

8 10 2012
uripsantoso

Itu memang betul mas Rois. Linieritas dilihat: 1) penyelenggara; 2) bidang ilmu; 3)bidang kajian. Bisa salah satu dari itu. Akan tetapi jika memungkinkan ketiga-tiganya bisa dicakup. Pada point 1, biasanya 1 penyelenggara (Fakultas) menyelenggarakan 1 bidang ilmu. Akan tetapi, sekarang banyak 1 fakultas menyelenggarakan beberapa bidang ilmu. Seperti Fakultas Pertanian Unib terdiri atas Program Studi Kehutanan, PS Teknologi Industri Pertanian, PS Peternakan, PS kelautan, PS Agroteknologi. Nah, kalau kasusnya seperti ini, maka jika S1 Kelautan, lalu S2 Kehutanan, dan S3 Peternakan, maka ini jelas tidak linier. Jadi yang saya maksud 1 penyelenggara (penyelenggara yang sama) dalam tulisan saya itu adalah fakultas yang menyelenggarakan 1 bidang ilmu, misalnya Fakultas Peternakan, Fakultas Kehutanan, Fakultas Kedokteran dst. Kalau saya sih melihat PAI dan PBA itu kurang linier. Maaf ini kan pendapat saya. Tks.

6 02 2014
ani

assalamualaikum pak urip

mohon tanggapannyaa pak. saya s1 nya pend. matematik.jika saya ambil s2 management penddkanapakah linear dan bs mjd dosen diprodi pend

7 02 2014
uripsantoso

Yang paling tepat adalah sama dg S1 yaitu pendidikan matematika. Tks

18 10 2012
Rinto

saya dari S1 fisika murni dan S2 pendidikan fisika,apakah itu linear ?? dan apakah bisa mengajar di prodi fisika murni atau pend.fisika.

18 10 2012
uripsantoso

Menurut saya itu kurang linier. Sebaiknya mengajar pendidikan fisika, sebab syarat dosen adalah minimal berpendidikan S2. Tks

23 10 2012
Rinto

maksudnya,,saya hanya bisa menjadi dosen di Jurusan Pendidikan Fisika, begitu Pak ?

24 10 2012
uripsantoso

Syarat minimal jadi dosen adalah berpendidikan S2. Jadi Keahlian Bapak adalah pendidikan Fisika. Nantinya jika lanjut ke S3 sebaiknya ambil Pendidikan Fisika juga. Kalau ambil S3 Fisika murni nanti tidak linier dengan S2 Bapak meski linier dengan S1. Bisa jadi akan jadi masalah jika Bapak mengajukan ke jabatan Guru Besar. Tapi semuanya kembali ke Bapak. Tks.

25 10 2012
Aris Budiman

Salam kenal pa urip santoso, saya S1 Pendidikan Ekonomi dan S2 juga Pendidikan ekonomi. Untuk S3 Pendidikan ekonomi ada tapi jauh, saya bermaksud melanjutkan S3 Ekonomi Islam atau S3 Manajemen Pendidikan dan atau S3 Ilmu Ekonomi. Mohon sarannya ya pa Urip santoso. Terimakasih

25 10 2012
uripsantoso

S1 & S2 Pendidikan Ekonomi, maka yang paling aman adalah S3 Pendidikan Ekonomi juga. Alternatif lain adalah linieritas bidang ilmu. Pada hakekatnya, penelitian S3 adalah lebih spesifik. Bapak bisa mengambil bidang spesifik dari Pendidikan Ekonomi meskipun itu di luar PS Pendidikan Ekonomi.Apakah Ekonomi Islam itu pendalaman dari Pendidikan Ekonomi? Manajemen Pendidikan barangkali lebih dekat dengan S1 & S2 Bapak, asalkan penelitiannya tentang Manajemen Pendidikan Ekonomi. Kalau Ilmu Ekonomi kan ilmu murni, jadi saya pikir kurang linier. Salam kenal. Ini hanya saran, semuanya kembali kepada Bapak. Tks.

5 11 2012
Aris Budiman

Terimakasih Bpk. Prof. Urip Santoso. atas sarannya. Bila saya mengambil konsentrasi penelitian ke manajemen pendidikan ekonomi. Bilamana saya ambil Pendidikan S3 Manajemen Pendidikan apakah bobot penambahan angka kredit PNS dianggap Liniear dapat poin 50 (artinya sama bobotnya bila saya ambil s3 Pendidikan Ekonomi). ataukah hanya di hitung 10 saja. Terimakasih, Salam hormat saya

9 11 2012
echa

assalamualaikum prof…
salam kenal prof…saya annisa…saya mengambil S1 fisika dan S2 pendidikan sains. saya merupakan dosen di jurusan PGSD. yang ingin saya tanyakan, kalau saya mengambil s3 pendidikan dasar konsentrasi IPA, apakah masih linier??terima kasih sebelumnya
wassalamualaikum..

9 11 2012
uripsantoso

Menurut saya kurang linier. Lebih baik ambil S3 pendidikan sains.Tapi saya kurang begitu paham apakan pendidikan sains sama dengan pendidikan IPA. Jika sama mungkin bisa. Coba ditanyakan kepada teman sejawat yang paham dengan hal ini, khususnya konsentrasi pendidikan.

15 11 2012
Ardy

Assalamualaikum prof. Salam kenal.. saya ardi. S-1 saya di fakultas tarbiyah pendidikan bahasa arab, S-2 dan S-3 pendidikan dan keguruan dengan konsentrasi (ahli) pendidikan islam. bagaimana pendapat bapak tentang linieritasnya…?

16 11 2012
uripsantoso

S2 & S3 linier. Kalau dg S1, ada 2 hal: 1) dari sisi penyelenggara (fakultas) tidak linier; 2) dari bidang ilmu adakah pendidikan bahasa arab itu linier dg pendidikan islam? Jika ada maka S1, S2 dan S3 linier. Tks

6 12 2013
Teguh Luhuringbudi

S1 fakultas tarbiyah (pendidikan) sangat linier dgn S2-S3 dari sisi penyelenggaranya (fakultas), Mas. numpang saran Pak Urip. hehe

16 11 2012
Ida Wahid

Salam kenal pak Urip. Saya mau bertanya mungkin agak melenceng dari pembahasan. bagaimana pendapat bapak tentang peralihan tugas dari guru menjadi dosen. Apakah profesi tersebut linier dan memungkinkan?
Trimakasih.

17 11 2012
uripsantoso

Guru adalah PNS daerah, sedangkan dosen PNS pusat. Mungkin akan mengalami kesulitan meskipun itu bisa. Hal lain yang cukup sulit adalah penentuan jabatan yang baru bagi guru yang jadi dosen. Sebab untuk menduduki jabatan dosen tertentu diperlukan angka kredit. Tks.

23 11 2012
syamsu gaffar

salam kenal. saya lulusan S 1 Fak pertanian Jurusan Sosek sub jurusan Agribisnis, S2 manajemen, jurusan manajemen keuangan. saya sementara mengajar manajemen keuangan, dasar2 akuntansi serta akuntansi biaya di STIPER. apakah s1 dan s2 linier. kalau lanjut ke s3 sebaiknya relevan s1 atau s2. Terima kasih banyak sebelumnya

24 11 2012
uripsantoso

Sebaiknya ambil S3 yang sesuaidengan S2. Tks.

27 11 2012
iwan

Salam Kenal, Jika berkenan sya mu bertanya, sya S1 Sistem Informasi (S. Kom), sedangkan S2 sya Magister Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi (MM). apakah ini dapat dikatakan linier?trm kasih.

28 11 2012
uripsantoso

Sdr Iwan kalau dilihat dari konsentrasi ilmu, maka saya pikir itu linier, tapi dari penyelenggara (Program Studi) mungkin kurang linier. Tks

9 01 2013
dadang

apakah masih bisa pak untk syarat menjadi dosen di ptn?sedangkan S1 nya Sistem Informasi (S. Kom), sedangkan S2 nya Magister Manajemen dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi (MM).tks

10 01 2013
uripsantoso

Kalau dilihat dari bidang ilmu, tampaknya bisa. Coba saja deh!

1 12 2012
iea_tha@ymail.com

assalamu’alaikum, saya s1 farmasi, ambil s2 farmasi klinik atau menejemen farmasi atau farmasi kosmetik. apakah ini dikatakan linier? penyelenggara sama2 fakultas farmasi. terima kasih

2 12 2012
uripsantoso

Ya, linier. Tks

7 12 2012
Hendri Dwi Putra

jika S1 saya sistem komputer (dengan fakultas ilmu komputer) dengan skripsi mengenai Robotika dan teknik kendali, dan saya sedang mengambil S2 jurusa Teknik Kendali Industri (dengan Fakultas Elektro) dengan rencana tesis mengenai Robotika dan teknik kendali apa masih linier, karena walau beda fakultas kedua jurusan ini hampir 50% terdapat mata kuliah yang sama.

untuk tahun 2012 ini apa sudah ada kepastian mengenai liniearitas..terima kasih

10 12 2012
uripsantoso

Linieritas belum ada kepastian. Jika melihat tesisnya maka linier, tapi jika melihat penyelenggaranya kurang linier. Tks

9 12 2012
Yuli Hastuti

Assalamualaikum..
Mohon pencerahan nya pa, saya lulusan S1 FKIP jurusan Pend.Guru Sekolah Dasar (PGSD). Jika ingin melanjutkan S2 di FKIP juga dengan jurusan Pendidikan Matematika atau jurusan pendidikan yg lainnya apa kh termasuk linier? Terima kasih sebelumnya.

10 12 2012
uripsantoso

Agak sulit saya menjawabnya, karena PGSD kan untuk guru SD, dan apa di PGSD ada spesifikasi bidang ilmu? Jika ada, ya lanjutkan sesuai dengan spesifikasi bidang ilmu yang telah ditempuh di S1.

24 12 2012
Yuli Hastuti

Klo saya melanjutkn di Manajemen Pendidikan apa kh juga tidak linier? Seberapa besar pengaruh ke’tidak’linieran ini dalam karir pekerjaan (khsus ny jika ingin bekerja di bidang ke’pendidikan,seperti guru,dosen atau di dinas pendidikan)?
Mohon informasi dri bapa, untuk lulusan Magister Manajemen Pendidikan memiliki peluang kerja dimana saja?
Terima Kasih..

25 12 2012
uripsantoso

Sampai saat ini linieritas gelar akademik hanya untuk dosen, dan mungkin juga nanti guru. Sedangkan yang lainnya tampaknya belum ada peraturannya. Mengenai MPd saya kurang tahu, mungkin jenis pekerjaannya seperti guru, kepala sekolah, Kepala Dinas dan sejenisnya.

10 12 2012
jeff

Saya mau nanya, pak..
Kalau S1 ilmu kimia (SSi), trus mau lanjut ke S2 Teknik Kimia atau Teknik Geokimia (gelar MT), apakah bisa dikategorikan linier?
Terima kasih

11 12 2012
uripsantoso

Secara bidang ilmu linier, tapi penyelenggaranya kurang linier. Tks.

29 12 2012
any

Salam kenal pak, mau nanya apakah jurusan saya linear, S1 jurusan sastra dan bahasa Inggris, S2 Pendidikan bhs Inggris, S3 Jurusan sastra dan komunikasi.

29 12 2012
uripsantoso

S2 Pendidikan Bahasa Inggris yang barangkali kurang linier dengan S1 & S3.

29 12 2012
any

jadi haruskah saya mengulang S2 dengan mengambil jurusan sastra inggris? Dan apakah S1,S2 dan S3 saya tdk linear sama sekali dibidang ilmu?

30 12 2012
uripsantoso

Coba konsultasikan dengan pimpinan Anda mengensi hal ini. Bila perlu tanyakan hal ini ke Dikti sehingga akan diperoleh solusinya. Tks

1 01 2013
any

Apakah pendidikan saya tdk termasuk dlm model linear kedua yaitu linieritas bidang ilmu krn S1 sy jurusan bahasa dan sastra Inggris di fakulats sastra, S2 jurusan pendidikan bhs Inggris di fakultas pendidikan bahasa, S3 satsra dan komuniaksi di fakultas sastra?

2 01 2013
uripsantoso

Linieritas bidang ilmu akan tercermin dalam fokus penelitian yang diambil. Jika pada S1 fokus penelitiannya pada sastra secara umum, maka pada S2 dan S3 nya lebih diper4dalam. Kalau tadinya sastra terus ke penddikan menurut saya kok tidak linier. Tapi untuk lebih jelasnya coba tanyakan ke Dikti tentang hal ini. Jika menurut Dikti tidak masalah, maka tidak ada masalah. Untuk saat ini linieritas pendidikan baru berlaku bagi dosen.

29 12 2012
any

Haruskah saya mengulang S2 saya dengan mengambil jurusan sastra Inggris? atau ada solusi lain?

30 12 2012
ida

Prof. S1 saya pendidikan perpustakaan, IKIP S2: Komunikasi Pembangunan IPB, tugas terakhir dan sertifikasi di jurusan komunikasi FISIP, lalu mau ambil S3, bagaimana sebaiknya ambil S3 Komunikasi Pembangunan atau S3 Ilmu Komunikasi (Fikom)?

31 12 2012
uripsantoso

Sebaiknya Komunikasi Pembangunan. Sayangnya S1 tidak linier ya. Tks

10 01 2013
marli

Aslm pak saya mau nanya, saya s1 jur pgsd, skripsi saya “pengembangan media pendidikan” apakah linear jika s2nya saya ambil teknologi pendidikan?mohon jawabannya, trims pak

10 01 2013
uripsantoso

Kalau ditinjau dari bidang ilmu bisa dinyatakan linier. Tks.

10 01 2013
Prio Sutanto

askum…
sblmnya sy minta maaf krn agak melenceng dari pembahasan.
sy pns non dosen di departemen agama,klo sy mutasi ke dosen PTN di departemen pendidikan apakah bisa?dan apa sj syaratnya pak?
terima kasih. :)

11 01 2013
uripsantoso

Bisa pak. Syaratnya bisa ditanyakan kepada institusi tempat Anda bekerja, dan PTN tujuan. Tks

14 01 2013
Anto

Selamat malam Prof, Sy PNS dosen dengan S1 Fisika, S2 Elektronika (bidang kajian Biomedika), dan ingin melanjutkan S3 di Fisika, Bidang Biofisika, dengan kajian Biomedika, apakah hal ini bisa dianggap linear prof, trimkasih

15 01 2013
uripsantoso

Linier dipandang dari 2 sisi, yaitu sisi penyelenggara dan sisi bidang ilmu (kajian). Tks.

28 04 2013
Anto

Trimakasih prof atas jawabannya, satu pertanyaan lagi Prof, untuk linearitas dalam hal pendidikan ini, apakah sebaiknya linear sesuai S1 atau S2 nya Prof, untuk mengambil program S3, Apakah sebaiknya saya ambil penyelanggaranya dari Teknik Elektro atau Fisika (masing-masing mempunyai peminatan di bidang biomedik) ? trimakasih prof, sebelumnya

29 04 2013
uripsantoso

Sebaiknya S1, S2 dan S3 linier. Tks

15 01 2013
Liya

Aslmkum,,,bapak saya alumni unib s1 mipa biologi,,,sekarang sedang mnempuh pndidikan di s2 biomedik kekhususan biologi,,namun biomedik itu bernaung di bawah fak.kedokteran,,apakah ini bsa dikatakan linear pak?,,dan difakultas apa sebaiknya saya melamar apabila saya ingin menjadi dosen?mohon jawabannya trimaksih bapak

16 01 2013
uripsantoso

Dari bidang ilmu (kajian) maka linier. Jika ingin melamar dosen, maka menurutsaya ke Fak. Kedokteran karena syarat dosen itu minimal S2. Tks.

17 01 2013
RiYa SlluCtia

pak saya jurusan AP IKIP MATARAM,,,,,,,,,,,,saya bingung pendidikan dalam jabatan itu apa,,,,,mohon bantuan nya pak

18 01 2013
uripsantoso

Wah saya tidak tahu apa itu AP?

18 01 2013
yulia

Asslm. Wr .wb
Salam kenal prof. .sy ingin brtanya jika s1 sy jrusan Administrasi Dan Kebijakan Kesehatan fakultas Kesehatan masyarakat mau ambil s2 jrusan promosi Kesehatan di fakultas yang sama ,apa masih bisa dikatakan linier prof?

18 01 2013
uripsantoso

Jika promosi kesehatan itu merupakan pendalaman dari S1 Anda maka linier, jika tidak maka kurang linier. Tks.

23 01 2013
andrie

Salam kenal pak Urip.
S1 saya di fak teknik program studi teknik mesin konsentrasi ke konversi energi. Saya berencana ambil S2 Manajemen Ketenagalistrikan & Energi, tapi berada di fak teknik jurusan teknik elektro. Apa masih linier?
Terima kasih

24 01 2013
uripsantoso

Mohon maaf mungkin jabawan saya tidak tepat. Menurut saya tidak linier. Contoh linier: Saya S1 Peternakan, S2 Nutrisi Ternak, S3 Biokimia Nutrisi Ternak.Tks

23 01 2013
fenni

asslm. wr. wb. Saya dosen di salah satu univeritas swasta di Medan. Sy ingin tanya. Saya s1 Ilmu komunikasi, S2 Komunikasi Islam di IAIN. Apakah saya itu linier? Kalo memang linier, apakah ada peraturan tertulis tentang itu? Mohon jawabannya ya pak, Terima kasih pak urip..

24 01 2013
uripsantoso

Aturan tertulis belum saya peroleh. Menurut saya, dalam kasus Anda S1 dan S2 linier. Tks

25 01 2013
ZULHARMAN

ASS. SAYA S1 KEHUTANAN (skripsi ttg pemansan globan dan karbon), S2 PENGELOLAAN SUMBERDAYA LINGKUNGAN DAN PEMBANGUNAN. apakah itu linier? mhon penjelsannya. makasih

26 01 2013
uripsantoso

Saya tidak paham apa saja bidang kajian kehutanan. Jadi, mohon maaf saya tidak bisa menjawab. Coba tanya ke dosen senior kehutanan. Tks

26 01 2013
ZULHARMAN

BIDANG KAJIANNYA ADA KONSERVASI SUMBER DAYA HUTAN (termasuk ttg lingkungan dan perubahan iklim serta kelestarian alam dan lingkungan), bidang kajian budidaya, manajemen hutan dan teknologi hasil hutan.
nah di S2 SY ADA KAJIAN TTG LINGKUNGAN KAN KELESTARIAN ALAM (HAMPIR SAMA DGN YG DIKAJI DI PRODI KONSERVASI SUMBERDAYA HUTAN). mhon penjelaasannya, trims

27 01 2013
uripsantoso

Kalau S2 yang Anda ambil masih dalam cakupan bidang kehutanan maka bisa dinyatakan linier. Tks

28 01 2013
ilham

asslamulaikum pak,,saya ilham di jogja. saya S1 pendidikan biologi di univesitas mataram, dan skarang s2 di pendidikan dasar konsterasi sains di UNY,,apakh pendidikan saya termasuk linear? maksi pak.

29 01 2013
uripsantoso

Sejauh pengetahuan saya kalau pendidikan biologi, agar linier S2 & S3nya ya tetap di pendidikan biologi. Bedanya konsentrasi ilmunya yang lebih mendalam. Karena sudah terlanjur, sebaiknya tesisnya mengarah kepada pendidikan biologi agar secara bidang ilmu (topik) linier. Tks

3 02 2013
reyanahmad@rocketmail.com

assalamu’alaikum Prof, saya lulusan S1 Bahasa dan Sastra Indonesia, ambil S2 Pendidikan Bahasa Indonesia. Apakah ini dikatakan linier?
Terima kasih

4 02 2013
uripsantoso

Linieritas itu bisa dinyatakan satu bidang kajian/ilmu. Apakah Bahasa dan Sastra Indonesia dengan Pendidikan Bahasa Indonesia itu satu bidang ilmu? Jika tidak maka kurang linier. Tks

5 02 2013
Syahrul M

Assalamualaikum pak, saya syahrul dr depok. kalo saya lulusan s1 jurusan Pendidikan agama Islam. (PAI) n rencananya s2 nya sauya mw ngelanjutin d management pendidikan. apakah itu linier pak? terimakasih…

6 02 2013
uripsantoso

Bagaimana kalau S2nya PAI juga, sebab S2 dan S3 itu adalah pendalaman dari S1. Ini yang paling aman. Kalau pindah ke manajemen pendidikan Anda bisa mengambil konsenntrasi manajemen pendidikan agama Islam. Tapi saya tidak tahu apakah dibenarkan oleh Dikti. Tks

8 02 2013
Ronyfebrian

Aslm pak..sya mau tanya juga..saya tamat S1 Fak, Syari’ah IAIN Jur. Ahwal Asy syakhshiyyah gelar SHI, apakah linear jika saya melanjutkan S2 Ilmu Hukum di Kampus lain spt UGM?? Yaitu dg gelar MH,.di S1 saya juga belajar hukum umum, dan saya lihat mata kuliah S2 Ilmu hukum juga byk belajar ttg Hukum Islam…Mohon bantuannya,,

8 02 2013
uripsantoso

Linieritas: 1) S1, S2 dan S3 pada Program Studi yang sama, hanya tingkatnya yang berbeda. Pada S1 bersifat umum, pada S2 agak spesifik, dan S3 spesifik. Misal: S1 Peternakan, S2 Nutrisi Ternak, S3 Biokimia Nutrisi Ternak; 2) S1, S2, dan S3 pada Program Studi yang berbeda tapi masih bidang ilmu yang selaras. Contoh S1 Peternakan, S2 Teknologi Industri Pertanian dengan konsentrasi teknologi hasil ternak, S3 Teknologi Susu. Tks.

8 02 2013
Rony Febrian

berarti saya g linear dong pak??
tapi dosen saya juga banyak yg S1 syariah lalu S2 ilmu hukum

8 02 2013
Rony Febrian

o y arti dari jurusab ahwal asy syakhshiyah itu hukum keluarga islam..ada juga dikampus lain yg menggunakan nama Hukum Perdata Islam…gimana menurut bapak?

9 02 2013
uripsantoso

Menurut saya, asalkan nantinya mengambil konsentrasi yang sesuai dengan kajian pada S1, maka bisa linier. Akan tetapi jika berbeda bisa jadi tidak linier. Jadi, jika ke Fak. Hukum UGM, maka ambil topik riset/konsentrasi hukum perdata Islam. Linieritas baru beberapa tahun ini diterapkan, sedangkan dulu tidak, sehingga banyak dosen yang tidak linier bisa sampai ke jenjang guru besar. Saat ini Dikti mulai ketat dengan linieritas. Jadi harap hati-hati dalam memilih PS/Fak. untuk S2 dan S3.

10 02 2013
Daniel

Selamat sore pak.urip saya mau tanya
kalau s1 saya Agroteknologi,terus saya mau ambil s2 biologi murni apakah sudah termasuk linier?

10 02 2013
Daniel

Selamat sore pak.urip
mohon info
s1 saya agroteknologi terus saya mau ambil s2 biologi murni
apa sudah linier?
Dan tolong sarannya!

10 02 2013
uripsantoso

Menurut saya tidak linier, sebaiknya tetap di agroteknologi dengan kajian yang lebih mendalam. Tks.

10 02 2013
Rony Febrian

Syukran ala jawabih y ustadz…

Saya mau tanya lagi pak,, saya masih ragu untuk mengambil S2, karena saya dari Syariah (SHI), Kalau untuk nilai Insya Allah bisa saya usahakan, namun yg jd pertimbangan saya, jika saya melanjutkan S2 di Ilmu Hkum lalu tamat dg gelar SHI, MH..
Menurut bapak bagaimana peluang saya untuk menjadi dosen?
di satu sisi jika saya mengajar (mengajukan lamaran ) untuk dosen Hukum Umum kalau menurut asumsi saya mgkin pihak PT lebih mengutamakan Lulusan yg S1dan S2 sama2 dari Hukum Umum, disisi lain jika saya mengajar Hukum Islam tentu mereka lebih cenderung kpd lulusan yg S1 dan S2 nya Hukum Islam juga,,,kira2 menurut bapak apakah salah asumsi saya tersebut?
Mohon beri saran kepada saya pak..
O ya,,saya sama2 menyukai Hukum Islam dan Hukum Umum itu sendiri.

11 02 2013
uripsantoso

Untuk dosen adalah yang paling linier itulah yang akan mempunyai peluang lebih baik untuk diterima sebagai dosen. Apa halangannya jika mengambil S2 yang paling linier dengan S1? Mungkinkah kalau mengambil S2 yang sama lapangan terbatas? Bisa jadi! Pertimbangkan masak-masak, bila perlu berkonsultasi dengan mereka yang sebidang ilmu. Tks

11 02 2013
rony febrian

terima kasih banyak atas sarannya pak..untuk akreditasi prodi s2 apakah juga mjd hal penting mjd dosen pak??

11 02 2013
uripsantoso

Sebaiknya, ambil yang aman, yaitu Prodi terakreditasi minimal B. Ada isu yang berkembang bahwa akreditasi Prodi juga berpengaruh, tapi saya kurang jelas akan hal ini. Tks.

13 02 2013
hendra cipta

Assalamualaikum…pak saya mau bertanya, saya alumni S1 Pendidikan Matematika di IAIN dan sekarang sedang kuliah S2 Matematika (non pendidikan). Jd kl saya tamat dr S2 gelar saya jd S.Pd.I, M.Si . Apakah itu msh dikatakan linear dan peluang kerjanya dimasa mendatang gmn pak?

14 02 2013
uripsantoso

Menurut saya itu kurang linier, sehingga peluang untuk menjadi dosen kecil. Tapi untuk bekerja di luar dosen masih terbuka lebar. Kalau kita lihat beberapa praktek asesor dari Dikti dan BANPT, tampaknya linieritas pendidikan itu lebih spesifik dari rumpun. Saya, misalnya sebagai asesor serdos hanya bisa memeriksa bidang ilmu hewan. Sementara BANPT, asesor BANPT harus sesuai dengan PS ybs, misalnya kalau PS Peternakan ya asesornya harus dari Keahlian Peternakan. Nah, waktu saya naik ke guru besar penelitian saya tentang nutrisi ruminansia (kambing) tidak bisa dinilai karena dinilai tidak linier dengan kepakaran saya, yaitu nutrisi unggas. Malah hal ini justru mengurangi nilai angka kredit ke guru besar. Bukankah kambing dan unggas sama-sama ternak. Padahal yang saya teliti adalah sama-sama nutrisi. Bukan pemuliaan ternak, reproduksi ternak, ekonomi ternak dll. TksTks.

14 02 2013
theadiokecenter

Pak S1 saya Teknologi Hasil Hutan kemudian S2 saya lanjut di pemuliaan dan bioteknologi tanaman, apakah hal ini linear, saya mendapatkan beasiswa dikti untuk staf pengajar/dosen dan lolos. Mohon penjelasanya, terima kasih

15 02 2013
uripsantoso

Mengenai disiplin ilmu coba baca link yang saya cantumkan di akhir tulisan ini. Tks.

14 02 2013
hendra cipta

Jd apakah saya harus kuliah S2 Pendidikan matematika lg ya pak,, agar linear dn bs menjadi dosen??
kuliah S2 nya berarti sia-sia ya pak?

15 02 2013
uripsantoso

Mengenai linieritas memang belum ada juklak & juknisnya sehingga kita hanya meraba-raba. Saya tidak bisa pastikan. Di UU no 12 tahun 2012 tentang PT pasal 10 hanya mengisaratkan rumpun ilmu, dan belum ada subrumpun disiplin ilmu. Jika ingin mempelajari disiplin ilmu, maka silahkan klik link pada akhir tulisan ini. Tks.

20 02 2013
ung_180306@yahoo.co.id

Aslkm Pak urip saya, S1, SPd Olahraga,S2 M.Pd, Olahraga, S3, Ingin Mengambil Manajemen Pendidikan. apakah ini Liner?. S2 saya ambil tesis Pembinaan Olahraga dlm segi manajemen? terimakasi

20 02 2013
uripsantoso

Menurut saya, sebaiknya tetap S3 di olahraga agar aman. Tks

20 02 2013
pratiwi

salam prof, s1 saya pend.bahasa dan sastra indonesia, s2 saya pend.bahasa indonesia.. klo saya s3 mengambil linguistik apakah masih linear? krn sangat trbatas PT yg punya program doktoral pend.bahasa indonesia..mohon pncerahan prof!

20 02 2013
uripsantoso

Sulit untuk menjawabnya bu, sebab yang paling pas ya pendidikan bahasa Indonesia S3nya. S1 dan S2 ibu linier, tapi jika S3 linguistik saya jadi ragu kelinierannya. Jika pendidikan bahasa Indonesia dan linguistik masih dalam satu disiplin ilmu maka linier. Tks

21 02 2013
arma

Assalamualaikum pak. Saya S1 ekonomi pembangunan atau ilmu ekonomi. Pernah mengambil akta mengajar IV prodi pendidikan ekonomi. sekarang saya sedang S2 ambil prodi pendidikan IPS konsentrasi pendidikan ekonomi. Apakah itu linear pak. Sebelumnya NIDN saya sudah keluar melalui sebuah STKIP. Tapi saya disuruh S2 dulu baru bisa mengajar. Saya juga igin bertanya, kabarnya konsentrasi di S2 akan dihapuskan hanya ada prodi, lalu bagaimana dg konsentrasi S2 saya sekarang, bgm dampaknya terhadap karir dosen saya kedepannya, trims pak.

22 02 2013
uripsantoso

Tidak mudah untuk menjawab. Yang paling bagus adalah tetap di ekonomi pembangunan. Sementara sampai sekarang Dikti belum mengeluarkan juklak dan juknis mengenai linieritas itu. Tks

24 02 2013
husni

ass.. Pa.. saya ingin melanjutkan ke S2. S1 saya dri Farmasi kl S2 nya ambil Administrasi Kesehatan Masyarakat apakah singkron ga pa?? mksh.. wass..

24 02 2013
uripsantoso

Menurut saya sih tidak sinkron/linier. Tks

25 02 2013
abiyasa

Bapak, saya lulusan S1 Kimia, karena saya ingin berkonsentrasi ke lingkungan kemudian saya melanjutkan sebagi lulusan S2 ilmu lingkungan dengan tema thesis pengolahan limbah yang mengandung Cr(VI) krom dengan metode adsorpsi. Apakah ini termasuk linear/serumpun?.. saya sekarang sedang studi S3 kimia dengan konsentrasi kimia lingkungan.. apakah ada hambatan jika nantinya saya mengajukan guru besar?.. terimakasih..

26 02 2013
uripsantoso

Kalau melihat S1, S2 dan S3 Anda, maka menurut saya tidak akan ada masalah untuk naik ke guru besar. Tks

4 03 2013
abiyasa

terimakasih pak. saya masih dosen swasta. kalaupun saya mendaftar PNS dosen pasti terhambat pada linear nya pak. secara administratif saja tidak lolos verifikasi. itu yang saya pribadi masih saya sesalkan. kadang pejabat-pejabat tingkat jurusan pun tidak tahu menahu dengan linear ini atau sok tahu itu juga bisa. saya minta pendapat bapak, jikalau saya mendaftar dosen PNS. bagaimana saran bapak, supaya saya lolos administrasi linear/verifikasi awal?.. terimakasih..

4 03 2013
uripsantoso

Pertama tentu saja linierkan jenjang pendidikan. Jika ditolak administrasi karena tidak linier, ya tentu saja harus memperbaikinya alias kuliah lagi agar linier. Jika kuliah lagi, sebaiknya kuliah pada Prodi yang sama dengan S1 agar tidak salah. Tks.

6 03 2013
abiyasa

terimakasih sarannya pak. tapi ketika saya minta saran ke mantan dosen saya seorang profesor tidak perlu mengulang lagi S2 nya pak demikian juga dosen2 yang lain. dan juga bapak saya yang profesor pun menyaranakn seperti itu juga. terimakasih pak..

9 03 2013
uripsantoso

Perlu Anda ketahui bahwa peraturan linieritas baru akhir-akhir ini. Sebelum tahun 2010 masalah linieritas tidak dipersoalkan sehingga dosen yang tidak linierpun bisa jadi profesor. Tapi memang Dikti belum mengeluarkan juklak dan juknis mengenai hal itu. Tks

28 02 2013
Ashril's Blog

Yth. Bapak Urip.
Masalah linearitas ini membuat saya galau Pak.
Saya sekarang sedang menempuh S2 Ilmu Komputer yang berada di bawah fakultas MIPA, sementara S1 saya adalah Matematika Murni dengan penelitian saya mengarah pada bidang informatika, tentunya berada di bawah fakultas MIPA juga.
Nah kalo’ seperti itu apa saya masih ada peluang untuk jadi guru besar Pak?
Mendengar wacana yang ada, saya jadi sedih Pak.
Menurut Bapak bagaimana?
Terima kasih sebelumnya.

28 02 2013
uripsantoso

Terus terang saya tidak bisa memastikan bisa jika melihat S1 & S2 Bapak. Jika dilihat dari penelitian S1 barangkali masih bisa linier jika penelitian S2 Bapak juga relevan dengan penelitian S1. Jadi usahakan penelitian S2 linier dg penelitian S2. Sampai saat ini Dikti belum mengeluarkan juklak & juknis tentang linieritas pendidikan. Jadi apa yang saya tulis merupakan persepsi saya mengenai linieritas pendidikan. Tks.

1 03 2013
Ashril's Blog

Terima Kasih banyak pencerahannya Pak Urip.
Saya usahakan tesis saya untuk linear dengan penelitian di S1.
Saya berharap itu bisa membantu saya Pak.
Sukses selalu buat Pak Urip.

1 03 2013
uripsantoso

Tks kembali.

3 03 2013
muhammad hasbi

asswrwb,,, mohon pencerahannya Prof,,, S1 sy Manajemen Program Pembangunan STIA LAN, S2 Penelitian Evaluasi Pendidikan UNY, S3 Administrasi Publik UNM. Apakah ada jalan memperbaiki linieritas pendidikan sy? tks.

4 03 2013
uripsantoso

S1, S2 dan S3 tidak linier. Menurut saya sulit untuk memperbaikinya kecuali kuliah lagi. Maaf saya tidak tahu jalan lainnya. Tks.

4 03 2013
Muhammad Hasbi

Terima kasih Prof. Jika sy hrs kuliah lg, sebaikx jenjang apa yg sy sambung? Apakah S2 administrasi atau S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan? Mohon pencerahannya Prof,,,

4 03 2013
uripsantoso

Mohon maaf, saya tak punya rekomendasi. Terus terang saya juga bingung dengan status pendidikan Anda. Tks

12 03 2013
ira febrina

mohon info pak. kalo semisalnya saya S1 nya jurusan pendidikan kimia dengan gelar S.Pd, sementara untuk S2 saya ambil jurusan biokimia yang nantinya saya akan dapatkan gelar M.Si. apakah itu linear pak? atau haruskah saya ambil program pendidikan kimia untuk S2 dengan gelar akhir M.Pd?mohon info ya pak

14 03 2013
uripsantoso

Yang linier adalah jika ambil S2 Pendidikan Kimia juga sesuai dengan Prodi S1. Tks

12 03 2013
norimarsena

Selmat malam pak urip.salam kenal,saya mau tnya pak, s1 saya dari pendidikan matematika.saya berencana ambil s2.. dan pilihan yg akan saya ambil antara teknologi pendidikan dari fakultas ilmu pendidikan
Dan matematika murni dari fakultas MIPA.
menurut bapak,diantara pilihan yg akan saya ambil, pilihan yang manakah linier dengan s1 saya?
Terima kasih sebelumnya pak!

14 03 2013
uripsantoso

Yang paling linier adalah jika ambil Pendidikan Matematika juga. Yang kedua, ambil teknologi pendidikan dan nanti tesisnya ambil tema/topik tentang teknologi pendidikan matematika. Kalau MIPa matematika mungkin kurang linier menurut saya. Tks

15 03 2013
norimarsena

Alhamdulilah…
Oh ya pak,kemrin skripsi s1 oyi judulnya “penerapan model pembelajaran langsung untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 5 SDN 183 Pekanbaru”

Alhamdulillah oyi lulus diteknologi pendidikan pak,apa bapak ada saran seputar tesis yang akan bisa diambil untuk melnjutkan skripsi s1?
Atau bapak ada saran untuk oyi? Sukron bapak…

15 03 2013
uripsantoso

Saya blm punya saran, saya yakin adik lebih tahu. Tks

15 03 2013
norimarsena

Asslm.wr.wb
Maksih pak.oh ya pak,ada pertnyaan titipan teman nech pak
S1nya pendidikan matematikan,s2 nya mau ngambil pendidikan dasar.dipendidikan dsar ada beljar mtk jga pak.
Nah,apakah linier s2 dengan s1nya pak?
Syukron pak..:)

16 03 2013
uripsantoso

S1 pendidikan matematika, sebaiknya S2-nya juga ambil pendidikan matematika. Ini yang aman. Jika mengambil PGSD untuk S2-nya, maka topik tesisnya ambil pendidikan matematika di SD. Ini mungkin berisiko. Silahkah diputuskan, saya hanya memberi masukan. Tks.

15 03 2013
auliya

assalamualaikum pak,
maaf mau tanya..
Saya s1 pendidikan teknik sipil, gelar S.Pd. Kemudian sedang melanjutkan s2 teknik sipil murni, dgn gelar M.Eng..
Apakah termasuk linier? Kmudian apakah bisa mengajar utk s1 murni?
Terimakasih byk pak, utk informasinya..

16 03 2013
uripsantoso

Yang aman adalah bila Anda ambil Prodi yang sama dengan S1. Meskipun sama-sama teknik sipil sebenarnya yang satu menekankan kepada pendidikan atau bgm teknik PBM untuk teknik sipil sedangkan teknik sipil murni lebih ditekankan pada ilmunya. jadi berbeda. Simpulannya kurang linier. Ini menurut saya. Perlu diketahui bahwa Dikti belum menurunkan Juklak dan Juknisnya. Jadi apa yang saya sampaikan adalah pendapat saya yang belum tentu benar. Tks.

17 03 2013
auliya

kemudian, apakah saya masih bs mendaftrkn diri utk dosen swasta dgn riwayat pendidikan s1 dan s2 saya pak?
Terimakasih byk atas pencerahannya pak..

18 03 2013
uripsantoso

Aulia, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mendaftar jadi dosen. Jika diterima, maka sebaiknya melanjutkan S3nya sesuai dengan S2 sebab dosen itu minimal pendidikannya harus S2. Tks

17 03 2013
rifa

as.wb
trmksh pak ats tulisan bpk.mau tanyak.kalo S1 nya pendidikan mtka n S2 pendidikan dasar konsentrasi matika apa msh linier g pak?

18 03 2013
uripsantoso

Menurut saya masih linier, Rifa. Tks

18 03 2013
auliya

terimakasih byk pak :)

20 03 2013
berthanio

salam kenal Pak Urip.
saya mau tanya pendapat bapak mohon bantuannya.
saya lulusan s1 teknik informatika dan saya niat mengambil s2 yang spesialisasinya/topik thesisnya ke GIS (Sistem Informasi Geografis). Memang condong ke goegrafi tapi hampir semua teori dan aplikasi dalam subjek ini berkaitan dengan informatika/komputer seperti database, peta digital, dll.

Kira-kira menurut bapak ini termasuk linear atau tidak? Soalnya saya berniat melamar dosen jika lulus s2. Terima kasih. :)

20 03 2013
uripsantoso

Jika Anda mau melamar dosen, maka yang paling aman S2nya adalah juga teknik informatika. Jika Anda tertarik GIS maka ambillah ia sebagai minor, sehingga semua tujuan dapat tercapai. Tks

21 03 2013
Ronyfebrian

Assalamualaikum pak saya mau tanya, S1 saya Fakultas syariah jur Al-Ahwal asy-saykhshiyyah, untuk S2 saya akan mengambil Konsentrasi Syariah di kampus yang sama apakah ini linear pak??? mohon bantuannya pak…syukran

22 03 2013
uripsantoso

Saya tidak begitu paham tentang disiplin ilmu di agama Islam sehingga tidak bisa menjawab dg tepat. Kalau bisa ambil yang Prodinya sama dg S1 jika ada. Jika tak ada maka ambil syariah dengan konsentrasi (topik riset) sama dengan S1 Anda.

21 03 2013
Ronyfebrian

dikampus tersebut untuk s2 tidak ada yang sama dengan jurusan sebelumnya, yang ada prodi kajian islam konsentrasi syariah, apakah linear pak??

22 03 2013
uripsantoso

Jika tak ada OK, tapi ketika penelitian ambil topik yang sama dengan S1 Anda. Tks

22 03 2013
Ronyfebrian

berarti linear kan pak??? insya allah topiknya tetap sesuai dengan s1…syukran bantuannya pak

22 03 2013
Rony Febrian

Mungkin bisa saya perjelas pertanyaan saya pak
saya lulusan S1 Fak. Syariah jur. Ahwal-asy syakhshiyyah (Hukum Keluarga Islam) gelar SHI
saya berencana ambil S2 dikampus yang sama, namun untuk S2 yang ada dikampus saya hanya Prodi Pengkajian Islam,Konsentrasi Syariah dg gelar M.A,
Menurut bapak apakah linear dengan S1 saya pak???
Mohon bantuannya pak…syukran

23 03 2013
uripsantoso

Apakah di universitas lain tidak ada? Jika ada yang aman adalah mengambil Prodi Hukum Keluarga Islam meski di universitas lain. Jika Anda berencana kuliah di universitas yang sama dg konsentrasi syariah mungkin Anda bisa mengambil topik penelitian Hukum Keluarga Islam, sehingga bisa linier dg S1 Anda tapi mungkin berisiko. Tks

24 03 2013
Rony Febrian

Di Univ lain setelah saya bandingkan pak…
1. IAIN Imam Bonjol Padang (Prodi Pengkajian Islam, konsentrasi Syariah)
2. UIN Syarif Hidayatullah (Prodi Pengkajian Islam, konsentrasi Syariah)
3. UIN Malang (Prodi Al-Ahwal al-syakhshiyyah)
4. UIN Sunan Kalijaga Jogja (Prodi Hukum Islam, konsentrasi Hukum Keluarga
Islam)
5. UIN Bandung (Prodi Ilmu Agama Islam, konsentrasi Hukum Islam)

saya kuliah di IAIN Padang pak,jika saya perhatikan kampus saya lebih berkiblat ke UIN Syarif Jakarta, dilihat dari segi Prodi,konsentrasi dan dosen yang mengajar juga banyak yang dari UIN Jakarta, Jika saya perhatikan banyak Prof.hukum islam jebolan dari UIN Jakarta, artinya mereka juga mengambil prodi yang sama dg diatas, yang notabeninya sama dengan kampus saya,
kira2 menurut bapak bagaimana ya pak? apa tidak apa2 saya ambil di IAIN Padang atau harus milih ditempat lain itu pak??? Harapan saya jika saya kuliah di IAIN Padang bisa pendekatan dengan dosen sehingga ada peluang untuk jadi asdos, karena alhmdulillah IPK S1 saya lumayan diatas rata-rata, dan saya juga akan berjuang keras di S2.

Mohon Pencerahannya pak…

24 03 2013
uripsantoso

1. Aturan ke prof. sejak tahun 2010 memperhatikan linieritas pendidikan. Jadi sebelum tahun 2010 memang bisa jadi prof tanpa meskipun tak linier. 2. Saya sudah memberikan 2 alternatif, yaitu kuliah dg Prodi yang sama meskipun itu harus keluar Padang. Ini yang paling aman. Kedua, bisa kuliah di Padang dg konsentrasi syariah tapi ketika penelitian ambil topik penelitian sesuai dg S1 Anda.
3. Silahkan pilih mana yang paling baik buat Anda.

26 03 2013
Ronyfebrian

terima kasih banyak atas masukannya pak….

25 03 2013
dendi

Ass. Pak S2 Administrasi Pendidikan sedangkan S3 Manajemen Pendidikan. apakah itu sudah linier… Mohon jawabannya

25 03 2013
Anggono

Salam Pak Urip Santoso, nama Saya Anggono. Saya berambisi menjadi seorang dosen. Sekarang saya kuliah di Unimed, S1 Fakultas Ekonomi jurusan pendidikan ekonomi prodi pendidikan akuntansi. Pertanyaan saya adalah, jika saya mengambil S2 ilmu ekonomi dan studi pembagunan (IESP). Apakah itu linear pak ?.

26 03 2013
uripsantoso

Yang paling linier adalah jika Anda mengambil S2 pendidikan akutansi juga. Tks

26 03 2013
Anggono

Terima kasih atas sarannya pak. Akan tetapi, saya sudah browsing di internet, ternyata sangat jarang sekali ada penyelenggara S2 pendidikan ekonomi prodi pendidikan akuntansi di Indonesia maupun di sumatera utara karena kurangnya peminat. Yang menjadi pertanyaan saya, apakah ada alternatif lain pak agar pendidikan saya bisa linear agar bisa jadi dosen ?. Terima Kasih.

27 03 2013
uripsantoso

Oh gitu ya Anggono. Jika pilihannya sulit, mungkin Anda dapat mengambil akutansi murni. Tks.

27 03 2013
Anggono

Terima kasih pak atas saran dan penjelasannya.

2 04 2013
Erwin

Assalammualaikum,salam sejahtera pak,saya mau tanya,saya lulusan s1 sarjana pendidikan kewarganegaraan dengan penelitian skripsi pengaruh permainan game online terhadap perilaku menyimpang moral anak. Kemudian saya melanjutkan s2 magister ilmu pengetahuan sosial,kini saya sedang meneliti dengan judul tesis peranan permainan tradisional gobag sodor dalam membentuk kepribadian anak. jika dilihat dari segi ilmu baik itu PKn dan IPS serta bila saya lulus s2,apakah masih linier?

2 04 2013
uripsantoso

Jika dilihat dari penyelenggara (Program Studi) jelas kurang linier. Pendidikan kewargaannegara berbeda dengan ilmu sosial murni. Jika dilihat dari bidang ilmu tampaknya juga kurang linier. Jika dilihat dari substansi mungkin (skripsi) mungkin linier. Tks.

2 04 2013
zuvita

Pak urip, saya dosen kebidanan tamatan D-IV bidan pendidik (S.Sit) , kalau saya melanjutkan S2 dibidang Hukum Kesehatan (MH.Kes), apakah masih linier?

3 04 2013
uripsantoso

Kalau bidan kan profesi maka sebaiknya lanjutkan ke profesi agar lebih profesional. Jk Anda seorang dosen, maka konsultasikan kepada senior untuk melanjutkan S2. Saya tak begitu paham tentang kebidanan. Jk S2 Hukum Kesehatan maka menurut saya tak linier. Tks

3 04 2013
naya

mohon mf pak, minta sarannya. saya fresh graduate s1 PGSD, rencana mau lanjut S2 via BPP DN DIKTI tapi adanya s2 PAUD dan S2 PLB, apakah itu linier?
karna passion sy ingin jd dosen via perjanjian Dikti.
atau baiknya sy lanjut s2 pendidikan dasar dan tentunya dgn biaya sendiri. trmksh.

4 04 2013
uripsantoso

Yang paling aman S2nya juga PGSD. Saya kurang tahu jk lanjut S2 ke PAUD atau PLB apakah linier atau tidak krn saya bukan dari KIP. Tks

5 04 2013
sihindun arumi

saya S1 dari pendidikan bahasa inggris fakultas keguruan dan pendidikan, S2 linguistik dari fakultas ilmu budaya, apakah masih termasuk linier? soalnya pimpinan sy ngotot kalau sy tdk linier dan hrs S2 lg yg linier, bgmn saran bapak? trmksh

5 04 2013
uripsantoso

Kalau ditinjau dari sudut penyelenggara (fakultas & program studi) tidak linier. Tks

5 04 2013
anna

Prof.. saya jadi galau mengenai linear atau tidak..saya S1 bahasa dan sastra inggris dan saat ini saya study S2 program pend.bahasa.. kekhususan bhs inggris.. msh linear kah ?? saat ini apakah dikti sudah mengeluarkan Juklat dan Juknis?? Tks

5 04 2013
uripsantoso

Dikti belum mengeluarkan juklak dan juknisnya. Kalau ditinjau dari penyelenggara (Program studi) kurang linier. Ini menurut saya loh, soalnya belum ada aturan yang resmi.

6 04 2013
zakiyah

prof., kalau sekarang saya S1 program studynya Teknologi pendidikan di FKIp., sebaiknya S2 nya saya ambil program apa? soalnya rencananya saya mau S2 di jepang., terima kasih., :)

7 04 2013
uripsantoso

Jk Anda dosen, maka sebaiknya juga ambil S2 Teknologi pendidikan. Ini supaya linier dg S1. Ini yang paling aman. Tks

16 04 2013
Zakiyatur Rohmatullah Al Mukhtar

tapi saya mencari S2 teknologi pendidikan di jepang itu tidak ada pak? apakah linear kalau saya mengambil teknologi infortmasi?

16 04 2013
uripsantoso

sdr Zakiyatur, cobalah konsultasi dg dosen senior mengenai hal ini. Ada nggak di Jepang yang mendekati bidang ilmu S1 Anda. Jk ada mungkin itu bisa diambil. Seingat saya di Jepang juga ada bidang ilmu pendidikan. Nah, terus Anda ambil spesialisasi (mungkin tesis)nya tentang teknologi pendidikan. Menurut saya kalau teknologi informasi malah semakin jauh. Tks

20 04 2013
Zakiyatur Rohmatullah Al Mukhtar

terima kasih sebelumnya pak., tapi belum ada yang sebelumnya ke jepang., tapi terima kasih sekali atas masukkannya.,

7 04 2013
arin

selamat sore Prof…
saya berpendidikan S1 pendidikan biologi dgn skripsi kearah keragaman jenis primata
saya ingin melanjutkan S2, bidang ilmu biologi konservasi, dgn harapan saya ingin melanjutkan thesis saya kearah yg sama dgn skripsi saya,mungkin ttg konservasi primata
saya ingin menjadi dosen, namun passion saya lebih kearah ilmu biologinya drpd pendidikannya.
jika ditinjau dr gelar yg ddptkan,maka gelarnya akan mnjd S.Pd., M.Si
yg ingin saya tanyakan:
1. apakah itu linier?
2. bagaimana peluang kesempatan saya utk menjadi dosen?
3. bgmn saran Prof jika peluang utk menjadi dosen kecil?
terima kasih sebelumnya Prof.

7 04 2013
uripsantoso

Jika ingin jadi dosen, maka sebaiknya S2nya juga pendidikan biologi. Tks

8 04 2013
anna

prof …skarng saya dosen di perguruan tinggi swasta tp dalam proses penegrian. saya S1 sastra inggris dan sudah mengantongi Akta 4 sertifikat mengajar atau ijin mengajar nah apakah tetap tdk linear jika saya lanjut ke s2 program pend.bahasa inggris?? mohon bantuannya prof.. thanks

8 04 2013
uripsantoso

Ya, menurut saya tidak linier. Ambil S2 sastra Inggris agar aman sampai ke jenjang jabatan dosen tertinggi (guru besar). Jk Anda ambil S2 pendidikan bahasa inggris saya khawatir Anda hanya sampai Lektor Kepala. Tks

9 04 2013
sahriyadi

Ass pak Urip smg slalu senantiasa sehat walafiat sekeluarga. Saya Sahriyadi, saat ini adalah pengajar di Prodi Teknik Arsitektur Unmuha Aceh. Saya bingung dengan rumpun ilmu yang dikeluarkan dikti. Beberapa kali saya hubungi dikti prihal minta petunjuk linieritas ilmu saya gak pernah di tanggap. Krn saya srg mengikuti blog bpk maka saya mencoba meminta bantuan atau petunjuk dari bpk. Mohon masukannya ya pak. Pendidikan saya S1 Desain Interior ISI BALI (TA: REDESAIN INTERIOR KLINIK KESEHATAN TRADISONAL komplit dg fasilitas restoran dll), lalu studi S2 di Atmajaya Yogya (Tesis: Evaluasi Pasca Huni Restoran di Yogyakarta). Mata kuliah yang saya tempuh di S2 hampir semuanya pernah di tempuh waktu S1. Masalahnya skrg adalah berdasarkan rumpun ilmu dikti Desain Interior (DESAIN) dan Arsitektur (TEKNIK) berbeda RUMPUN.
Berdasarkan latar belakang ilmu, menurut referensi dan teori yg saya dapatkan bahwa ke dua ilmu tersebut adalah kerabat dekat bahkan satu sama lain tdk bisa lepas. Dan diperkuat oleh tulisan bapak “Linieritas Pendidikan bagi Dosen” yg mencantum List of Academic desipline bahwa sdh jelas bahwa desain interior merupakan ilmu yg masuk dan terkait ke dalam ilmu arsitektur. Jadi bagaimana tanggapan linieritas ilmu saya menurut bpk?
Terimakasih wass…

9 04 2013
uripsantoso

Daftar disiplin akademik yang saya sajikan ini setahu saya juga menjadi acuan Dikti. Saya lihat arsitek dan design itu satu disiplin ilmu, maka menurut saya itu linier. Tapi coba tanya ke dosen senior Anda agar lebih jelas. Tks.

9 04 2013
sahriyadi

makasi pak atas respon nya . . .

9 04 2013
Myra

Assalamu’alaikum Bapak Prof Urip Santoso
Kebetulan saya sedang bingung masalah linieritas pendidikan ini, jadi pas ketemu artikel ini, dan Pak urip ternyata sangat concern dengan pertanyaan2 yang diajukan, Alhamdulillah saya senang sekali…
Begini Pak, saya S1 lulusan Teknologi Kimia Industri
Lalu saya ingin melanjutkan S2 kimia dan S3 Kimia, apakah itu linier…?
Terimakasih Pak atas perhatian dan jawabannya…

9 04 2013
Myra

Assalamu’alaikum Prof, Semoga selalu sehat wal ‘afiat sekeluarga…
saya ingin menanyakan, saya memiliki latar belakang S1 Teknologi Kimia Industri (teknik Kimia), dan insyaAllah saya akan mengambil S2 Kimia, apakah itu termasuk linier menurut DIKTI, Prof…?
Terimakasih Prof atas jawabannya

9 04 2013
uripsantoso

Kalau menurut Dikti saya kurang tahu sebab Dikti belum mengeluarkan juklaknya. Menurut saya sebaiknya ambil S2 Teknologi Industri Kimia. Ini lebih linier dan lebih aman. Jika ambil Kimia murni saya khawatir kurang linier. Tks

9 04 2013
uripsantoso

Myra, sebaiknya ambil S2 dan S3 selaras dg S1 yaitu Teknologi Kimia Industri. Ini lebih aman daripada ambil Kimia murni.Tks

10 04 2013
Myra

Terimakasih Prof atas jawabannya…

10 04 2013
uripsantoso

Tks kembali Myra. Jangan bosan berkunjung. Tks

9 04 2013
dendi

Aslkm.wr.wb.salam pak..nama saya dendi saya s1 hubungan internasional fisip dan s2 komunikasi politik fakultas ilmu komunikasi, apakah itu sudah linier? dan kalau mau linier saya harus gimana?apakah harus kuliah s1 komunikasi apakah sudah cukup dengan hanya melanjutkan ke jenjang s3 dengan bidang ilmu komunikasi?terimakasih pak

9 04 2013
uripsantoso

Menurut saya itu tidak linier. Kalau HI ya S2nya sebaiknya HI. Tks

10 04 2013
berthanio

Permisi pak, saya mau tanya lagi. Apakah minor thesis itu harus memiliki hubungan dengan major program studinya?
Misalnya, saya mengambil Teknologi Informasi yang majornya tentang menajemen data, pembuatan software, dsb. Tapi saya mengajukan minor thesis ttg dampak penggunaan TI dalam dunia pendidikan. Apakah bisa seperti itu? Mohon tanggapannya. Terima kasih.

10 04 2013
uripsantoso

Sebaiknya demikian agar ada linieritas. Tks.

10 04 2013
dendi

terimakasih pak..tapi saya sudah s2 komunikasi apakah masih bisa linier dengan melanjutkan s3 komunikasi lagi tanpa harus s2 HI..

10 04 2013
uripsantoso

Jika begitu S2 dan S3nya saja yang linier. Kalau Anda dosen bisa jadi itu akan merupakan sandungan ketika akan naik ke guru besar. Tks.

16 04 2013
dendi

kebetulan saya dosen di univ swasta jur komunikasi. kalau s2 dan s3 ny saja yang linier apakah berpeluang untuk menjadi guru besar?kalau tidak jika saya melanjutkan study s1 jurusan komunikasi apakah bisa menjadi linier?terimakasih pak

16 04 2013
Krisni

Selamat mlm prof..salam kenal nama saya kris, sy dosen Hubungan internasional, pendidikan saya s1 jurusan hubungan internasional Fisip,s2 ilmu politik fisip,s3 Hubungan internasional fisip apakah bisa dikatakan linier..mhn info prof..tks..

16 04 2013
uripsantoso

Menurut saya S2 Anda kurang linier. Tks.

16 04 2013
dendi

saya dosen pak pada jurusan ilmu komunikasi…kalau s2 dan s3 nya saja yang linier apa bisa menjadi guru besar?kalau tidak bisa apakah dengan saya melanjutkan ke jenjang s1 lagi pd jurusan komunikasi bisa berkesempatan menjadi guru besar..trims

16 04 2013
uripsantoso

Untuk jadi guru besar S1, S2 & S3 harus linier. Jk yang linier S2 & S3 saja lalu Anda kuliah lg S1 agar linier mk saya kira itu bisa. Asalkan, Anda kuliah lagi dg surat tugas dari universitas. Tks

16 04 2013
dendi

kalau tanpa surat tugas dari universitas itu tidak bisa pak menjadi linier?tks

17 04 2013
uripsantoso

Sekarang Dikti ketat. Bagi dosen yang tidak ada surat tugas, atau mereka yang melanggar ketentuan seperti kuliah jarak jauh tidak diakui ijazahnya. Tks

17 04 2013
Rauza

salam bpk..
sya Rauza dr Aceh..pak,, sya sdah baca beberapa pertnyaan dr kwn2..
tp untuk meyakinkan diri sya lg,, sya mw tanya,,,
sya s1 pendidikan fisika,, sya berencana s2.. s2 yang ada dilingkungan sya pendidikan IPA kosentrasi fisika,, karena ada 2 pilihan saat mendaftar, maka pilihan 1 sya pilih itu,, Insya Allah Linier.. ya kan pak?
Nah untuk pilihan ke 2, sya bingung,, apa sya pilih penelitian dan evaluasi pendidikan atau pend.IPA kosentrasi IPA?? mohon saranya pak,, agar s2 sya linier dgn s1.. terima kasih..

17 04 2013
uripsantoso

Sebaiknya ambil Pendidikan IPA konsentrasi pendidikan fisika. Semenetara penelitiannya tentu saja ambil topik pendidikan fisika. Tks

17 04 2013
Rauza

terima kasih bapak…

17 04 2013
dendi

Terimakasih Pak atas jawabannya..

17 04 2013
TURE SIMAMORA

selamat siang Prof, mohon pencerahannya
saya berasal dari Fakultas Peternakan, sejak 2008 Fakultas Peternakan digabung jadi satu Prodi yaitu Ilmu Peternakan, namun d semester 7 di bagi menjadi Bidang Kajian Ilmu dan saya ambil bidang kajian Pembangunan dan Bisnis Peternakan (sosial ekonomi Peternakan). Nah, saya mau lanjutkan s2 di IPB, sementara Fakultas Peternakan di Pasca sarjana IPB tidak meiliki jurusan sosial ekonomi peternakan (agribisnis).Pada hal Prodi Agribisnis bernaung dibawah fakultas ekonomi, Skripsi s1 saya juga menengenai sosial ekonomi peternakan. Kalau saya ambil jurusan agribisnis walau di fakultas ekonomi linear gak itu pak?

17 04 2013
uripsantoso

Sebaiknya Anda S2 di Fakultas Peternakan agar linier. Ketika ambil tesis ambil topik tentang sosek peternakan.

19 04 2013
TURE SIMAMORA

Kalau saya ambil fakultas peternakan, tentu saya akan pilih Produksi atau nutrisi karena hanya dua itu saja jurusan yang ada disana. Pertanyaan saya, kalaulah misalnya saya ambil jurusan produksi apakah saya bisa melakukan penelitian tesis dibidang sosial ekonomi?. Terimakasih Prof

19 04 2013
uripsantoso

Apakah harus ke IPB. Setahu saya di UGM Prodi Ilmu Peternakan dengan 4 minat ilmu, yang antara lain adalah Sosek. Kalau tak salah di Universitas Andalas juga umum saja. Mungkin juga Anda bisa cari info di universitas lain. Kalau ke Fak. Ekonomi khawatir dinilai oleh Dikti tidak linier. Tapi semua itu kembali kepada Anda. Tks

24 04 2013
TURE SIMAMORA

Kalau dari 3 kriteria linearitas yang bpk jelaskan diatas, sejauh ini mana yang diterapkan oleh dikti? Terimakasih Prof

25 04 2013
uripsantoso

Sejauh yang saya tahu, Dikti melihat linieritas dari sisi penyelenggara (Program Studi), Turesimamora. Tks

21 04 2013
Vira Yanuar (@ViraAnanto)

kalau dari s1 teknik arsitektur mau melanjutkan ke s2 pendidikan bahasa inggris apa bisa?bagaimana prospek kerjanya?trimakasih

22 04 2013
uripsantoso

Vira, jelas tidak linier. Kalau ingin jadi dosen jelas tidak bisa. Kalau untuk pekerjaan lain tentu saja masih terbuka lebar. Tks

22 04 2013
filia hanum

assalamualiakum pak urip.. saya hanum dosen tetap pada univ. serambi mekkah aceh (PTS). saya lulusan S1 Program studi ilmu ekonomi, sekarang mengajar di program studi manajemen, saya mau melanjutkan S2 pd program studi Ilmu ekonomi jg krn sesuai dgn ijazah S1 saya,,walaupun saya mengajar di program
studi manajemen, yang ingin saya tanyakan, apakah program studi yang harus saya ambil pada jenjang s2 ? apakah harus selinier dgn ijzah S1 saya atau dgn program studi yang saya ajar sekarang ?? dan bagaimana ketentuan dari DIKTI sekarang tentang sertifikasi dosen dan pengurusan jabatan fungsional ke depan?? apakah ada pengaruhnya ?? makasih pak . mohon ditanggapi segera..

22 04 2013
filia hanum

selamat siang…..saya hanum dosen tetap di Universitas Serambi Mekkah Aceh, jurusan ekonomi manajemen. Mau bertanya seputar jenjang pendidikan S2. Saya pendidikan Si lulusan Ekonomi jurusan Ilmu ekonomi dan Studi Pembangunan. Mau melanjutkan Studi Magister pada program studi Ilmu ekonomi pada PPs penyelenggara Universitas Syiah Kuala. Tetapi saya dosen tetap dan mengajar di jurusan manajemen pada Universitas Serambi Mekkah, yang ingin saya tanyakan adalah untuk melanjutkan jenjang magister S2 apakah jurusan yang harus saya ambil adalah yang selinier dengan bidang Sarjana S1 saya yaitu S1 Ilmu Ekonomi atau harus selinier dengan jurusan yang saya ngajar yaitu jurusan Manajemen ? Bagaimana untuk ke depan dalam pengurusan jabatan fingsional dan struktural dosen, sertifikasi dosen, dan lain-lain ada pengaruhnya terhadap program studi magister yang akan kami ambil ?

mohon ditanggapi secepatnya karena masa pengurusan dan pendaftaran Magister S2 lebih kurang tinggal 1 bulan lagi (Mei 2013) karena untuk melanjutkan jenjang magister, saya masih bingung untuk mengambil Program Studi apa, …….terima kasih.

22 04 2013
uripsantoso

sdr Hanum, yang dimaksud dg linieritas pendidikan adalah S1, S2 dan S3 harus linier. Dalam hal ini tidak terkait dg dimana Anda mengajar. Oleh sebab itu, jika S1 Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, maka sebaiknya S2 juga di Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan. Memang masalah Anda cukup rumit sebab Anda dosen tetap di Program Studi Manajemen. Padahal sebagai dosen juga antara kepakaran dan kegiatan tridharma (pendidikan & pengajaran rpegembangan ilmu dan pengabdian) juga harus linier. Linieritas ini akan berpenngaruh pada kenaikkan jabatan dosen guru besar. Tks

23 04 2013
hanum

assalamualaikum pak urip,, terima kasih atas jawabannya,,jd menurut bapak sebaiknya saya mengambil s2 jurusan Ilmu ekonomi yang selinier dgn S1 saya atau s2 jurusan manajemen sesuai dgn dosen tetap di jurusan manajemen? tetapi kalo saya ambil s2 jurusan manajemen, apakah susah tidak untuk pengurusan kepangkatan ke depan ? karena saya kan s1 Ilmu ekonomi pak,,bagaimana sebaiknya menurut bapak?? mohon dibantu

23 04 2013
hanum

oya pak urip, kalau saya ambil s2 jurusan ilmu ekonomi dan studi pembangunan, ntar untuk ke depan pas waktu saya mengurus kepangkatan, jafa, jafung, serdos, dll tidak masalah kan pak>?? karena saya s1 Ilmu ekonomi dan studi pembangunan.Bagaimana ya pak??

25 04 2013
uripsantoso

Menurut saya tidak masalah. Jika memungkinkan Anda bisa usulkan untuk pindah mengajarnya ke Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, atau Program Studi Studi Pembangunan. Tapi kalau melihat ada kata-kata Ilmu Ekonomi tampaknya Anda bisa ambil S2 manajemen sesuai dengan tempat Anda mengajar/bekerja. Coba konsultasikan dg dosen senior. Tks

25 04 2013
uripsantoso

Saya agak bingung dg program Studi Ilmu Ekonomi & Studi Pembanguan, karena kan ini bisa 2 Program Studi. Kalau melihat ada kata-kata Ilmu Ekonomi maka Anda bisa mengambil Program Studi Manajemen untuk S2nya sesuai dg tempat Anda mengajar sekarang. Tapi kalau membaca Studi Pembangunan maka sebaiknya S2 Studi Pembangunan. Tmapkanya dua-duanya bisa.

26 04 2013
muliadi

Assalamu’alaikum Pak,
saya mau tanya,
saya dulunya S1 Pend.Matematika dan skarang saya lagi jalan S2 Teknologi Pendidikan,
apakah S1 dan S2 saya tersebut Liniear ?
Mohon jawabanya pak,
trima kasih bnyak pak

27 04 2013
uripsantoso

Jika berdasarkan penyelenggara (Program Studi) tidak linier. Tks

27 04 2013
Anita

Pak, saya dari Pendidikan Ekonomi, saya sangat ingin daftar BPP-DN tahun ini. tapi BPP-DN tidak membuka beasiswa untuk prodi pendidikan ekonomi atau ekonomi murni pun tidak ada, kalau saya mau mengambil pendidikan teknologi dan kejuruan atau pendidikan luar sekolah bagaimana solusinya?

28 04 2013
uripsantoso

Sulit bagi saya memberi masukkan. Kedua-duanya tidak linier. Mungkin bisa mengambil Teknologi Pendidikan dg konsentrasi pendidikan ekonomi atau tesisnya ambil masalah teknologi pendidikan ekonomi. Tks

1 05 2013
alinee

Assalamu’alaikum Prof. Mau tanya Prof sy dlu S1 Pend. kepelatihan olahraga, untuk S2 mau melanjutkan di Ilmu kesehatan masyarakat minat study gizi masyarakat. Skripsi sy dlu mengenai status gizi,status lemak & status kesegaran jasmani. Apakah bisa & bagaimana dg prospek de depannya prof? makasi

2 05 2013
uripsantoso

Kalau Anda ingin menjadi dosen mungkin ini akan menjadi masalah, sebab linieritas sangat pendidikan bagi dosen. Jika Anda ingin bekerja di bidang lain maka Kesehatan Masyarakat itu mempunyai prospek yang bagus. Tks

2 05 2013
egrettadewi

Saya ingin sekali menjadi dosen tapi ilmu S1 dan S2 yang sedang saya ambil skrg ini tidak linier, apakah ada kesmpatan menjadi asisten dosen atau dosen tidak tetap perguruan tinggi swasta pak? Jujur saya tidak tau kalo syarat jadi dosen itu harus linier S1 dan S2 nya. Mohon pencerahannya

2 05 2013
uripsantoso

Kalau jadi dosen tidak tetap di PT swasta tidak jadi masalah. Bisa! Tapi ketika ingin jadi dosen PTN tetap linieritas pendidikan menjadi penting. Tks.

2 05 2013
egrettadewi

Wah.. terimakasih banyak atas infonya pak, saya jadi lebih optimis mengejar cita2 saya menjadi dosen walaupun tidak tetap…

3 05 2013
uripsantoso

Terima ksih kembali Dewi. Sukses slalu.

4 05 2013
Happy

ingin bertanya, apakah linieritas itu cukup 2 di antara 3? misal S1 dengan S2 atau S2 dengan S3 atau S1 dengan S3?

6 05 2013
uripsantoso

Harus linier S1, S2 dan S3-nya Happy.

9 05 2013
irvan sembiring

pak……
saya s1 pendidikan agama islam..
kira-kira jurusan apa saja ya biar s2 linier dengan s1, saya gak mau lagi pendidikan islam…
kira-kira apa ya..

10 05 2013
uripsantoso

Sdr Irvan yang paling linier adalah ya pendidikan islam. Perlu dicatat bhw linieritas pendidikan hanya untuk dosen. Jadi meski tak linier msh banyak peluang pekerjaan.

10 05 2013
irvan sembiring

hehe…ok pak, terima kasih banyak…

jazaka Allahu Bikhoir. . .

10 05 2013
irvan sembiring

kira-kira kalau ambil teknologi pendidikan masih linier apa gak ya pak….

11 05 2013
uripsantoso

Mungkin bisa jika tesisnya mengenai teknologi pendidikan islam, tapi memang sampai saat ini belum ada petunjuk dari Dikti. Tks

10 05 2013
Meri

Assalamualaikum bpak, saya adalh guru GTT yg mngajar ekonomi kewirausahaan dSMK dikota padang, sekrang saya mngambil S2 di program Magister Pendidikan Ekonomi UNP Padang, sudah semester 3, S1 saya Imu Ekonomi di Universitas Riau,apa S1 dan S2 saya itu bisa dikatakan linier pak?saya mw mnjadi dosen, apa bisa saya mngajar dipendidikan eknomi diuniversitas negeri ??trimksh sblumny pak

11 05 2013
uripsantoso

Sdr Meri, linieritas lebih ditekankan kpd penyelenggara (Program Studi). Ilmu ekonomi berbeda dg pendidikan ekonomi. Jadi kurang linier, karena ilmu ekonomi lbh menekankan kpd ekonomi murni, dan pendidikan ekonomi lbh ditekankan pendidikan, artinya bgm menstranfer ilmu ekonomi kpd mahasiswa. Tapi cobalah nanti melamar dosen, krn mungkin ada perbedaan pemahaman mengenai linieritas. Tks

11 05 2013
Meri

sya pikir krn saya sudah 6 tahun jd guru dan sudah punya akta IV, makany saya memilih ambil s2 Pendidikan Ekonomi..sy tdk tau klo itu tdk linier dan sdh ada aturanya dosen hrus linier s1 dan s2 :(..skrng sya sdg nyusun tesis dan rasany ndk mungkin pindah jurusan..sya bnar2 galau pak :(

12 05 2013
uripsantoso

Setahu saya sdr Meri, linieritas hanya untuk dosen, kalau guru sampai sekarang belum ada ketentuan tentang linieritas pendidikan. Jadi tak masalah. Perlu diketahui bhw Dikti belum mengeluarkan juknis tentang linieritas. Jadi apa yang saya sampaikan masih pendapat saya pribadi. Tks

12 05 2013
zakaria perkasa

Assalamualaikum Prof..Urip yang terhormat.. dikampus saya UPN agak lain, S1 Fakultas ekonomi: ekonomi pembangunan,manajemen dan akuntansi, s2- Program Pasca sarjana: magister manajemen, M akuntansi dan M- agribisnis, S3: Ilmu Ekonomi, pertanyaan saya apakah linier jika s1 saya ekonomi pembangunan, s2 saya M.manajemen, s3 ilmu ekonomi.. Mohon pencerahan kembali.. Thanks a lot. wasalam..

13 05 2013
uripsantoso

Menurut saya S1 & S2 kurang linier. Jika saja S1 & S2 ekonomi pembangunan dan S3 ilmu ekonomi dengan konsentrasi (desertasi) yang berkaitan dg ekonomi pembangunan maka itu akan linier. Linieritas bagi yang sudah jadi dosen penting ketika akan mengajukan jabatan guru besar. Bagi yang belum tampaknya juga mrp syarat untuk melamar menjadi dosen.

13 05 2013
Dito

Assalamualaikum Bpk Prof. urip, perkenalkan saya dito, mohon pencerahan pak, saya juga menjadi agak bingung dengan “linieritas”,,,Saya sekarang kliah di MTPB/Magister teknologi unt pengembangan berkelanjutan (sustainable development) di bwah ilmu lingkungan, sedangkan s1 saya Pendidikan IPA (terpadu), skripsi saya berkaitan biogas,bioetanol,biochar unt pembelajaran pada pendekatan sains,teknologi,lingkungan,dan masyarakat. Saat ini saya pun mempelajari teknologi tersebut (karena ingin memperdalamnya), masalah lingkunga- sosial-ekonominya juga,apalagi ditambah adanya education for sustainable development dari unesco yang mirip2 dengan IPA (terpadu) dengan pendektn STML tadi. Saya menyadari dari gelar memang tidak linier (pendidikan ipa-applied science), namun saya pikir masih satu rumpun apalagi materi energi terbarukan sekarang sudah diberikan sejak SD. Saya memperdalam minat ini karena saya pikir materi tersebut akan masug dalam pembelajaran,lagi pula waktu s1 juga ada dimatakuliah ipa terapan,ilmu lingkungan dan bioteknologi namun Apakah saya masih bisa berkarier di dunia pendidikan (melamar dosen) ataukah kuliah s2 saya tidak diakui di pendidikan?sehingga saya bisa mengambil plan B,terimakasih banyak,…

14 05 2013
uripsantoso

sdr Dito masalah linieritas ini memang membingungkan. Bahkan Dikti sendiri seolah-olah membiarkan itu terjadi. Sayangnya saya tidak punya akses ke Dikti. Sejauh pengetahuan saya linieritas pendidikan yang dimaksud oleh Dikti lebih mengarah ke penyelenggara (program studi). Jadi jika s1 Pendidikan IPA maka S2 dan S3 nya juga harus Pendidikan IPA. Tapi ini baru pemahaman saya loh. Tks

13 05 2013
zakaria perkasa

Terima kasih banyak Prof. Urip atas waktunya membaca tulisan saya. Jurusan Ekonomi Pembangunan memang kacau. Di ijazah ditulis Ilmu Ekonomi, di brosur di tulis ekonomi bisnis, dan di ban PT ditulis ekonomi pembangunan, Jadi apakah masih ada kesempatan saya jadi dosen? Mohon Prof.Urip meluruskan hal ini dengan pihak yang terkait agar ada kesempatan buat mahasiswa program ini untuk dikonsolidasi menjadi satu kesatuan dan ada program s2 nya.Thanks and Best Regard Prof Urip. Maaf bila ada yang kurang berkenan. Wassalamulaikum wr wb.

14 05 2013
uripsantoso

Mohon maaf mas Zakaria, saya tidak punya wewenang untuk itu. Tks

14 05 2013
jopie

Prof, saya minta pencerahannya.
Saya ingin melanjutkan studi ke S3.
S1 saya dari Fak Ekonomi, Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, konsentrasi moneter perbankan (Universitas swasta ternama, akreditasi A)
S2 saya dari Magister Manajemen, konsentrasi keuangan internasional (di universitas yang sama)
Saat ini saya adalah dosen tetap di Fak Ekonomi, Jurusan Ekonomi Pembangunan (10 tahun)
Saya ingin melanjutkan ke program doktor, Ilmu Ekonomi
Pertanyaan saya, apakah S2 dan S3 saya ini linier? Trima kasih Prof

14 05 2013
uripsantoso

Menurut saya linier. Tks

14 05 2013
zakaria perkasa

Assalamualaikum, Terima kasih banyak Prof. Urip atas masukannya. Saya senang bisa menemukan situs Prof Urip. Saya jadi semangat untuk kuliah meski linier atau tidak linier. Semoga diskusi ini bisa dibaca serta bermanfaat buat teman-teman yang ingin studi lanjut. Amin Ya Robbal alamin wasalam..

14 05 2013
uripsantoso

Tks mas Zakaria. Smangat slalu, smoga sukses.

16 05 2013
adila

Assalamualaikum Bpk Prof. urip, perkenalkan saya adila lulusan D4bidan pendidik lanjut s2 IKM keseshatan masyarakat peminatan kesehatan reproduks termasuk linier atau tdk tks

17 05 2013
uripsantoso

Kalau dari sudut penyelenggara saya berpendapat kurang linier. Selain itu D4 adalah pendidikan profesi, sehingga seharusnya melanjutkan ke jenjang pendidikan profesi yang lebih tinggi jk ada, sebab S2 itu bukan jenjang pendidikan profesi. Tks

17 05 2013
adila

terima kasih atas infonya pa…

22 05 2013
Fatkhur

aslm. prof. saya fatkhur, saya sudah baca semua kegalauan dari teman-teman, saya ingin nanya kalau ilmu lingkungan itu kan tidak ada s1 nya, (interdisiplin) jadi jika s1 ekonomi dan pembangunan s2 nya ilmu lingkungan linier atau tidak?

23 05 2013
uripsantoso

Ilmu lingkungan bidang multidisiplin, maka saya duga itu tak masalah sdr Fatkhur asal tesisnya linier dengan S1 atau skripsi. Tks

22 05 2013
NGIBAD

Assalamualaikum,,,salam Prof,,saya mau tanya,,,,,saya sekarang lagi bingung pingin ngambil S2 apa……saya punya latar belakang S1 kimia murni dengan judul skripsi,,,kombinasi ekstrak sebagai antimalaria,,,agak berbau farmasi gitu prof, sehingga saya nanti dapet gelas,,S,Si,,,,dengan judul skripsi kyak gitu,,kemudian kok saya tertarik untuk mendalami,,,obat herbal..oleh karenanya saya pingin ngambil s2 farmasi bahan alam atau pokoknya tentang pengembangan obat bahan alam,,,,yang otomatis mungkin berada di naungan farmasi,,,,dan nantinya saya mendapatkan gelar M.Farm…..sehingga urutan gelarnya,,S,Si, M,Farm,,,,,apakah seperti ini masih linear apa tidak ya prof,,,,mohon penjelasannya,,,,,,,,dan sarannya,,,,trima kasih

23 05 2013
uripsantoso

Terus terang mengenai linieritas memang masih blm jelas, shg kita hanya menduga. Yang paling aman tentu saja ambil S2 Kimia Murni. Perlu dicatat bahwa linieritas pendidikan hanya berlaku bagi dosen. Jika Anda berminat ke farmasi saya pikir itu lebih baik. Masalah pekerjaan untuk lulusan farmasi bukankah tebuka lebar. Tks

25 05 2013
NGIBAD

Oh Prof. trima kasih,,,soalnya saya tertarik menjadi dosen,,Prof,,apakah untuk menjadi aturan dari DIKTI untuk menjadi dosen harus linear Prof? trima kasih

25 05 2013
uripsantoso

Betul sdr Ngibad. Tks

22 05 2013
Yudha

Selamat Mlam Prof…
S1 saya pendidikan Bahasa Inggris dengan FKIP..
sekarang S2 saya Pendidikan Bahasa Indonesia dengan FKIP juga..
apakah linier?? Tq.

23 05 2013
uripsantoso

Menurut saya kurang linier Yudha.

23 05 2013
yudha

Maaf prof…
Letak kurang linier nya dmana yaa?
Sedangkan berdasarkan UU dikti
Kelompok yang serumpun..
1. Rumpun agama
2. Rumpun humaniora.
3. Rumpun sosial.
Aduh lupa saya yang 2 lagi…
Setelah saya cek n browsing..
Pendidikan bahasa, sastra, budaya, dan bidang linguistik termasuk rumpun humaniora..
Bisa kah prof. Jelaskan, jika ada yang salah..!!

24 05 2013
uripsantoso

Bukankah bhs Inggris berbeda dg bhs Indonesia? Misal S1 saya peternakan, dan kemudian S2 saya perikanan apa ini linier? Kan sama2 satu rumpun? Lebih parah lagi jika S3 saya agronomi? Kan peternakan dlm satu rumpun pertanian. Tidak linier bukan? Tks

27 05 2013
Ririn

Selamat Pagi Bapak Urip, saya ingin tanya. Saya lulusan S1 Farmasi, tahun ini mau ambil S2 Ilmu Biomedik, dengan konsentrasi: Imunologi. Kebetulan pas saya baca struktur kurikulum S2 Biomedik, ada sebagian matakuliah S2 biomedik yang sama atau terkait dengan matakuliah di S1 Farmasi, misalnya: Biologi Sel, Biologi Molekuler, Imunologi, dll. Farmasi masuk rumpun kesehatan, sedangkan Biomedik masuk rumpun kedokteran, apakah S1 Farmasi dengan S2 Biomedik bisa dikatakan linier, Pak? Terima kasih.

27 05 2013
uripsantoso

Mohon maaf Ririn saya kurang tahu hal ini. Kalau dari sisi penyelenggara (program studi) saya pikir kurang linier, tapi kalau dari bidang ilmu saya kurang tahu. Tks

27 05 2013
Ririn

Maaf Bapak, kalo misalnya nanti thesis saya ambil topik mengenai imunologi yang dikaitkan dengan obat-obatan, bagaimana Pak, apakah bisa dikatakan linier? terima kasih.

28 05 2013
uripsantoso

Kalau saya ambil aman yaitu Prodi yang linier dg S1, sebab tidak ada juknis dari Dikti mengenai hal ini. Memang jika ambil judul tesis yang linier dg skripsi S1 dapat dinyatakan linier berdasarkan bidang ilmu. Tapi sekali lagi saya blm tahu definisi linieritas yang mana yang dipilih oleh Dikti.

30 05 2013
Yudha

untuk lebih jelas nya..
saya kasih daftar prodi yg linier..
sumber dikti..

Rumpun Ilmu

Kode Rumpun Level
100 MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (MIPA) 1
110 ILMU IPA 2
111 Fisika 3
112 Kimia 3
113 Biologi (dan Bioteknologi Umum) 3
114 Bidang Ipa Lain Yang Belum Tercantum 3
120 MATEMATIKA 2
121 Matematika 3
122 Statistik 3
123 Ilmu Komputer 3
124 Bidang Matematika Lain yang Belum Tercantum 3
130 KEBUMIAN DAN ANGKASA 2
131 Astronomi 3
132 Geografi 3
133 Geologi 3
134 Geofisika 3
135 Meteorologi 3
136 Bidang Geofisika Lain yang Belum Tercantum 3
140 ILMU TANAMAN 1
150 ILMU PERTANIAN DAN PERKEBUNAN 2
151 Ilmu Tanah 3
152 Hortikultura 3
153 Ilmu Hama dan Penyakit Tanaman 3
154 Budidaya Pertanian dan Perkebunan 3
155 Perkebunan 3
156 Pemuliaan Tanaman 3
157 Bidang Pertanian & Perkebunan Lain yang Belum Tercantum 3
160 TEKNOLOGI DALAM ILMU TANAMAN 2
161 Teknologi Industri Pertanian (dan Agroteknologi) 3
162 Teknologi Hasil Pertanian 3
163 Teknologi Pertanian 3
164 Mekanisasi Pertanian 3
165 Teknologi Pangan dan Gizi 3
166 Teknologi Pasca Panen 3
167 Teknologi Perkebunan 3
168 Bioteknologi Pertanian dan Perkebunan 3
169 Ilmu Pangan 3
171 Bidang Teknologi Dalam Ilmu Tanaman yang Belum Tercantum 3
180 ILMU SOSIOLOGI PERTANIAN 2
181 Sosial Ekonomi Pertanian 3
182 Gizi Masyarakat dan Sumber Daya Keluarga 3
183 Ekonomi Pertanian 3
184 Sosiologi Pedesaan 3
185 Agribisnis 3
186 Penyuluh Pertanian 3
187 Bidang Sosiologi Pertanian Lain Yang Belum Tercantum 3
190 ILMU KEHUTANAN 2
191 Budidaya Kehutanan 3
192 Konservasi Sumberdaya Hutan 3
193 Manajemen Hutan 3
194 Teknologi Hasil Hutan 3
195 Bidang Kehutanan Lain Yang Belum Tercantum 3
200 ILMU HEWANI 1
210 ILMU PETERNAKAN 2
211 Ilmu Peternakan 3
212 Sosial Ekonomi Perternakan 3
213 Nutrisi dan Makanan Ternak 3
214 Teknologi Hasil Ternak 3
215 Pembangunan Peternakan 3
216 Produksi Ternak 3
217 Budidaya Ternak 3
218 Produksi dan Teknologi Pakan Ternak 3
219 Bioteknologi Peternakan 3
221 Sain Veteriner 3
222 Bidang Peternakan Lain Yang Belum Tercantum 3
230 ILMU PERIKANAN 2
231 Sosial Ekonomi Perikanan 3
232 Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan 3
233 Budidaya Perikanan 3
234 Pengolahan Hasil Perikanan 3
235 Sumberdaya Perairan 3
236 Nutrisi dan Makanan Ikan 3
237 Teknologi Penangkapan Ikan 3
238 Bioteknologi Perikanan 3
239 Budidaya Perairan 3
241 Bidang Perikanan Lain Yang Belum Tercantum 3
250 ILMU KEDOKTERAN HEWAN 2
251 Kedokteran Hewan 3
252 Bidang Kedokteran Hewan Lain yang Belum Tercantum 3
260 ILMU KEDOKTERAN 1
270 ILMU KEDOKTERAN SPESIALIS 2
272 Anestesi 3
273 Bedah (Umum, Plastik, Orthopaedi, Urologi, Dll) 3
274 Kebidanan dan Penyakit Kandungan 3
275 Kedokteran Forensik 3
276 Kedokteran Olahraga 3
277 Penyakit Anak 3
278 Ilmu Kedokteran Nuklir 3
279 Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi 3
281 Penyakit THT 3
282 Patologi Anatomi 3
283 Patologi Klinik 3
284 Penyakit Dalam 3
285 Penyakit Jantung 3
286 Penyakit Kulit dan Kelamin 3
287 Penyakit Mata 3
288 Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi 3
289 Penyakit Paru 3
291 Penyakit Syaraf 3
293 Mikrobiologi Klinik 3
294 Neurologi 3
295 Psikiatri 3
296 Radiologi 3
297 Rehabilitasi Medik 3
298 Bidang Kedokteran Spesialis Lain Yang Tercantum 3
300 ILMU KEDOKTERAN (AKADEMIK) 2
301 Biologi Reproduksi 3
303 Ilmu Biologi Reproduksi 3
304 Ilmu Biomedik 3
305 Ilmu Kedokteran Umum 3
306 Ilmu Kedokteran Dasar 3
307 Ilmu Kedokteran Dasar & Biomedis 3
308 Ilmu Kedokteran Keluarga 3
309 Ilmu Kedokteran Klinik 3
311 Ilmu Kedokteran Tropis 3
312 Imunologi 3
313 Kedokteran Kerja 3
314 Kesehatan Reproduksi 3
315 Bidang Ilmu Kedokteran Lain Yang Belum Tercantum 3
320 ILMU SPESIALIS KEDOKTERAN GIGI DAN MULUT 2
321 Kedokteran Gigi 3
322 Bedah Mulut 3
323 Penyakit Mulut 3
324 Periodonsia 3
325 Ortodonsia 3
326 Prostodonsia 3
327 Konservasi Gigi 3
328 Bidang Spesialis Kedokteran Gigi Lain Yang Belum Tercantum 3
330 ILMU KEDOKTERAN GIGI (AKADEMIK) 2
331 Ilmu Kedokteran Gigi 3
332 Ilmu Kedokteran Gigi Dasar 3
333 Ilmu Kedokteran Gigi Komunitas 3
334 Bidang Ilmu Kedokteran Gigi Lain Yang Belum Tercantum 3
340 ILMU KESEHATAN 1
350 ILMU KESEHATAN UMUM 2
351 Kesehatan Masyarakat 3
352 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (Kesehatan Kerja; Hiperkes) 3
353 Kebijakan Kesehatan (dan Analis Kesehatan) 3
354 Ilmu Gizi 3
355 Epidemiologi 3
356 Teknik Penyehatan Lingkungan 3
357 Promosi Kesehatan 3
358 Ilmu Asuransi Jiwa dan Kesehatan 3
359 Kesehatan Lingkungan 3
361 Ilmu Olah Raga 3
362 Bidang Kesehatan Umum Lain Yang Belum Tercantum 3
370 ILMU KEPERAWATAN DAN KEBIDANAN 2
371 Ilmu Keperawatan 3
372 Kebidanan 3
373 Administrasi Rumah Sakit 3
375 Entomologi (Kesehatan, Fitopatologi) 3
376 Ilmu Biomedik 3
377 Ergonomi Fisiologi Kerja 3
378 Fisioterapi 3
379 Analis Medis 3
381 Fisiologi (Keolahragaan) 3
382 Reproduksi (Biologi dan Kesehatan) 3
383 Akupunktur 3
384 Rehabilitasi Medik 3
385 Bidang Keperawatan & Kebidanan Lain Yang Belum Tercantum 3
390 ILMU PSIKOLOGI 2
391 Psikologi Umum 3
392 Psikologi Anak 3
393 Psikologi Masyarakat 3
394 Psikologi Kerja (Industri) 3
395 Bidang Psikologi Lain Yang Belum Tercantum 3
400 ILMU FARMASI 2
401 Farmasi Umum dan Apoteker 3
402 Farmakologi dan Farmasi Klinik 3
403 Biologi Farmasi 3
404 Analisis Farmasi dan Kimia Medisinal 3
405 Farmasetika dan Teknologi Farmasi 3
406 Farmasi Makanan dan Analisis Keamanan Pangan 3
407 Farmasi Lain Yang Belum Tercantum 3
410 ILMU TEKNIK 1
420 TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN TATA RUANG 2
421 Teknik Sipil 3
422 Teknik Lingkungan 3
423 Rancang Kota 3
424 Perencanaan Wilayah dan Kota 3
425 Teknik Pengairan 3
426 Teknik Arsitektur 3
427 Teknologi Alat Berat 3
428 Transportasi 3
429 Bidang Teknik Sipil Lain Yang Belum Tercantum 3
430 ILMU KETEKNIKAN INDUSTRI 2
431 Teknik Mesin (dan Ilmu Permesinan Lain) 3
432 Teknik Produksi (dan Atau Manufakturing) 3
433 Teknik Kimia 3
434 Teknik (Industri) Farmasi 3
435 Teknik Industri 3
436 Penerbangan/Aeronotika dan Astronotika 3
437 Teknik Pertekstilan (Tekstil) 3
438 Teknik Refrigerasi 3
439 Bioteknologi Dalam Industri 3
441 Teknik Nuklir (dan Atau Ilmu Nuklir Lain) 3
442 Teknik Fisika 3
443 Teknik Enerji 3
444 Penginderaan Jauh 3
445 Teknik Material (Ilmu Bahan) 3
446 Bidang Keteknikan Industri Lain Yang Belum Tercantum 3
450 TEKNIK ELEKTRO DAN INFORMATIKA 2
451 Teknik Elektro 3
452 Teknik Tenaga Elektrik 3
453 Teknik Telekomunikasi 3
454 Teknik Elektronika 3
455 Teknik Kendali (Atau Instrumentasi dan Kontrol) 3
456 Teknik Biomedika 3
457 Teknik Komputer 3
458 Teknik Informatika 3
459 Ilmu Komputer 3
461 Sistem Informasi 3
462 Teknologi Informasi 3
463 Teknik Perangkat Lunak 3
464 Teknik Mekatronika 3
465 Bidang Teknik Elektro dan Informatika Lain Yang Belum Tercantum 3
470 TEKNOLOGI KEBUMIAN 2
471 Teknik Panas Bumi 3
472 Teknik Geofisika 3
473 Teknik Pertambangan (Rekayasa Pertambangan) 3
474 Teknik Perminyakan (Perminyakan) 3
475 Teknik Geologi 3
476 Teknik Geodesi 3
477 Teknik Geomatika 3
478 Bidang Teknologi Kebumian Lain Yang Belum Tercantum 3
480 ILMU PERKAPALAN 2
481 Teknik Perkapalan 3
482 Teknik Permesinan Kapal 3
483 Teknik Sistem Perkapalan 3
484 Teknik Kelautan dan Ilmu Kelautan 3
485 Oceanograpi (Oceanologi) 3
486 Bidang Perkapalan Lain Yang Belum Tercantum 3
500 ILMU BAHASA 1
510 SUB RMPUN ILMU SASTRA (DAN BAHASA) INDONESIA DAN DAERAH 2
511 Sastra (dan Bahasa) Daerah (Jawa, Sunda, Batak Dll) 3
512 Sastra (dan Bahasa) Indonesia 3
513 Sastra (dan Bahasa) Indonesia Atau Daerah Lainnya 3
520 ILMU BAHASA 2
521 Ilmu Linguistik 3
522 Jurnalistik 3
523 Ilmu Susastra Umum 3
524 Kearsipan 3
525 Ilmu Perpustakaan 3
526 Bidang Ilmu Bahasa Lain Yang Belum Tercantum 3
530 ILMU BAHASA ASING 2
531 Sastra (dan Bahasa) Inggris 3
532 Sastra (dan Bahasa) Jepang 3
533 Sastra (dan Bahasa) China (Mandarin) 3
534 Sastra (dan Bahasa) Arab 3
535 Sastra (dan Bahasa) Korea 3
536 Sastra (dan Bahasa) Jerman 3
537 Sastra (dan Bahasa) Melayu 3
538 Sastra (dan Bahasa) Belanda 3
539 Sastra (dan Bahasa) Perancis 3
541 Bidang Sastra (dan Bahasa) Asing Lain Yang Belum Tercantum 3
550 ILMU EKONOMI 1
560 ILMU EKONOMI 2
561 Ekonomi Pembangunan 3
562 Akuntansi 3
563 Ekonomi Syariah 3
564 Perbankan 3
565 Perpajakan 3
566 Asuransi Niaga (Kerugian) 3
567 Notariat 3
568 Bidang Ekonomi Lain Yang Belum Tercantum 3
570 ILMU MANAJEMEN 2
571 Manajemen 3
572 Manajemen Syariah 3
573 Administrasi Keuangan (Perkantoran, Pajak, Hotel, Logistik, Dll) 3
574 Pemasaran 3
575 Manajemen Transportasi 3
576 Manajemen Industri 3
577 Manajemen Informatika 3
578 Kesekretariatan 3
579 Bidang Manajemen Yang Belum Tercantum 3
580 ILMU SOSIAL HUMANIORA 1
590 ILMU POLITIK 2
591 Ilmu Politik 3
592 Kriminologi 3
593 Hubungan Internasional 3
594 Ilmu Administrasi (Niaga, Negara, Publik, Pembangunan, Dll) 3
595 Kriminologi 3
596 Ilmu Hukum 3
597 Ilmu Pemerintahan 3
601 Ilmu Sosial dan Politik 3
602 Studi Pembangunan (Perencanaan Pembangunan, Wilayah, Kota) 3
603 Ketahanan Nasional 3
604 Ilmu Kepolisian 3
605 Kebijakan Publik 3
606 Bidang Ilmu Politik Lain Yang Belum Tercantum 3
610 ILMU SOSIAL 2
611 Ilmu Kesejahteraan Sosial 3
612 Sosiologi 3
613 Humaniora 3
614 Kajian Wilayah (Eropa, Asia, Jepang, Timur Tengah Dll) 3
615 Arkeologi 3
616 Ilmu Sosiatri 3
617 Kependudukan (Demografi, dan Ilmu Kependudukan Lain) 3
618 Sejarah (Ilmu Sejarah) 3
619 Kajian Budaya 3
621 Komunikasi Penyiaran Islam 3
622 Ilmu Komunikasi 3
623 Antropologi 3
624 Bidang Sosial Lain Yang Belum Tercantum 3
630 AGAMA DAN FILSAFAT 1
640 ILMU PENGETAHUAN (ILMU) AGAMA 2
641 Agama Islam 3
642 Agama Katolik 3
643 Agama Kristen dan Teologia 3
644 Sosiologi Agama 3
645 Agama (Filsafat) Hindu, Budha, dan Lain Yang Belum Tercantum 3
650 ILMU FILSAFAT 2
651 Filsafat 3
652 Ilmu Religi dan Budaya 3
653 Filsafat Lain Yang Belum Tercantum 3
660 ILMU SENI, DESAIN DAN MEDIA 1
670 ILMU SENI PERTUNJUKAN 2
671 Senitari 3
672 Seni Teater 3
673 Seni Pedalangan 3
674 Seni Musik 3
675 Seni Karawitan 3
676 Seni Pertunjukkan Lainnya yang Belum Disebut 3
680 ILMU KESENIAN 2
681 Penciptaan Seni 3
682 Etnomusikologi 3
683 Antropologi Tari 3
684 Seni Rupa Murni (seni lukis) 3
685 Seni Patung 3
687 Seni Grafis 3
688 Seni Intermedia 3
689 Bidang Ilmu Kesenian Lain Yang Belum Tercantum 3
690 ILMU SENI KRIYA 2
691 Kriya Patung 3
692 Kriya Kayu 3
693 Kriya Kulit 3
694 Kriya Keramik 3
695 Kriya Tekstil 3
696 Kriya Logam (dan Logam Mulia/Perhiasan) 3
697 Bidang Seni Kriya Lain Yang Belum Tercantum 3
699 Kepariwisataan 3
700 ILMU MEDIA 2
701 Fotografi 3
702 Televisi 3
703 Broadcasting (Penyiaran) 3
704 Grafika (dan Penerbitan) 3
705 Bidang Media Lain Yang Belum Tercantum 3
706 DESAIN 2
707 Desain Interior 3
708 Desain Komunikasi Visual 3
709 Desain Produk 3
710 ILMU PENDIDIKAN 1
720 PENDIDIKAN ILMU SOSIAL 2
721 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 3
722 Pendidikan Sejarah 3
723 Pendidikan Ekonomi 3
724 Pendidikan Geografi 3
725 Pendidikan Sosiologi dan Antropologi 3
726 Pendidikan Akuntansi 3
727 Pendidikan Tata Niaga 3
728 Pendidikan Administrasi Perkantoran 3
729 Pendidikan Bahasa Jepang 3
731 Pendidikan Sosiologi (Ilmu Sosial) 3
732 Pendidikan Koperasi 3
733 Pend Kependudukan dan Lingkungan Hidup 3
734 Pendidikan Ekonomi Koperasi 3
735 Bidang Pendidikan Ilmu Sosial Lain Yang Belum Tercantum 3
740 ILMU PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA 2
741 Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah 3
742 Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Inggris 3
743 Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia 3
744 Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Jerman 3
745 Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Perancis 3
746 Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Arab 3
747 Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Perancis 3
748 Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Jawa 3
749 Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Cina (Mandarin) 3
751 Bidang Pendidikan Bahasa (dan Satra) Lain Yang Belum Tercantum 3
760 ILMU PENDIDIKAN OLAH RAGA DAN KESEHATAN 2
761 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi 3
762 Pendidikan Jasmani dan Kesehatan 3
763 Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 3
764 Pendidikan Kepelatihan Olahraga 3
765 Ilmu Keolahragaan 3
766 Pendidikan Olah Raga dan Kesehatan Lain Yang Belum Tercantum 3
770 ILMU PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (MIPA) 2
771 Pendidikan Biologi 3
772 Pendidikan Matematika 3
773 Pendidikan Fisika 3
774 Pendidikan Kimia 3
775 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (Sains) 3
776 Pendidikan Geografi 3
777 Pendidikan Mipa Lain Yang Belum Tercantum 3
780 ILMU PENDIDIKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN 2
781 Pendidikan Teknik Mesin 3
782 Pendidikan Teknik Bangunan 3
783 Pendidikan Teknik Elektro 3
784 Pendidikan Teknik Elektronika 3
785 Pendidikan Teknik Otomotif 3
786 Pendidikan Teknik Informatika 3
787 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (Tataboga, Busana, Rias Dll) 3
788 Pend. Teknologi dan Kejuruan 3
789 Bidang Pend. Teknologi dan Kejuruan Lain yang Belum Tercantum 3
790 ILMU PENDIDIKAN 2
791 Pendidikan Luar Biasa 3
792 Pendidikan Luar Sekolah 3
793 Pgsd 3
794 Pgtk dan (Paud) 3
795 Psikologi Pendidikan 3
796 Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan 3
797 Pengembangan Kurikulum 3
798 Teknologi Pendidikan 3
799 Administrasi Pendidikan (Manajemen Pendidikan) 3
801 Pendidikan Anak Usia Dini 3
802 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan 3
803 Bimbingan dan Konseling 3
804 Bidang Pendidikan Lain Yang Belum Tercantum 3
810 ILMU PENDIDIKAN KESENIAN 2
811 Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik 3
812 Pendidikan Seni Rupa 3
813 Pendidikan Seni Musik 3
814 Pendidikan Seni Tari 3
815 Pendidikan Keterampilan dan Kerajinan 3
816 Pendidikan Seni Kerajinan 3
817 Bidang Pendidikan Kesenian Lain Yang Belum Tercantum 3
900 RUMPUN ILMU LAINNYA 1

30 05 2013
Yudha

Berdasarkab rumpun ilmu yang dikeluarkan dikti S1 pendi.b.ing dan S2 pend. b. ind yang saya tanya kan kemaren adalah linier…
karna…
berapa pada rumpun ilmu pendidikan dan sub rumpun ilmu pendidkan bahasa dan sastra….
trima kasih….

2 06 2013
uripsantoso

Terima kasih atas masukkannya sdr Yudha.

3 06 2013
Roni

permisi numpang tanya pak..saya s1 jurusan komputerisasi akuntansi gelar S.Kom kalau saya ambil S2 jurusan ilmu ekonomi or manajemen cocok nya jurusan apa ya pak…( saya maunya ke manajemen SDM or Ilmu ekonomi kayak Ekonomi SDM ) kira2 linear ngga pak..makasih

3 06 2013
Roni

kira2 ada masukan pak

3 06 2013
uripsantoso

Coba pelajari rumpun bidang ilmu yang dikeluarkan oleh Dikti. Dapat dilihat pada posting saya yang terbaru dg judul: “Linieritas pendidikan pada dosen (3). Tks

30 05 2013
Yudha

maaf ya bapak agak sedikit menyanggah pernyataan bapak kemaren….

2 06 2013
uripsantoso

Tak masalah sdr Yudha. Pendapat saya kan belum tentu benar. Tks atas masukkannya.

1 06 2013
Eka

Yth. Prof. Urip, saya ingin bertanya, kalau s1 ilmu komunikasi (kajian film), s2 ilmu komunikasi (kajian film), kemudian s2 kajian pariwisata (riset kajian film pariwisata), lalu s3 ilmu komunikasi (kajian film), apakah ini masih dapat dikatakan linier walaupun sempat s2 bidang lain namun dengan focus interest yang sama? terima kasih. Salam hormat

2 06 2013
uripsantoso

Ya Eka, linier. Tks

2 06 2013
yesi dareda

maaf pak sy mau tanya jika s1 saya pendidikan guru sekolah dasar lalu ingin melanjutkan s2 pendidikan biologi apakah itu bisa?

2 06 2013
uripsantoso

Jk ingin jadi dosen, maka sebaiknya dilanjutkan S2 PGSD. Jk pekerjaan lain tak masalah termasuk guru. Tks

2 06 2013
Eka

Terima kasih prof…

4 06 2013
sri rahayu

Assalammualaikum wr.wb.
Mohon maaf sebelumnya Prof. Saya, Sri Rahayu, saat ini saya adalah dosen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, mengajar di Prodi Manajemen. Sudah punya NIDN, sedangkan Jenjang Jabatan Akademik sedang diajukan ke kopertis.

Pendidikan S1 saya di Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen, konsentrasi manajemen pemasaran. S2 saya Magister Manajemen konsentrasi manajemen pemasaran juga.

Saya punya rencana lanjut Studi S3,
Pada Prodi ilmu pendidikan, konsentrasi pada manajemen pendidikan.

Apakah itu masih tergolong linier untuk menjadi guru besar?

Apakah sebaiknya saya ambil jurusan ilmu ekonomi atau ilmu manajemen supaya lebih linier?

Mohon sarannya ya Prof.
Terima kasih banyak atas jawabannya.

5 06 2013
uripsantoso

Jelas tidak linier mbak Sri Rahayu. Untuk lebih jelasnya lihat rumpun ilmu menurut Dikti, yang saya tampilkan pada blog ini dg judul “Linieriritas pendidikan bagi dosen (3)”. Tks

6 06 2013
Fifi

Pa Urip, saya S1 Sarjana Kedokteran Gigi yang diteruskan dengan Profesi Dokter Gigi. Kemudian saya mengambil spesialisasi bidang Kedokteran Gigi Anak dengan tesis mengenai kanket anak. Selanjutnya S3 ilmu kedokteran dengan konsentrasi disertasi juga pada kanker. Saat ini karena dirasa kebutuhan mengenai ilmu psikologi dalam merawat pasien anak, saya mengambil S2 Magister Psikologi Sains konsentrasi psikologi anak. Apakah ini linear untuk gubes?

Saat ini saya seorang dosen FKG di PTS. Terima kasih, Prof

6 06 2013
uripsantoso

S1 dan S2 linier, tapi S3 saya kurang yakin. Lihat rumpun ilmu menurut Dikti yang saya tulis di blog ini dengan judul: “Linieritas pendidikan bagi dosen (3). Memang linieritas pendidikan sangat membatasi kita untuk mengembangkan ilmu sesuai dengan kebutuhan yang kita hadapi. Tks

7 06 2013
Fifi

S1dan S2 linear apakah maksud prof dokter gigi dan magister psikologi sains?

Prof, tidak ada ketentuan kan kalau yg sdh bergelar doktor tidak boleh ambil lagi S2?
Tks

8 06 2013
uripsantoso

Salah baca kali saya ya. S1 dan S2 linier karena sama2 kedokteran gigi. Kalau bidang spesialisasi (bidang kajian) sebenarnya S1, spesialisasi dan S3 linier, tapi apakah ini dibolehkan oleh Dikti itu yg saya tak tahu. Setahu saya, tidak ada ketentuan yang sdh doktor tak boleh sekolah lagi. Tks

9 06 2013
Rumpun Keilmuan Pendidikan Tinggi di Indonesia | TigaPoin

[…] Salah satu fungsi tabel ini adalah untuk mengetahui linearitas program studi bagi Anda yang berencana melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi dan berkeinginan untuk menjadi dosen. Dikti memang mensyaratkan linearitas pendidikan bagi dosen, namun sepertinya hal ini masih menimbulkan banyak perdebatan di berbagai kalangan, salah satunya bisa Anda baca disini. […]

14 06 2013
Muktiwibowo

Prof Urip yg baik… Terkait penjelasan Bapak, model ketiga dari linieritas ilmu.adalah focus interest. Saya ingin mempersiapkan guru besar saya dg model ketiga ini mengingat S1 saya tampaknya kurang linier dg S2 dan S3 saya (S1: Pendidikan B. Arab, S2 dan S3: Pengkajian/Pemikiran Islam.) Karya ilmiah saya selama ini berkisar ttg konflik – intergrasi antarumat beragama, civic culture pada komunitas beragama, tasawuf, pluralitas agama dan hal-hal yg terkait dg sosiologi dan antropologi agama (Islam), Pertanyaannya: apakah bisa saya mengajukan guru besar untuk bidang “sosiologi agama”? Maturnuwun.

14 06 2013
uripsantoso

Model 3 tampaknya kurang diacu oleh Dikti. Lihat rumpum ilmu yang dikeluarkan oleh Dikti. Tapi boleh saja dicoba. Tks

14 06 2013
Muktiwibowo

Kalo ngacu Dikti berarti yg plg mungkin Agama Islam (641) dan Sosiologi Agma(644).. Mksh.

15 06 2013
Pejuang Pendidikanl

Prof. Urip,, S1 saya Ambil Pendidikan Biologi dan S2 saya ambil Manajemen Pendidikan. Itu linear atau tidak?? prospek kerjany bgaimana kalau tidak??

15 06 2013
uripsantoso

S1 Pendidikan Biologi akan linier jk S2 nya jg pendidikan biologi. Tks

18 06 2013
abdul malik

selamat malam pak urip ,,, sya mnyampaikan terima ksih atas tanggapan bpk atas prtnyaan sya pd 1 september 2012 lalu ,,,
sya lupa untuk mnyampakan terima kasih hingga kmrn sya mmbaca blog bpk lagi …. hhehe. dan ternyata bpk msh ttp bersemangat mnanggapi pertanyaan2 lainnya ….
setelah mmbaca kmbali pembahasan ini, syaa mnyimpulkan bahwa untuk dianggap linier maka seseorang harus mnempuh pndidikan yang memenuhi setidaknya satu dr ketiga model diatas, namun ada baiknya memenuhi ketiganya.. bkn bgitu, pak? …
ohh iya, bpk alumni ugm ya, pak? berarti kita satu almamter, pak, sejak mei kmrn saya jg resmi mnjadi alumni di universitas tsb ….
terima kasih, pak …

18 06 2013
uripsantoso

Terima kasih juga mas Abdul Malik. Selamat ya, sudah lulus S1 atau Pasca Sarjana ya. Tks atas kunjungannya.

18 06 2013
abdul malik

sya bru lulus s1, pak,, kmrn sya dr fakultas filsafat ….

18 06 2013
uripsantoso

Sepertinya akan lanjut ke S2 ya. Ok, Tks.

19 06 2013
Muhammad Khoiruddin

Ass, Pak Urip saya S1 di Fakultas Dakwah Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam, S2 di Manajemen Pendidikan Islam, berencana melanjutkan S3 di Konsentrasi yang sama dengan S2 yaitu Manajemen Pendidikan Islam, apakah pendidikan yang saya tempuh Linear sesuai dengan yang di harapkan DIKTI? jika nanti suatu saat ada berkas administratif untuk Guru Besar (Profesor) apakah bisa dengan pendidikan yang saya tempuh, mohon sarannya, terima kasih

20 06 2013
uripsantoso

Menurut saya S1 Anda kurang linier. Tks

20 06 2013
Muhammad Khoiruddin

Terus solusi yang aman bagaimana Prof.?

21 06 2013
uripsantoso

Terus terang untuk masalah ini saya kurang tahu solusinya. Cobalah cari info ke Dikti mengenai hal ini apakah kalau S2 dan S3 saja yang linier bisa menjadi guru besar. Alternatif lain adalah kuliah S1 lagi, tapi ini mungkin terlalu berat. Tks.

19 06 2013
ahmad dahlan

Assalamu’alaikum prof, saya mau tanya saya baru lulus dari fakultas agama islam jurusan pendidikan agama islam, rencana saya mau ngambil s2 psikologi pendidikan apakah itu bisa dikatakan linear?kemudian apakah bisa jadi dosen nantinya?
terimakasih sebelumnya prof.

20 06 2013
uripsantoso

Yang aman adalah ambil prodi yang sama dengan S1. Kalau ambil psikologi pendidikan saya rasa kurang linier. Tks

25 06 2013
Fery Karyada

salam Prof. Urip ..
saya ingin bertanya..
saya lulusan S1 Pendidikan Ekonomi prodi Akuntansi dan saya ingin melanjutkan studi S2 Akuntansi murni ,, apakah itu linier apa tidak pak?
dan apakah bisa saya nantinya melamar jadi dosen ?
terimakasih ..

26 06 2013
uripsantoso

Pendidikan berbeda dengan ilmu murni. Jadi tidak linier. Lihat rumpun ilmu dari Dikti.

26 06 2013
wiharto

Assalmu’alaikum Prof, saya ingin menanyakan kelinieritasan, saya dosen jurusan Informatika/Ilmu Komputer : S1 saya adalah Teknik elektro (telekomunikasi) dengan tesis tentang Simulasi dalam bidang komunikasi, S2 Ilmu Komputer denga tesis aplikasi Artificial Neural Network dlm bidang komunikasi, yang saya tanyakan apakah itu linier?. kemudian yang kedua, saya hendak melanjutkan S3 dengan proposal disertasi temanya image procesing & Artificial Neural Network di aplikasikan dalam bidang medis. Tapi yang ada bidang itu ada di jurusan Teknik biomedik/Rekaysa Biomedis, nah apakah itu linier prof?. Mohon Penjelasannya

27 06 2013
uripsantoso

Saya mengalami kesulitan dalam menjawabnya. Coba baca rumpun, sub-rumpun dan bidang ilmu menurut Dikti. Menurut saya, S1 & S2 Anda kurang linier, tapi silahkan lihat rumpun ilmu menurut Dikti. Sebaiknya Anda ambil S3 juga pd Prodi Ilmu Komputer. Tks

28 06 2013
wiharto

prof. kalau dilihat rumpun Ilmunya baik Teknik Elelktro, Ilmu Komputer dan Teknik Biomedik/Rekayasa Biomedika itu dalam satu rumpun. Apakah pengkalsifikasian linier dan tidak linier itu dasarnya satu rumpun atau tidak, apakh begitu prof?

28 06 2013
uripsantoso

Setahu saya dulu dasarnya bidang ilmu (level 3) tapi dengan adanya beberapa bidang ilmu digabung meenjadi satu Program Studi, maka ada yang didasarkan pada sub-rumpun (level 2), sedangkan rumpun itu (level 1) apakah bisa dijadikan linieritas saya blm tahu. Tks

1 07 2013
reza

pak sy lulusan teknik informatika S.Kom sy rencana ingin mengambil magister teknik MT, apakah itu linier atau tidak pak..?,

1 07 2013
reza

pak sy lulusan teknik informatika S.Kom sy rencana ingin mengambil magister teknik MT, apakah itu linier atau tidak pak..?,

1 07 2013
reza

pak sy lulusan teknik informatika S.Kom sy rencana ingin mengambil magister teknik elektro MT (konsentrasi informatika), apakah itu linier atau tidak pak..?, trima kasih sebelumnya..

2 07 2013
uripsantoso

Yang tepat jk kuliah S2 di Teknik Informatika. Menurut saya dg konsentrasi Teknik Informatika itu linier dg S1, tapi apakah konsentrasi itu dituliskan di ijazah atau di transkrip? Jika ditulis diijazah itu lebih baik lagi. Tks

23 08 2013
Aji Narendra Buwana

Salam kenal Prof. Urip, S1 Saya Manajemen dengan skripsi tentang Gaya Kepemimpinan terhadap kepuasan kerja dengan menggunakan metode kuantitatif. S2 saya Administrasi Publik konsentrasi kebijakan publik dengan Tesis Gaya Kepemimpinan dalam Pelayanan Publik dengan metode kualitatif. Menurut Bapak, pendidikan saya tidak linier ya? Namun bila dilihat tema penelitian linier kan? Oh ya, jika saya melanjutkan ke S3 Ilmu Ekonomi dengan kajian Manajemen dengan topik disertasi Gaya kepemimpinan, apakah termasuk linier dengan S1? Dan sebaiknya Saya mengambil S3 Ilmu Ekonomi dengan kajian Manajemen atau S3 Ilmu Sosial dengan kajian birokrasi? Soalnya di PTS tempat Saya menuntut ilmu hanya ada program Doktor Ilmu Ekonomi dengan kajian Manajemen dan program Ilmu Sosial dengan kajian birokrasi? Apabila Saya mengambil program Doktor Ilmu Ekonomi dengan kajian Manajemen, apakah Saya harus mengulang kuliah lagi dengan mengambil kuliah S2 MM agar bisa dikatan S1, S2, S3 linier? Perlu diketahui bahwa gelar Saya adalah SE., M.Si. Mohon dijawab dengan penjelasan panjang lebar supaya saya mantap memilih S3 Imu Ekonomi atau S3 Imu sosial. Dan perlukah saya mengambil kuliah S2 MM agar bisa dikatakan S1, S2, S3 linier? Saya ucapkan terimakasih atas jawabannya.

24 08 2013
uripsantoso

Kalau berdasarkan rumpun ilmu Dikti maka S1 & S2 tidak linier. Jika Anda dosen atau ingin jadi dosen maka sebaiknya S3-nya linier dg S2 sebab syarat minimal jadi dosen adalah S2. Yang paling baik adalah jk S1, S2 dan S3 linier, sebab syarat menjadi dosen itu harus linier S1, S2 dan S3-nya. Jika Anda sudah jadi dosen, maka akan kesulitan ke jenjang jabatan tertinggi yaitu guru besar, karena S1 dan S2 tak linier. Saya tidak tahu apakah Dikti juga mengacu pada topik skripsi. Jika Dikti mengacu juga pada topik skripsi maka S1 dan S2 Anda linier dan dapat ambil S3 manajemen lagi. Tapi tampaknya Dikti berpedoman pada rumpun ilmu yang dikeluarkan oleh Dikti. Tks

5 07 2013
Imam Prasetyo

Pak Urip saya mau nanya Dulunya saya D3 Teknik Mesin Terus melanjutkan lagi transfer S1 Pendidikan Teknik Mesin dan misal saya S2nya nanti Ngambil Jurusan Teknik Mesin Jdinya gelarnya S.Pd., MT apakah linear pak?
Makasih…

5 07 2013
uripsantoso

Pendidikan Teknik Mesin tidak linier dengan Teknik Mesin (murni). Lihat rumpun ilmu menurut Dikti. Tks

5 07 2013
Imam Prasetyo

Pak Urip saya mau tanya Dulunya saya D3 Teknik Mesin Otomotif Terus melanjutkan lagi transfer S1 Pendidikan Teknik Mesin Otomotif dan misal saya S2nya nanti mengambil Jurusan Teknik Mesin Jadinya gelarnya
S.Pd., MT apakah linear pak?
Makasih…

5 07 2013
Imam Prasetyo

Maaf pak mau tanya lagi… Misalnya saya sudah selesai S2 dengan Gelar S.Pd., MT
Dengan Riwayat Pendidikan
D3 Teknik Mesin Otomotif
S1 Pendidikan Teknik Mesin Otomotif
S2 Teknik Mesin
Apakah saya masih bisa menjadi dosen untuk mengajar D3 Teknik Mesin Otomotif . Karena saya melihat di PDPT banyak dosen dengan gelar tersebut bisa jadi dosen dan punya NIDN. Mohon Jawabannya…
Makasih.

6 07 2013
uripsantoso

Perlu diketahui bhw kebijakan linieritas itu baru akhir-akhir ini. Sebelum kebijakan ini keluar bisa menjadi dosen. Maka tidak mengherankan jika banyak dosen yang tidak linier di masa lalu. Akhir2 ini linieritas pendidikan menjadi syarat untuk melamar menjadi dosen negeri (PNS). Jika menjadi dosen swasta tak masalah. Juga jika bermaksud menjadi PNS non dosen juga tak masalah. Tapi jk Anda ingin melamar dosen PNS bisa dicoba, sebab kebijakan Dikti sering tak konsisten. Tks

6 07 2013
Imam Prasetyo

Makasih pak atas jawabannya, jadi saya sedikit tau untuk kedepannya apa yang saya harus lakukan.

7 07 2013
uripsantoso

Tks kembali sdr Imam.

9 07 2013
Beany Kalit

siang pak urip
saya mau brtanya, tlng bantu saya ya pak….
saya jurusan s1 fisika, melanjutkan s2 pendidikan fisika, apakah itu linier menurut dikti? apakah saya bisa jadi dosen? atau apakah saya bisa jadi guru sekolah? terimakasih pak, mohon arahan nya…..

9 07 2013
uripsantoso

Pendidikan fisika dan fisika murni tidak dalam satu rumpun. Jadi tidak linier. tks

9 07 2013
sinta

Assalamu’alaikum Wr.Wb., Prof. Saya Sinta alumni dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Saya mau melanjutkan ke jenjang S2 Ilmu gizi/ S2 prom Kes, Apakah ke 2 prodi S2 itu linier ya Prof?
Terimakasih atas sarannya
Walaikumsalam Wr.Wb

9 07 2013
uripsantoso

Mohon lihat rumpun ilmu menurut Dikti. Ada di blog ini pada artikel “linieritas pendidikan bagi dosen (bagian 3). Tks

18 07 2013
dika

pak urip, saya matanya kalo S1 (matematika) trus S2 nya Teknik Informatika linier gak ya pak?

18 07 2013
uripsantoso

Kalau berdasarkan rumpun ilmu Dikti maka tidak linier. tks

23 07 2013
indy

pak urip saya ambil jurusan komunikasi dan penyiaran, apa bisa saya ambil pendidikan seni rupa untuk S2 atau tekhnik seni rupa dan desain ?

24 07 2013
uripsantoso

Menurut saya tidak linier, sebab beda rumpun ilmu. Tks.

27 07 2013
Devi

Assalamualaikum pak urip, saya ingin bertanya. saya lulusan S1 fakultas keguruan dan Ilmu pendidikan (FKIP) Biologi. saya sudah terlanjur lulus S2 d ipb tapi fakultasnya FMIPA Biologi tumbuhan. sewaktu S1 skripsi saya tentang kultur jaringan tumbuhan, rencananya saya akan melanjutkan mebahas lagi pada thesis saya, bagaimana menurut bapak apakah ini liner atau tidak. tks

29 07 2013
uripsantoso

kalau berdasarkan rumpun ilmu dari Dikti maka tidak linier. Tks

3 08 2013
lina

slmt siang prof. sy hendak brtnya. sy lulusn s1 pendidikan agama hindu, sy hendak melanjutkn ke s2 psikologi pendidikan, apakah ini linier atau tidak/ trmksih

19 08 2013
uripsantoso

Menurut saya dan rumpun ilmu Dikti tidak linier sdr Lina. Tks

21 08 2013
Mohra Al-Busthomi

prof saya mau nanya? s1 saya adalah jurusan pendidikan agama islam (PAI) lalu rencana mau lanjut di program studi magister ilmu agama islam konsentrasi pendidikan islam. apa itu bisa disebut dengan linier? minta saran dan penjelasannya terima kasih .

21 08 2013
uripsantoso

Menurut saya itu linier. Tks

22 08 2013
Mohra Al-Busthomi

Terima kasih sebelumnya. Prof ada beberapa pilihan yang saya agak bingung, mungkin prof bisa membantu saya. Begini prof saya saat ini berdomisili dimalang, selanjutnya saya adalah lulusan fakultas tarbiyah jurusan pendidikan agama islam (PAI) salah satu PTAIS (perguruan tinggi agama islam swasta) yang ada di ponorogo. Lalu rencana mau lanjut s2 di malang antara di pasca UIN Maulana Malik Ibrahim salah satu PTAIN (perguruan tinggi agama islam negeri) di Malang dengan akreditasi institusi kalau tidak salah “B” pada prodi magister pendidikan agama islam (PAI) yang juga akreditasi prodinya “B” dengani pilihan lainnya pasca Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) salah satu PTS (perguruan tinggi swasta) dengan akreditasi institusi “A” pada prodi magister ilmu agama islam (IAI) konsentrasi pendidikan islam dengan akreditasi prodinya juga “A”. Menurut saran dan pendapat prof, pasca yang cocok dengan karier akademik dan linieritas jurusan saya, dimana? atas sarannya saya ucapkan terima kasih.

23 08 2013
uripsantoso

Semuanya cocok dan linier. Tinggal pertimbangan Anda sendiri seperti biaya, jarak dg rumah dll.

24 08 2013
Mohra Al-Busthomi

terima kasih banyak prof atas sarannya

24 08 2013
Mohra Al-Busthomi

Kalau kalau ditinjau dari kualitasnya?

26 08 2013
uripsantoso

Tentunya yang terakreditasi A dianggap lebih bermutu dari yang B. Tks

27 08 2013
Mohra Al-Busthomi

terima kasih atas sarannya prof

27 08 2013
rahma

Assalamualaikum pak prof… saya ingin bertanya klu sya S1 jurusan pendidikan kimia, kalo ingin mjd dosen S2nya mengambil jursan pendidikan sains apakah bisa pak dan apakah sudah linier jurusan tsb?? trimaksih pak..

28 08 2013
uripsantoso

Yang paling baik dan aman S2-nya ya Pendidikan Kimia juga. Memang ada yang berpendapat bahwa untuk pendidikan jika masih dalam rumpun pendidikan maka masih linier, namun saya kurang yakin. Mungkin — ini pendapat pribadi loh — oleh karena kimia masih masuk dalam bidang sains, bisa jadi jika Anda mengambil S2 pendidikan sains masih linier. Ini saya dasarkan kepada bahwa model pendidikan kimia kurang lebih relatif sama dengan model pendidikan fisika yang termasuk juga dalam bidang sains.

3 09 2013
anggakara

pak sya skrg lulusan s 1 sarjana ekonomi prog studi manajemen fakultas ekonomi kalau sya melanjutkan s2 dengan prog studi akuntansi atau ekonomi studi pembangunan dengan penyelenggara yang sama yakni fakultas ekonomi juga apakah hal ini akan memberatkan sya utk menjadi dosen terkait peraturan dikti, trimksh

8 09 2013
uripsantoso

Akan lebih baik jika mengambil S2 sama dengan program studi pada S1.

3 09 2013
jrspasaribu

Izin bertanya pak Prof,
Saya S1 Jurusan Sistem Informatika, dan sy berencana melanjutkan ke S2 Teknik Informatikan karena sy ada rencana utk mutasi menjadi dosen kopertis, apakah sudah linier jurusan tsb pak? Mohon pencerahannya, trimaksih pak..

8 09 2013
uripsantoso

Coba lihat pada rumpun ilmu yang dikeluarkan oleh Dikti.

8 09 2013
dendi

aslkm.wr.wb..prof saya dosen pts sudah mempunyai NIDN apa bisa saya mendaftar menjadi dosen PTN dan mengikuti seleksi penerimaan cpns?terimakasih

13 09 2013
REP

Assalammu’alaikum Wr. Wb.

S1 saya adalah Pend. Bahasa Inggris dari Fakultas Bahasa dan Seni, dan berencana akan melanjutkan S2. Namun, saya bingung dengan konsep linieritas tersebut. Apabila saya mengambil S2 Manajemen Pendidikan di Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan, apakah masih dapat dikatakan linier? Atau bagaimana jika saya memilih S2 Ilmu Kesustraan di Fakultas Ilmu dan Budaya? Lalu, jika di Manajemn Pendidikan Tinggi (konsentrasi: antara Manajemen Akademik Pendidikan Tinggi dan Manajemen Keuangan dan Sumber Daya Manusia Pendidikan Tinggi) di Sekolah Pascasarjana UGM? Pilihan manakah yang sekiranya paling aman untuk prospek kedepan? Contoh Koding rumpun ilmu yang linier itu seperti apa? Terimakasih.

18 09 2013
ekawati

asslamu’alaikum wr wb
prof, saya ekawati mau tanya : s1 saya sosial ekonomi pertanian, s2 ilmu ekonomi studi pembangunan (Fakultas ekonomi) dgn konsentrasi ekonomi pertanian (tencantum dalm transkrip nilai s2). rencananya saya mau s3 ilmu pertanian dgn minat ekonomi pertanian. pertanyaan saya apakah s2 saya linier dg s3.

21 09 2013
Funsu

ass…prof mau tanya.. Saya lulusan D4 kebidanan dan melanjutkan k S2 magister kedokteran keluarga minat utama pendidikan profesi kesehatan. Apakah bisa d katakan linear…?? Terima kasih prof

24 09 2013
Eko Wiratno

ass…..prof. saya mau tanya.. S1 saya administrasi niaga atau bisnis, saya mempunyai cita cita ingin menjadi dosen. saya sekarang ngambil S2 magister management karena untuk S2 PTN/PTS yang ada di indonesia baru ada di universitas bra wijaya malang, mohon solusinya, makasih.

26 09 2013
Azka Roby Antari

Assalamu’alaykum Prof. Urip.
Kenalkan saya Azka, dosen tetap Prodi Teknik Eksplorasi Produksi Migas, Politeknik Akamigas Palembang.
S1 saya peroleh dari Teknik Pertambangan Unsri, yang saat saya kuliah adalah tambang umum, barulah pada tahun 2004 disusun menjadi 3 bidang konsentrasi yaitu perminyakan, batubara, mineral/bijih. Saya berniat untuk melanjutkan pendidikan ke S2 Teknik Perminyakan tahun depan.
Apakah menurut pendapat Prof. Urip pendidikan saya ini linier ?

Terima kasih Prof Urip.

30 09 2013
ferdi agus

aslkm.wr.wb..prof saya mau tanya jika SI nya MANAJEMEN bisa kah S2 NYA akuntansi gitu

2 10 2013
nike grevika

assakamualaikum…
saya sedikit bingung dengan serumpun atau kelinieritasdosen, jika misal s1 saya adalah fisika murni berbasis medis dan s2 adalah teknik fisika berbasis medis, jika saya menjadi dosen, apakah itu juga termasuk linier? karena beberapa dosen saya hampir sebagian tidak linier…
terima kasih…

2 10 2013
Anno HM

Ass Pak Prof…
saya ingin bertanya, saya S1 Ilmu Politik Fakultas Ilmu sosial dan ilmu Politik dan saya Akan melanjutkan S2 ke Administrasi Pembangunan pada fakultas yang sama. apakah keduanya masih linear dan menuinjang untuk pengurusan menjadi dosen kelak nantinya ??? terima kasih sebelumnya.
tolong dijawab di Email prof.

4 10 2013
nike grevika

assalamualaikum…
bapak prof., saya mau bertanya tentang serumpun dosen yang diposting di atas… makna kata serumpun apakah pengertiannya adalah jika fisika (3) dan teknik fisika (3) adalah serumpun, sehingga diperlihatkan dari level (..) ? benarkah seperti itu pak ? atau jika salah, mohon diperjelas cara membaca postingan yang bapak apload di atas…
terima kasih ….

29 10 2013
arie

Saya adalah lulusan S1 fakultas ekonomi jurusan manajemen, saya bingung untuk mengambil S2 antara Magister manajemen atau Magister akuntansi, mana yang lebih linier dan dapat dijadikan syarat untuk menjadi dosen, jadi saya harus memilih yang mana Pak?? sebelumnya terimakasih..

31 10 2013
uripsantoso

Ambil sesuai S1. Jika lulusan manajemen sebaiknya ambil S2 manajemen juga Agar linier

31 10 2013
Anzar Abdullah

Assalamu Alaikum Prof.Saya mohon penjelasannya Prof. Saya Dosen PNS dpk. Pendidikan S1 adalah Pend.Sejarah IKIP Ujung Pandang, S2 adalah Pend.IPS Sejarah IKIP Ujungpandang (UNM), dan S3 adalah Pendidikan Islam , Konsentrasi Penddidikan dan Keguruan Univ.Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Apakah bidang ilmu saya ini linear Prof? Disertasi saya mengkaji tentang “Pemikiran Pendidikan Mohammad Natsir dalam Upaya Membangun Akhlak Mulia Peserta Didik dalam Sistem Pendidikan Nasional”. Atas penjelasnnya, saya haturkan banyak terimakasih. Wassalam Anzar Abdullah, Jurusan Pendidikan Sejarah FKIP UVRI Makassar.

1 12 2013
uripsantoso

Jika dikaitkan dengan rumpun dari Dikti maka kurang linier, tapi coba cari info langsung ke Dikti agar lebih valid. Tks

2 11 2013
Chintia Ramadhona

saya adalah lulusan S1 FKIP Pendidikan Matematika dan saya ingin melanjutkan studi saya di FMIPA matematika. karena saya sangat menyukai ilmu matematika murni. tetapi saya ingin menjadi dosen
bagaimana menurut bapak?
apakah pilihan S1 dan S2 saya ini termasuk linear atau bukan?
dan apa yang harus saya lakukan?

1 12 2013
uripsantoso

Chintia saya pikir kurang linier. Tks

13 11 2013
alamsyah

Saya adalah Alamsyah, S1 Sastra Inggris dan skrg lg studi S2 Komunikasi, krn karier sy bnyak di Jurnalistik dan merasa nyaman untuk itu. Apakah itu trmsk linier, pak? Dan peluang menjadi dosen Komunikasi pd S1 apakah juga terbuka, pak? mohon pendapatnya…mksh

1 12 2013
uripsantoso

Tidak linier dan peluang jadi dosen PNS kecil. Tapi coba cari info lebih lanjut ke universitas terdekat.

16 11 2013
must cen

salam… maaf pak,saya minta pencerahannya,saya S1 Pendidikan Agama Islam, dan S2 Ilmu Komputer,jelas jelas tidak linear,skrg mngajar ilmu komputer di salah satu universitas swasta, pertanyaanya
1.bisakah saya mendapatkan jabatan fungsional? sementara sya mngajar sudah hampir 7 tahun,selama itu masih tenaga pengajar dan saya juga sudah mendapatkan NIDN di Universitas tersebut
2. bisakah saya mendapatkan sertifikasi? dan juga kl mau lanjut program s3 apa yang sebaiknya saya ambil, ilmu pendidikan atau ilmu komputernya?
terima kasih, mohon pencerahanya…

1 12 2013
uripsantoso

Posisi Anda cukup sulit. Untuk serdos syaratnya harus linier. Coba cari info ke Dikti agar lebih valid. Tks

16 11 2013
must cen

salam… maaf pak,saya minta pencerahannya,saya S1 Pendidikan Agama Islam, dan S2 Ilmu Komputer,jelas jelas tidak linear,skrg mngajar ilmu komputer di salah satu universitas swasta, pertanyaanya
1.bisakah saya mendapatkan jabatan fungsional? sementara sya mngajar sudah hampir 7 tahun,selama itu masih tenaga pengajar dan saya juga sudah mendapatkan NIDN di Universitas tersebut
2. bisakah saya mendapatkan sertifikasi? dan juga kl mau lanjut program s3 apa yang sebaiknya saya ambil, ilmu pendidikan atau ilmu komputernya?
terima kasih, mohon pencerahanya…

21 11 2013
hendra pribadi putro

Bapak mohon maaf saya ingin bertanya saya S1 Manajemen ingin melanjutkan ke S2 Magister administrasi negara linier apa tidak Pak ? apakah nanti bisa jadi dosen terima kasih Bapak ?

25 11 2013
uripsantoso

Kalau menurut Dikti tidak linier. Tks

26 11 2013
Freddy Kirana

Kepakaran seseorang tidak ditentukan oleh gelar dan latar belakang studi yang “linear”, khususnya untuk bidang Non-Eksakta. Apa kepakarannya dan, lebih penting, apa sumbangan karyanya. Sudah waktunya Indonesia melepaskan alasan-alasan yang menghambat kemajuan Ilmu Pengetahuan demi kemajuan bangsa. Bukan pengerdilan dan pembodohan yang terus menerus.

Dua contoh kecil:

Michael M. Porter: S1 Aerospace & Engineering; S2 MBA dan S3: Ekonomi Manajemen. Dia Harvard Professor. No one questions about his “non-linear” degrees.

Clifford Geertz S1 = BA in English (literature), S3 (tanpa S2): Antropology. Dia dikenal sebagai antropolog terkenal. Tidak ada yang menanyakan Linearitas gelarnya.

27 11 2013
uripsantoso

Saya sepakat dengan Anda.Namun, berdasarkan pertimbangan Dikti bahwa seorang dosen harus mempunyai konsentrasi ilmu yang selaras dari S1 sampai S3 dengan harapan dosen mampu memberikan ilmu yang mendalam. Selain itu, dengan adanya linieritas ilmu, dosen bisa meneliti dan mengabdi secara tuntas. Jika, dalam riset dan pengabdian diperlukan ilmu pendukung maka dosen dapat melakukan kerjasama dengan pakan lain. Namun, saya sebagai dosen tidak terpaku hanya pada satu jenjang ilmu. Sebagai dosen saya sudah menuntaskan dari S1-S3 dalam bidang nutrisi ternak, namun saya melngkapi ilmu itu dengan ilmu lain yaitu Ilmu Komunikasi (S1) dan ilmu lingkungan hidup (praktisi). Ternyata ini membawa wawasan keilmuan, pandangan hidup dan keterampilan saya lebih baik. Jadi, ikuti saja peraturan Dikti karena jika tidak diikuti maka Anda akan kesulitan dalam meraih jabatan tertinggi dosen. Nah, untuk memuaskan diri Anda bisa menimba ilmu lain sebagai pelengkap. Tks

19 12 2013
Meky Fitriani

pantas saja perguruan tinggi di indonesia tidak masuk ranking world top universities, karena kebodohan para petinggi yang selalu mempermasalahkan linearitas, mengkotak2an ilmu.
jika linearitas diterapkan, maka tidak mungkin ada dosen/ilmuan indonesia yang menguasai nanoteknologi, bioinformatika, bioteknologi, dll, karena ilmu-ilmu yang state-of-the-art dan cutting-edge research merupakan gabungan/overlap dari berbagai bidang ilmu. contoh: nanoteknologi=math+komputasi+computer science+materials science+biology+physics+chemistry. bioinformatics=math+physics+biology+computer science+informatics.
jadi para researcher/experts di bidang2 spt di atas jangan harap bisa naik jabatan akademik di indonesia, karena bidang ilmunya dianggap tidak linier….
ah kasihan negeri ini. indonesia, indonesia, indonesia, negri dagelan, bahkan pendidikan dan research pun dagelan …wkwkwkwk…

5 12 2013
andin

aslmkm, pa urip maaf saya mau bertanya, saya seorang sarjana pertanian, saat ini saya bekerja sebagai PNS, saya bermaksud melanjutkan studi saya ke S2, mohon masukan, apakah sebaiknya saya melanjutkan ke bidang pertanian, atau yang berhubungan dengan ilmu pemerintahan? terimakasih

11 12 2013
uripsantoso

Tergantung tujuannya sdr Andin. Jika pekerjaan Anda butuh linieritas maka sebaiknya S2 di Pertanian. Tapi jika tidak, apapun jurusannya tak masalah, namun sebaiknya yang langsung berkaitan dg pekerjaan/tugas Anda.

11 12 2013
don

salam prof. kalau s1 pendidikan kimia sedangkan studi s2 nya pendidikan sains konsentrasi kimia, apakah linear pak? thank

11 12 2013
uripsantoso

Menurut sy linier sdr Don

11 12 2013
alfarisiakbar

Ass prof.
Prof saya mau bertanya ini, saya S1 akuntansi. Lalu saya ingin s2 hukum atau ilmu politik. menurut anda bagaimana prof buat kedepan ?
trus apakah ada salah satu ilmu yang linear nantinya.

11 12 2013
uripsantoso

Sdr Alfarisia menurut saya tak linier

15 12 2013
lisna

Assalam prof, saya lisna s1 pendidikan biologi, kemudian lanjut s2 di prodi penelitian dan evaluasi pendidikan UNY..tesis analisis faktor rendahnya hasil belajar biologi siswa dgn bantuan software statistik LISREL..apakah studi saya linear prof? Kalaupun tdk linear kedepannya harus seperti apa prof? Mohon penjelasannya prof..thanks

15 12 2013
lisnawati

assalam prof..apakah kelinearitasan bisa di lihat dari kesamaan hasil penelitian skripsi dan tesis pada program studi yg sama..misal saya s1 pendidikan biologi, skripsi meneliti tentang rendahnya hasil belajar biologi siswa, kemudian studi s2 saya megambil prodi penelitian dan evaluasi pendidikan di UNY, tesis meneliti tentang analisis faktor rendahnya hasil belajar biologi siswa dgn analisis data menggunakan software LISREL,,apakah berdasarkan kesamaan penelitian skripsi dan tesis tsb bisa di katakan linear prof??? thanks prof urip

16 12 2013
uripsantoso

Ada yang berpendapat bahwa linieritas itu juga dilihat dari konsentrasi ilmu atau bahkan risetnya baik untuk tesis/disertasi. Saya setuju dg pendapat ini. Namun masalahnya bagaimana dg Dikti? Apakah punya pendapat yang sama? Seorang yg S1 ilmu ekonomi, S2 ilmu manajemen dan S3 manajemen pendidikan misalnya. Ada yang berpendapat ini linier asalkan dosen tsb karyanya banyak manajemen pendidikan shg bisa usulkan ke guru besar. Tapi masalahnya apakah Dikti jg berpendapt yg sama? Tks

18 12 2013
propolis00

Assalam prof.. saya pnya izajah S1 ilmu Ekonomi sedangkan saya ingin mengambil S2 saya dibidang Manajemen.. apakah itu Linier prof untuk menjadi dosen??

19 12 2013
uripsantoso

Ya, linier. Tks

18 12 2013
Propolis Samarinda Shop

Assalam prof.. saya pnya izajah S1 ilmu Ekonomi sedangkan saya ingin mengambil S2 saya dibidang Manajemen.. apakah itu Linier prof untuk menjadi dosen?? jika bisa sebenarnya juga saya ingin menitir karir diperusahaan dan sambil mencari peluang untuk menjadi dosen…. jika memang tidak linier maka saya akan mengambil S2 Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan…. sedangkan saya ingin sekali mengambil S2 Manajemen….

19 12 2013
uripsantoso

Ya, menurut saya linier. Tks

21 12 2013
niko

asslmalaikum pak, saya mau tanya, saya s1 Bimbingan konseling (s.pd) lanjut ke s2 psikologi (m.si) apakah linier pak…? trims

24 12 2013
uripsantoso

Menurut saya kurang linier. Tks

25 12 2013
rita

Prof, saya berlatar belakang S1 Kimia Murni. S2 saya Teknik Kimia, thesis saya lebih cenderung ke bidang kimia murni. Dapatkah saya menjadi dosen?

27 12 2013
uripsantoso

Sdr Rita kalau berdasarkan bidang kajian (skripsi & tesis) linier, tapi jika berdasarkan penyelenggara (rumpun ilmu) kurang linier. Tks

27 12 2013
rita

Bidang kajian saya sama, thesis s1 dan s2 sama sama tentang limbah (thesis mipa)Kemudia s2 teknik kimia saya mengambil bidang teknologi dan manajejen lingkungan dimana mata kuliahnya 80% sangat relevan dengan s1 kimia murni. Jika dengan demikian dapatkah saya menjadi dosen, sedangkan penyelenggara tidak linier. Apakah relevansi bidang keilmuan dgn pembuktian transkrip dapat saya ajukan jika saya melamar menjadi dosen? Atau suda mentok peraturannya jika s1 dan s2 tidak serumpun tidak boleh menjadi dosen? Apakah dikti mempunyai pertimbangan lain? Terima kasih

28 12 2013
uripsantoso

Sepengetahuan saya (studi kasus di Unib) yang dipertimbangkan adalah penyelenggara (Prodi), bukan isi skripsi & tesis. Tapi coba saja melamar jadi dosen ke PT yang dipilih. Tks

29 12 2013
Annu

assmlk,,prof S1 saya pendidikan biologi dengan judul skripsi ujui antimikroba asap cair terhadap bakteri E.coli. kemudian z ingin mengambil s2 dengan jurusan mikrobiologi jurusan MIPA murni,,,apakah S1 dan S2 saya linier dan apa yg harus z buat untuk menjadi dosen
trimakasih

3 01 2014
uripsantoso

Kalau ingin jadi dosen sebaiknya tetap ambil pendidikan biologi. Tks

4 01 2014
Annu

bagaimana dengan kelinearannya prof,,,?

7 01 2014
lulu

assalamu alaikum, prof s1 saya pend. biologi tetapi saya ingin melanjutkan ke program studi yg berbau sosial, krn saya lebih bnyak berorganisasi. kira2 solusinya agar bidang studi yg saya ambil masih tetap dikatakan linear, itu gmana prof.. Tks

9 01 2014
uripsantoso

Jika Anda ingin jadi dosen maka ambillah S2 Pendidikan Biologi. Sementara untuk menyalurkan keinginan Anda tentang ilmu sosial Anda bisa memperdalam sendiri. Tks

14 01 2014
antony edgar

Selamat sore Prof, saya ingin tanya S1 saya pendidikan biologi kala mengambil S2 nya pendidikan lingkungan hidup liner ngga Prof ? TerimakasSelamat sore Prof, saya ingin tanya S1 saya pendidikan biologi kala mengambil S2 nya pendidikan lingkungan hidup liner ngga Prof ? TerimakasSelamat sore Prof, saya ingin tanya S1 saya pendidikan biologi kala mengambil S2 nya pendidikan lingkungan hidup liner ngga Prof ? TerimakasSelamat sore Prof, saya ingin tanya S1 saya pendidikan biologi kala mengambil S2 nya pendidikan lingkungan hidup liner ngga Prof ? Terimakasih

14 01 2014
uripsantoso

Sulit juga jawabnya, coba lihat di rumpun Dikti. Tks

23 01 2014
ilham

Assalamu`alaikum pak..
Saya S1 Teknik Sipil Pak, S2 manajemen konstruksi, S3 yg cocok agar linier apa ya Pak?
Makasi Pak…..

23 01 2014
uripsantoso

Sdr Ilham, saya tak begitu tahu teknik sipil. Mohon maaf.

24 01 2014
ilham

Oke pak urip, terima kasih….

28 01 2014
agus sunardi

Assalamualaikum wr wb
prof mau tanya saya s1 pendidikan matematika terus mau melanjutkan s2 magistern manajemen konsentrasi manajemen pendidikan, apakah linier prof? mohon bantuaannya. Thnks

30 01 2014
uripsantoso

Yang paling aman tentu saja mengambil pendidikan matematika sbg konsentrasi ilmunya. Tks

4 02 2014
muhammad jihad

As.apakah linier s1 biologi murni dan s2 sistem pertanian dan untuk s3 studi apa yg cocok….bisaka saya jadi dosen..

5 02 2014
uripsantoso

sdr Muhammad, jk S1 biologi mk S2 & S3 nya juga biologi. Tks

5 02 2014
Adilla Dilla

Assalmkm, Prof Urip..
Saya S1 di jurusan Muamalat (Hukum Ekonomi Syariah) fakultas Syariah, kemudian S2 saya ambil Islamic Finance (ekonomi syariah) di Malaysia, apakah masih linier Prof..? terima kasih atas responnya Prof..

6 02 2014
uripsantoso

Tampaknya tidak masalah, tapi coba pelajari rumpun ilmu dari Dikti. Bisa dilihat di internet. Tks

6 02 2014
Adilla Dilla

Terima kasih banyak Prof atas jawabannya, kalo di rumpun ilmu Dikti ekonomi Syariah masuk di rumpun ilmu ekonomi prof, sementara s1 saya bidang Syariah/Muamalat, saat ini sy menjadi dosen dan ingin melanjutkan s3 bidang Islamic Banking and Finance, apakah kelak sy bisa jd guru besar prof? apakah untuk linieritas rumpun ilmu sesuai dg asesornya masing2 atau harus sesuai rumpun ilmu dari dikti prof? mohon maaf dan terima kasih sekali lagi prof..

6 02 2014
Rida Septi

Assalamualaikum prof, saya lulusan S1 pend.agama islam, skrg mengajar di SD sbgi walas. Saya ingin melanjutkan strata 2, manakah yg lebih cocok untuk perkembangan karier saya kedepan, apakah S2 PGSD, S2 teknologi pendidikan, atau manajemen pendidikan, dari ketiga jurusan itu manakah yg lebih linear untuk saya ambil?
Terimakasih

7 02 2014
uripsantoso

Yang paling tepat adalah S2 Pendidikan agama islam. Jika pada guru SD tidak dibutuhkan linieritas mk bisa ambil mana saja yang sesuai dg karir sekarang.

6 02 2014
abang kani

Selamat siang prof..
Sy ni lulusan S1 olahraga ,bagusnya untuk S2 sy mngambil jurusan apa,sy ingin mengambil jurusan yg berkaitan dengan komputer..apa bisa’ itu trmasuk linear apa tidak..

7 02 2014
uripsantoso

Kalau S1 olahraga sebaiknya jg ambil S2 olahraga. Bisa saja konsentrasinya ada kaitannya dg komputer misalnya berkaitan dg pembuatan program dll. yg berhubungan dg olahraga. Tks

7 02 2014
Karjono

selamat siang Prof,
saya seorang guru SD ( guru kelas ), pengangkatan dari SPG, dan sudah sertifikasi thn 2008 menggunakan ijasah S1 BK. apakah linier ? dan sekarang ada isu harus kuliah lagi ke PGSD, saya mohon saran Bapak demi keberlangsungan TPP saya. pertanyaan saya ini juga mewakili rekan-rekan guru SD dengan ijasah S1.BK. kami menunggu jawaban Bapak.Terima kasih

10 02 2014
uripsantoso

SETAHU SAYA LINIERITAS PENDIDIKAN HANYA UNTUK DOSEN. TENTANG GURU SAYA BELUM MENDAPATKAN INFORMASINYA. TKS

7 02 2014
Riki

Dear Prof. Urip Santoso, Saya S1 Teknik Mesin dan S2 Magister Teknik Industri, saat ini saya sedang bekerja swasta di perusahaan asing dan sedang menjadi dosen tidak tetap di Universitas Swasta.
- apakah saya bisa melamar menjadi dosen tetap di Universitas dan mendapatkan NIDN meskipun S1 dan S2 saya tidak sama?
- Bisakah saya mendapatkan sertifikasi dosen?
mohon jawabannya ya Pak, bisa juga dikirim ke email saya di riki.candra@gmail.com. terima kasih

10 02 2014
uripsantoso

KALAU S1 TEKNIK MESIN MAKA SEBAIKNYA S2 JUGA TEKNIK MESIN. COBA TANYAKAN KE PT TERDEKAT MENGENAI MASALAH ITU.

8 02 2014
MAMPIR DONK...

Selamat Pagi, Prof.
Saya mau menanyakan tentang linieritas pendidikan berkaitan dengan sertifikasi saya dan temen-teman. Saya seorang guru SD (Guru Kelas) dasar pengangkatan pertama Ijasah SPG dan sekarang masa kerja 20 tahun lebih, lulus sertifikasi th 2008 Ijasah S1 Bimbingan Konseling (BK). Akhir-akhir ini muncul isu bahwa S1 BK tidak linier dengan bidang tugas sebagai Guru SD (Guru Kelas) dan ada edaran dari UT untuk kuliah 3 semester di UT PGSD Bidang Ilmu. jika tidak kuliah lagi maka katanya TPP akan berakhir 2 tahun lagi. Betapa “Was-was” kami guru SD jika TPP dicabut gara-gara Ijasah S1 dianggap tidak linier. Mohon penjelasan Prof. Terima kasih.

10 02 2014
uripsantoso

LINIERITAS PENDIDIKAN BERLAKU BAGI DOSEN. TKS

21 02 2014
Uwie

Selamat malam, Prof.
Saya lulusan S1 pendidikan biologi di bawah fakultas MIPA, berencana akan melanjutkan S2 prodi ilmu biomedik dengan konsentrasi biologi kedokteran di bawah fakultas kedokteran. Apakah termasuk linier, Prof? terima kasih.

24 02 2014
uripsantoso

Sejauh pemahaman saya maka S2 sebaiknya tetap pendidikan biologi. Saya agak heran mengapa pendidikan biologi ada di Fak. MIPA. Jika S1 Anda biologi murni mungkin bisa. Masalah linieritas hanya untuk dosen. Tks

24 02 2014
Nurlatifa Dewi

saya s1 di fmipa biologi,rencana akan s2 di biomedik mikrobiologi fak kedokteran.apakah linear?apa sy bisa jadi dosen pns?

24 02 2014
uripsantoso

Kalau ingin jadi dosen, maka sebaiknya S2nya juga fmipa biologi. Tks

24 02 2014
uswah

Assalamualaikum,slmt sore pak urip..maaf pak sy mohon bantuannya mgnai linieritas krn thn ini rncanya saya mau mljutkn S2 saya..s1 saya jurusan komunikasi penyiaran islam di uin sunan kalijaga..krn s2 yg sesuai jurasan saya hy ada di uin syarif ciputat dan mengingat lokasi jauh dr rmh,rncananya sy mau mgambil jurusan komunikasi politik atau manajemen politik..kira2 apakah jurusan trsbt linier dgn S1 saya..trmksh pak urip bantuannya.

24 02 2014
uswah

Assalamualaikum,slmt sore pak urip..maaf pak sy mohon bantuannya mgnai linieritas krn thn ini rncanya saya mau mljutkn S2 saya..s1 saya jurusan komunikasi penyiaran islam di uin sunan kalijaga..krn s2 yg sesuai jurasan saya hy ada di uin syarif ciputat dan mengingat lokasi jauh dr rmh,rncananya sy mau mgambil jurusan komunikasi politik atau manajemen komunikasi..kira2 apakah jurusan trsbt linier dgn S1 saya..trmksh pak urip bantuannya.

27 02 2014
uripsantoso

Terus terang agak sulit menjawabnya, karena saya kurang memahami linieritas di ilmu komunikasi. Kalau bisa sebaiknya yang sesuai dengan S1 walau jauh dari rumah agar aman. Coba komunikasikan dengan dosen komunikasi. Tks

24 02 2014
ferdian

Assalamu’alaykum.
Maaf, pak urip, sya ingin bertanya.
Saat ini saya S1 Math murni sem 6, krn suatu hal, saya tdk ingin melanjutkan S2 math murni. tp pendidikan.
Dari yg saya baca di atas, ini tidak linear, tapi syarat kelinieran di atas hanya dikenakan untuk profesi dosen, sedangkan saya tidak berminat jadi dosen melainkan jadi guru.
pertanyaan saya, bisakah saya jadi guru? dan mungkinkah dikti akan mengenakan syarat kelinieran itu kepada profesi guru di masa mendatang?

27 02 2014
uripsantoso

Setahu saya itu berlaku bagi dosen. Jika guru linieritas tak berlaku. Entah jika nanti saya tak tahu. Tks

27 02 2014
Mozalaza

saya lulusan pend. b.inggris dan ingin melanjutkan ke jenjang s2 pada teknologi pembelajaran. apakah itu linear atau saya harus mengambil ke pendidikan juga ?
kebetulan kajian pada tesis s1 saya ttg media pembelajaran. thx in advance

4 03 2014
uripsantoso

Saya pikir bisa asalkan ambil konsentrasi B. Inggris. Tks

4 03 2014
Mei fatmila sari

maaf pak kalau mungkin pertanyaan saya ini mirip dengan yang sebelum-sebelumnya, saya S1 Sastra Inggris UGM, tahun ini rencananya mau mendaftar beasiswa BPP-DN Dikti. saya tertarik dengan ilmu pendidikan dan ingin jadi dosen jadi saya berniat melanjutkan ke Linguistik terapan (Pendidikan B. Inggris) UNY. bagaimana menurut bapak? apakah dari sastra inggris ke Pend b. inggris itu linier dan saya bisa jadi dosen atau lebih baik saya mengambil S2 Ilmu linguistik UGM? menurut bapak mana yang prospeknya lebih bagus? terimakasih banyak.

5 03 2014
uripsantoso

Ada keponakan saya yang lulusan S1 dan S2 sastra Indonesia, tapi ketika melamar jadi dosen tidak diterima krn bukan dari pendidikan. Nah, jika Anda S1 sastra Inggris dan kemudian S2 pendidikan B. Inggris maka tidak linier. Tks.

17 03 2014
Gelar Pendidikan: Linear dan Tidak Linear, Pentingkah? | Pendidikan: Benteng Terakhir Peradaban Manusia

[…] Prof. Ir. Urip Santoso, S.IKom., M.Sc., Ph.D: ”Persyaratan ini tentu saja memupus harapan bagi para dosen yang tidak linier jenjang kepakarannya.” Namun, masih bayak dosen yang bingung mengenai konsep linieritas […]

19 03 2014
uripsantoso

Benar, konsep linieritas pendidikan masih multitafsir, seharusnya Dikti memberikan penjelasan secara detail apa yang dimaksud dg linieritas pendidikan. Tks

27 03 2014
Chacha03

Selamat malam Prof.
Saya mau tanya, saya lulusan DIV bidan pendidik, saya tertarik untuk melanjutkan ke S2 Biomedik jurusan fisiologi, apakah linear ya Prof kalau saya ingin menjadi seorang dosen ?
Mohon Pencerahannya Prof, terimakasih.

29 03 2014
uripsantoso

Setahu saya DIV jalurnya adalah jalur profesi, shg akan lebih baik lanjutkan ke jalur profesi bukan dosen. Saya kurang paham tentang bidang kesehatan dan kedokteran. Coba lihat pada rumpun ilmu Dikti. Kalau menurut saya sih kurang linier. Tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: