TIADA GADING YANG TAK RETAK

18 02 2011

Oleh: Urip Santoso

Peribahasa di atas barangkali sering didengar. Memang sangat sulit mendapatkan gading yang sempurna tanpa cacat. Ada-ada saja celanya. Itulah sebabnya mutu gading  bermacam-macam.

Demikian pula dengan manusia. Betapapun hebatnya manusia, tetapi sangat sulit untuk mencari seorang manusia yang sempurna tanpa cacat. Semua manusia menpunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Betapa pun shalehnya seorang Rasul, tapi dia tetap sebagai makhluk yang sangat bergantung kepada Sang Pencipta.

Memang tidak ada satu makhlukpun yang sempurna. Yan g sempurna hanyalah Sang Pencipta. Bagaimana mungkin sesuatu yang bergantung kepada yang lain itu sempurna? Yang sempurna adalah yang tidak bergantung. Yang sempurna adalah yang tidak berserikat dengan  siapapun  dalam segala hal. Itulah Sang Pencipta.

Menyadari bahwa tidak ada satu manusiapun yang sempurna, akan menjadikan diri setiap manusia menghargai orang lain. Orang yang menyadari peribahasa ini tidak akan mencari-cari kesalahan dan kelemahan orang lain tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawabkan. Mereka akan cenderung mencari kekurangan dan kelemahan diri untuk kemudian mereka memperbaiki kekurangan dan kelemahan diri sendiri.

Menyadari ketidaksempurnaan, manusia akan selalu memperhatikan kritik, saran dan nasehat orang lain meskipun orang tersebut lebih rendah derajatnya atau lebih muda umur dan pengalamannya. Tradisi saling menasehati akan tercipta. Menyadari ketidaksempurnaan diri akan membuat mereka tidak sombong dan selalu berhati-hati dalam setiap kata, sikap dan perbuatan. Bagaimana bisa sombong sedang dirinya itu bergantung kepada orang lain meskipun ia seorang presiden. Justru, semakin tinggi derajat manusia, maka akan semakin banyak memerlukan bantuan orang lain. Contoh kecil saja, seorang dokter membutuhkan orang lain. Misalnya ia butuh beras, siapa yang menyediakannya? Apakah drinya sendiri? Tanpa pasien ia tidak akan memperoleh uang. Ia juga butuh obat-obatan untuk pasiennya. Siapa yang menyediakannya? Apakah sang dokter itu sendiri? Tidak bukan! Ia juga butuh pakaian, rumah, rekreasi dll. yang disediakan oleh orang lain atau bahkan sudah tersedia di alam. Orang kaya butuh orang miskin. Tanpa orang miskin mereka tidak akan kaya bukan? Tanpa orang miskin mereka tidak akan sejahtera. Pemimpin butuh anak buah. Tanpa anak buah tidak akan ada pemimpin.Masih banyak fenomena bahwa setiap manusia itu saling bergantung satu dengan yang lain. Masih banyak fenomena bahwa semakin tinggi derajat seseorang semakin banyak butuh bantuan dari orang lain.

Menyadari ketidaksempurnaan diri akan mencegah seseorang untuk jauh dari rasa iri, dengki, hasut dan penyakit hati lainnya. Menyadari ketidaksem-purnaan diri akan membuat seseorang untuk mengakui kelebihan orang lain dengan tulus. Menyadari kekurangan diri akan membuat seseorang segan untuk menyebarluaskan kelemahan atau kekurangan orang lain.

Saya juga menyadari bahwa ulasan yang saya buat ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu, tolong beri saya sumbang saran.

About these ads

Actions

Information

3 responses

17 03 2011
Stacey Forbach

husky daybook you’ve own

18 03 2011
Nike Shox deliver

I don’ think that your life should be based on some principle or motto. It should be based on one’s own judgments and choices. As psyla said, mottos limit your potential. Mottos can be great for people who want a completely disciplined lifestyle but I refuse to base my life on one thing and choose to focus my life differently as I come across new things and live it the way i want to. As for having a motto, maybe I’ll get one when I am really old and look back at my life to sum up all my actions.

21 04 2011
remote tank level monitoring systems

A great helpfull site – many thanks I i really hope you do not mind me blogging about this article on my blog I will also link back to this post Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: