LABORATORIUM LAPANGAN JURUSAN PETERNAKAN, FAKUKTAS PERTANIAN, UNIVERSITAS BENGKULU (Revisi)

21 06 2010

[1]

Oleh: Prof. Urip Santoso

Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu

1. Pendahuluan

Lulusan  Peternakan Universitas Bengkulu diharapkan selain mempunyai wawasan keilmuan juga mempunyai keterampilan di bidang peternakan. Dengan demikian lulusan Peternakan Universitas Bengkulu dipersiapkan mampu membuka peluang usaha di bidang peternakan.

Untuk mencapai tujuan tersebut Jurusan Peternakan telah berupaya melengkapi sarana dan prasarana untuk mendukung  lulusan dengan criteria di atas. Melalui Due Project, Unib Due Like, Semi Que-3, Semi Que 4, SP4  dan A2 Jurusan Peternakan telah menambah berbagai sarana seperti buku, jurnal ilmiah, sarana dan prasarana laboratorium, kandang dan lain sebagainya. Meskipun telah diupayakan namun kelengkapan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas sebagaimana yang tersebut di atas masih banyak mengalami kendala.

Selain laboratorium indoors, Jurusan Peternakan juga mempunyai laboratorium outdoors atau laboratorium lapangan.  Laboratorium outdoors dikembangkan untuk melatih keterampilan mahasiswa dalam menghasilkan produksi yang optimal, sehingga diharapkan jika mereka lulus mereka sudah terampil dalam usaha ternak. Keterampilan memelihara ternak tidaklah cukup untuk menghasilkan lulusan yang mandiri. Oleh sebab itu, mereka juga dilatih untuk memasarkan hasil produksi mereka baik berupa produk asli maupun produk olahan seperti nugget, telur asin, bakso, yogurt dan lain sebagainya. Meskipun demikian, mengingat terbatasnya sarana dan prasarana yang ada, tidak semua mahasiswa mampu mengembangkan wawasan dan keterampilan mereka di bidang peternakan. Jurusan Peternakan berupaya terus menerus untuk meningkatkan layanan kepada mahasiswa sehingga  nantinya semua lulusan di Jurusan Peternakan akan mempunyai wawasan dan keterampilan usaha peternakan.

2. Laboratorium Lapangan Jurusan Peternakan

Laboratorium Lapangan Jurusan Peternakan menempati lokasi seluas 5 hektar. Pemanfaatan lahan tersebut masih belum optimal terutama dalam penyediaan hijauan bagi ternak ruminansia. Di dalam laboratorium ini terdapat lahan hijauan seluas 1 hektar, kandang rusa, kandang domba, kandang kalkun, kandang itik dengan rawa yang cukup  luas, kandang broiler, kandang ayam petelur, kandang puyuh, kandang kerbau dengan rawanya, kandang sapi potong, kandang kambing dan kandang sapi perah, gudang pakan, rumah petugas kandang, rumah jaga, dan kandang pemeliharaan cacing serta sarana pemanfaatan kotoran sapi untuk biogas. Meskipun semua fasilitas masih dalam kondisi yang terbatas, namun keberadaan Laboratorium Lapangan ini sangat membantu terutama sarana praktikum bagi mahasiswa.

Selain itu, pada tahun 2010 ini, Jurusan Peternakan mengembangkan usaha ayam broiler melalui kegiatan kemitraan. Saat ini telah dibangun kandang ayam broiler dengan kapasitas 3000 ekor.

Fungsi Laboratorium Lapangan

Ada beberapa fungsi yang dapat dikemukakan, antara lain:

1) Sebagai sarana praktikum mahasiswa. Ini merupakan fungsi utama dari laboratorium lapangan di suatu perguruan tinggi, sebab bisnis inti dari suatu perguruan tinggi adalah tri dharma perguruan tinggi.

2) Sebagai sarana penelitian mahasiswa dan dosen. Mahasiswa dalam rangka menyelesaikan tugas akhirnya memerlukan sarana dan prasarana penelitian. Hendaknya desain laboratorium lapangan ini diperuntukkan terutama untuk menunjang kebutuhan mahasiswa. Agar pemanfaatan sarana ini lebih optimal, maka perlu juga dirancang bahwa sarana dan prasarana ini dapat digunakan oleh dosen sebagai tempat penelitian. Hendaknya topic penelitian mengarah kepada Pola Ilmiah Pokok (PIP). Jika hal ini bisa dikembangkan, di masa yang akan datang PT dapat menjadi pusat pembelajaran dan penelitian suatu bidang kajian khusus.

3) Sebagai wahana yang ideal dalam menciptakan suasana akademik, sebab di laboratorium lapangan ini akan dapat terjalin komunikasi yang intensif antara dosen dan mahasiswa, dosen dan dosen, serta mahasiswa dan mahasiswa.

4) Sebagai wahana pengembangan softskill mahasiswa terutama jiwa kewirausahaan. Jika jiwa kewirausahaan mahasiswa telah terbentuk maka diharapkan jika mereka lulus nantinya tidak menjadi pencari kerja tetapi sebagai pencipta lapangan pekerjaan.

5) Sebagai wahana bisnis bagi sivitas akademika. Wahana ini bisa dilakukan oleh suatu perguruan tinggi jika fungsi utama telah terpenuhi. Perguruan Tinggi bisa merancang bahwa laboratorium lapangan yang terbentuk nantinya dapat digunakan sebagai wahana pengembangan akdemik sekaligus sebagai wahana bisnis. Dengan cara ini maka kesejahteraan sivitas akademika dan pegawai dapat ditingkatkan.

6) Yang tidak kalah pentingnya adalah laboratorium lapangan tersebut bermanfaat bagi masyarakat sekitar dalam arti memberikan lapangan pekerjaan sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat di sekitar laboratorium tersebut meningkat.

Unit Pembelajaran Rusa

Jurusan Peternakan Universitas Bengkulu  mempunyai koleksi rusa local yang disebut dengan Rusa Sambar. Koleksi yang ada baru sepasang plus satu ekor anak. Koleksi rusa ini bertujuan selain untuk mengkonservasi Rusa Sambar yang  telah dilindungi, juga sebagai sarana penelitian mahasiswa (S1 dan S2) dan dosen. Telah banyak hasil-hasil penelitian yang dihasilkan oleh dosen dan mahasiswa tentang Rusa Sambar. Perlu diketahui  Rusa Sambar  telah dijadikan sebagai salah satu bibit untuk menghasilkan rusa pedaging unggul di Selandia Baru (New Zealand). Selain rusa Sambar, Jurusan Peternakan juga telah meneliti rusa totol yang  dipelihara di rumah dinas gubernur.

Unit Pembelajaran Sapi Potong

Saat ini Jurusan Peternakan mempunyai sapi potong sekitar 70 ekor. Oleh karena hijauan yang sangat terbatas, maka sapi potong yang telah dikembangkan oleh jurusan  itu diganti pola pemeliharaannya. Sapi potong itu dipelihara oleh peternak di sekitar kampus dengan perjanjian bagi hasil. Hanya sekitar 10 ekor sapi potong yang tersisa di Laboratorium Lapangan sebagai sarana praktikum.  Dalam pola bagi hasil tersebut, Jurusan Peternakan memberikan modal berupa sapi potong kepada peternak, sementara peternak memelihara sapi potong tersebut plus pakannya. Hasil yang diperoleh dibagi dua. Sampai saat ini pola bagi hasil berjalan dengan baik. Dalam pola usaha bagi hasil ini mahasiswa dilibatkan, sehingga mahasiswa diharapkan akan mampu menerapkan ilmunya. Dosen Jurusan Peternakan juga diperbolehkan untuk berinvestasi dalam pemeliharaan sapi potong. Polanya dosen yang berinvestasi akan mendapat bagian keuntungan secara  proporsional sesuai dengan investasi yang ditanamkan. Dalam pola ini dosen yang berinvestasi turut menanggung resiko jika terjadi kerugian akibat kematian atau sebab lain. Dengan cara ini dosen turut bertanggungjawab  terhadap kelancaran usaha sapi potong. Ini membuat pemeliharaan sapi potong oleh peternak terkontrol dengan baik, sehingga angka kematian sampai saat ini 0% dengan angka kelahiran yang baik.

Unit Pembelajaran Sapi Perah

Sapi perah yang ada di Jurusan Peternakan hanya ada 2 ekor. Kondisinya pun kurang memadai sebagai sarana praktikum. Untuk itu, sarana praktikum bekerja sama dengan peternak sapi perah di Kabupaten Rejang Lebong.

Unit Pembelajaran Reproduksi

Dalam unit ini disediakan dua ekor sapi yang digunakan sebagai wahana latihan mahasiswa dalam matakuliah Inseminasi Buatan. Selain itu disediakan satu ekor kambing jantan yang digunakan sebagai wahana pengambilan semen.

Unit Pembelajaran Pemeliharaan Cacing Tanah & Biogas

Kotoran ternak terutama sapi potong yang dihasilkan digunakan sebagian secara media pemeliharaan cacing tanah, dan sebagian lagi digunakan sebagai bahan pembuatan biogas. Dosen yang menangani kegiatan ini adalah Ir. Hidayat, M.Sc. Model biogas ala Jurusan Peternakan UNIB telah dikenalkan dan digunakan di beberapa kabupaten di Provinsi Bengkulu, dan bahkan telah digunakan di luar Provinsi Bengkulu. Jurusan Pternakan belum mampu memadatkan biogas yang dihasilkan, sehingga masih memerlukan ruang yang luas. Biogas yang dihasilkan dapat digunakan untuk kompor dan listrik. Saat ini Fakultas Peternakan UGM sedang meneliti bagaimana memadatkan biogas dari ternak.

Unit Pembelajaran Kerbau Rawa

Sebagai sarana praktikum Jurusan Peternakan juga telah memelihara kerbau rawa sebanyak lima ekor. Untuk pemeliharaan kerbau rawa ini telah dibangun kandang di dekat rawa. Rawa di Jurusan Peternakan ini cukup luas, sehingga diharapkan di tahun-tahun mendatang kerbau rawa akan berkembang terus.

Unit Pembelajaran Ayam Broiler

Selain kandang untuk kemitraan  dengan kapasitas 3.000 ekor, Jurusan Peternakan juga mempunyai 2 kandang ayam broiler, yang masing-masing kapasitasnya 1000 ekor. Kandang ini selain digunakan sebagai sarana praktikum, juga digunakan sebagai sarana penelitian baik mahasiswa maupun dosen. Kandang ini juga dimanfaatkan untuk latihan usaha bagi mahasiswa.

Selain itu, Jurusan Peternakan juga telah mengembangkan pola kemitraan. Pola kemitraan ini bertujuan agar mahasiswa dan dosen secara langsung praktek dan mengembangkan usaha broiler. Dengan cara ini mahasiswa diharapkan mampu memahami pola kemitraan secara mendalam. Diharapkan jika mereka lulus dapat mengembangkan usaha broiler melalui pola kemitraan.

Unit Pembelajaran Itik

Jurusan Peternakan juga mempunyai   itik  sebanyak 1000 ekor. Selain digunakan praktikum mahasiswa juga digunakan sebagi sarana latihan bagi mahasiswa dan dosen dalam berwirausaha di bidang peternakan.  Sistem pemeliharaan itik adalah sistem umbar, karena di Laboratorium Lapangan terdapat rawa yang cukup luas. Hasil yang diperoleh sebagian langsung dipasarkan dan sebagian lain diasinkan. Dosen diperbolehkan menggunakan lahan yang tersedia untuk usaha ternak itik, dengan persyaratan teknik budidayanya memenuhi standard yang ada. Syarat lainnya adalah bahwa usaha ternak itiknya diperbolehkan untuk praktikum dan penelitian mahasiswa.

Unit Pembelajaran Kebun Hijauan

Laboratorium Lapangan Jurusan Peternakan juga mengembangkan hijauan untuk pakan ternak ruminansia. Hijauan yang ditanam adalah rumput raja, Setaria dan leguminosa (Gliricidae). Disini juga dikembangkan sarana praktikum dan penelitian bagi mahasiswa.

Unit Pembelajaran Ayam Petelur

Jurusan Peternakan juga mengembangkan sarana praktikum ayam petelur. Disini mahasiswa dilatih memelihara ayam petelur dari DOC sampai fase pemeliharaan. Selain sebagai sarana praktikum, ayam petelur ini juga dimanfaatkan sebagai sarana latihan usaha bagi mahasiswa dan dosen serta sebagai sarana penelitian mahasiswa dan dosen. Ayam petelur Jurusan Peternakan kurang lebih 500 ekor. Selain itu, Jurusan Peternakan bekerjasama dengan Bank Indonesia mengembangkan sarana usaha bagi mahasiswa berupa  200 ekor ayam petelur mulai tahun 2010. Usaha ini diharapkan berkembang  dengan menggunakan pola bergulir. Dengan cara ini diharapkan sebagian besar mahasiswa nantinya akan  mempunyai keterampilan usaha ayam petelur. Bank Indonesia telah memantau langsung kegiatan ini dan dalam waktu dekat akan digulirkan tahap kedua.

Unit Pembelajaran Puyuh Petelur

Jurusan Peternakan juga mengembangkan puyuh petelur. Selain sebagai sarana praktikum,  puyuh petelur ini juga digunakan sebagai sarana penelitian dan latihan usaha bagi mahasiswa dan dosen.  Terdapat 3 buah kandang yang masing-masing kandang  mempunyai kapasitas 500 ekor. Disini juga ada dosen yang berinvestasi dalam usaha ternak puyuh petelur.

Unit Pembelajaran Domba dan Kambing

Jurusan Peternakan juga memiliki 30 ekor domba dan 15 ekor kambing sebagai sarana praktikum dan penelitian

Sarana Penelitian Ternak Ruminansia

Laboratorium Lapangan tersebut juga menyediakan sarana berupa kandang untuk penelitian sapi, domba dan kambing.

Rumah Jaga & Petugas

Laboratorium Lapangan tersebut juga dilengkapi dengan rumah jaga sebanyak 1 buah dan rumah petugas kandang sebanyak 5 buah. Petugas kandang adalah mahasiswa yang berminat untuk mengembangkan diri dalam usaha peternakan. Tidak banyak mahasiswa yang terserap karena keterbatasan sarana dan prasarana. Semua petugas mendapat honorarium meskipun belum sepadan.

Rumah Potong Ayam

Laboratorium Lapangan tersebut juga dilengkapi dengan Rumah Potong Ayam (RPA). Disini mahasiswa berlatih  untuk menangani ayam pasca panen.

Gudang

Laboratorium Lapangan juga dilengkapi dengan gudang pakan dan gudang peralatan (hand tractor dll.).

Unit Pembelajaran Teknologi Pengolahan dan Pemasaran

Laboratorium Lapangan Jurusan Peternakan Universitas Bengkulu juga dilengkapi dengan sarana pengolahan produk ternak seperti daging, susu dan telur menjadi produk olahan seperti  nugget, telur asin, bakso, yogurt. Produk ternak dan olahannya dijual terutama kepada sivitas akademika dan karyawan selingkung Universitas Bengkulu.

Demikian selayang pandang tentang profil Laboratorium Lapangan Jurusan Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu. Meskipun masih sangat sederhana, namun bisa membantu mahasiswa Jurusan Peternakan melatih diri menjadi wirausahawan. Satu hal yang perlu dicatat setiap tahunnya mahasiwa Peternakan memperoleh dana kewirausahaan dari Dikti. Hal ini tentu saja dapat dijadikan sebagai sarana latihan wirausaha. Prinsip yang dikembangkan oleh Jurusan Peternakan adalah bahwa setiap dosen sebaiknya melatih diri dalam kewirausahaan di dunia peternakan agar mampu melatih mahasiswanya menjadi wirausahawan/wati yang mandiri. Saat ini satu mahasiswa Peternakan telah mampu menguasai perdagangan sapi potong di Provinsi Bengkulu, sedangkan lainnya melakukan usaha secara kecil-kecilan di bidang peternakan dan bidang lain. Alumni peternakan juga banyak bekerja di pemerintah, perusahaan pakan, perusahaan pembibitan, bank, dan sektor lainnya.  Alumni kami juga telah berhasil mengembangkan pola kemitraan pemeliharaan ayam broiler di Provinsi Bengkulu.

Demikian pula sebagian dosen Peternakan berwirausaha pada ternak itik, sapi potong, biogas, ayam petelur, puyuh, ayam broiler, pemasok di Bengkulu Indah Mall dan Mega Mall serta usaha lain seperti warung IT dll. Sebanyak 20 lulusan Jurusan Peternakan mendapat dana Sarjana Membangun Desa (SMD) untuk wilayah Provinsi Bengkulu. Hasil telusur alumni menunjukkan bahwa banyak lulusan Jurusan Peternakan yang mendapat SMD di wilayah lain.

Hasil telusur alumni menunjukkan pengakuan dari para alumni Jurusan Peternakan bahwa mereka tidak perlu minder dengan lulusan dari perguruan tinggi ternama, karena bekal yang diberikan oleh Jurusan Peternakan sangat memadai untuk bersaing dengan mereka. Bahkan, lulusan Jurusan Peternakan banyak terserap di Provinsi Sumatera Utara. Hasil survei menunjukkan bahwa lulusan Jurusan Peternakan faperta UNIB mempunyai kinerja yang baik dan sesuai dengan harapan stakeholders di Sumatera Utara.


[1] Disampaikan dalam diskusi “Pengembangan Laboratorium Outdoors Peternakan dan Agribisnis di Fakultas Pertanian, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al banjary (Uniska) tanggal 23  Juni 2010.

About these ads

Actions

Information

13 responses

28 06 2010
hildaw09

hehe…
sama donk kayak di ipb…
IPB juga gag kalah laboratorium lapang Fakultas Peternakannya…
^^

29 06 2010
uripsantoso

Iya dong masak IPB kalah dengan UNIB, sdr hildaw

21 10 2010
yanuar_mahasiswa_undip_rindu_khilafah

ada desain kandang untuk peternakan sapi potong 500 ekor ga pak?

30 07 2011
prada handbags replica

WOW! I was also wondering how that was done as I want to cover the fabric with beads. Now I just have to find the kits. Thanks a lot.

8 08 2011
supra shoes canada

I was truly reluctant to check out your article the first time I saw the page layout of your blog.But I was greatly amazed on the post you have written. This is exactly what I’ve been looking for.I learned so much about it. It’s very creative and exceptional. Nice work!

11 08 2011
sac louis vuitton

You’re probably sick of hearing it, but you’ve got a really well written blog. Keep up the the great work.

11 08 2011
chaussure Nike Air Max

Amazing, I found your site on google poking around for something completely different and I really enjoyed your site. I will stop by again to read some more posts.

12 08 2011
cheap ed hardy outlet

Enjoyed quickly looking over your blog and will bookmark for future use, thanks!

15 08 2011
designer handbags onsale

Great post with many different useful details. My fitness routine is made up mainly of high intense interval training.

16 08 2011
cheap radii shoes

Intimately, the article is actually the sweetest on this deserving topic. I agree with your conclusions and will thirstily look forward to your upcoming updates.

16 08 2011
Cheap Abercrombie and Fitch

This is a nice blogs, there so many good features I already read.\

6 09 2011
Supra High Tops

Thanks so much for posting this! It has been a big help and will check out some more reading.

12 09 2011
cheap Prada handbags

I read this informative article and I really enjoy reading it. I hope see more articles on this topic by you soon.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: