KUALITAS DAN KUANTITAS AIR BERSIH UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN MANUSIA

18 01 2010

RICA DENIS (E2A009016)

ABSTRAK

 Kualitas air secara umum menunjukkan mutu atau kondisi air yang dikaitkan dengan suatu kegiatan atau keperluan tertentu. Sedangkan kuantitas menyangkut jumlah air yang dibutuhkan manusia dalam kegiatan tertentu. Air adalah materi esensial didalam kehidupan, tidak ada satupun makhluk hidup di dunia ini yang tidak membutuhkan air. Sebagian besar tubuh manusia itu sendiri terdiri dari air. Tubuh manusia rata-rata mengandung air sebanyak 90 % dari berat badannya. Tubuh orang dewasa, sekitar 55-60%, berat badan terdiri dari air, untuk anak-anak sekitar 65% dan untuk bayi sekitar 80% . Air bersih dibutuhkan dalam pemenuhan kebutuhan manusia untuk melakukan segala kegiatan mereka. Sehingga perlu diketahui bagaimana air dikatakan bersih dari segi kualitas dan bisa digunakan dalam jumlah yang memadai dalam kegiatan sehari-hari manusia. Ditinjau dari segi kualitas, ada bebarapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya kualitas fisik yang terdiri atas bau, warna dan rasa, kulitas kimia yang terdiri atas pH, kesadahan, dan sebagainya serta kualitas biologi diman air terbebas dari mikroorganisme penyebab penyakit. Agar kelangsungan hidup manusia dapat berjalan lancar, air bersih juga harus tersedia dalam jumlah yang memadai sesuai dengan aktifitas manusia pada tempat tertentu dan kurun waktu tertentu.

 Kata Kunci : Kualitas, Air, Manusia

Air sebagai materi esensial dalam kehidupan tampak dari kebutuhan terhadap air untuk keperluan sehari-hari di lingkungan rumah tangga ternyata berbeda-beda di setiap tempat, setiap tingkatan kehidupan atau setiap bangsa dan negara. Semakin tinggi taraf kehidupan seseorang semakin meningkat pula kebutuhan manusia akan air. Jumlahpenduduk dunia setiap hari bertambah, sehingga mengakibatkan jumlah kebutuhan air (Suriawiria,1996: 3).

Berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/menkes/sk/xi/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan industri terdapat pengertian mengenai Air Bersih yaitu air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari dan kualitasnya memenuhi persyaratan kesehatan air bersih sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan dapatdiminum apabila dimasak.

Bagi manusia kebutuhan akan air sangat mutlak karena sebenarnya zat pembentuk tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air yang jumlahnya sekitar 73% dari bagian tubuh. Air di dalam tubuh manusia berfungsi sebagai pengangkut dan pelarut bahan-bahan makanan yang penting bagi tubuh. Sehingga untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya manusia berupaya mendapatkan air yang cukup bagi dirinya (Suharyono, 1996). Dalam menjalankan fungsi kehidupan sehari-hari manusia amat tergantung pada air, karena air dipergunakan pula untuk mencuci, membersihkan peralatan, mandi, dan lain sebagainya. Manfaat lain dari air berupa pembangkit tenaga, irigasi, alat transportasi, dan lain sebagainya yang sejenis dengan ini. Semakin maju tingkat kebudayaan masyarakat maka penggunaan air makin meningkat.

  Kebutuhan air yang paling utama bagi manusia adalah air minum. Menurut ilmu kesehatan setiap orang memerlukan air minum hidup 2-3 minggu tanpa makan tetapi hanya dapat bertahan 2-3 hari tanpa air minum (Suripin, 2002).  

Air merupakan faktor penting dalam pemenuhan kebutuhan vital bagi mahluk hidup diantaranya sebagai air minum atau keperluan rumah tangga lainnya. Air yang digunakan harus bebas dari kuman penyakit dan tidak mengandung bahan beracun. Sumber air minum yang memenuhi syarat sebagai air baku air minum jumlahnya makin lama makin berkurang sebagai akibat ulah manusia sendiri baik sengaja maupun tidak disengaja.

Upaya pemenuhan kebutuhan air oleh manusia dapat mengambil air dari dalam tanah, air permukaan, atau langsung dari air hujan. Dari ke tiga sumber air tersebut, air tanah yang paling banyak digunakan karena air tanah memiliki beberapa kelebihan di banding sumber-sumber lainnya antara lain karena kualitas airnya yang lebih baik serta pengaruh akibat pencemaran yang relatif kecil.

Akan tetapi  air yang dipergunakan tidak selalu sesuai dengan syarat kesehatan, karena sering ditemui air tersebut mengandung bibit ataupun zat-zat tertentu yang dapat menimbulkan penyakit yang justru membahayakan kelangsungan hidup manusia.  

Berdasarkan masalah di atas, maka perlu diketahui kualitas air yang bisa digunakan untuk kebutuhan manusia tanpa menyebabkan akibat buruk dari penggunaan air tersebut. Kebutuhan air bagi manusia harus terpenuhi baik secara kualitas maupun kuantitasnya agar manusia mampu hidup dan menjalankan segala kegiatan dalam kehidupannya.

 Ditinjau Dari Segi Kualitas (Mutu) Air Secara langsung atau tidak langsung pencemaran akan berpengaruh terhadap kualitas air. Sesuai dengan dasar pertimbangan penetapan kualitas air minum, usaha pengelolaan terhadap air yang digunakan oleh manusia sebagai air minum berpedoman pada standar kualitas air terutama dalam penilaian terhadap produk air minum yang dihasilkannya, maupun dalam merencanakan

sistem dan proses yang akan dilakukan terhadap sumber daya air (Razif, 2001:4).

Persyaratan Kualitas Air

Parameter Kualitas Air yang digunakan untuk kebutuhan manusia haruslah air yang tidak tercemar atau memenuhi persyaratan fisika, kimia, dan biologis.

  1. Persyaratan Fisika Air

Air yang berkualitas harus memenuhi persyaratan  fisika sebagai berikut:

  1. Jernih atau tidak keruh

Air yang keruh disebabkan oleh adanya butiran-butiran koloid dari tanah liat. Semakin banyak kandungan koloid maka air semakin keruh.

  1. Tidak berwarna

Air untuk keperluan rumah tangga harus jernih. Air yang berwarna berarti mengandung bahan-bahan lain yang berbahaya bagi kesehatan.

  1. Rasanya tawar

Secara fisika, air bisa dirasakan oleh lidah. Air yang terasa asam, manis, pahit atau asin menunjukan air tersebut tidak baik. Rasa asin disebabkan adanya garam-garam tertentu  yang larut dalam air, sedangkan rasa asam diakibatkan adanya asam organik maupun asam anorganik.

  1. Tidak berbau

Air yang baik memiliki ciri tidak berbau bila dicium dari jauh maupun dari dekat. Air yang berbau busuk mengandung bahan organik yang sedang mengalami dekomposisi (penguraian) oleh mikroorganisme air.

  1. Temperaturnya normal

Suhu air sebaiknya sejuk atau tidak panas terutama agar tidak terjadi pelarutan zat kimia yang ada pada saluran/pipa, yang dapat membahayakan kesehatan dan menghambat pertumbuhan mikro organisme.

  1. Tidak mengandung zat padatan

Air minum mengandung zat padatan yang terapung di dalam air.

  1. Persyaratan Kimia

Kandungan zat atau mineral yang bermanfaat dan tidak mengandung zat beracun.

1) pH (derajat keasaman)

Penting dalam proses penjernihan air karena keasaman air pada umumnya disebabkan gas Oksida yang larut dalam air terutama karbondioksida. Pengaruh yang menyangkut aspek kesehatan dari pada penyimpangan standar kualitas air minum dalam hal pH yang lebih kecil 6,5 dan lebih besar dari 9,2 akan tetapi dapat menyebabkan beberapa senyawa kimia berubah menjadi racun yang sangat mengganggu kesehatan.

2) Kesadahan

Kesadahan ada dua macam yaitu kesadahan sementara dan kesadahanvnonkarbonat (permanen). Kesadahan sementara akibat keberadaan Kalsium dan Magnesium bikarbonat yang dihilangkan dengan memanaskan air hingga mendidih atau menambahkan kapur dalam air. Kesadahan nonkarbonat (permanen) disebabkan oleh sulfat dan karbonat, Chlorida dan Nitrat dari Magnesium dan Kalsium disamping Besi dan Alumunium. Konsentrasi kalsium dalam air minum yang lebih rendah dari 75 mg/l dapat menyebabkan penyakit tulang rapuh, sedangkan konsentrasi yang lebih tinggi dari 200 mg/l dapat menyebabkan korosifitas pada pipa-pipa air. Dalam jumlah yang lebih kecil magnesium dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan tulang, akan tetapi dalam jumlah yang lebih besar 150 mg/l dapat menyebabkan rasa mual.

3) Besi

Air yang mengandung banyak besi akan berwarna kuning dan menyebabkan

rasa logam besi dalam air, serta menimbulkan korosi pada bahan yang terbuat dari metal. Besi merupakan salah satu unsur yang merupakan hasil pelapukan batuan induk yang banyak ditemukan diperairan umum. Batas maksimal yang terkandung didalam air adalah 1,0 mg/l

4) Aluminium

Batas maksimal yang terkandung didalam air menurut Peraturan Menteri Kesehatan No 82 / 2001 yaitu 0,2 mg/l. Air yang mengandung banyak aluminium menyebabkan rasa yang tidak enak apabila dikonsumsi.

5) Zat organik

Larutan zat organik yang bersifat kompleks ini dapat berupa unsur hara makanan maupun sumber energi lainnya bagi flora dan fauna yang hidup di

perairan  

6) Sulfat

Kandungan sulfat yang berlebihan dalam air dapat mengakibatkan kerak air yang keras pada alat merebus air (panci / ketel)selain mengakibatkan bau dan korosi pada pipa. Sering dihubungkan dengan penanganan dan pengolahan air bekas.

7) Nitrat dan nitrit

Pencemaran air dari nitrat dan nitrit bersumber dari tanah dan tanaman. Nitrat dapat terjadi baik dari NO2 atmosfer maupun dari pupuk-pupuk yang

digunakan dan dari oksidasi NO2 oleh bakteri dari kelompok Nitrobacter. Jumlah Nitrat yang lebih besar dalam usus cenderung untuk berubah menjadi Nitrit yang dapat bereaksi langsung dengan hemoglobine dalam daerah membentuk methaemoglobine yang dapat menghalang perjalanan oksigen didalam tubuh.

8) Chlorida

Dalam konsentrasi yang layak, tidak berbahaya bagi manusia. Chlorida dalam jumlah kecil dibutuhkan untuk desinfektan namun apabila berlebihan dan berinteraksi dengan ion Na+ dapat menyebabkan rasa asin dan korosi pada pipa air.

9) Zink atau Zn Batas maksimal Zink yang terkandung dalam air adalah 15 mg/l. penyimpangan terhadap standar kualitas ini menimbulkan rasa pahit, sepet, dan rasa mual. Dalam jumlah kecil, Zink merupakan unsur yang penting untuk metabolisme, karena kekurangan Zink dapat menyebabkan hambatan pada pertumbuhan anak.

  1. 3.      Persyratan mikrobiologis

Persyaratan mikrobiologis yangn harus dipenuhi oleh air adalah sebagai berikut:

  1. Tidak mengandung bakteri patogen, missalnya: bakteri golongan coli; Salmonella typhi, Vibrio cholera dan lain-lain. Kuman-kuman ini mudah tersebar melalui air.
  2. Tidak mengandung bakteri non patogen seperti: Actinomycetes, Phytoplankton colifprm, Cladocera dan lain-lain. (Sujudi,1995)
    1. COD (Chemical Oxygen Demand)

COD yaitu suatu uji yang menentukan jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh

bahan oksidan misalnya kalium dikromat untuk mengoksidasi bahan-bahan organik yang terdapat dalam air (Nurdijanto, 2000 : 15). Kandungan COD dalam air bersih berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No 82 / 2001

mengenai baku mutu air minum golongan B maksimum yang dianjurkan adalah 12 mg/l. apabila nilai COD melebihi batas dianjurkan, maka kualitas

air tersebut buruk.

  1. BOD (Biochemical Oxygen Demand)

Adalah jumlah zat terlarut yang dibutuhkan oleh organisme hidup untuk

memecah bahan – bahan buangan didalam air (Nurdijanto, 2000 : 15). Nilai

BOD tidak menunjukkan jumlah bahan organik yang sebenarnya tetepi hanya mengukur secara relatif jumlah oksigen yang dibutuhkan. Penggunaan oksigen yang rendah menunjukkan kemungkinan air jernih, mikroorganisme tidak tertarik menggunakan bahan organik makin rendah BOD maka kualitas air minum tersebut semakin baik. Kandungan BOD dalam air bersih menurut Peraturan Menteri Kesehatan RI No 82 / 2001 mengenai baku mutu air dan air minum golongan B maksimum yang dianjurkan adalah 6 mg/l

Adanya penyebab penyakit didalam air dapat menyebabkan efek langsung dalam kesehatan. Penyakit-penyakit ini hanya dapat menyebar apabila mikro penyebabnya dapat masuk ke dalam air yang dipakai masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Standar Kualitas Air di Perairan Umum

( Peraturan Pemerintah No.20 Tahun 1990 )

No Parameter Satuan Kadar Maksimum
Golongan A Golongan B Golongan C Golongan D
FISIKA        
1 Bau - - - - -
2 Jumlah zat padat terlarut Mg/L 1000 1000 1000 1000
3 Kekeruhan Skala NTU 5      
4 Rasa -        
5 Warna Skala TCU 15      
6 Suhu oC Suhu udara      
7 Daya Hantar Listrik Umhos/cm       2250
             
KIMIA anorganik        
1 Air raksa Mg/lt 0.001 0.001 0.002 0.005
2 Aluminium Mg/lt 0.2 -    
3 Arsen Mg/lt 0.005 0.05 1 1
4 Barium Mg/lt 1 1    
5 Besi Mg/lt 0.3 5    
6 Florida Mg/lt 0.5 1.5 1.5  
7 Kadmium Mg/lt 0.005 0.01 0.01 0.01
8 Kesadahan CaCO3 Mg/lt 500      
9 Klorida Mg/lt 250 600 0.003  
10 Kromium valensi 6 Mg/lt 0.005 0.05 0.05 1
11 Mangan Mg/lt 0.1 0.5   2
12 Natriun Mg/lt 200     60
13 Nitrat sebagai N Mg/lt 10 10    
14 Nitrit sebagai N Mg/lt 1.0 1 0.06  
15 Perak Mg/lt 0.05      
16 .pH   6.5 – 8.5 5 – 9 6 – 9 5 – 9
17 Selenium Mg/lt 0.01 0.01 0.05 0.05
18 Seng Mg/lt 5 5 0.02 2
19 Sianida Mg/lt 0.1 0.1 0.02  
20 Sulfat Mg/lt 400 400    
21 Sulfida sebagao H2S Mg/lt 0.05 0.1 0.002  
22 Tembaga Mg/lt 1.0 1 0.02 0.1
23 Timbal Mg/lt 0.05 0.01 0.03 1
24 Oksigen terlarut (DO) Mg/lt - >=6 >3  
25 Nikel Mg/lt -     0.5
26 SAR (Sodium Absortion Ratio) Mg/lt -     1.5 – 2.5
             
Kimia Organik        
1 Aldrin dan dieldrin Mg/lt 0.0007 0.017    
2 Benzona Mg/lt 0.01      
3 Benzo (a) Pyrene Mg/lt 0.00001      
4 Chlordane (total isomer) Mg/lt 0.0003      
5 Chlordane Mg/lt 0.03 0.003    
6 2,4 D Mg/lt 0.10      
7 DDT Mg/lt 0.03 0.042 0.002  
8 Detergent Mg/lt 0.5      
9 1,2 Dichloroethane Mg/lt 0.01      
10 1,1 Dichloroethane Mg/lt 0.0003      
11 Heptachlor heptachlor epoxide Mg/lt 0.003 0.018    
12 Hexachlorobenzene Mg/lt 0.00001      
13 Lindane Mg/lt 0.004 0.056    
14 Metoxychlor Mg/lt 0.03 0.035    
15 Pentachlorophenol Mg/lt 0.01      
16 Pestisida total Mg/lt 0.1      
17 2,4,6 Trichlorophenol Mg/lt 0.01      
18 Zat Organik (KMnO4) Mg/lt 10      
19 Endrin Mg/lt - 0.001 0.004  
20 Fenol Mg/lt - 0.002 0.001  
21 Karbon kloroform ekstrak Mg/lt - 0.05    
22 Minyak dan lemak Mg/lt - Nihil 1  
23 Organofosfat dan carbanat Mg/lt - 0.1 0.1  
24 PCD Mg/lt - Nihil    
25 Senyawa aktif biru metilen Mg/lt - 0.5 0.2  
26 Toxaphene Mg/lt - 0.005    
27 BHC Mg/lt -   0.21  
             
Mikrobiologik        
1 Koliform tinja Jml/100ml 0 2000    
2 Total koliform Jml/100ml 3 10000    
             
Radioaktivitas        
1 Gross Alpha activity Bq/L 0.1 0.1 0.1 0.1
2 Gross Beta activity Bq/L 1.0 1.0 1.0 1.0
               

Golongan A : air untuk air minum tanpa pengolahan terlebih dahulu

Golongan B : air yang dipakai sebagai bahan baku air minum melalui suatu pengolahan

Golongan C : air untuk perikanan dan peternakan

Golongan D : air untuk pertanian dan usaha perkotaan, industri dan PLTA.

Kualitas air yang digunakan masyarakat harus memenuhi syarat kesehatan agar dapat terhindar dari berbagai penyakit maupun gangguang kesehatan yang dapat disebabkan oleh air. Untuk mengetahui kualitas air tersebut, perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium yang mencakup antara lain pemeriksaan bakteriologi air, meliputi Most Probable Number  (MPN) dan angka kuman.  Pemeriksaan MPN dilakukan untuk pemeriksaan kualitas air minum, air bersih, air badan, air pemandian umum, air kolam renang dan pemeriksaan angka kuman pada air PDAM.

Khusus untuk air minum, disyaratkan bahwa tidak mengandung bakteri patogen, misalnya bakteri golongan E. coli, Salmonella typhi, Vibrio cholera. Kuman-kuman ini mudah tersebar melalui air (Transmitted by water) dan tidak mengandung bakteri non-patogen, seperti Actinomycetes dan Cladocera (Soewarno. 2002).

Persyaratan  Kualitas air minum secara Bakteriologis

Parameter Satuan Kadar maksimum yang diperbolehkan Keterangan
1 2 3 4
  1. Air Minum
     
E. coli atau Fecal coli Jumlah per 100 ml sampel 0  
  1. Air yang masuk sistem distribusi
     
E. coli atau Fecal col Jumlah per 100 ml sampel 0  
Total Bakteri Coliform Jumlah per 100 ml sampel 0  
  1. Air pada sistem distribusi
     
E. coli atau Fecal col Jumlah per 100 ml sampel 0  
Total Bakteri Coliform Jumlah per 100 ml sampel 0  

 

Bagi manusia air minum adalah salah satu kebutuhan utama. Mengingat bahwa berbagai penyakit dapat dibawah oleh air kepada manusia memanfaatkannya, maka tujuan utama penyediaan air bersih/air minum bagi masyarakat adalah untuk mencegah penyakit yang dibawah oleh air. Penyediaan air bersih selain kuantitas kualitasnya pun harus memenuhi standar yang berlaku. Air minum yang memenuhi baik kuantitas maupun kualitas sangat membantu menurunkan angka kesakitan penyakit perut terutama penyakit diare. Sehingga pengawasan terhadap kualitas air minum agar tetap memenuhi syarat-syarat kesehatan berdasarkan Kepmenkes RI No 907/Menkes/SK/VII/2002 tentang syarat-syarat dan pengawasan kualitas air minum (Depkes, 2002)

Ditinjau dari jumlah atau kuantitas air yang dibuthkan manusia, kebutuhan dasar air bersih adalah jumlah air bersih minimal yang perlu disediakan agar manusia dapat hidup secara layak yaitu dapat memperoleh air yang diperlukan untuk melakukan aktivitas dasar sehari-hari (Sunjaya dalam Karsidi, 1999 : 18). Ditinjau dari segi kuantitasnya, kebutuhan air rumah tangga menurut Sunjaya adalah:

  1. Kebutuhan air untuk minum dan mengolah makanan 5 liter / orang perhari.

b.  Kebutuhan air untuk higien yaitu untuk mandi dan membersihkan dirinya 25 – 30 liter / orang perhari.

c.   Kebutuhan air untuk mencuci pakaian dan peralatan 25 – 30 liter / orang perhari.

d.  Kebutuhan air untuk menunjang pengoperasian dan pemeliharaan fasilitas sanitasi atau pembuangan kotoran 4 – 6 liter / orang perhari, sehingga total pemakaian perorang adalah 60 – 70 liter / hari di kota. Banyaknya pemakaian air tiap harinya untuk setiap rumah tangga berlainan, selain pemakaian air tiap harinya tidak tetap banyak keperluan air bagi tiap orang atau setiap rumah tangga itu masih tergantung dari beberapa faktor diantaranya adalah pemakaian air di daerah panas akan lebih banyak dari pada di daerah dingin, kebiasaan hidup dalam rumah tangga misalnya ingin rumah dalam keadaan bersih selalu dengan mengepel lantai dan menyiram halaman, keadaan sosial rumah tangga semakin mampu atau semakin tinggi tingkat sosial kehidupannya semakin banyak menggunakan air serta pemakaian air dimusim panas akan lebih banyak dari pada dimusim hujan.

Sumber air merupakan salah satu komponen utama yang ada pada suatu sistem penyediaan air bersih, karena tanpa sumber air maka suatu system penyediaan air bersih tidak akan berfungsi (Sutrisno, 2000 : 13). Macam-macam sumber air yang dapat di manfaatkan sebagai sumber air minum sebagai berikut :

1. Air laut

Mempunyai sifat asin, karena mengandung garam NaCl.Kadar garam NaCl dalam air laut 3 % dengan keadaan ini maka air laut tidak memenuhi syarat untuk diminum.

2. Air Atmosfer

Untuk menjadikan air hujan sebagai air minum hendaknya pada waktu menampung air hujan mulai turun, karena masih mengandung banyak kotoran. Selain itu air hujan mempunyai sifat agresif terutama terhadap pipa-pipa penyalur maupun bak-bak reservoir, sehingga hal ini akan mempercepat terjadinya korosi atau karatan. Juga air ini mempunyai sifat lunak, sehingga akan boros terhadap pemakaian sabun.

3. Air Permukaan

Adalah air hujan yang mengalir di permukaan bumi. Pada umumnya air permukaan ini akan mendapat pengotoran selama pengalirannya, misalnya oleh lumpur, batang-batang kayu, daun-daun, kotoran industri dan lainnya. Air permukaan ada dua macam yaitu air sungai dan air rawa. Air sungai digunakan sebagai air minum, seharusnya melalui pengolahan yang sempurna, mengingat bahwa air sungai ini pada umumnya mempunyai derajat pengotoran yang tinggi. Debit yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan akan air minum pada umumnya dapat mencukupi. Air rawa kebanyakan berwarna disebabkan oleh adanya zat-zat organik yang telah membusuk, yang menyebabkan warna kuning coklat, sehingga untuk pengambilan air sebaiknya dilakukan pada kedalaman tertentu di tengah-tengah.

4. Air tanah

Air tanah adalah air yang berada di bawah permukaan tanah didalam zone jenuh dimana tekanan hidrostatiknya sama atau lebih besar dari tekanan atmosfer (Suyono,1993 :1).

5. Mata air

Yaitu air tanah yang keluar dengan sendirinya ke permukaan tanah dalam hampir tidak terpengaruh oleh musim dan kualitas atau kuantitasnya sama dengan air dalam.

Sistem penyediaan air bersih meliputi besarnya komponen pokok antara lain: unit sumber baku, unit pengolahan, unit produksi, unit transmisi, unit distribusi dan unit konsumsi, yaitu (1)Unit sumber air baku merupakan awal dari sistem penyediaan air bersih yang mana pada unit ini sebagai penyediaan air baku yang bisa diambil dari air tanah, air permukaan, air hujan yang jumlahnya sesuai dengan yang diperlukan. (2) Unit pengolahan air memegang peranan penting dalam upaya memenuhi kualitas air bersih atau minum, dengan pengolahan fisika, kimia, dan bakteriologi, kualitas air baku yang semula belum memenuhi syarat kesehatan akan berubah menjadi air bersih atau minum yang aman bagi manusia. (3). Unit produksi adalah salah satu dari sistem penyediaan air bersih yang menentukan jumlah produksi air bersih atau minum yang layak didistribusikan ke beberapa tandon atau reservoir dengan sistem pengaliran gravitasi atau pompanisasi. (4). Unit produksi merupakan unit bangunan yang mengolah jenis-jenis sumber air menjadi air bersih.

Adapun beberapa sumber air yang dapat diolah untuk mendapatkan air bersih, yaitu sumur Dangkal/Dalam Pengolahan tidak lengkap hanya pengolahan Fe, Mn, dan pembubuhan desinfektan, sungai Pengolahan lengkap bila kekeruhannya tinggi > 50. danau NTU (Nephelometric Turbidity Unit) Pengolahan tidak lengkap, bila kekeruhan < 50 NTU, unit transmisi berfungsi sebagai pengantar air yang diproduksi menuju ke beberapa tandon atau reservoir melalui jaringan pipa. (Linsay, 1995)

SIMPULAN

 

Masalah air bersih merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan manusiaa. Dimana setiap hari kita membutuhkan air bersih untuk minum, memasak, mandi, mencuci dan sebagainya. Penggunaan air yang bersih untuk kegiatan sehari-hari tentunya membuat manusia terhindar dari penyakit. Sebagia besar  tubuh manusia terdiri atas air, yang berfungsi sebagai pelarut dan peyusun segala system tubuh manusia. Agar air yang digunakan untuk kegiatan manusia tidak berdampak negative bagi manusia, maka perlu diketahui persyaratan air bersih. Kualitas air bersih dapat ditinjau dari segi fisik, kimia dan biologis. Kualitas fisik ditinjau bau, rasa, dan warna. Kualitas kimia dapat diteliti melalui pengamatan tentang kesadahan, pH, kandungan ion dan sebagainya. Sedangkan ada aatu tidaknya mikroorganisme penyebab penyakit pada air merupakan syarat biologi air bersih. Selain dari segi kualitas, jumlah air juga harus memadai dalam rangka pemenuhan kebutuhan manusia. Air digunakan manusia untuk mandi, minum, mencuci, pertanan, perikanan dan lain sebagainya. Masing-masing kegiatan tersebut memerlukan jumlah air yang beragam. Sumber air yang ada di permukaan bumi dapat diolah menjadi air minum dengan berbagai teknik yang telah berkembang, sehingga kebutukhan air minum yang memenuhi persyaratan Menteri Kesehatan Republik Indonesia dapat terpenuhi bagiu seluruh lapisan masyarakat.

 

UCAPAN TERIMA KASIH

 

  • Dalam penulisan telaah pustaka ini penulis mendapat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak. Secara khusus ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada:
  1. Orang tua dan saudara-saudara yang telah memberikan dorongan moril dan materil.
  2. Bapak Prof. Ir. Urip Santoso, S.Ikom., M.Sc., Ph.D sebagai dosen mata kuliah Penyajian Ilmiah dan juga sebagai Ketua pusat penelitian lingkungan hidup Universitas Bengkulu yang telah memberikan bimbingan dan pengetahuan tentang materi perkuliahan.
  3. Rekan-rekan mahasiswa PSL yang telah ikut membantu dalam dorongan dalam pembuatan makalah ini.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Asmustawa,2007. Evaluasi Pengelolaan Kualitas Air Bersih Oleh Petuga Sanitasi Puskesmas Di Kabupaten Bungo. Program Magister Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan,Universitas Gadjah Mada Yogyakarta 2007

Chatip. 1997. Pengolahan Air Minum. Sekolah Tinggi Teknik Lingkungan. Yogyakarta.

Depkes. 2002. Syarat-syarat dan Pengawasan Kualitas Air Minum/Air Bersih. Jakarta.

Jawet. 1992. Mikrobiologi Untuk Profesi Kesehatan Edisi 16. EGC. Jakarta.  

Karsidi, 1999. Hubungan antara Tingkat Pendidikan dan Pendapatan dengan Penggunaan Air Sungai oleh Penduduk di Sekitar Sungai Kali Jajar Demak. Semarang : Skripsi.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1405/menkes/sk/xi/2002

Lindsay, RK dan kawan-kawan, Teknik Sumber Daya Air jilid 2, Erlangga, Jakarta, 1995

Linsley, Ray, K. & Franzini, JB., 1989. Teknik Sumber Daya Air. Jakarta : Erlangga.

Nurdijanto, 2000. Kimia Lingkungan. Pati. Yayasan peduli Lingkungan.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2005 Tentang Pengembangan sistem penyediaan Air minum

Razif, M. 2001. Pengolahan Air Minum. Surabaya. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Santika, . 1984. Metode Penelitian Air. Usaha Nasional. Surabaya Indonesia

Sujudi. 1995. Mikrobiologi Kedokteran. Edisi Revisi Bina Rupa Aksara. Jakarta. 

Surawira, U. 1996. Air Dalam Kehidupan Lingkungan Yang Sehat. Bandung.

Suripin, 2002. Pelestarian Sumber Daya Tanah dan Air. Yogyakarta : Andi Offset.

Suharyono. 1996. Diari Akut Klinik dan Laboratorik. Rineka Cipta. Jakarta.

Sutrisno, C Totok, 2000. Teknologi Penyediaan Air Bersih. Jakarta :Rineka Cipta.

Suyono, 1993. Pengelolaan Sumber Daya Air. Fakultas Geografi Universitas

Tim Mikrobiologi. 2003. Bakteriologi Medik. Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Bayumedia. Malang.

About these ads

Actions

Information

13 responses

20 01 2010
Lowongan Kerja di DOMPET DHUAFA JOGJA Jarno - Bursa Informasi Lowongan Pekerjaan

[…] KUALITAS DAN KUANTITAS AIR BERSIH UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN … […]

23 01 2010
Lowongan Dokter Gigi di Bogor Klinik Mutiara Sehat Info - Bursa Informasi Lowongan Pekerjaan

[…] bukalowongan.com: Lowongan Kerja Dokter Umum Perawat Apoteker di Dompet Dhuafa Jogja Lowongan Dokter Perawat Bidan Apoteker Radiografer Analis Lab di Efarina Etaham Group Lowongan Dokter Spesialis Anak di Rumah Sakit Bakti Timah Pangkalpinang Website lain tentang lowongan perawat:lowongan-kerja-baru.com: Lowongan Export Import Supervisor di Tangerang Bulan Januari 2010 sumatera selatan september 2009 lowongan perbankan di jogja bulan september 2009 lowongan kerja di kota medan bulan september 2009 lowongan pekerjaan perawat di kodya bandung lowongan jateng september 2009 lowongan kerja lowongan-karir.co.cc:Assistant Waiter PT Ratu Oceania Raya Jobs OpportunitiesSubmit your detailed and updated resume today to the hiring partner below PT Ratu Oceania RayaBintaro Trade Centre Blok B2 No 5Sektor 7 Bintaro JayaTANGERANG 15224Closing Date 7 2 10tags lowongan kerja job vacancy career working bank oil and gas pertambangan bumn CPNS PNS Pegawai Negeri Sipil Guru Hotel Restauran Hospitality Medical Medis Rumah Sakit Dokter Bidan Perawat Suster perkebunan kelapa sawit Fresh Graduated Management Trainee SMU SMK SMA bukalowongan.com: Lowongan Kerja di Pati Jawa Tengah Januari 2010 PT Garudafood Lowongan Kerja Engineer Nurse di French International School Januari 2010 Lowongan Kerja S1 Fresh Graduate Management Trainee PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk Lowongan Kerja D3 S1 Teknik Mesin Perkapalan Elektro Sipil bukalowongan.com: Lowongan Kerja Management Trainee S1 Pertanian di Triputra Agro 20 01 2010 by Lowongan Category Kehutanan Pertanian TRIPUTRA AGRO PERSADA GROUP Palm Oil Rubber Plantation and CPO Mills TRIPUTRA AGRO PERSADA merupakan salah satu anak perusahaan dari Triputra Group yang fokus dibidang perkebunan Dosen Lowongan Farmasi Lowongan Finance Lowongan Gresik Lowongan Guru Lowongan Hotel Lowongan IT Lowongan Kerja Terbaru Lowongan Kontraktor Lowongan Malang Lowongan Manager Lowongan Medan Lowongan Perawat Lowongan Pertambangan Lowongan bukalowongan.com: Lowongan Kerja Wakil Direktur Kepala Personalia Marketing di RSU Bila anda ingin mengisi lowongan diatas bawa langsung lamaran lengkap ke HRD Rumah sakit Umum Mitra Sejati Jl AH Nasution No 7 Pangkalan Mansyur Medan Hari Tanggal Sabtu 23 Januari 2010 jam 08 00wib s d 13 00wib bukalowongan.com: Lowongan Guru Bahasa Inggris Bimbingan Konseling Ekonomi LOWONGAN PEKERJAAN YAYASAN PENDIDIKAN NASIONAL KARANGTURI SEMARANG membutuhkan guru Adapun posisi yang kami tawarkan adalah sebagai Info Lowongan Kerja 2010 Lowongan Kerja Karir Loker Lowker CPNS BUMN Bank Terbaru 2010 bukalowongan.com: Lowongan Kerja Starr Marketing Export di Sidoarjo PT Langgeng 22 01 2010 by Lowongan Category Semua Jurusan PT Langgeng Makmur Industri Tbk jln Letjen Sutoyo no 256 Waru Sidoarjo Jawa Timur Staff Marketing Export SME ALL MAJOR Detailed Information 1 Wanita 2 Usia max 30thn bukalowongan.com: Lowongan Kerja Tamatan STM D3 Sebagai Teknisi Listrik Januari 2010 21 01 2010 by Lowongan Category SMU SMA SMK PT Naga Semut Kebumen Dibutuhkan Segera Ahli tekhnisi pemasangan mesin dan listrik untuk perusahaan plastik Kami adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur yang bukalowongan.com: Lowongan Guru SD SMP SMA Sekolah Kristen Tri Tunggal Semarang 21 01 2010 by Lowongan Category Keguruan MEMBUKA KESEMPATAN BAGI YANG MEMILIKI KERINDUAN MENGAJAR CALON PEMIMPIN YANG BERINTEGRITAS SD REGULER 1 ORANG GURU KELAS 1 ORANG STAF ADMINISTRASI SD KELAS IMERSI 4 ORANG GURU KELAS Related Videos :Bisnis Internet Lowongan kerja Peluang Bisnis Pendapatan… Suksesbisnisinternet menyediakan peluang bisnis internet dan lowongan kerja lewat internet untuk mendapatkan penghasilan yang melimpah …source: youtube.com/AEUBGQGbezwPerniagaan Internetahawan Internet Peluang Perniagaan…The GDI 1 secret The No 1 Online Home Business in the World Recommended for You www perniagaaninternet nikbir09 online bisnis get rich cari duit to make money quick money lowongan……source: youtube.com/l77xU2Ev46chwo indo slut HOT lowongan kerja mandala air mandala kpu bca kompas laskar pelangi taruna jaya yudhodoyono lowongan kerja mandala air kpu bca kompas laskar pelangi taruna jaya yudhodoyono …source: youtube.com/ji3DxHpYJlkRelated Bookmarks :Glenn Hughes On Knac MondayGlenn Hughes will be on the Junkman show on KNAC Monday January 29th at 4 p m PST Hughes will be promoting his latest cd Music for the Divine which is set for release in America on January 30 on Demolition…by: (Glenn Hughes On Knac Monday) diggs, commentsTips dan Trik Mengatur Ukuran Jumlah Baris Kotak Postingan PPostingan ini mungkin bukan sesuatu yang luar biasa untuk dikupas namun berdasarkan pengalaman menulis blog di WordPress yang telah lama saya lakukan ternyata ada satu menu khusus yang bisa kita atur untuk…by: (Tips dan Trik Mengatur Ukuran Jumlah Baris Kotak Postingan P) diggs, commentsLowongan CPNS BPK cpns bpk go id Bukan Ahli SEO BelajPengumuman penerimaan Calon pegawai Negri Sipil di departemen Badan pengawas keuangan ini merupakan serangkaian Pengumuman dari instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS thaun 2009 ini untuk Lowongan…by: (Lowongan CPNS BPK cpns bpk go id Bukan Ahli SEO Belaj) diggs, commentsThe 2008 MTV Video Music Awards Professional Category WinnerThe 2008 MTV Video Music Awards dont officially get underway until this Sunday at 9 p m ET but there are already several Moonman recipients to announce the winners in the Professional Category directors…by: (The 2008 MTV Video Music Awards Professional Category Winner) diggs, commentsbnp2tki go id Arifin Purba Penguatan BNP2TKI Sudah KeharuMenurut Arifin kehadiran BNP2TKI selama 2 tahun belakangan ini telah memberi penguatan terhadap pelayanan kepada seluruh stake holder terkait termasuk kepada Pelaksana Penempatan TKI Swasta PPTKIS Berbekal…by: (bnp2tki go id Arifin Purba Penguatan BNP2TKI Sudah Keharu) diggs, commentsSimilar Topic Blog Posts : KUALITAS DAN KUANTITAS AIR BERSIH UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN … […]

15 02 2010
LOWONGAN KESEHATAN-MEDIS - career jobs poskerja - Bursa Informasi Lowongan Pekerjaan

[…] careerjobsworld.blogspot.com:Dibutuhkan Segera Indomaret minimarket terkemuka di Indonesia membuka Lowongan Pekerjaan bagi tenaga muda yang dinamis untuk jabatan Merchandiser MD Pria Wanita usia maks 25 tahun Pendidikan DIII semua jurusan IPK Minimal 2 75 Perawat OK ICU UGD Endoscopy Gigi P D3 Perawatan 6 Ahli Gizi AG D3 Gizi 7 Asisten Apoteker AA SMF D3 Farmasi 8 Maintenance Medis MM D3 ATEM 9 Radiografer Rad D3 ATRO 10 Penata Anestesi Anes D3 Penata Situs lain terkait lowongan apoteker:radenz.com: Lowongan Kerja Yogyakarta 20102 Pengajar Bahasa Inggris Lokasi Kerja di Bantul DI Yogyakarta Persyaratan Lowongan Kerja Yogyakarta 2010 Mahasiswa Alumni Keperawatan Kebidanan Manajemen Rumah sakit MHS Kedokteran dan tenaga Partisi Kesehatan atau Apoteker lowonganpekerjaan.us: Lowongan kerja BUMN Terbaru 2010 Lowongan Kerja Terbaru 2010 Apoteker 3 Pelaksana Produksi Pendidikan min D3 Teknik Kimia Kimia Teknologi Nuklir Proteksi Radiasi Fisika Medis Farmasi Tekno Fisika Mesin Lamaran diterima paling lambat 7 hari 17 Februari 2010 setelah pengumuman cafebisnis.com:Pebisnis Belajar Tanpa Kurikulum Cafe Bisnis OnlinePadahal bisnis itu sama sekali lain dengan pekerjaan Dan cafebisnis menawarkan kepada anda untuk menjadi PEBISNIS bukan PEKERJA Karena saya tidak menawari anda pekerjaan sama sekali Saya juga tidak membuka lowongan pekerjaan Apoteker Network says February 7 2010 at 9 23 am Saya rasa kurikulum memang harus ada namun tidak baku Misalnya Riset Hosting Domain WP SEO Bisnis bukankah ini merupakan sebuah kurikulum Hanya saja bagi masing2 pribadi datakarir.com: Lowongan Kerja FARMASIWanita usia max 27 tahun Jujur Rajin Cekatan Disiplin Sopan lincah berinisiatif kooperatif Pendidikan SAA Farmasi Apoteker Sekolah Analis Apoteker Tinggi Badan Minimal 158 cm Berat Badan Seimbang Surat Keterangan Sehat icpns.com:iCPNS com Info Lowongan Kerja Lowongan CPNS dan Lowongan BUMN Pria Apoteker Pelaksana Produksi Pendidikan min D3 Teknik Kimia Kimia Teknologi Nuklir Proteksi Radiasi Fisika Medis Farmasi Tekno Fisika Mesin Lamaran diterima paling lambat tanggal 17 Februari 2010 dengan bukalowongan.blogspot.com:Info Lowongan Kerja di Rumah Sakit Internasional Jakarta Februari 2010Penunjang Medis RO Lab Apt Gz MR Fis RO Lab Apoteker Asst Apt Gizi Medical Record Fisioterapi 6 Accounting Finance Manager A FM Staff Accounting SA 7 Keuangan KEU Admission Kasir Keuangan 8 Kepala Housekeeping KH lowongancpns.web.id: Lowongan Kerja BATAN 2010BATAN salah satu BUMN yang berlokasi di Kawasan PUSPIPTEK Serpong Gd 70 Tangerang Selatan Banten membuka lowongan kerja bagi kandidat muda yang Pria Apoteker 3 Pelaksana Produksi Pendidikan min D3 Teknik Kimia Kimia Teknologi Nuklir Proteksi Radiasi Fisika Medis Farmasi Tekno Fisika Mesin Lamaran diterima paling lambat 17 Februari 2010 dengan mengirimkan surat lamaran lengkap ke PT Batan Teknologi Persero Kawasan PUSPIPTEK Gd 70 minangforum.com: Lowongan Kerja PT Batan Teknologi persero Deadline 16 Februari Apoteker 3 Pelaksana Produksi Pendidikan min D3 Teknik Kimia Kimia Teknologi Nuklir Proteksi Radiasi Fisika Medis Farmasi Tekno Fisika Mesin Lamaran diterima paling lambat 7 hari setelah pengumuman ini 16 Februari infocpnsbumn.blogspot.com:Informasi CPNS BUMN 2010 Lowongan BUMN PT BATAN TEKNOLOGI Persero Apoteker 3 Pelaksana Produksi Pendidikan min D3 Teknik Kimia Kimia Teknologi Nuklir Proteksi Radiasi Fisika Medis Farmasi Tekno Fisika Mesin Lamaran diterima paling lambat 7 hari setelah pengumuman ini 16 Februari Related Videos :Input Data Desa Birokrasi Maya v1 0mencari tersebut tinggal memasukan nama atau nomor identitas orang yang dituju Contoh lain Suatu perusahaan yang akan mencari tenaga kerja dengan skill welding tukang las dari data……source: youtube.com/RYh0WTpm7WILagu Dangdut Segudang Rinducintamu peter pan 2 dsd topeng aku dan bintang di balik awan reza dia titi kamal kau bilang drive sahabat sekuat hati sesal gerhana matahari cincin terlihat bandung gempa bumi haiti……source: youtube.com/R40qUaa5V8AInternet Marketing online Marketing bekerja dari rumah internet marketing bisnis online cari duit bekerja online banyak duit kaya raya lowongan kerja Internet Marketing cari duit kerja bekerja lowongan …source: youtube.com/edIuWAk2Q0IRelated Bookmarks :Tips dan Trik Mengatur Ukuran Jumlah Baris Kotak Postingan PPostingan ini mungkin bukan sesuatu yang luar biasa untuk dikupas namun berdasarkan pengalaman menulis blog di WordPress yang telah lama saya lakukan ternyata ada satu menu khusus yang bisa kita atur untuk…by: (Tips dan Trik Mengatur Ukuran Jumlah Baris Kotak Postingan P) diggs, commentsLowongan CPNS BPK cpns bpk go id Bukan Ahli SEO BelajPengumuman penerimaan Calon pegawai Negri Sipil di departemen Badan pengawas keuangan ini merupakan serangkaian Pengumuman dari instansi pemerintah yang membuka lowongan CPNS thaun 2009 ini untuk Lowongan…by: (Lowongan CPNS BPK cpns bpk go id Bukan Ahli SEO Belaj) diggs, commentsLowongan CPNS BNP2TKI 2009P E N G U M U M A N Nomor Peng 46 OK X 2009 PENGADAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL BADAN NASIONAL PENEMPATAN DAN PERLINDUNGAN TENAGA KERJA INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2009 Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan…by: (Lowongan CPNS BNP2TKI 2009) diggs, commentsbnp2tki go id Arifin Purba Penguatan BNP2TKI Sudah KeharuMenurut Arifin kehadiran BNP2TKI selama 2 tahun belakangan ini telah memberi penguatan terhadap pelayanan kepada seluruh stake holder terkait termasuk kepada Pelaksana Penempatan TKI Swasta PPTKIS Berbekal…by: (bnp2tki go id Arifin Purba Penguatan BNP2TKI Sudah Keharu) diggs, commentsDaftar Nama Peserta Tes Tahap I PPS BRI Batch I UNRI RiauPeserta Tes Tahap I PPS BRI Tgl 30 Desember 2009 Tes Psikologi Lokasi Tes Gedung P2K2 Universitas Riau Jl Pattimura No 9 Pekanbaru Riau lowonganrmasi lowongan Lowongan Bank lowongan bank 2009 lowongan…by: (Daftar Nama Peserta Tes Tahap I PPS BRI Batch I UNRI Riau) diggs, commentsSimilar Topic Blog Posts : KUALITAS DAN KUANTITAS AIR BERSIH UNTUK PEMENUHAN KEBUTUHAN … […]

26 06 2010
Chusnul Arifin

apakah kualitas air bersih juga bebas terhadap kandungan logan berat….???
kalau sudah di filter apakah sudah bisa disebut jernih….???

6 12 2010
Jewel Mcmurtry

This page seems to get a large ammount of visitors. How do you promote it? It offers a nice individual spin on things. I guess having something useful or substantial to post about is the most important factor.

9 12 2010
DyerPreerax

Hallo ich bin der Neue,
habe das Forum ueber Google gefunden, und sieht ganz gut aus.
Hab jetzt ne Menge zu lesen, und werde danach hoffentlich auch was zu diesem und jenem sagen koennen .
Gruss an Alle
[url=http://www.naturmed24.com/schlankheitsmittel-LIDA-daidaihua.html]abnehmpillen[/url]

http://liddaidaihua1kaufen.wordpress.com/2010/11/11/the-special-diaet-system-body-fat-decline

13 12 2010
nofanto

thank’s for your information

3 03 2011
online poker

A very informationrmative article and lots of really honest and forthright comments made! This certainly got me thinking a lot about this issue so thank a lot for dropping!

3 05 2011
santromi

mass,,,, bisa minta bahan mengenai pemenuhan kebutuhan nggak?

27 11 2011
Victoria

You are my inspiration , I possess few web logs and very sporadically run out from to brand.

21 06 2012
Advice 4 Skin Care

The post is written in very a good manner and it entails many useful information for me. I am happy to find your distinguished way of writing the post. Now you make it easy for me to understand and implement the concept.

1 01 2013
Claude

Definitely believe that which you stated.
Your favourite justification appeared to be on
the net the easiest thing to take note of.
I say to you, I certainly get irked while folks consider worries that they plainly don’t realize about. You managed to hit the nail upon the top and outlined out the whole thing with no need side-effects , other folks could take a signal. Will probably be again to get more. Thank you

14 06 2014
Lowongan Kerja Housekeeping Januari 2013 | Kerja Dari Rumah Online

[…] Kualitas dan kuantitas air bersih untuk pemenuhan […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: