PEMANFAATAN AMPAS TAHU PADA UNGGAS

1 12 2009

Oleh : Misnadi (E1C006025)

Abstak

Ransum merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi produksi. Biaya yang dikeluarkan untuk pemberian ransum adalah 70% dari total biaya produksi (Listiyowati dan Roospitasari, 1992) Usaha untuk menekan biaya makanan adalah mencari bahan makanan yang tidak bersaing dengan manusia, harganya murah, memiliki nilai gizi yang cukup tinggi, tersedia secara kontinyu, disukai ternak serta tidak membahayakan bagi ternak yang memakannya (Sulistiowati (1995) Ampas tahu adalah salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai bahan penyusun ransum Dalam pemanfaatan bahan pakan yang belum umum digunakan, harus memperhatikan beberapa hal, seperti: jumlah ketersediaan, kandungan zat gizi sehingga perlu diolah sebelum digunkan sebagai pakan ternak, yaitu dengan tekhnologi fermentasi. pemberian ransum yang mengandung tepung ampas tahu 30% dengan kandungan serat kasar ransum 87% masih menghasilkan pertambahan bobot badan yang tidak berbeda denganransum kontrol.

Kata kunci: Ampas Tahu, Pakan Unggas, Terfermentasi

 PENDAHULUAN

Ransum merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi produksi. Biaya yang dikeluarkan untuk pemberian ransum adalah 70% dari total biaya produksi (Listiyowati dan Roospitasari, 1992). Tingginya biaya produksi ini perlu ditanggulangi dengan menyusun ransum sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapat, dengan harga yang relatif lebih murah, tetapi masih mempunyai kandungan gizi yang baik untuk produksi dan kesehatan ternak itu sendiri (Mairizal, 1991).

Usaha untuk menekan biaya makanan adalah mencari bahan makanan yang tidak bersaing dengan manusia, harganya murah, memiliki nilai gizi yang cukup tinggi, tersedia secara kontinyu, disukai ternak serta tidak membahayakan bagi ternak yang memakannya (Sulistiowati (1995)

Ampas tahu adalah salah satu bahan yang dapat digunakan sebagai bahan penyusun ransum. Sarnpai saat ini ampas tahu cukup mudah didapat dengan harga murah, bahkan bisa didapat dengan cara cuma-cuma. Ditinjau  dari  komposisi  kimianya  ampas  tahu  dapat  digunakan sebagai sumber protein. Mengingat kandungan protein dan lemak pada ampas tahu yang tinggi yaitu protein 8,66%; lemak 3,79%; air 51,63% dan abu 1,21%, maka sangat memungkinkan ampas tahu dapat diolah menjadi bahan makanan ternak. 

 Potensi Ampas Tahu Sebagai Bahan Makanan Ternak

Ampas tahu merupakan limbah dalam bentuk padatan dari bubur kedelai yang diperas dan tidak berguna lagi dalam pembuatan tahu dan cukup potensial dipakai sebagai bahan makanan ternak karen ampas tahu masih mengandung gizi yang baik dan dapat digunakan sebagai ransum ternak besar dan kecil. Penggunaan ampas tahu masih sangat terbatas bahkan seririg sekali menjadi limbah yang tidak termanfaatkan sama sekali  (Wiriano 1985)

Ampas tahu dalam keadaan segar berkadar air sekitar 84,5% dari bobotnya. Kadar air yang tinggi dapat menyebabkan umur simpannya pendek. Ampas tahu kering mengandung air sekitar 10,0-15,5%, sehingga umur simpannya lebih lama dibandingkan dengan ampas tahu segar (Widyatmoko,1996). Ampas tahu basah akan segera menjadi asam dan busuk dalam 2-3 hari sehingga tidak disukai oleh ternak. Masalah itu dapat ditanggulangi dengan cara menjemur dibawah panas matahari atau dimasukkan dalam oven.

 Peningkatan nilai gizi pada ampas tahu

Produk sampingan pabrik tahu ini apabila telah mengalami fermentasi dapat meningkatkan kualitas pakan dan memacu pertumbuhan ayam pedaging. telah digunakan sebagai pakan babi, sapi bahkan ayam pedaging.

Namun karena kandungan air dan serat kasarnya yang tinggi, maka penggunaannya menjadi terbatas dan belum memberikan hasil yang baik. Guna mengatasi tingginya kadar air dan serat kasar pada ampas tahu maka dilakukan fermentasi.

Proses fermentasi dengan menggunakan ragi yang mengandung kapang Rhizopus Oligosporus dan R Oryzae. Proses fermentasi akan menyederhanakan partikel bahan pakan, sehingga akan meningkatkan nilai gizinya. Bahan pakan yang telah mengalami fermentasi akan lebih baik kualitasnya dari bahan bakunya. Fermentasi ampas tahu dengan ragi akan mengubah protein menjadi asam-asam amino, dan secara tidak langsung akan menurunkan kadar serat kasar ampas tahu. Analisis proksimat ampas tahu mempunyai kandungan nutrisi cukup baik sebagai bahan ransum sumber protein. Ampas tahu mengandung protein kasar 21,29%, lemak 9,96%, SK 19,94% (Syaiful, 2002) kalsium 0,61%, phospor 0,35%, lisin 0,80%, methionin 1,33% (Lab. IPB, 1995).

 Aman Untuk Unggas

Menurut L. D. Mahfudz, E. Suprijatna dan W. Sarengat melakukan riset untuk mangkaji ampas tahu fermentasi sebagai bahan pakan serta menganalisa pengaruhnya sebagai bahan penyusun ransum ayam pedaging strain Arbor Acres umur 1 minggu “unsex” dengan berat badan rata-rata 120,08±15,58 g. Ampas tahu sebelum dipakai sebagai bahan penyusun ransum difermentasi dengan ragi yang mengandung kapang Rhyzopus Oligosporus dan R. Oryzae. Ransum disusun dengan kandungan protein dan energi yang sama (iso protein dan iso energi). Ransum periode awal mengandung protein 22% dan energi metabolis 2.900 kkal/kg, sedang ransum periode akhir mengandung protein 20% dan energi metabolis 3.000 kkal/kg. secara nyata memperlihatkan adanya peningkatan konsumsi pakan, pertambahan berat badan, berat badan akhir dan berat karkas, seiring dengan meningkatnya level ampas tahu dalam pakan. Namun persentase karkas secara nyata tidak berbeda, sedangkan konversi pakan secara nyata lebih baik dengan pemberian ampas tahu fermentasi.

Hasil penelitian lain yang dilakukan oleh Tanwiriah.W, Garnida D, Asmara.I.Y, pemberian ransum yang mengandung tepung ampas tahu 30% dengan kandungan serat kasar ransum 87% masih menghasilkan pertambahan bobot badan yang tidak berbeda denganransum kontrol. Hal ini membuktikan bahwa entok bisa mentolerir kandungan serat kasarransum yang lebih tinggi dari 8%. Begitupun konversi ransum, pemberian ransum yang mengandung tepung ampas tahu tidak berbeda, karenakonsumsi ransum tidak berbeda demikian juga dengan pertambahan bobot badan. Selainitu konversi yang sama memperlihatkan bahwa semua ransum mempunyai tingkat efisiensiyang sama, meskipun mempunyai kandungan serat kasar yang berbeda.

 Kesimpulan

 Tekhnologi fermentasi dapat merubah komposisi kimia ampas tahu menjadi bernilai gizi lebih baik, fermentasi ampas tahu dengan ragi akan mengubah protein menjadi asam-asam amino, dan secara tidak langsung akan menurunkan kadar serat kasar ampas tahu.

Pemberian ransum yang mengandung tepung ampas tahu 30% menghasilkan pertambahan bobot badan yang tidak berbeda dengan ransum kontrol, begitupun pada konversi ransum.

Dengan demikian pemberian ampas tahu dengan batasan tertentu memberikan dapak yang positif terhadap unggas.

 Daftar pustaka

Amrullah, A. K. 2003. Nutrisi unggas. Lembaga Satu Gunung budi, Bogor.

Anggorodi, 1985. Kemajuan Mutakhir dalam Ilmu Makanan Ternak Unggas. U-I Press. Jakarta.

Anggorodi, 1995. Nutrisi Aneka Ternak Unggas. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Mairizal, 1991. Penggunaan ampas tahu dalam ransum unggas. Poultry Indonesia, No. 133.

Rasyaf, M. 1987. Memelihara Burung Puyuh. Penerbit. Kanisius, Yogyakarta.

.

 

 

About these ads

Actions

Information

51 responses

8 02 2010
Yonky saparingga

Maturnuwon pak urip

9 02 2010
Adi

Ragi apa yang dipake? Ragi tape, ragi tempe ato ragi apa? Trus cara buatnya bagaimana?

10 02 2010
uripsantoso

Yang dipakai bisa ragi tape, ragi tempe, kapang Aspergillus dll.

24 02 2010
benny

slamat siang bpk,..
wah info ini bermanfaat sekali buat saya, karena limbah ampas tahu bnyak di daerah saya dan kebetulan saya pelihara itik petelur,.. yang ingin saya tanyakan:
1. untuk proses pembuatanya bagaimana,..??
2. perbandingan antara ampas tahu dengan raginya tempe brapa:brapa…??
3. prosesnya brapa hari dari awal sampai siap diberikan ke ternak,..??
trima kasih,..
saya tunggu jwbnya di sini atau di email saya: bennybingar@ymail.com

24 02 2010
uripsantoso

Sdr Benny, cobalah pelajari dulu proses fermentasi untuk pembuatan tempe atau tape sama saja. Ampas tahu dikukus, kmd didinginkan, diberi ragi tempe (% sama seperti pada pembuatan tempe), dibungkus dengan daun pisang atau plastik, dan biarkan sampai terbentuk jamur yang sempurna. Yang penting coba dan coba sampai berhasil.

25 02 2010
benny

Terima kasih atas infonya bpk,.. sangat berguna bagi saya,..
semoga sukses,….

8 09 2010
Agus sadewa

Mungkin dimaksud sama bikin tempe bongkrek ?

4 10 2010
Pal Budiatman

Kalau saya memberi ampas tahu tampa fermentasi 50 persen kepada itik pedaging saya apa pengaruhnya?

5 10 2010
uripsantoso

Jika demikian, pakan Anda kekurangan energi dan terlalu banyak mengandung serat kasar. Akibatnya pertumbuhan dan produksi menurun drastis. tq.

12 11 2010
purwanto

kalau untuk bebek telur gmana pak. apa baik juga

12 11 2010
purwanto

kalau ampas tahu di jemur gmna

4 12 2010
yaya y

ampas tahu yg sudah dipermentasi bisa tahan berapa lama

6 12 2010
Isreal Rawding

high daybook you’ve own

28 12 2010
ujo

maaf saya pengin minta cara mengelola pakanya dari limbah tau secara detail ya seperti ragi ragi apa yang di pake dan raginya dapat di beli di beli di mana ?

28 12 2010
uripsantoso

Limbah dapat dibuat untuk pakan ternak, baik tanpa perlakuan maupun dengan perlakuan khusus. Perlakuan khusus bisa dg cara mekanik, fisik, kimiawi dan biologik. Cara biologik misalnya dg fermentasi. Fermentasi bisa dengan bakteri, kapang, ragi atau jamur. Yang mudah didapat adalah rag tape, ragi tempe dll. tq

22 03 2012
Faishal

Untuk bahan ragi fermentasi ampas tahu, kunjungi http://www.ardhiborneogemilang.com

26 02 2011
Issac Maez

How did you make this template? I got a blog as well and my template looks kinda bad so people don’t stay on my blog very long :/.

3 03 2011
Adam

Please keep on posting such quality posts as this is a rare thing to find these days. I am always searching online for posts that can help me. looking forward to another great site. Good luck to the author! all the best!

15 04 2011
Keflex

Thanks for taking the time to talk about this, I feel fervently about this and I take pleasure in learning about this topic. Please, as you gain information, please update this blog with more information. I have found it very useful. There have to be charging stations everywhere.

21 06 2011
Syarief Alfredho

limbah bs jd berkah, tp gmn cr supaya bs tahan lma (tidak basi)/ penepungannya?

16 07 2011
aren

aslm, pak lalu bgmana efek ampas tahu fermentasi pada bebek ptelur? Apa baik juga?

16 07 2011
uripsantoso

Saya pikir baik juga, namun perlu dicoba dengan kadar ampas tahu fermentasi yang lebih kecil dulu.

8 09 2011
Hipolito M. Wiseman

This is probably the most important day in my life! After having big problems I am finally not anxious this problem. You and your text are the person, who gave me what I desired.

23 09 2011
moko

apakah bisa ampas tahu bila dicampurkan pada pakan ayam broiler pabrikan dan brapa % pemberianya

23 09 2011
uripsantoso

Ampas tahu bisa dicampur dengan pakan pabrik. Campurannya tidak lebih dari 5%.

16 10 2011
dating sites

How can I get the computer in one room to send stuff to the printer on my computer in another room. Internet?

8 11 2011
pabrik makanan

I used to be recommended this web site by means of my cousin. I’m no longer sure whether or not this post is written via him as nobody else recognize such distinct about my trouble. You are incredible! Thanks!

11 02 2012
dienda

saya coba bikin pakan bebek diantaranya ampas tahu,dedak.tepungikan, jagung,kemudian di fermentasi.kira kira protein nya naik berapa % pak?? Trim’s

12 02 2012
uripsantoso

Jika difermentasi belum tentu proteinnya naik, tergantung mikrobia yang dipakai. Secara umum, mutu proteinnya meningkat dengan difermentasi. Mengenai %-nya juga bergantung pada mikrobia yang dipakai. Tks.

13 02 2012
dienda

trimakasih pak.saya lagi coba bikin pakan alternatif alhamdlh sudah berjalan cuman pakannya belon di uji proksimt.selain bahan-bahan diatas saya juga memakai campuran kohe 30%

13 02 2012
uripsantoso

Bagus Dienda, coba sampai diperoleh formula yang tepat. tks

13 02 2012
dienda

Alhamdlh.semoga bapak sehat selalu dan jangan tanggung2 untuk memberikan bimbingan kpada kami, kami sebagai peternak bebek di daerah tasik malaya jawa barat membuat komunitas bebek untuk membangkitkan minaternak.tpi kendalanya pakan mahal,padahal untk saat ini kebutuhan bebek karkas masih sangat kurang.untuk itu kami harus membikin pakan alternatif yang kandungan protein min 17% energi min 2600 kk dengan harganya murah max Rp.2500/kg.wss

14 02 2012
uripsantoso

Ini perlu dihitung berdasarkan bahan pakan yang tersedia dan harga bahan pakan. Tks

2 03 2012
dienda

bahan yang ada:
1.kohe hasil permentasi
2.dedak
3.jagung
4.pakan ayam sapuan
5.tepung ikan
6.ampastahu
semua bahan akn d permentasi lagi pak.tolong dihitung brpa % campurannya.ini untuk bebek pedaging diatas 1 bulan.dan kira2 brapa TDN nya.trim’s

19 03 2012
dahlan

bpk urip, sy sangat tertarik dgn ilmu yg bpk berikan, tp sy bingung dengan cara fermentasi ampas tahu, ukuran ragi dan ampas nya itu kira2 berapa ? Setelah ampas tahu di fermentasi berbentuk apa ? Apakah sama dengan tempe gembos ? Mohon penjelasan nya, bs langsung ke email sy atau disini. Thk’s

19 03 2012
uripsantoso

fermentasinya bisa dengan ragi tape, ragi tempe, dll. % pemberiannya seperti pada pembuatan tempe atau tape. Bisa juga difermentasi dengan bakteri seperti Lactobacillus sp atau yang lainnya.

20 03 2012
hendra apiko

selamat malam pak..’

22 03 2012
Faishal

Simak pengalaman peternak bebek melakukan fermentasi pakan alternatif termasuk ampas tahu di http://www.ardhiborneogemilang.com

28 10 2012
hikman

e1c009056/hikman
info yang menarik pak, ternyata ampas tahu bisa menjadi pakan yang baik untuk unggas.

23 12 2012
jackjagoanku

Ass,Saya baru mencoba ternak ayam kampung,bangkok,dan pedaging.Saya pakai ampas tahu tanpa fermentasi dan dicampur dengan dedak,nasi kadang sayuran matang.Tapi setelah membaca info dr bapak saya akan coba dg fermentasi.Yang menjadi pertanyaan saya setelah fermentasi ampas menjadi tempe gembos bukan? Lalu bagaimana memberikannya pada ayam karena saya pernah memberikan tempe gembos baik mentah maupun matang hasilnya ayam tidak berminat memakannya.Mohon penjelasannya lebih lanjut.Terimakasih.

.

23 12 2012
uripsantoso

Tempe dikeringkan dan dijadikan tepung lalu dicampur dengan bahan pakan lainnya. Jangan diberikan banyak-banyak. Cukup 1-3% saja. Tks

18 03 2013
hendra apiko

oke sekali pak infonya..”

8 06 2013
Damiao

Berapakah batas persen pemberian tepung ampas tahu pada ternak babi

10 06 2013
uripsantoso

untuk amannya ampas tahu dapat diberikan 5%.

14 06 2013
tono

Saya mau nanya gmn maanfaat ampas tahu bagi ayam nangkok ada efek sampingnya yg membahayakan tdk. Massa pertmbhn ayam bila d kasih ampas tahu gmn?

14 06 2013
uripsantoso

Ampas tahu sebaiknya diberikan pada ayam yang sudah dewasa. Pemberiannyapun tidak banyak antara 5-10%. Tks

15 06 2013
Raden W Siahaan

apakah fermentasi ampas tahu dgn ragi tape ato ragi tempe tdk membutuhkan bhn tambahan lain? bgmn ciri2 ampas tahu yg sudah selesai ter fermentasi? apakah batas 5% pemberian pd ternak jg berlaku pd pakan hasil fermentasi ini? Terima kasih…

15 06 2013
uripsantoso

fermentasi butuh bahan lain sbg sumber energi, tapi jk bahan itu sdh kaya akan energi tak perlu. Jk ampas tahu difermentasi penggunaannya bisa lbh dr 5%. Tks

22 06 2013
Raden W Siahaan

jd klo di dlm ampas tahu, apakah sudah tersedia sumber energinya pak? trus, apakah daun ubi rambat jg bs di fermentasi dgn ragi tape? Thanks!

22 06 2013
uripsantoso

Setiap bahan ada energinya. Penggunaan mikrobia untuk fermentasi bergantung pada tujuannya. Kalau ragi tape adalah terutama untuk memecah pati menjadi gula dan jk fermentasinya berlanjut akan menjadi alkohol plus asam. Tks

22 08 2013
sleeping tablets

Great post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: