BIOLOGI Spodoptera litura F. (LEPIDOPTERA: NOCTUIDAE) PADA TANAMAN KEDELAI DENGAN DOSIS PUPUK NITROGEN YANG BERBEDA

24 07 2009

 Oleh: Sefty Hartati

kedelaiPerkembangan serangga hama tidak hanya ditentukan oleh jenis inangnya, tetapi juga oleh kandungan nutrisi yang terdapat pada tanaman inang. Pemberian dosis pupuk nitrogen (N) untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman dapat berpengaruh terhadap perkembangan S. litura dan hama lainnya. Informasi dasar biologi serangga hama pada dosis N yang berbeda sangat diperlukan sebagai dasar untuk pengendalian hama. Penggunaan dosis N tinggi dan rendah diteliti pengaruhnya terhadap perkembangan S. litura.

            Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni sampai September 2005, di Rumah Kawat dan Laboratorium Proteksi Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu pada ketinggian (10 dpl.) dengan suhu ruangan 25-290C dan kelembaban udara 69-73%. Perlakuan yang digunakan adalah penggunaan pupuk N dosis tinggi (112,5 Kg Urea/Ha) dan dosis rendah (37,5 Kg Urea/Ha) pada tanaman kedelai sebagai pakan larva S. Litura. Variabel yang diamati antara lain durasi telur, semua instar larva, pupa, dan dewasa, serta lebar kapsul kepala, bobot pupa, dan jumlah telur yang dihasilkan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosis  pupuk N berpengaruh nyata pada perkembangan larva S. litura; sangat nyata meningkatkan durasi larva, terutama pada instar IV, VI, prepupa dan durasi seluruh larva. Peningkatan dosis N juga meningkatkan lebar kapsul kepala, terutama pada instar V. Lebih dari 50% jumlah larva yang makan daun kedelai dengan dosis N tinggi berkembang sampai instar ke enam, jauh lebih banyak dibandingkan dengan larva yang makan daun kedelai dengan dosis N rendah yang hanya sebesar 6%. Pupa yang berkembang dari larva yang makan daun dengan dosis N tinggi bobotnya lebih tinggi dibandingkan dengan yang berkembang dari larva yang makan dengan dosis N rendah. Jumlah telur juga lebih banyak dihasilkan oleh ngengat yang larvanya diberi pakan daun kedelai dosis N tinggi dibandingkan dosis N rendah. Bila ini terjadi dilapangan maka akan menambah jumlah individu larva yang menginfestasi tanaman, dan dapat menurunkan hasil. Semua itu mununjukkan bahwa peningkatan kualitas nutrisi daun karena peningkatan dosis N dapat meningkatkan penampilan serangga hama. Penampilan S. litura yang lebih baik karena peningkatan dosis N tinggi dapat membawa konsekuensi pada meningkatnya kerusakan tanaman dan kerugian ekonomi.

(Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan, Jurusan Perlindungan Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Bengkulu).

About these ads

Actions

Information

One response

6 12 2010
Jason Vollenweider

superlative almanac you compass

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: