KERTAS DAUR ULANG

9 06 2009

Dikompilasi Oleh: Urip Santoso

kertas-2Daur ulang adalah proses tuk menjadikan suatu bahan bekas menjadi bahan baru dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Daur ulang adalah salah satu strategi pengelolaan sampah padat yang terdiri atas kegiatan pemilahan, pengumpulan, pemrosesan, pendistribusian dan pembuatan produk / material bekas pakai, dan komponen utama dalam manajemen sampah modern dan bagian ketiga adalam proses hierarki sampah 3R (Reuse, Reduce, and Recycle).
Material yang bisa didaur ulang terdiri dari sampah kaca, plastik, kertas, logam, tekstil, dan barang elektronik. Meskipun mirip, proses pembuatan kompos yang umumnya menggunakan sampah biomassa yang bisa didegradasi oleh alam, tidak dikategorikan sebagai proses daur ulang. Daur ulang lebih difokuskan kepada sampah yang tidak bisa didegradasi oleh alam secara alami demi pengurangan kerusakan lahan. Secara garis besar, daur ulang adalah proses pengumpulan sampah, penyortiran, pembersihan, dan pemrosesan material baru untuk proses produksi.

Material-material yang dapat didaur ulang dan prosesnya diantaranya adalah:

1) Bahan bangunan; 2) Baterai; 3)  barang elektronik, 4)  Logam; 5)   Bahan Lainnya seperti kaca, kertas, plastic dll. 

            Pada kesempatan ini, saya mengajak anda belajar mendaur-ulang kertas. Kertas  dapat didaur ulang dengan mencampurkan kertas bekas yang telah dijadikan pulp dengan material kertas baru. Namun kertas akan selalu mengalami penurunan kualitas jika terus didaur ulang. Hal ini menjadikan kertas harus didaur ulang dengan mencampurkannya dengan material baru, atau mendaur ulangnya menjadi bahan yang berkualitas lebih rendah.
            Di dalam membuat kertas daur ulang, bahan-bahan yang bisa di gunakan ada dua jenis yaitu dari limbah kertas dan tanaman hasil pertanian atau tanaman-tanaman non produktif. yang dapat di olah atau didaur ulang menjadi kertas dengan hasil yang berbeda. Di dalam proses pembuatan kertas daur ulang dari limbah koran maupun limbah kertas lainnya, pertama-tama yang harus dilakukan adalah kertas limbah tadi di potong kecil-kecil kemudian direndam di dalam air kurang lebih satu hari, baru kemudian setelah lunak kemudian di blender sampai menjadi bubur kertas. Setelah semua menjadi bubur, proses selanjutnya adalah di cetak dengan menggunakan alat cetak dari kawat kasa yang telah terpasang pada sebuah spanram dengan ukuran kurang lebih 21,5 cm x 33 cm.
Batang pisang juga dapat di olah menjadi kertas, yaitu setelah mengalami proses pengeringan dan pengolahan lebih lanjut. proses pembuatan kertas dari bahan batang pisang pertama-tama yang harus dilakukan adalah, batang pisang tadi dipotong kecil-kecil dengan ukuran berkisar 25 cm, lalu di jemur di bawah terik matahari hingga kering. Setelah batang pisang tadi kering proses berikutnya adalah dengan cara direbus sampai menjadi lunak, namun pada saat proses perebusan sebaiknya di tambah dengan formalin atau kostik soda maksudnya adalah di samping untuk mempercepat proses pelunaan juga untuk menghilangkan getah-getah yang masih menempel pada batang pisang tadi, pada proses berikutnya batang pisang yang sudah lunak tadi disaring dan dibersihkan dari zat-zat kimia tadi baru kemudian di buat bubur ( pulp) dengan cara di blender. Baru kemudian dicetak menjadi lembaran-lembaran kertas.
Alang-alang merupakan jenis rumput-rumputan dan sebagai tanaman non produktif,sebagian orang tanaman ini di anggap salah satu tanaman pengganggu. Tapi bagi orang yang memiliki kreativitas tinggi alang-alang justru merupakan tanaman yang dapat mengasilkan pendapatan, yaitu sebagai bahan dasar dalam pembuatan kertas,tentu saja setelah mengalami proses lebih lanjut.

Di dalam membuat kertas daur ulang, bahan-bahan yang bisa di gunakan ada dua jenis yaitu dari limbah kertas dan tanaman hasil pertanian atau tanaman-tanaman non produktif.
            Daur ulang kertas adalah salah saru upaya pemanfaatan kembali sampah kertas untuk mengurangi timbunan sampah.

Daur Ulang Kertas

Tempat Kerja: tempat pembuatan, tempat pencetakan kertas, tempat penjemuran, tempat penyimpanan bahan baku, dan tempat penyimpanan produk.

Alat dan Bahan

  1. sampah kertas, air, rumput, pelepah pisang, lem kayu/lem sagu, dan pewarna.
  2. blender
  3. baskom  atau bak rendam (ukuran 60×70 cm)
  4. spon
  5. meja  
  6. kain
  7. screen (ukuran 25×25 cm atau 35×45 cm.
  8. papan dan alat pemberat

Cara Membuat

  1. Robek kecil-keil kertas bekas dan rendam didalam air selama 1 hari
  2. Blender kertas sampai menjadi bubur ( halus)
  3. Tuangkan kedalam Baskom yang berisi air dan diaduk
  4. Letakan Spons di atas meja, lalu taruh kain yang sudah dibasahi diatasnya
  5. Saring campuran (jangan terlalu tebal) di baskom memakai screen sablon
  6. Letakan diatas spons yang sudah dilapisi kain dengan posisi terbalik, gosok sedikit screennya dan angkat dengan hati-hati
  7. Tutup dengan kain yang sudah dibasahi. tambah satu lapis lagi kain basah, ulangi langkah 5 dan 6
  8. Sesudah beberapa lapis press dengan menaruh papan besar diatasnya dan beri pemberat (Batako atau Batu)
  9. biarkan selama sekitar1 jam agar airnya berkurang. sebelum diangkat pastikan sudah cukup kering. angkat sepasang demi sepasang dan jemur ditempat yang panas. lalu setrika sepasang demi sepasang kemudian buka kainnya pelan-pelan.

Jika anda ingin membuat atau corak khusus, cobalah beberapa proses di bawah ini.

  1. Proses tempelan. Sebelum anda menutup campuran bubur kertas dengan kain yang sudah dibasah, tempelkan bunga, rumput atau daun-daun kecil diatasnya.
  2. Proses Campuran. Ketika memblender kertas, tambahkan bunga, rumput atau bahan alami lainnya yang akan memberikan warna dan pola khusus.
  3. Proses Press. Ketika sedang mengepress kertasnya, taruhlah daun atau sesuatu yang bermotif bagus. taruhlah papan diatasnya dan beri pemberat.

Contoh barang yang bisa dibuat dengan kertas Daur Ulang.

  • Kertas untuk menggambar karya seni
  • Pembungkus buku, tempat pensil, dan lain-lain
  • Undangan, amplop, map, dll . kertas daur ulang juga bagus sekali untuk ditempel diatas karya-karya yang bisa anda bikin dari karton.
  • kotak pensil + bingkai photo
  • kotak kado, kartu lebaran dan ulang tahun.
  • Frame pas photo dan aneka kerajinan lain.

dan jika anda ingin memberi warna pada kertas daur ulang memakai bahan alami untuk mewarnai kertas daur ulang tersebut anda bisa memakai beberapa bahan yang bisa dipakai untuk memberi warna tersebut. diantaranya :Kunyit, Daun Jati, Daun pandan Wangi, Gambir, Pacar Cina, Nila.

Kunyit : Kalau kita parut dan disaring akan menghasikan warna kuning.

Daun Jati : Kalau diparut dan disaring akan menhasilkan warna merah

Daun Pandan Wangi : Kalau kita parut dan disaring akan menghasikan warna hijau

Gambir : Kalau kita parut dan disaring akan menghasikan warna hitam

Pacar Cina : Kalau kita parut dan disaring akan menghasikan warna merah muda

Nila : Kalau kita parut dan disaring akan menghasikan warna biru

kalau mau coba anda membuat kertas dengan warna baru : Saat kertas bekas yang kecil-kecil mau direndam di air selama 1 hari, isilah airnya (sesudah disiram) dengan macam-macam bahan yang bisa memberikan warna yang bagus.

Cara Lain Daur Ulang Kertas

1. Robek-robek kertas dalam ukuran kecil. Rendam dalam seember air selama semalaman.

2. Ambil sekitar 1,5 gelas kertas renclaman, masukkan ke dalam blender. Tambahkan 2 gelas air dan hancurkan sampai merata.

3. Tuang larutan halus tadi ke dalam baskom lebar. Saring menggunakan saringan kasa berbingkai,
sehingga selapis tipis kertas berada di permukaannya.

4. Tempelkan lapisan kertas yang baru ini ke permukaan  keras yang rata, misalnya papan kayu. Lepaskan dari saringan kasa.

5. Serap permukaan kertas yang baru dengan kain untuk mengtilangkan kelebihan air. Jemur hingga betulbetul kering di terik matahari,

6. Saat kertas baru sudah kering, lepaskan perlahann dari permukaan papan. Agar kertas memiliki motif yang cantik, tambahkan daun-daunan atau bahan lain pada saat penyaringan. Dengan begitu, bahan tambahan in akan ikut menyatu bersama bahan kertasnya.

Keuntungan Daur Ulang Kertas

1)      Satu upaya pemanfaatan kembali sampah kertas untuk mengurangi timbulan sampah.

2)      Menimbulkan kreatifitas dalam memanfaatkan  kertas bekas.

3)      Sumber tamabahan penghasilan masyarakat.

About these ads

Actions

Information

61 responses

25 06 2009
mia

apakah bisa mendaur ulang tanpa menggunakan blender? atau adakah cara lain mendaur ulang yang tidak menggunakan blender sebagai alatnya?

25 06 2009
uripsantoso

Blender hanyalah satu alat untuk menghancurkan kertas. Anda juga bisa melakukan dengan alat sederhana misalnya dengan alat tumbuk, atau dengan batu giling atau apa saja yang bisa menghancurkan kertas. tq.

15 07 2009
vidhatama

bisa minta info lebih lanjut proses pembuatan kertas dengan alang-alang dan batang pisang ? thanks

4 08 2009
Masykur

terima kasih atas infonya.. mudah2an bisa bermanfaat.

4 08 2009
uripsantoso

semoga anda bisa praktek sdr masykur. tq

15 09 2009
Amanda

Dear mas Urip,

Dimanakah saya bisa belajar lebih banyak mengenai praktek pengolahan kertas daur ulang ini ? Terutama untuk skala besar (industri). Untuk infonya, ditunggu & trims …

24 09 2009
uripsantoso

Saat ini yang saya ketahui hanyalah daur ulang skala rumah tangga. Saya yakin di Indonesia sudah ada. Sayang saya tidak tahu. Maaf. tq amanda

20 10 2009
widya sejati

bagaimana untuk komposisi pd saat pembuatan kertasnya? maksudnya adalah misalnya 1 kg kertas bekas banding 1 liter air, kemudian pd saat akan di blender komposisi bubur kertas dgn air dlm blender brapa banding brapa? trims

16 11 2009
iyep

saya puya sludge bubur kertas , kalau berminat saya akan kirimkan sample nya

17 11 2009
uripsantoso

saya sebenarnya tertarik, namun saya sekarang belum konsentrasi pada kegiatan kertas. Thanks atas perhatiannya.

21 12 2009
ita naysila

thx ats info sy akan mencoba sbb limbah kertas di rumah saya menggunung

21 12 2009
uripsantoso

silahkan ita. cobalah sampai bisa. tq

28 12 2009
rury

Untuk screen sablonnya bisa buat sendiri apa tdk??cara dan bahannya apa??kalau beli di toko apa????
trima kasih….

28 12 2009
uripsantoso

Screen sablonnya bisa dibeli di toko yang menjual untuk keperluan percetakan. tq.

28 12 2009
rury

untuk ketebalah kertasnya ditentukan berdasarkan apa???trima kasih…
mohon balas via email yaa…
ama_22_07@yahoo.com

28 12 2009
uripsantoso

cara daur ulang kertas disini dengan cara sederhana saja. jadi belum membahas berbagai ketebalan kertas. tq.

10 01 2010
NURKOMARIAH

ass, Bpk kok bisa banyak tau tentang itu, apa Bpk termasuk salah satu pengusaha daur ulang yang sukses dan lama berkecimpung dalam dunia itu??????tolong dijawab y………
dan klo memang itu benar, boleh tau g’ kiat2 menjadi pengusaha daur ulang yang sukses,,,,!!!!!! berbagi tips kesuksesan tentu tidak membuat keberatan kan?????

11 01 2010
uripsantoso

nggak juga sih, cuma tau aja, nur.

17 01 2010
NURKOMARIAH

Ass,,,,,,
K’Urip kok jawabannya singkat bener,,,
Oh….ya saya ada tugas dari sekolah untuk mencari tau kesuksesan pengusaha daur ulang, klo boleh tau kk udah berapa lama berkecimpung dalam dunia daur ulang???
kiat apa aja yang buat kk sukses????
barang kali saya bisa menjadikan kk sbgi Inspirator bagi semua khususnya saya??????
dijawab y kk, soalnya itu penting BGT.
Trimakasih

19 01 2010
uripsantoso

Mhn maaf saya belum dapat info perusahaan daur ulang kertas. tq.

17 03 2010
Andri

Pak Urip, saya Andri mahasiswa Teknik Industri UI.
ikatan mahasiswa kami mempunyai proker pemberdayaan masyarakat di desa pemulung untuk meningkatkan produktivitas. sederhananya, kami mencoba membangun sebuah UKM bagi ibu-ibu dikampung tersebut dengan tujuan menyejahterakan.
berdasar sumber daya yang ada, UKM yang akan kami bagun akan memproduksi kertas daur ulang.
kalau semua lancar, apa pak Urip bisa memberikan pelatihan mengenai kertas daur ulang untuk UKM kami?
Terima kasih.

18 03 2010
uripsantoso

Saya sebenarnya mau sih, tapi pengetahuan saya tentang kertas daur ulang sangat sedikit. Coba cari dulu orang lain yang punya pengalaman yang cukup tentang usaha kertas daur ulang. tq.

6 05 2010
dheo

makasih infonya kak. sy pake dlm project proposal twuh… Smg bisa dapat pengembangan yg lebih menarik n berguna buat kelestarian lingkungan. Amin!

19 07 2010
angsandy76

Bagi yg berminat ingin memproduksi kertas daur ulang,sy bisa membuat mesin kertas daur ulangnya. Tq

24 08 2010
smile

mohon info ke saya .thx

8 03 2011
wafa dzalza

saya berminat dengan mesin kertas daur ulang bisa saya dapatkan info yang lebih lengkap, Juga harga ?

30 05 2011
diq

@angsandy/lisa/smile/p.urip: mohon bagi info mesin daur ulangnya via email ya..tks

20 07 2011
yopi

tolong informasikan ke saya, gambar atau fotonya dan harganya. kirim ke email saya aja phieaja@yahoo.com, thanks

20 08 2010
lisa

@ angsandy : mohon info soal mesin daur ulang kertas, sprsifikasi serta harganya. Mohon krm via email.

21 08 2010
uripsantoso

Sdr Lisa jika saya punya nanti saya kirim. Skr sich belum ada.

24 08 2010
smile

@angsandy : infokan sy juga tentang mesin daur ulang via email. thx

31 08 2010
Sang Penandur

kami juga mengisi waktu luang dengan membuat pot dari granule paper, karena menurut kami peralatan yang dibutuhkan untuk proses pembuatan pot berbahan kertas yang di daur ulang tidak seribet jika membuat lembaran – lembaran kertas.

uji coba yang kami lakukan bisa dilihat di blog sederhana kami di http://sangpenandur.blogspot.com/

mungkin bisa menjadi salah satu alternatif dan insipirasi bagi rekan2 semua, terutama yang ingin mengembangkan besar2an.

Salam,
Sang Penandur

1 10 2010
muhammad nashrulloh

apakah daur ulang kertas bener2 bisa ngurangin polusi ???

4 10 2010
uripsantoso

Polusi dari kertas akibat tinta dll. Jadi bisa mencemari air dan tanah. tq.

28 10 2010
apriyanto

saya mahasiswa dr teknik mesin sampai saat ini apa jenis mesin yg digunakan dan spesifikasinya,,,

1 12 2010
bongo

salut atas kreativitas…
..menjaga keberisihan itu dalah pangkal kesehatan kebersihan adalah sebagian dari pada iman….
ajari kami…anak pecinta alam..pak..

2 12 2010
6 12 2010
Jose Sponseller

strong log you’ve admit

29 01 2011
Yudi septian

wah mantap banget nih idenya!! kebetulan kita mau ngadain Training KWU nih tentang daur ulang yang bernilai ekonomi kira – kira bisa bantu gak nih pak ???

29 01 2011
uripsantoso

Silahkan dipraktekkan Yudi. Tentu saja awalnya cukup sulit, tapi sajalan dg praktek yang semakin sering akan memudahkan Anda dalam KWU. tq

11 02 2011
andi

pak saya mahasiswa jurusan peternakan Unib 09….krtas daur ulng trsbut bsa tdak d aplikasikan utk peternakan????

11 02 2011
uripsantoso

Maksudnya apa Andi? Kertas sebenarnya bisa juga diberikan kepada ternak ruminansia dalam jumlah tertentu. tq

16 02 2011
Kid

pak urip bagaimana kalau kertas gembus (sejenis karton), proses pebuatannya

26 02 2011
chicken pox virus

The subsequent time I learn a weblog, I hope that it doesnt disappoint me as a lot as this one. I mean, I know it was my choice to learn, however I truly thought youd have something fascinating to say. All I hear is a bunch of whining about one thing that you possibly can fix if you happen to werent too busy looking for attention.

3 03 2011
Robert

Great stuff from you, man. Ive scan your stuff before and youre just too awesome. I love what youve got here, love what youre saying and the way you say it. You make it entertaining and you still manage to keep it smart. I cant wait to read more from you. This is really a great site.

6 04 2011
putri

saya dipilih lomba untuk membuat 10 produk daurulang dlm waktu 2jam. kira2 apa saja yg bisa saya buat dlm waktu secepat itu? minta pendapatnya yaaaa. thanks before

7 04 2011
uripsantoso

Wah putri saya juga kalau sampai 10 produk dalam 2 jam sulit juga menjawabnya. Sorry.

26 04 2011
frostwire free download

Thanks for another excellent article. Where else could anyone get that kind of info in such a perfect way of writing? I have a presentation next week, and I’m on the look for such information.

6 05 2011
pulsa murah

info menarik,semoga alternatif pengolahan sampah semakin berkembang di wilayah indonesia,sehingga beban TPA bisa berkurang

17 06 2011
computer miami

Can I just say what a relief to find someone who actually knows what theyre talking about on the internet.

6 07 2011
Portable Photo Scanner

soda maksudnya adalah di samping untuk mempercepat proses pelunaan juga untuk menghilangkan getah-getah yang masih menempel pada batang pisang tadi, pada proses berikutnya batang pisang yang sudah lunak tadi disaring dan dibersihkan dari zat-zat kimia tadi baru kemudian di buat bubur ( pulp) dengan cara di blender. Baru kemudian dicetak menjadi lembaran-lembaran kertas.

5 08 2011
elementy kute

It is perfect time to make some plans for the future and it is time to be happy. I have read this post and if I could I want to suggest you some interesting things or advice. Maybe you could write next articles referring to this article. I desire to read more things about it!

9 08 2011
elementy kute

Thank you for useful information. Waiting for new posts.

8 09 2011
Agung

Menarik banget bisnis ini, untuk yang berminat mengembangkan usaha ini ke produksi massal skala UKM, aternatif mesin cetak kertas karton bisa menjadi pilihan.
Ini contoh linknya http://www.mesinjaya.co.cc/p/produk.html

19 09 2011
mesinkertas

mesin daur ulang kertas untuk home industri dan umkm silakan contact:

sales@mesinkertas.com atau lihat
http://www.mesinkertas.com

13 10 2011
info lomba

Trims atas infonya, sangat membantus ekali untuk pkm sy..

14 11 2011
pit38

How do I put up my Blogspot blog on Google Search?

24 11 2011
silva

kalo ada info tentang pelatihan kertas daur ulang tolong di kabari ya ke email saya : silva_arini@yahoo.com
tq.

30 11 2011
Lusi kristiani

Sy jg mencoba berkreasi daur ulang kertas cuma sulit untuk pemasarannya,mungkin ada yg bs bantu cara pamasaranya bagaimana?trimakasih

22 06 2012
Samual Dobry

I have been reading out many of your posts and i can claim pretty nice stuff. I will surely bookmark your blog.

4 09 2012
valentina

bagaimana cara menguji kualitas kertas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: