Bau Mulut Orang yang Berpuasa Lebih Harum dari Minyak Katsuri

9 09 2008

Oleh: Urip Santoso

            Di bulan suci Ramadhan ini, mungkin anda sering mendengar para ustad menyebutkan hadist yang terkenal, yaitu bahwa bau mulut orang yang berpuasa disisi Allah adalah lebh harum dari minyak katsuri. Kita tahu bahwa minyak katsuri itu sangat harum, sehingga kita mungkin sulit membayangkan jika bau mulut itu lebih harum dari minyak itu. Jika kita bahas dengan hokum di dunia maka sulit bisa dipercaya. Sebab, secara kimia bau mulut dan minyak katsuri itu sangat berbeda. Jadi tidak mungkin bau mulut lebih harum dari minyak itu.

            Namun perlu kita ketahui bahwa hukum yang berlaku di alam semesta itu, tentu berbeda dengan hukum di alam gaib dan pasti yang lebih berbeda jika itu di sisi Allah. Kita ingat bahwa  setahun dalam hitungan Allah itu sama dengan 1.000 tahun dalam hitungan manusia. Ya, jelas karena alam dunia berbeda dengan Allah sebagai pencipta. Firman Allah ini dapat kita pahami sekarang, karena kita tahu bahwa di alam semesta ini waktu itu berbeda-beda bergantung kepada planet. Misalnya, waktu di bumi berbeda dengan di venus, mars, jupiter dsb. Jadi kita tidak usah ragu atas kebenaran hadist itu. Yah, banyak hal-hal gaib beserta hukum-hukumnya yang memang tidak bisa kita jangkau. Apalagi terhadap Yang Maha gaib. Kita pasti tidak akan mampu menjangkau-Nya, kecuali diberitahu oleh-Nya.

              Kalau begitu, selama berpuasa kita biarkan saja bau mulut kita. Semakin busuk pasti semakin harum. Demikian mungkin pikiran sebagian dari kita. Nanti dulu! Memang benar bahwa Allah menghargai orang Islam yang berpuasa dengan sedemikian tinggi, sehingga bau mulut pun diberi ganjaran yang tidak terkira, apalagi puasanya, apalagi amalannya selama Ramadhan. Kita patut bersyukur dan bersyukur. Mudah-mudahan kita termasuk orang yang sukses menjalankan puasa, sehingga tujuan berpuasa itu dapat kita capai, yaitu menjadi orang bertakwa. Kita tahu, bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Oleh sebab itu, kebersihan gigi juga termasuk yang sangat dianjurkan. Bahkan di lain hadist, Rasullullah bersabda jika gosok gigi itu tidak memberatkan maka pasti sudah kuwajibkan gosok gigi bagi umatku. Jelas bahwa kebersihan mulut itu sebaiknya dijaga. Kita bisa berasumsi bahwa jika bau mulut saja begitu tinggi dihargai oleh Allah, apalagi jika kita selalu menjaga kebersihan (terutama mulut sehingga kurang berbau) pasti akan diberi pahala yang lebih tinggi lagi.

            Lalu bagaimana cara mengatasi bau mulut saat puasa? Kita bisa mengurangi bau busuk mulut dengan cara menggosok gigi sedikitnya tiga kali sehari, yaitu sehabis sahur, sehabis berbuka dan sebelum tidur. Menggosok gigi jangan tergesa-gesa, tetapi gosok gigi sehingga semua bagian gigi dan rongga mulut benar-benar bersih. Memang dengan menggosok gigi dan berkumur dengan obat kumur belum mampu mengatasi bau mulut tersebut. Untuk mengatasinya maka anda dianjurkan banyak minum air putih setelah berbuka dan pada saat sahur. Banyak minum selain mengurangi bau mulut, juga berguna untuk mengganti cairan yang hilang selama puasa, sehingga anda tidak kekurangan cairan. Banyak minum juga dianjurkan karena dapat mencegah terjadinya penyakit karena kurang minum.

            Selain itu, untuk mengurangi bau mulut anda dapat menghindari merokok dan mengurangi makanan yang dapat menimbulkan bau mulut seperti bawang merah, bawang putih, petai, jengkol, durian, ikan, daging dan juga berbagai produk susu. Selain itu, perbanyaklah makan sayur dan buah serta mengurangi minuman berkafein seperti kopi. Bau mulut juga bisa disebabkan oleh mulut yang kering selama berpuasa akibat kurangnya air ludah, dan juga beberapa penyakit seperti penyakit saluran pernafasan, maag, gangguan hati, gangguan ginjal, diabetes yang tidak terkontrol, penyakit paru dan sulit buang air besar.

            Jadi, gosoklah gigi anda meskipun anda sedang berpuasa. Waktu yang paling baik untuk gosok gigi adalah sehabis sahur, setelah berbuka dan sebelum tidur. Selamat berpuasa dan semoga kita termasuk orang-orang yang beruntung, amien.

About these ads

Actions

Information

2 responses

11 09 2008
infogue

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema, game online & kamus untuk para netter Indonesia. Salam!
http://www.infogue.com
http://agama.infogue.com/bau_mulut_orang_yang_berpuasa_lebih_harum_dari_minyak_katsuri

11 09 2008
uripsantoso

Terima kasih atas infonya. Saya sudah beberapa kali berkunjung ke info gue. Saya masih belum memahami cara mempromosikan. Jika tidak keberatan tolong ndiinformasikan. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: