Deskripsi Diri dalam Sertifikasi Dosen (Bagian 2, revisi)

29 08 2008

c) Peningkatan kualitas pengelolaan institusi

Pada sub bagian ini anda diminta menjelaskan upaya-upaya keterlibatan anda dalam pengembangan manajemen pada unit kerja di perguruan tinggi anda dan bagaimana implementasinya. Disini anda diminta menuliskan contoh keterlibatan anda. Bagi anda yang memang sedang menjabat atau pernah menjabat tidaklah terlalu sulit. Anda tinggal menjelaskan upaya perubahan yang anda lakukan dan latar belakang mengapa anda melakukan perubahan. Jelaskan pula dukungan institusi misalnya dukungan administrasi, fasilitas, moral atau bentuk lainnya. Setelah itu, anda jelaskan sejauh mana upaya perubahan itu telah diterapkan dan bagaimana hasil (output) dan dampak (outcome). Jika terdapat hambatan jelaskan bagaimana anda mengatasinya. Deskripsi ini memang tidak harus menampilkan data-data kuantitif, tetapi jika ada akan mempertajam deskripsi anda. Jika ini dibuat akan mempermudah asesor menilainya.

Bagi dosen biasa, sub bagian ini mungkin saja menjadi keluhan, karena bagaimana bisa menjelaskan dalam peningkatan mutu pengelolaan padahal ia bukan pengelola. Bagi anda yang hanya dosen  atau tidak pernah menjabat, anda tidak perlu bingung. Anda dapat menjelaskan peranan anda dalam upaya perubahan dan penerapan perubahan itu. Misalnya, dalam rapat di unit kerja anda, anda menyarankan upaya peningkatan mutu manajemen. Anda menjelaskan mengapa itu perlu diubah. Setelah itu anda menjelaskan apakah institusi mendukung. Dukungan itu dapat berupa diterimanya dan/atau diterapkannya saran anda. Setelah itu, anda dapat menjelaskan apa peran anda ketika  saran anda diterapkan oleh unit kerja anda. Anda mungkin jadi ketua, atau anggota aktif, ditugaskan membuat sesuatu atau yang lainnya. Ada baiknya anda menjelaskan secara ringkas dan jelas apakah upaya perubahan itu dapat berjalan dengan baik dan menyebabkan mutu manajemen lebih baik atau tidak, apa hambatan dan bagaimana hambatan itu diatasi. Jika penjelasan bisa dibarengi dengan data kuantitatif akan lebih baik lagi. Mungkin anda dapat memecah penjelasan anda menjadi tiga alinea, yaitu satu saran perubahan, satu implementasinya, dan satu alinea dukungan institusi.

Perubahan pengelolaan dinilai mengecewakan (1) jika tidak melakukan perubahan apapun dalam pengelolaan institusi/unit, sekalipun menjalankan tugas rutinnya dengan baik. Dinlai membanggakan (5) jika membuat strategi manajemen/pengelolaan institusi yang baru dan membanggakan bagi dosen tersebut. Implementasi kebijakan dinilai sia-sia (1) jika pernah melakukan beberapa perubahan tetapi tidak diimplementasikan atau tidak menghasilkan perubahan. Dinilai bermanfaat (5) jika membuat beberapa strategi manajemen/pengelolaan institusi yang baru dan bermanfaat bagi kemajuan institusi/unit tersebut. Dukungan institusi dinilai 1 jika ditolak, yaitu pernah melakukan beberapa perubahan tetapi tidak   mendapat dukungan institusi. Dinilai 5 jika diterima, yaitu melakukan berbagai strategi manajemen/pengelolaan institusi yang baru dan dapat diterima oleh institusi, serta bermanfaat bagi kemajuan institusi.

d) Peningkatan kualitas kegiatan  mahasiswa

Disini anda diminta menjelaskan tentang perubahan pengelolaan, implementasi kebijakan dan dukungan institusi. Bagi anda yang sedang atau pernah menjabat barangkali tidak menjadi masalah. Anda tinggal menjelaskan perubahan yang anda lakukan, alasan mengapa perubahan itu dilakukan, bagaimana penerapannya. Anda dapat menjelaskan hasil dan dampak dari perubahan yang anda lakukan. Anda kemudian dap[at menjelaskan dukungan institusi yang dapat berupa dukungan administrasi, fasilitas, moral dan lainnya. Akan tetapi bagi dosen yang tidak pernah menjabat tentu lebih sulit untuk menjelaskan peranan mereka dalam peningkatan kualitas kegiatan mahasiswa. Biasanya, yang dimaksud dengan kegiatan mahasiswa adalah kegiatan ekstrakurikuler. Bagi anda yang pernah terlibat dalam kegiatan mahasiswa ini seperti sebagai pembina, sebagai instruktur atau peran lainnya, anda tentunya melihat adanya beberapa kekurangan. Disini anda dapat menjelaskan apa upaya anda. Misalnya anda memberi saran upaya perbaikan pengelolaan kepada yang berwenang (bidang kemahasiswaan), atau anda karena terlibat langsung anda dapat melakukan perubahan-perubahan. Jelaskan bagaimana dukungan institusi. Dukungan dapat berupa diterimanyasaran anda, atau sekaligus menunjuk anda untuk menindaklanjuti, administrasi, fasilitas,  atau apresiasi dan sebagaimana. Jika saran itu diterapkan, anda jelaskan peran anda, hambatan dan solusi, hasil dan dampak dari upaya perubahan pengelolaan. Bagi anda yang terlibat dalam kegiatan mahasiswa di tingkat bawah (misal sebagai anggota, atau inisiatif anda sendiri) maka anda dapat menjelaskan dalam hal apa anda terlibat dalam kegiatan-kegiatan mahasiswa. Jika memungkinkan uraikan dengan bukti-bukti berupa fakta, data atau informasi.

Peningkatan kualitas kegiatan mahasiswa terdiri dari tiga hal, yaitu perubahan kegiatan, implementasi kebijakan dan dukungan institusi. Perubahan dinilai mengecewakan (1) jika tidak melakukan perubahan apapun dalam kegiatan mahasiswa sekalipun menjalankan tugas rutinnya dengan baik. Dinilai membanggakan (5) jika membuat strategi kegiatan kemahasiswaan yang baru dan membanggakan bagi dosen tersebut. Implementasi kebijakan dinilai sia-sia (1) jika pernah melakukan beberapa perubahan tetapi tidak diimplementasikan. Dinilai bermanfaat (5) jika membuat beberapa strategi kegiatan kemahasiswaan yang baru dan bermanfaat. Dukungan institusi ditolak (1), jika melakukan berbagai  strategi kegiatan kemahasiswaan namun tidak dapat diterima. Dinilai diterima (5) jika melakukan berbagai strategi kegiatn kemahasiswaan yang baru dan dapat diterima dan bermanfaat.

e) Peningkatan pengabdian kepada masyarakat

Ada tiga hal yang akan dinilai pada sub bagian ini, yaitu usaha perubahan,  implementasi perubahan serta dukungan masyarakat. Disini anda diminta menjelaskan upaya-upaya keterlibatan anda dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan bagimana implementasinya. Disini anda diminta memberikan contoh keterlibatan anda. Usaha perubahan dinilai pasif (1) jika tidak pernah mencoba melakukan perubahan untuk peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat luas. Dinilai aktif (5) jika secara aktif melakukan berbagai perubahan/upaya/strategi baru untuk peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat luas. Implementasi perubahan dinilai sia-sia (1) jika pernah melakukan beberapa perubahan tetapi tidak diimplementasikan atau tidak menghasilkan perubahan. Dinilai bermanfaat (5) jika beberapa upaya/strategi yang  baru dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat. Dukungan masyarakat ditolak (1) jika melakukan beberapa perubahan namun tidak memperoleh sambutan dari masyarakat luas. Diterima (5) jika melakukan beberapa perubahan/upaya/strategi baru untuk peningkatan kualitas pengabdian kepada masyarakat dan memperoleh dukungan dari masyarakat luas.

Usaha perubahan dapat anda tunjukkan dengan kegiatan-kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang anda lakukan. Sebab, biasanya pengabdian kepada masyarakat yang bisa berupa penyuluhan, desa binaan dll. semuanya berupaya melakukan perubahan di masyarakat luas. Anda dapat mengacu kepada jenis-jenis pengabdian yang tercantum dalam penilaian angka kredit dosen.  Upaya perubahan yang anda lakukan itu kemudian anda tindaklanjuti berupa tindakan langsung, bisa berupa demplot atau yang lainnya. Untuk menilai bermanfat atau tidak kegiatan yang anda lakukan anda dapat melakukan evaluasi terhadap kegiatan anda. Dukungan masyarakat dapat dilihat dari dicoba atau dipraktekkannya strategi perubahan yang anda sarankan oleh masyarakat luas. Jika memungkinkan anda uraikan hasil (output) dan dampak (outcome) dari akibat dipraktekkannya strategi anda. Mungkin jarang dukungan masyarakat yang berupa praktek langsung oleh masyarakat, anda dapat pula mendeskripsikan dukungan masyarkat berupa ucapan lisan atau tertulis dari sasaran tentang ingin mempraktekkan hal tersebut tetapi ada kendala-kendala yang harus diatasi. Misalnya kendala modal, pemasaran dll. Jika kendala itu dapat diatasi sudah pasti masyarakat akan menggunakan strategi itu.

About these ads

Actions

Information

One response

6 12 2010
Karyl Walther

This site seems to get a large ammount of visitors. How do you get traffic to it? It offers a nice individual spin on things. I guess having something useful or substantial to say is the most important factor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: