Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertambahan Berat Badan pada Unggas

29 06 2008

Oleh: Urip Santoso

 

            Pada dasarnya ada tiga hal utama yang harus diperhatikan dalam pemeliharaan ternak agar diperoleh berat badan yang diharapkan, yaitu faktor genetik, faktor lingkungan dan manajemen. Berikut rinciannya.

 

1. Spesies

            Unggas mempunyai beberapa spesies seperti puyuh, angsa, itik, ayam, entog, dan jenis unggas lainnya. Masing-masing mempunyai ukuran berat badan yang berbeda. Perbedaan berat badan ini disebabkan oleh faktor genetik. Ketika unggas telah mencapai berat badan yang maksimal maka ia tidak akan dapat meningkat lagi. Puyuh tidak mungkin dapat sebesar ayam bukan? Ayam tidak mungkin mencapai berat burung onta bukan? Meskipun anda memberi makan sebebas-bebasnya. Mereka tidak mungkin makan melebihi kapasitas tampung saluran pencernaan. Ukuran berat yang berbeda untuk masing-masing spesies ini berakibat lanjut kepada pertambahan berat badan yang dapat mereka capai dalam waktu tertentu.

 

2. Strain

            Strain juga berpengaruh kepada berat badan ayam broiler. Anda pasti tahu misalnya pada ayam broiler terdapat beberapa strain yang telah dihasilkan oleh  para breeder. Berat Arbor Acress berbeda dengan Ross I dan berbeda pula dengan Hubbard. Demikian pula pada ayam petelur terdapat perbedaan berat badan pada strain yang berbeda. Perbedaan ini juga diakibatkan oleh faktor genetik.

 

3. Tipe produksi

            Berat badan juga dipengaruhi oleh tipe produksi. Tipe pedaging lebih berat daripada tipe petelur. Ini wajar karena ayam broiler dipacu untuk menghasilkan daging sehingga pertumbuhannya dipacu cepat. Berbeda dengan ayam petelur yang diharapkan menghasilkan telur. Justru berat badan yang lebih berat akan mengganggu produksi telur.

 

4. Jenis kelamin

            Meskipun pada saat menetas berat jantan dan betina tidak berbeda secara statistik, namun pada hari-hari berikutnya unggas jantan akan mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan yang betina.

 

5. Suhu lingkungan

            Suhu yang tinggi akan menyebabkan unggas stress sehingga menyebabkan pertumbuhannya pun relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan ayam yang dipelihara pada suhu yang sejuk. Ayam broiler akan tumbuh lebih berat jika mereka dipelihara di daerah pegunungan jika dibandingkan dengan jika mereka dipelihara di daerah pesisir.

 

6. Musim

            Musim juga mempengaruhi berat badan pada unggas. Contoh, ayam broiler yang dipelihara pada musim gugur akan mempunyai berat yang lebih tinggi jika dibandingkan pada broiler yang dipelihara pada musim panas. Demikian pula, di daerah tropis terdapat perbedaan berat ayam broiler yang dipelihara pada musim kemarau dan penghijan.

 

7. Mutu dan jumlah pakan

            Mutu dan jumlah pakan yang diberikan juga akan berpengaruh terhadap berat badan unggas. Contoh, broiler yang diberi pakan berprotein tinggi (sampai tingkat tertentu) akan mempunyai berat badan yang lebih tinggi. Singkatnya, broiler yang diberi pakan lebih bermutu akan mempunyai berat badan yang lebih tinggi.

 

8. Manajemen pemeliharaan

            Manajemen pemeliharaan juga sangat berpengaruh terhadap berat badan unggas. Oleh sebab itu, seorang peternak harus menguasai sistem pemeliharaan unggas dari sistem perkandangan sampai sistem pencatatannya. Manajemen yang buruk akan menyebabkan berat badan merosot.

 

9. Bentuk pakan

            Bentuk pakan pelet akan lebih efisien dalam menghasilkan berat badan jika dibadingkan dengan pakan dalam bentuk tepung. Pakan bentuk tepung akan banyak yang terbuang sebagai debu.

 

10. Sistem pemberian pakan

            Sistem pemberian pakan juga akan mempengaruhi berat badan unggas. Sistem pemberian pakan terbatas pada level dan durasi yang tepat di awal pertumbuhan akan menghasilkan berat badan ayam broiler pada umur 56 hari yang lebih berat jika dibandingkan dengan ayam broiler yang diberi pakan bebas. Pemberian free choice feeding juga akan memberikan berat yang berbeda jika dibandingkan dengan ayam yang diberi pakan tunggal. Pada unggas, ada perilaku yang disebut nutritional wisdom. Ayam akan berhenti makan dan akan memilih pakan sesuai dengan kebutuhan. Mungkin, hal ini masih bisa diperdebatkan.

 

11. Bangsa

       Bangsa juga berpengaruh terhadap berat dan pertambahan berat badan.

12. Ukuran tubuh

       Ukuran tubuh yang berbeda akan mempunyai pertambahan berat badan yang berbeda. Ukuran  tubuh yang lebih besar cenderung mempunyai pertambahan berat badan yang lebih tinggi.

13. Berat awal

       Berat awal yang berbeda, akan menghasilkan pertambahan berat badan yang berbeda pula. Ada kecenderungan bahwa berat awal yang berbeda akan mempunyai pertambahan berat badan yang berbeda pula.

Masih banyak faktor lain yang berpengaruh kepada berat dan pertambahan berat badan pada unggas. Siapa yang akan menambahkan? Beri masukan!

About these ads

Actions

Information

33 responses

5 07 2008
Kanda_FKHIPB

Kecepatan pertumbuhan sangat dipengaruhi oleh mutu makanan, suhu lingkungan, sistem perkandangan, dan pengendalian penyakit (Wiradisastra 1986).

Klo boleh tau, semua itu referensi dari mana Pa?
trima kasih

5 07 2008
uripsantoso

apa yang saya tulis sebagian besar merupakan hasil-hasil penelitian saya, dan sebagian kecil dari literatur. Sebenarnya banyak faktor lingkungan yang berperan, apa yang saya tulis hanya sebagian yang merupakan hasil penelitian saya. Apa yang saya tulis ini berlaku ketika ternak dalam keadaan sehat. Jumlah pakan yang dikonsumsi juga berpengaruh terhadap PBB. Jumlah pakan yang dikonsumsi bergantung pada kapasitas saluran pencernaan. Saya berterima kasih diingatkan bahwa sistem perkandangan dan pengendalian penyakit juga berperan dalam meningkatkan berat badan. Kedua hal ini masuk dalam kategori manajemen pemeliharaan dalam tulisan saya. Masih banyak faktor lain yang juga berperan. Lain kali Insya Allah akan saya tulis lebih dalam lagi. Demikianlah, semoga bermanfaat.

21 08 2008
DONY

semoga semakin banyak karya anda

21 08 2008
uripsantoso

Terima kasih, saya akan mencoba terus berkarya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para pembaca blog ini. Thanks

12 09 2008
yulia

sy menambahkan, sistem brooding menentukan keberhasilan pemeliharaan broiler, dalam hal ini mampu mencapai pertambahan berat dalam tempo cepat karena sistem brooding ini yg membentuk “mesin” nya broiler.

13 09 2008
uripsantoso

Terima kasih atas masukannya.

29 11 2008
Raymond

Prof Urip Santoso Yth, sy mohon saran metode pemberian pakan broiler yg efektif mulai dari ayam 1 s/d 35 hari. Dan diantara daun katuk dan daun pepaya, tumbuhan yg lebih punya manfaat lebih. Terimakasih

29 11 2008
uripsantoso

Kalau menyusun ransum sendiri perlu diperhatikan kebutuhan gizi ayam dan mutu bahan baku yang digunakan. Tabel kebutuhan gizi dapat dibaca pada NRC 1994. Formula pakan memang perlu kajian dan pengalaman yang cukup. Jika anda memelihara broiler sampai 35 hari saya sarankan memberi pakan secara bebas.

5 02 2009
lila

trims ats infox
sya mau tanya,pertimbangan pa yg harus da saat sya hrus memilih bahan untuk pakan ayam broiler di setiap fasex,krn sya sdg mencoba membuat suatu penelitian ransum pakan unggas

trims…

5 02 2009
uripsantoso

Wah pertanyaan anda harus dijawab dalam sebuah artikel yang utuh. thanks.

8 03 2009
leeza

blog Anda benar2 banyak membantu, terimakasih

9 03 2009
uripsantoso

Terimakasih kembali. semoga bermanfaat bagi anda.

31 03 2009
ricko

maaf bos mau nanya harga,,anak itik umur 1 minggu,kira2 berapa ya,,,,,, trs klo mau jual anak itik 1 minggu kira2 susah ak,,,,,,,,,?

1 04 2009
uripsantoso

Wah harga itik itu bervariasi. Jadi harus survei dulu. Sebenarnya kini daging itik sudah mulai diminati. Tinggal kita cari pangsa pasarnya. thanks.

27 10 2009
rivalino

Ass, Mohon bantuan prof!

Saya masih bingung dalam pemberian pakan, terutama pada Minggu ke-1 (masa brooding). Karena saya tau dari tulisan prof. bahwa manajemen pakan yang baik diminggu awal akan sangat menentukan keberhasilan diminggu berikutnya. Pertanyaan saya adalah :
Berapa gram standar penambahan pakan perharinya pada masa broding, jika ditetapkan pada hari ke-1 13gr/ekor?

Makasih sebelumnya.

27 10 2009
uripsantoso

Sebenarnya dalam pemeliharaan ayam broiler, broiler diberi pakan bebas. Pada minggu pertama yang penting anda perhatikan kebersihan kandang, air minum yang cukup, pakan yang cukup dan bergizi, luas kandang yang cukup leluasa sehingga pada saat yang bersamaan anak ayam dapat minum dan makan tanpa terganggu. Baca pula artikel saya di blog ini, yaitu: “Menciptakan ayam broiler yang seragam”. Tq.

6 11 2009
Kualitas Pellet Mempengaruhi Baiknya Pakan Untuk Pertambahan Berat Badan Unggas « JURNAL URIP SANTOSO

[…] Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pertambahan Berat Badan pada Unggas, Bentuk pakan pelet akan lebih efisien dalam menghasilkan berat badan jika dibadingkan dengan pakan dalam bentuk tepung. Pakan bentuk tepung akan banyak yang terbuang sebagai debu (urip santoso.2008). Salah satu faktor penting yang dapat mempengaruhi produksi unggas adalah pakan, pakan yang baik juga mempengaruhi kualitas dan pertumbuhan berat badan unggas. Pellet merupakan pakan yang sangat baik untuk pertambahan berat badan, walaupun kemungkinan-kemungkinan adanya ditemukan pakan- pakan yang lebih baik dari pada pellet yang harus melakukan penelitian-penelitian yang membutuhkan waktu yang lama dan sulit sebelumnya. […]

31 08 2010
ebornhia cipriana da silva araujo sarmento

faktor apa yang mempengaruhi produksi telur dan daging pada unggas di daerah tropis

31 08 2010
uripsantoso

Ada tiga faktor utama yang mempengaruhi produktivitas pada ungga yaitu bibit, pakan dan manajemen. tq.

6 12 2010
Virgen Gitzen

This domain appears to recieve a good ammount of visitors. How do you promote it? It offers a nice individual spin on things. I guess having something useful or substantial to talk about is the most important thing.

20 10 2011
azhar faisal

broiler’q umur 10hr bobot dah 410gr kira2 baik gak tuk pertumbuhan kedepan……sampai panen

21 10 2011
uripsantoso

Saya kira baik Azhar.

22 03 2012
24 07 2012
ayam broiler

sangat membantu peternak artikel artikelnnya, terima kasih

30 12 2012
hendi

salam pak..sekedar masukan.. bisakah bapak menulis artikel tata cara pembesaran broiler dari hari pertama sampai panen? dan apa saja yg harus dilakukan?..terima kasih sebelum dan sesudahnya..

30 12 2012
uripsantoso

OK. Nanti saya coba tulis. tks

31 01 2013
Riki ridwan

Ass… Sy mo ty bagaimana pegunaan pakan dlm hal ini Poer dr pbrik untk ayam boiler, ada yg lmbt dan ada yg kasar(bsr2), jk mengacu usia ayam, apakah memang hrs di pakai kedua jnis pakan tsbt?? Tq…

1 02 2013
uripsantoso

Keduanya harus dipakai. Yang lembut untuk ayam masih kecil, yang kasar untuk ayam yang sudah besar. Tks

10 10 2013
jamal

unt menecan FCR lebih kecil apa yg harus dilakukan oleh peternak

31 03 2014
Idin

Mf pak saya mau tnya, klo aym beraknya pur lg itu knpa yah dan cra mngatasinya gmana pak
trima ksih

1 04 2014
14 05 2014
hasrul

mas..ada jurnal tentang faktor yang mempengaruhi sifat kuantitatif pada pada sapi..karna judul penelitian saya tentang perbandingan sifat kuantitatif 2 jenis sapi yang berbeda….

14 05 2014
uripsantoso

Saya tidak punya. Coba telusur pustaka melalui internet dg menggunakan kata2 kunci. Tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: