APLIKASI TEKNOLOGI PEMBATASAN PAKAN PADA INDUSTRI BROILER

3 05 2008

Prof. Urip Santoso
(Dimuat pada Poultry Indonesia Mei 1999 hal. 32-34)
Dewasa ini industri broiler dituntut untuk menghasilkan daging rendah lemak, karena lemak mempunyai pengaruh negative terhadap kesehatan konsumen. Disamping itu, karkas yang dihasilkan broiler saat ini juga mempunyai kandungan lemak yang berlebihan di daerah perut dan visera yang harus dipisahkan dari karkas, serta mempunyai nilai jual yang sangat rendah jika dibandingkan dengan karkas.
Hasil estimasi menunjukkan bahwa pabrik yang memroses 50.000 ekor broiler per hari akan menghasilkan lemak rata-rata 6.250, yang mengakibatkan perusahaan tersebut kehilangan 812.500 dolar per tahun. Jika diasumsikan kadar lemak (yang tampak) pada broiler sekarang ini yang kira-kira 3,5% dapat diturunkan menjadi 1% saja, akan menaikkan keuntungan sebesar 177 juta dolar per tahun.
Selain itu, saat ini industri broiler menghadapi problema yang sangat mendesak, yaitu rendahnya efisiensi produktivitas. Faktor utama yang menyebabkan rendahnya efisiensi adalah mahalnya harga pakan. Hal ini dikarenakan biaya pakan pada industri broiler menempati 60-70% dari total biaya produksi. Oleh karena itu, diperlukan suatu cara yang aplikatif untuk mengatasi kedua permasalahan tersebut di atas.
Salah satu cara termudah dan termurah adalah menggunakan teknologi pembatasan pakan di awal pertumbuhan. Beberapa peneliti telah melakukan percobaan tentang pembatasan pakan pada ayam broiler untuk memperbaiki performans, baik efisiensinya dan komposisi kimia karkasnya.

Pengaruh pembatasan pakan pada broiler
Pada dasarnya pembatasan pakan merupakan program untuk memberikan pakan pada ternak sesuai dengan kebutuhan hidup pokoknya pada umur dan periode tertentu. Program ini didasarkan kepada asumsi bahwa pemberian pakan secara terus menerus (ad libitum) merupakan kondisi buatan, sedangkan pembatasan pakan pada ayam broiler adalah upaya mengembalikan ternak pada kondisi alami.
Banyak penelitian tentang pembatasan pakan pada broiler telah dilakukan. Kebanyakan penelitian tersebut menunjukkan hasil peningkatan efisiensi pakan dan penurunan kandungan lemak tubuh dengan berat badan normal. Ayam broiler jantan atau betina yang dibatasi pakannya menunjukkan efisiensi pakan yang lebih baik, serta akumulasi lemak yang rendah dengan berat badan yang normal atau bahkan lebih tinggi. Peneliti lain juga melaporkan ayam broiler yang dibatasi pakannya menunjukkan efisiensi pakan yang lebih baik dan terjadi penurunan kandungan lemak tubuh. Peneliti ini membatasi pakan broiler dengan cara berselang-seling sehari selama enam hari berturut-turut, mencapai berat badan akhir yang sama pada umur 42 hari jika dibandingkan dengan ayam broiler yang diberi pakan bebas.
Keuntungan lain yang dapat diperoleh dari program pembatasan pakan adalah dapat mengurangi angka kematian, kelainan kaki dan penyakit metabolic seperti ascite, sudden death syndrome, stress panas atau bahkan meningkatkan daya kekebalan tubuh terhadap penyakit. Program pembatasan pakan juga menaikkan kandungan mineral tubuh serta menurunkan trigliserida dan kolesterol darah dan kadar lemak dalam tubuh dan daging.
Melihat beberapa keuntungan yang dapat diperoleh melalui teknologi pembatasan pakan, maka aplikasi di lapangan sangat penting untuk segera diperkenalkan kepada masyarakat peternak di Indonesia.

Faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembatasan pakan
Keberhasilan ayam broiler yang dibatasi pakannya untuk mencapai berat akhir yang normal serta diperoleh efisiensi pakan yang tinggi dan kandungan lemak yang rendah, sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor.
1. berat pembatasan pakan. Semakin berat pembatasan akan semakin berat pula tingkat laju pertumbuhan cepat selama pemberian pakan bebas kembali. Namun pada tingkat pembatasan pakan yang sangat berat, akan menimbulkan penurunan berat badan walaupun efisiensi dan kadar lemaknya rendah.
2. Lamanya pembatasan pakan. Secara umum semakin lama pembatasan pakan yang dilakukan, broiler akan lebih sulit menutupi kehilangan berat badan selama periode pembatasan pakan. Untuk mencapai hasil yang baik, pembatasan pakan pada ayam broiler jantan lebih lebih dari tujuh hari, dan untuk broiler betina tidak lebih dari lima hari.
3. Waktu pembatasan pakan. Pada periode akhir (5-8 minggu), ayam broiler yang mendapat perlakuan pembatasan pakan ternyata tidak memberikan respon yang baik untuk terjadinya hasil yang baik, karena kesempatan broiler untuk mendapatkan laju yang cepat menjadi sangat berkurang. Akibatnya, walaupun efisiensi pakan lebih baik dan kadar lemaknya rendah, berat badannya tidak mencapai ukuran normal. Oleh akrena itu, disarankan untuk membatasi broiler di awal pertumbuhannya, yaitu umur tiga sampai dengan sebelas hari untuk ayam broiler jantan, dan tidak lebih dari umur lima hari untuk ayam broiler betina.
4. Lamanya waktu selama periode refeeding (pemberian pakan bebas setelah pembatasan. Program pembatasan pakan mempunyai pengaruh terhadap penundaan umur fisiologis ternak. Dimana ayam broiler akan mempertahankan semaksimal mungkin pertumbuhannya pada umur yang sesuai. Oleh sebab itu, ketika broiler diberi pakan bebas setelah periode pembatasan, mereka akan menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat dari normal untuk mengejar ketinggalanya selama pembatasan pakan. Oleh sebab itu, untuk mencapai berat badan yang normal serta efisiensi pakan yang tinggi maka waktu refeeding harus mencukupi.
5. Konsumsi pakan selama refeeding. Untuk mendapatkan hasil yang baik, maka pada saat periode refeeding, ayam broiler harus mendapat kesempatan makan yang lebih banyak untuk mengejar ketinggalan pertumbuhan. Selama periode ini penggunaan pakan oleh broiler lebih efisien, sehingga efisiensi pakan kumulatif menjadi lebih baik. Selama periode awal refeeding pertumbuhan lemak naik drastis, namun satu minggu kemudian turun drastis sehingga akumulasi lemaknya pada usia pasar menjadi lebih
6. Jenis kelamin broiler. Perbedaan jenis kelamin broiler akan memberikan respon yang berbeda terhadap pembatasan pakan. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari laju pertumbuhan dan kandungan lemak tubuhnya. Ayam jantan mempunyai respon yang lebih baik daripada broiler betina. Hasil penelitian Santoso menunjukkan bahwa ayam broiler betina merespon lebih baik dalam penurunan berat lemak, sedangkan broiler jantan merespon lebih baik pada efisiensi pakan
dan pencapaian berat normal.

Aplikasi di tingkat peternak.
Biaya dapat mencapai sekitar 60-70% dari total biaya produksi dalam usaha peternakan ayam broiler Oleh karena itu dalam melakukan program pembatasan pakan perlu diperhatikan persyaratan yang dapat menunjang peningkatan efisiensi usahanya. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya adalah kepraktisan ( kemudahan untuk dilakukan ), dan tidak atau sedikit menambah biaya.
Pembatasan pakan secara kuantitatif akan lebih efektif, karena metode ini selain dapat memberikan hasil yang sama terhadap berat badan akhir dan mengurangi lemak tubuh juga mudah untuk dilakukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk ayam broiler yang dipanen pada umur 42 hari, maka pembatasan pakannya dimulai pada umur 7 hari selama tiga hari pada tingkat pembatasan 25%. Artinya, jika menggunakan pembatasan harian maka setiap hari tingkat 25%. Artinya, jika menggunakan pembatasan harian maka setiap hari ayam diberi pembatasan 75% dari biasanya. Cara ini tentunya memerlukan data konsumsi harian. Namun mengingat catatan harian biasanya peternak tidak punya dan cara ini lebih repot, maka cara lainnya adalah dengan ’diet dilution’, yaitu dengan mencampur pakan jadi dengan sekam dengan perbandingan 75% pakan jadi dan 25% sekam. Cara yang paling mudah adalah dengan memuasakan ayam broiler selama 6 jam setiap hari selama tiga hari. Hasil percobaan ditingkat peternak dengan menggunakan program puasa selama enam jam selama tiga hari dimulai pada umur 8 hari (skala usaha 1100 ekor) ternyata memberikan hasil yang memuaskan, yaitu meningkatkan efisiensi pakan, menurunnya angka kematian, sehingag tingkat keuntungannya meningkat pula.
Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa untuk ayam broiler dipanen pada umur 56 hari, maka broiler dapat dibatasi sampai 75% selama 6 hari. Artinya, jika menggunakan pembatasan harian maka setiap hari ayam diberi 25% dari biasanya. Cara ini tentunya memerlukan data konsumsi harian. Namun mengingat catatan harian biasanya peternak tidak punya dan juga cara ini lebih repot, maka cara lainnya adalah dengan ”diet dilution”, yaitu dengan mencampur pakan jadi dengan sekam dengan perbandingan 25% pakan jadi dan 75% sekam. Cara yang paling mudah adalah dengan memuasakan ayam broiler selama 18 jam setiap hari selama 6 hari.

About these ads

Actions

Information

170 responses

28 05 2008
perdi.girsang@yahoo.co.id

Bagaimana kita mengatasi supay a konsumsi pakan menurun dan bobot badat badan naik?

28 05 2008
uripsantoso

Salah satu caranya adalah dg program pembatasan pakan. Ada beberapa tumbuhan obat seperti daun katuk dapat digunakan untuk menurunkan konsumsi dan meningkatkan berat dan efisiensi penggunaan pakan. Tapi dalam industri broiler yang penting adalah meningkatkan efisiensi penggunaan pakan dan meningkatkan berat badan, sehingga tingkat keuntungan akan meningkat pula. Agar efisien, kita perlu memperhatikan pula pengelolaan pemberian pakan. Pengelolaan pemberian pakan yang baik akan menurunkan persentase pakan yang terbuang. Dan masih banyak lagi.
Thank a lot. Urip Santoso

18 09 2008
anton

bagaimana kalo cara efisiensi pakan dengan cara menggantung tempat pakan pada siang hari? saya rasa bisa jg…

18 09 2008
uripsantoso

Pada dasarnya apa yang anda sarankan merupakan salah satu teknik pembatasan pakan. Cara ini perlu diteliti terlebih dulu efektivitasnya, misalnya tingkat pembatasan, jenis pembatasan dll. Perlu anda ketahui bahwa di siang hari kondisi ayam dalam kondisi terkena stress. Jadi metode yang anda sampaikan perlu diperhitungkan dengan sebaik-baiknya. Thanks

19 09 2008
anton

tapi alhamdulillah pak, selama saya beternak dlm kurun waktu 6thn berjalan sampai hari ini saya melakukan metode menggantung pakan pada siang hari sangat efektif untuk menekan tingkat fcr ternak saya. hasil rata-rata yang saya peroleh tiap panen selalu mencapai deff. fcr -0.200 s/d 0.250ke atas.

23 02 2013
mascuksusilo

Mas anton boleh tau emailnya gak? Biar bs sharing
Email saya mascuksusilo@yahoo.co.id

19 09 2008
anton

Cara penggantungan pakan yang saya lakukan sampai saat ini pada pukul 11.30 s/d 15.00 wib. Pemuasaan pakan yang saya lakukan pada saat umur ayam 21 hari s/d panen… Suhu rata-rata kandang pada siang hari mencapai 32 drjt cellcius, sehingga metode ini saya gunakan.
Pada malam hari pemberian pakan hrs addlibitum hingga sampai menjelang pagi hari.
Terima kasih, mohon saran apabila ada masukan dari pembaca yang lain.

20 09 2008
uripsantoso

Terima kasih atas infonya. Ini merupakan info yang sangat baik bagi saya. Pengalaman Bapak akan saya coba teliti. Metode Bapak namanya meal feeding, cuma caranya sedikit berbeda dengan bentuk meal feeding yang biasa digunakan dalam dunia peternakan. Saya pernah meneliti meal feeding untuk meningkatkan efisiensi pakan tanpa menurunkan berat badan saat panen dan menurunkan penimbunan lemak. Meal feeding saya terapkan di awal pertumbuhan.

20 09 2008
Anton

Terima kasih pak…
Semoga penelitian bpk dpt bermanfaat bagi pembaca dan mendpt respon positif dr peternak ataupun plasma bagi industri peternakan kita. Maju terus pak, bangkitkan peternakan kita.

12 08 2011
ifien

ad g y efisiensi pakan dngan bahan baku tradisional?

20 09 2008
uripsantoso

Semoga. Thanks.

14 11 2008
toni

kalo untuk daerah dingin penggantungan tempat pakan bisa berpengaruh ke perumbuhan ga pak?

14 11 2008
uripsantoso

Ya berpengaruh, sebab penggantunggan tempat pakan sampai tidak dapat dijangkau oleh ayam itu berarti berpuasa. Penggantungan tempat pakan sebatas leher ayam sehingga ayam dapat menjangkau pakan dg mudah itu sangat dianjurkan. Ini akan membuat pakan relatif lebih terhindar dari pencemaran terutama kotoran dan litter. Pakan yang tak tercemar akan meningkatkan pertumbuhan.

2 01 2009
toni

teknik pemberian pakan dengan pola 30% pada siang hari, 70% pada sore sampai pagi bisa membantu perbaikan pertumbuhan pada ayam.

3 01 2009
uripsantoso

Terima kasih atas infonya.

2 06 2009
sigit

bagaimana cara yg baek n waktu yg tepat untuk memuasakan ayam broiler ataupun ayam pejantan

2 06 2009
uripsantoso

Kalo memuasakan ayam broiler seperti yang saya tulis. Kalo untuk ayam pejantan perlu diuraikan dalam satu artikel tersendiri. Soalnya beda lagi metodenya.

3 06 2009
Pramono

Bisakah pembatasan pakan ayam potong dgn cara mulai menyalakan lampu pada jam 23.00?

3 06 2009
uripsantoso

banyak cara pembatasan pakan, antara lain dengan pembatasan cahaya. Anda dapat membatasi cahaya selama beberapa jam. Pada saat itu aktivitas ayam makan menjadi menurun. Dengan sendirinya pakannya terbatasi.

4 06 2009
Pramono

Pembatasan cahaya selain puasa makan ayam juga puasa minum. Apa pengaruhnya terhadap ayam.

6 06 2009
uripsantoso

jelas ada pengaruhnya, misalnya ayam dapat mengalami dehidratasi yang dapat berakibat pada turunnya penampilan ayam. Oleh sebab itu pembatasan cahaya hanya dapat dilakukan dalam waktu yang terbatas. Saya kira untuk di Indonesia pembatasan cahaya di malam hari dapat dilakukan, sebab pada malam hari aktivitas ayam berkurang.

9 06 2009
Rega

Saya setuju dengan pendapat pak Anton dengan pemuasaan pakan pada umur 21 hingga menjelang panen pada siang hari, saya ingin menanyakan kepada Prof Urip tentang jadwal pemberian pakan yang efisien diumur 21 hingga panen.Saya peternak baru dan biasa panen ayam umur 33 hari, tetapi deff fcr nya rata-rata hanya -0,090. jam berapa saja kah pemberian pakan dalam sehari yang harus saya lakukan agar sistem pemuasaan berjalan dan efisiensi pakan pun terpenuhi. Mohon bimbingan dan Terima kasih

9 06 2009
uripsantoso

Kalau yang saya lakukan adalah membatasi pakan pada umur 7-10 hari sebanyak 75% dari pakan yang biasa dikonsumsi. Cara ini adalah untuk mendapatkan broiler rendah lemak dan lebih efisien tanpa menurunkan berat badan. Cara ini sangat tepat untuk umur potong 42 hari. Cara lain adalah memuasakan selama 2 jam dari jam 08.00-10.00 pada umur yang sama. Jika anda memuasakan pada umur 21 hari, maka akan terjadi penurunan berat badan meskipun akan lebih efisien. Untuk umur potong kurang dari 42 hari, memang saya juga sudah penelitian. Caranya ayam dibatasi pakannya seperti di atas kemudian setelah itu diberi pakan berprotein tinggi. Cara ini meskipun hasilnya baik, tapi mungkin perlu dipikirkan dari sisi ekonomi karena pakan berprotein tinggi adalah mahal.

25 02 2011
ade

pak… untuk tingkat protein yang tinggi disini, berapa persen protein yang dibutuh kan?? pada pakan komersial tingkat protein nya 21-23%.

25 02 2011
uripsantoso

Protein tinggi 25-30%. Hal ini dilakukan untuk tujuan tertentu misalnya untuk menurunkan lemak. Tapi selama konsumen belum memperhatikan daging yang rendah lemak sehingga harga pasarnya sama, maka pemberian protein tinggi tidak menguntungkan karena protein itu mahal.

17 09 2009
yulia

pak urip…..pada artikel ditulis bahwa pembatasan pakan dilakukan di umur awal broiler, jantan pada umur 7 hr dan betina umur 5 hr. Mohon penjelasannya kenapa demikian krn pada umur2 tersebut nutrisi pakan sangat dibutuhkan utk hiperplasia, bahkan ada asumsi sedapat mungkin di satu minggu pertama in take pakannya maksimal 150-175 gram /ek.
Atas perhatiannya, terimakasih

24 09 2009
uripsantoso

pembatasan pakan dapat dimulai ketika semua organ dalam telah berkembang optimal/ Nah, pada umur ini broiler siap dibatasi pakannya untuk merangsang hiperfagia dan compenatory growth setelah ayam bebas makan. Perlu penjelasan yang panjang tentang hal ini. tq.

27 09 2009
yulia

boleh pak ttg penjelasan/ulasan lebih lanjutnya mengenai hiperfagia dan compensatory growth. tks atas informasinya prof.

28 09 2009
uripsantoso

Hiperfagia adalah kondisi dimana ayam atau ternak makan lebih banyak dari yang normal. Kejadian ini terjadi ketika ayam atau ternak yang dipuasakan atau dibatasi pakannya diberi pakan bebas kembali (tidak puasa). Compensatory growth adalah kondisi pertumbuhan yang cepat melebihi yang normal. Ini terjadi pada ayam yang diberi pakan bebas (ad libitum) setelah mereka dibatasi pakannya atau dipuasakan. Dua hal inilah yang dapat menjelaskan mengapa ayam mampu mencapai berat normal atau bahkan lebih pada umur potong. Keuntungan pembatasan pakan di awal pertumbuhan ini antara lain akan diperoleh karkas yang rendah lemak dengan efisiensi pakan yang lebih baik. thanks.

24 10 2009
rivalino

ayam pedaging pada minggu pertama standar pakannya 17 gram perekor. Apakah setiap hari (dari hari ke-1 s.d hari ke-7) pakan diberikan sama yaitu 17 gram juga.

Menurut saya sih semakin bertambah usia ayam, maka kebutuhan pakannya pun pasti akan meningkat.

Apakah yang dimaksud dengan pakan kumulatif?

24 10 2009
uripsantoso

Pembatasan pakan di awal pertumbuhan dari umur 7 hari selama 6 hari caranya adalah membatasi pakan dalam jumlah tertentu, misalnya 75% dari yang normal. Pakan kumulatif adalah jumlah pakan yang dikonsumsi oleh broiler selama periode pemeliharaan. tq.

27 10 2009
nanang

umur ayam saya sekarang 28 berat 1.2 kg dan pakan yang dihabiskan 7650 kg. apakah performa ayam saya bagus pak Urip ??

27 10 2009
uripsantoso

Berat 1,2 kg untuk umur ayam broiler 28 hari cukup bagus walau masih dapat ditingkatkan lagi. Pakan yang dihabiskan pada umur ini biasanya sekitar 1,5 kg (dihitung dari 1-28 hari) setiap ekornya. tq.

15 11 2009
rivalino

saya membaca banyak artikel tentang pemberian vitamin pada pemiliharaaan ayam pedaging. rata-rata setiap peternak memberikan vitamin hampir setiap hari sampai panen. vitamin yang diberikan pun bervariasi jenis dan fungsinya. Pertanyaan saya adalah :
1. Apakah vitamin harus diberikan setiap hari dan vitamin yang diberikan harus bervariasi?
2. Vitamin kan dibuat oleh proses kimiawi, apakah tidak menjadi bumerang buat ayam itu sendiri (over dosis vitamin)?
3. Menurut Prof. Urip, kapan sebaiknya vitamin diberikan? tiap hari atau pada hari-hari tertentu saja?
4. Adakah standar pemberian vitamin sampai ayam berusia 30 hari.

Trim’s prof. atas jawabannya.

16 11 2009
uripsantoso

Pemberian vitamin sesuai dengan kebutuhan ayam, misalnya menurut NRC (1994). Semua kebutuhan vitamin biasanya sudah masuk dalam formula pakan. Jika anda menggunakan pakan komersial, maka tidak perlu tambahan vitamin. Akan tetapi jika anda menyusun pakan sendiri perlu dihitung sehingga kebutuhannya terpenuhi. Anda bisa menggunakan top mix atau yang sejenis yang diberikan sekitar 0,5% dari total pakan yang disusun. Jika kebutuhan vitamin sudah terpenuhi dalam pakan maka tidak perlu tambahan vitamin. Khusus untuk vitamin C, ayam bisa membuatnya dalam tubuhnya sendiri sehingga tidak dibutuhkan. Kecuali dalam kondisi stress, ayam butuh vitamin C seperti habis dari perjalanan, stress panas atau dingin dll. Saya sudah mencoba mengganti top mix atau yang sejenis dengan ekstrak daun katuk. Hasilnya ekstrak dapat menggantikan top mix meski berat badannya sedikit lebih rendah. tq.

16 11 2009
rivalino

Maaf Prof mengganggu lagi! Saya pernah membaca tulisan tentang metode pencahayaan. Kalau ga salah prof. sendiri yang nulis (maaf kalau salah). Disitu dikatakan DOC umur 1 s.d 7 hari, memerlukan penerangan selama 23 jam. Jika saya ingin menerapkan program mati lampu, selama 1 jam pada saat usia DOC 3 s.d 7 hari. Apakah cara ini bisa dilakukan dan apakah ini termasuk efisiensi pakan?

18 11 2009
uripsantoso

rivalino, program pembatasan cahaya dapat dilakukan sepanjang umur broiler. Banyak macam kombinasi pembatasan cahaya. Idealnya, untuk pembatasan cahaya kandang dibuat kedap cahaya baik siang maupun malam. Baru diatur berapa jam cahaya dibatasi. Untuk kandang di Indonesia yang biasanya siang hari cahaya matahari masuk ke dalam kandang bukanlah kandang yang tepat untuk pembatasan cahaya. Barangkali pembatasan cahay untuk kandang seperti ini hanya di malam hari yang tidak diberi lampu. Wah untuk menjawab pertanyaan anda perlu satu artikel sendiri. tq

11 01 2010
ade hadeli

prof , bagaimana jika memusakan ayam dilakukan selama 12 jam setiap hari mulai pukul 18.00-06.00 WIB ( tanpa pencahayaan), pada umur ayam 21 hari
cara itu sudah saya lakukan dengan sampling 10 ekor ayam,
pada umur yang sama 28 hari, ternyata bobotnya tidak jauh beda dengan pemberian pakan addlibitum rata-rata 1,6 – 1,7 kg/ekor
mohon komentarnya,
terima kasih

11 01 2010
uripsantoso

Sampling 10 ekor belum cukup. Ada baiknya dicoba dengan jumlah yang lebih banyak. Untuk aplikasi, sebaiknya dicoba dengan 1000 ekor. Nah, sebelum sampai 1000 ekor, coba dilakukan dengan 200 ekor, lalu 500 ekor baru 1000. Jika hasilnya bagus, maka bisa dicoba diterapkan pada petenakan anda. tq.

12 01 2010
ade hadeli

terima kasih, prof
saranya akan saya coba

14 01 2010
uripsantoso

Kembali ade

15 01 2010
ade hadeli

Prof. didaerah saya cukup tersedia beras menir. Jika boleh berbendapat beras menir ini bisa dijadikan satu potensi untuk menekan biaya produksi, mengingat harga beras menir ini relative murah.
nah, yang mau saya tanyakan, apakah beras menir ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan oplosan pakan yang sudah jadi ( pakan hasil pabrikan)
kalau bisa, bagai mana cara mengatur perbandingannya
terima kasih

22 02 2010
ade hadeli

prof, bagaimana jika efisiensi dilakukan dengan cara mencampur pakan jadi dengan bahan pakan yang lain, seperti jagung giling atau menir,
mohon reperensi bahan pakan lain yang bisa meningkatkan efisiensi ..
trims

22 02 2010
uripsantoso

Boleh saja, asalkan dibatasi lamanya. jika tidak maka hal ini akan menurunkan berat badan. pembatasan pakan dengan cara dicampur biasanya dengan bahan yang tak bergizi, tapi boleh saja dengan jagung atau menir. tentu saja akan menambah biaya kan. tq

23 04 2010
rizki

antara pemberian pakan tiap 2 jam, 4 jam, 6 jam, dan 8 jam mana yang lebih efektif serta alasannya?

23 04 2010
uripsantoso

Pada umumnya pemberian pakan pada broiler diberikan ad libitum. Jika anda ingin membatasinya, maka Anda dapat memilih meal feeding. Caranya Anda memberi pakan hanya 2 jam setiap hari selama 6 hari. Meal feeding dimulai pada umur 7 hari. Setelah 6 hari, broiler diberi pakan bebas. tq.

13 07 2010
karwan cassidy

Maaf Prof..apkah bisa ikan rucah ygdi tepung di campurkan dengan pakan pabrik dan apakah hasilnya akan lebih baik,soalnya ikan rucah cukup murah cuma rp2000/kg dalam keadaan kering.dan bagaimana kalau campuranya pakai jagung.terimakasih

20 07 2010
uripsantoso

ikan rucah dapat mengganti tepung ikan dalam pakan. juga bisa dicampurkan dengan pakan pabrik jika memang ekonomis. Jangan lupa hitung gizinya agar sesuai dg kebutuhan ternak.

15 11 2010
muhsadli

prof…saya mengunakan vitamin neobro untuk meningkatkan bobot….tapi malah kematian nya malahan over…saya kasih umur 21 sampai panen…mohon penjelasan prof

18 11 2010
uripsantoso

Pada dasarnya jika Anda memberikan vitamin dalam dosis yang berlebihan bisa menyebabkan ternak Anda keracunan. Saya tidak tahu berapa Anda memberinya, dan saya juga belum tahu komposisi vitamin dari neobro. Sebenarnya, menyusun ransum ayam pemberian vitamin mixture tidak lebih dari 0,5%. tq.

6 12 2010
Jamey Jackowski

big daybook you chalk up

6 12 2010
muhsadli

pa prof,,,, mau nanya lagi nie,,, saya sekarang menggunakan jadwal pembatasan pakan pada umur 21hari….
yang saya mau tanyakan apakah ayam berpuasa dalam 8 jam atau lebih…. tidak berpengaruh pada kondisi ayam nya. apakah patal juga akibatnya… berapa lamakah maksimalnya ayam broiler bertahan laparnya. mohon penjelasan nya prof….

6 12 2010
muhsadli

pa prof,,,, mau nanya lagi nie,,, saya sekarang menggunakan jadwal pembatasan pakan pada umur 21hari….
yang saya mau tanyakan apakah ayam berpuasa dalam 8 jam atau lebih…. tidak berpengaruh pada kondisi ayam nya. apakah patal juga akibatnya… berapa lamakah maksimalnya ayam broiler bertahan laparnya. mohon penjelasan nya prof

7 12 2010
uripsantoso dan 2 jam

Sejauh pengetahuan saya, ayam broiler dipuasakan mulai umur 7-13 hari. Setelah itu diberi pakan bebas. Jika anda memuasakan mulai umur 21 hari tidak akan memperoleh keuntungan malah rugi. Puasa selama 6 hari dari umur 7-13 hari bisa dilakukan dengan 2 jam puasa di pagi hari dan 2 jam di sore hari. Ini yang menghasilkan berat badan terbaik. tq.

15 12 2010
antismagliature

continuate cosi….siete forti…….

23 02 2013
mascuksusilo

Menarik sekali penelitian pak urip.
tapi untuk hal itu apakah cocok untuk panen 33 ya pak. Setahu saya, ayam umur 2 minggu kebutuhan nutrisi harus terpenuhi, tapi pak urip mala dibatasi bahkn sampai 75persen. Dan saya beberapa kali dlm pemeliharaan klo 2 minngu pertama pakanya dibwh standar rugi terus. Gmna pak penjelasanya

23 02 2013
uripsantoso

Pada umumnya pembatasan pakan hanya bisa diterapkan pada umur 42 dan 56 hari, padahal saat ini umur panen paling lama 35 hari. Saya sudah meneliti model pembatasan pakan untuk umur 28 hari tapi ini harus dikaji lagi agar bisa diaplikasikan. Kalau untuk umur 28 saja bisa maka umur 35 hari juga bisa.Yang saya uraikan dalam tulisan di atas itu masih untuk umur 42, 49 dan 56 hari. Tks. Model pembatasan yang saya teliti itu menghasilkan bobot badan sama dan FCR yang lebih baik serta angka kematian dan kelainan kaki yang lebih sedikit. Makanya, harus dipilih model pembatasan yang tepat, jika tidak maka hasilnya malah sebaliknya. Demikian juga, harus ada modifikasi dalam pemeliharaannya agar pembatasan pakan berhasil. Tks.

23 02 2013
mascuksusilo

Pak santoso, di commen bpk menulis menulis untuk umur 28saja bisa. Berarti dg metode pembatasan pkn seperti umur 42 untuk panen umur 33bisa ya pak? Terus maksutnya perlu dikaji ulang apaan pak?

23 02 2013
uripsantoso

Ya bisa, tapi masih dalam taraf penelitian, belum pada taraf aplikasi. Jadi, saya belum bisa menjawabnya sekarang. Tujuan pembatasan adalah meningkatkan efisiensi dan menurunkan lemak tanpa menurunkan berat badan pada umur pasar. Sayangnya, ini memang agak sulit diterapkan pada umur di bawah 42 hari. Namun, saya lagi meneliti pembatasan untuk umur di bawah 42 hari. Semoga berhasil.

23 02 2013
mascuksusilo

Kirakira klo berdasarkn data penelitian bpk, untuk panen umur 33 dengn pembatasan pakan seperti gbpk tulis fcr nya bs brp ya pak? Dan bobotnya bs mencapai standar sesuai umurnya gak pak?

31 12 2010
muhsadli

benar sekali prof saya mengalami kerugian besar dengan populasi 35 rb. mau menanyakan pemberian daun katuk caranya bagaiman prof….
atau rincian jadwal pembatasan pakannya prof…

1 01 2011
uripsantoso

Daun katuk bisa diberikan pada broiler sebesar 3% dalam bentuk tepung. Anda juga dapat mengekstraknya dengan air panas. Jika ini yang dipilih maka berikan sebanyak 18 g/kg pakan untuk ayam broiler. tq

15 01 2011
muhsadli

pa prof ayam saya ber umur 30 hari kebanyakan mati malam mulai umur 24 hari minimal mati malam 20ekor keatas populasi 8000ekor.. tanah di bawah kandang terlalu lembab.udah saya kasih kapur gamping…mau buka full terpal ayam kedinginan ngumpul di tengah. mohon petunjuk prof……

17 01 2011
uripsantoso

Ayam mati di malam hari bisa jadi berkaitan dengan kondisi lingkungan kandang, misalnya kelembaban yang tinggi. Kelembaban idealnya 65-70%. D malam har biasanya kandang dtutup. Ini berarti konsentrasi gas beracun tinggi di malam hari. Cobalah beri ventilasi yang cukup, kandang selalu bersih dan kelembaban dijaga 65-70%. tq.

18 01 2011
Fadillah

Pak Prof,mohon informasinya apakah pembatasan ransum makanan mempengaruhi kesuburan/fertilitas bagi ayam pejantan,soalnya kenapa ya kok banyak telur yang infertile meskipun sdh ada penetrasi,kalau dihitung prosentase sekitar 85% infertile,saya rugi kalau begini

18 01 2011
uripsantoso

infertilnya telur banyak faktor yang menyebabkannya, misalnya: 1) kualitas pejantan; 2) rasio jantan betina; 3) pemeliharaan ternak dll. Pembatasan pakan yang tepat dapat memperbaiki mutu reproduksi baik pada jantan maupun betina. Akan tetapi pembatasan pakan yang tidak tepat justru akan memperburuk mutu reproduksi. tq.

5 02 2011
Eking SULUT

Pak Prof..Saya peternak dari Sulawesi Utara..saya mau nanya nich. pada panen barusan, ayam saya ada 20% lumpuh…terus nafsu makan turun.. sehingga akhirnya ayam mati karena kelaparan…apakah itu jenis penyakit ND atau ada jenis penyakit yang lain…dan bagaimana cara mengatasinya atau ada cara pengobatan yang lebih efektif..???

5 02 2011
uripsantoso

Kelumpuhan dapat disebabkan oleh genetik, penyakit atau pakan. Ini harus diselidiki dulu penyebabnya, baru bisa dilakukan pengobatan. Coba dilihat apakah pakannya sesuai dengan kebutuhan? Jika ya, berarti disebabkan oleh genetik atau penyakit. Amati ayam pada perusahaan dimana Anda beli, jika yang lainnya ok-ok saja berarti disebabkan oleh penyakit. Jadi singkatnya harus diamati secara cermat terlebh dahulu. tq.

5 02 2011
Eking SULUT

Tq ats tnggapanya pak prof. Terus mau nanya lagi ni..dlm manajemen pemberian pakan..misalnya dalam 1000 ekor ayam, umur panen 35 hri dengan pemberian pakan pabrik 60 karung (3000 kg) apkah itu sudah efisien?terus apakah di umur 35 hri brat rata2 ayam bisa mencapai min 2kg? & brapa banyak pakan standar yg terpakai untuk itu?mhon pnjelasanya pak..sbelumx tq..

6 02 2011
uripsantoso

Secara rata-rata barangkali tidak sampai 2 kg, tapi biasanya yang jantan bisa mencapai 2 kg. Untuk mengetahui efisien atau tidak, kita bisa menghitung konversi pakan. Jika konversi pakan di bawah 2 maka efisien. Konversi pakan 2 artinya untuk menghasilkan pertambahan berat badan 1 kg dibutuhkan 2 kg pakan. Banyak cara untuk membuat lebih efisien, antara lain dg pembatasan pakan. Jadi kalau ayam pertambahan beratnya 2 kg maka dibutuhkan 4 kg pakan selama hidup broiler. Biasanya pada umur 35 hari, konversi pakannya sekitar 1,6-1,8. tq

9 08 2011
EKING_SULUT

Pak Prof…saya peternak dengan populasi 10000 ekor… saya baru buat kandang baru, dengan model panggung,, skrang ayam saya bermur 25 hari, tapi ayam terkena bermacam penyakit,,,ada yang matanya bengkak, lubang anusnya berdarah, sampai lumpuh, padahal sudah divaksin Gumboro dan ND…tetapi di panen2 sbelumnya tidak demikian dan perlakuan sanitasi serta desinfeksi kandang pun saya terapkan dengan baik…kira2 apa yang menjadi penyebabnya….????mohon ulasanya

9 08 2011
uripsantoso

Tidak mudah memprediksinya jika semua sudah dilakukan. Bagaimana dengan kebersihan kandang, kelembaban dan suhu kandang serta ventilasinya. Sebab hal seperti ini juga bisa menyebabkan berbagai penyakit dengan tanda-tanda seperti itu. Banyak terjadi di daerah lain, para peternak tergiur membeli berbagai suplemen yang sebenarnya fungsinya sama sehingga ini menimbulkan kelebihan dosis suplemen. Hal ini bisa menjadi rancun. Coba pula periksa pakannya apakah juga baik mutunya? Selain itu perlu diperhatikan sekitar kandang. bisa jadi penyakit datangnya dari luar. Thanks.

7 02 2011
Eking SULUT

Blh nanya lagi ni pak prof..?kalo konversi pakan 1.6 – 1.8, biasanya brpakah brat bdan tiap ekor ayam yg dihasilkan? Terus apa itu tidak terlalu kurang? Soalnya kalo pake sistem ad libitum, konversi pakannya pasti lebih dari 3..sebelumnya trma ksih banyak atas semua penjelasan pak prof..karena itu sangat membantu saya..

7 02 2011
uripsantoso

Berat badannya antara 1,8- 2 kg per ekor.

16 02 2011
sadli

selama ini saya selalu over pakan,,,bagaimana caranya program atau managemant prof kalo konversi pakan 1.6 – 1.8 Berat badannya antara 1,8- 2 kg per ekor. mohon petunjuknya prof,,,,,thanks

16 02 2011
uripsantoso

Selama konversi pakannya bagus, dan berat badan sesuai dengan selera konsumen tidak mengapa. Konversi pakan yang tinggi biasanya dikarenakan banyak pakan yang terbuang sementara kondisi kandang kurang nyaman. Jadi perlu diperhatikan kebersihan kandang, ventilasi yang baik, pemberian pakan yang tidak berlebihan sehingga tak banyak yang terbuang serta vaksinasi yang rutin. Bila memungkinkan di sekitar kandang terdapat pepohonan yang dapat memberikan kesegaran kandang dan mengurangi polusi di dalam kandang. tq

10 08 2011
EKING_SULUT

terus kira2 penyakit yang demikian itu apakah berbahaya ataukah dapat diobati…???soalnya setiap harinya pasti ada saja ayam yang mati….mohon petunjuknya pak proff……

25 02 2011
ade

Pak Prof… saya dari riau, mo nanya nih… disini para peternak melakukan pemberian pakan pada pagi dan sore hari. bila dilakukan pembatasan, bagaimana cara nya. terkadang pakan ayam habis sebelum waktu pemberian pakan, bukan kah itu sama artinya berpuasa juga bagi ayam nya??? hanya saja kita tidak tahu waktu nya seberapa lama ayam nya berpuasa. bagai mana mensiasatinya?? kemudian, mengenai daun katuk, boleh kan dicampur dengan minuman ayam dan berapa perbandingan campuran nya??

25 02 2011
uripsantoso

Itupun namanya juga pembatasan pakan. Ekstrak katuk juga dapat diberikan ke dalam air minum, banyaknya 4,5 g/l air minum. Atau bisa dibuat seperti cara pembuatan teh.

26 02 2011
ade

mo tanya lagi pak prof.. berapa lama pemberian ekstrak daun katuk ini di berikan sama ayam dan mulai umur berapa sebaiknya, jika ayam di rencana kan panen umur 35 hari??
satu lagi pak prof, untuk pemberian vitamin pada ayam, (contoh: vitachiks) mulai umur berapa dapat di berikan, dan kapan jadwal terbaik nya, apa kah setiap hari atau tidak? maaf pak prof, terlalu banyak tanya, maklum, masih peternak baru.

1 03 2011
ade

pak prof. maaf, nanya lagi, kalau ayam direncana kan panen umur 33 hari, bagaimana cara pembatasan makanannya? apakah bisa di terapkan cara yang pak prof jelaskan pada artikel tersebut? mohon pencerahan nya. tks.

1 03 2011
uripsantoso

Cara tersebut tidak bisa jika dipanen pada umur 33 hari, karena tidak akan mencapai berat badan normal. Tujuan utama pembatasan pakan adalah untuk menghasilkan lemak rendah dan efisiensi yang baik dengan berat yang normal. Pada umur 33 hari, broiler mempunyai lemak yang rendah dan efisiensi yang baik. Jadi belum perlu dibatasi pakannya. Ada cara lain untuk maksud pembatasan pada umur 33 hari, tapi mahal. tq

19 03 2011
ade

pak prof mo nanya lagi ni…. apa pengobatan yang bisa di lakukan pada ayam yang bersin bersin??

30 03 2011
Rianti

Assalamualaikum pak urip, salam kenal dari bantul. Saya peternak plasma populasi 5rb kandang terbuka, saya baru jalan 19 periode. Dari awal ngingu broiler saya menerapkan pemberian pakan dengan sistem bebas (pakan selalu ada di tempat pakan dari CI sampai panen). Apakah sistem bebas masih efisien pada ayam sekarang ya pak? Selama saya ngingu, rata2 per ekor dapat 2rb rupiah. Terimakasih. Salam..

2 04 2011
uripsantoso

Kita dapat memperbaiki efsiensi dengan beberapa perlakuan antara lain dengan pembatasan pakan yang saya tulis ini. Bukankah juga dengan sistem pemberian pakan bebas juga memperbanyak pakan yang terbuang. Anda dapat juga meningkatkan efisiensi dengan sedikit demi sedikit memberi pakan meskipun dberi bebas. Cara ini juga bisa meningkatkan efisiensi. Masih banyak lagi caranya. tks.

2 04 2011
Rianti

Terimakasih ya pak untuk penjelasannya..

8 04 2011
uminya mars fatih

Prof mau tanya.
Ampas tahu apa bisa buat pakan ayam, kata artikel yang pernah saya baca..lewat fermentasi. Bagaimana caranya ya..tq

8 04 2011
uripsantoso

Sdr Mara ampas tahu dapat dijadikan sebagai pakan ayam. Ampas tahu dapat diberkan kepada ayam sebanyak 5%. Jika difermentasi dapat diberikan lebih banyak lagi. Fermentasi bisa dilakukan dengan penambahan ragi, kapang atau bakteri. Ampas tahu dapat difermentasi misalnya dengan ragi tape. tks.

27 04 2011
agus

sya peternak baru krg lbh 2thn..
sya biasa panen ayam kcil 0.9-1.4kg..
bgmn pengaturan pembatasan pakannya??
tnx

27 04 2011
agus

untuk umur biasa panen 20-25 hari..

24 05 2011
saleh

ass, nanya prof,pakan broiler persentase yg jadi kotoran dan jadi daging,perbandingannya berapa prof? trims

25 05 2011
uripsantoso

Itu bergantung pada umur ayam broiler. Rata-rata 60% pakan yang jadi daging, tulang, lemak, bulu dll.

31 05 2011
Webster

Pak urip, saya mau tanya lagi. Obat anti biotik semisal cyprofloxacine bolehkah dicampur dengan air berkaporit ya pak? Makasih untuk jawabanya.

31 05 2011
Rianti

Pak urip, saya mau tanya lagi. Obat anti biotik semisal cyprofloxacine bolehkah dicampur dengan air berkaporit ya pak? Makasih untuk jawabanya..

31 05 2011
uripsantoso

Saya pikir tidak masalah. Sebaiknya gunakan air yang normal saja. Soalnya air berkaporit yang tinggi akan berpengaruh terhadap performa ternak. tks

2 06 2011
Rianti

Tempat kami di daerah pegunungan. Air di tempat kami pernah di lab-kan dan alhamdulillah kadar e.coli-nya masih di bawah. Pemakaian chlorine juga saya sedikitkan. Terima kasih pak atas penjelasannya. Salam dari bantul..

24 06 2011
sahmini

pa prof mau nanya,,,.. umur ayam saya sekarang 10 hari berat rata rata cuma 0.130gr. sudah saya maksimalkan pemberian vitamin..kok masih tidak sesuai standar umur 7 hari 0.150gr,, pakan masih standar,, saya mau tanyakan apakah doc saya terjangkit penyakit.,,, doc datang besar timbangan 00.40gr,,,dan apa yg harus saya lakukan,. pasca panen pasti saya rugi kalau tidak ada solusi dari prof,,,,mohon penjelasan nya,,,,,

3 09 2011
Drs. Zulfahmi

Perkenalkan saya Prof. Nama saya Zulfahmi . Saya peernak baru dengan kandang atap asbes . padasiang hari . suhu panas akibat pakai atap asbes.apakah tidak berpengaruh terhadap pertumbuhan ternak ?

4 09 2011
uripsantoso

tentu saja berpengaruh. suhu panas menurunkan berat badan dan efisiensi pakan. untuk itu ventilasi harus bagus. kalau perlu sekitar kandang ditanam pohon penyejuk.

4 09 2011
Drs. Zulfahmi

Prof. Urip Santoso yth, Trims jawababan Frof yang kemaren, masalah panas sekarang saya mau bertanya lagi. Saya mau jadikan lahan diatas kolam ikan
lele saa kandang ayam broiler, apakah baik untuk ternak ayam dan ternak lele. kalau berbau bagai mana cara menghiangkan bau dan lalat. Trims .Prof

4 09 2011
uripsantoso

Tidak masalah membangun kandang ayam broiler di atas kolam, namanya longyam. Memang sih berat badannya sedikit lebih rendah. masalah bau kandang bisa dikurangi dengan pemberian mirkobia efektif ke dalam ransum. Produknya sudah ada di pasar dengan berbagai merek dagang. tks

5 09 2011
Drs. Zulfahmi

prof. maaf saya mau bertanya lagi, untuk berternak ayam broiler, sistem gelar dengan sistem panggung apasiih untung ruginya. kalau untuk bobot ayam yang dihasikan mana yang lebih baik. untuk bau, mana yang lebih kurang baunya diantara dua metode ini. sebab saya mau mencobakan berternak ayam broiler dengan sekala yang agak besar. sementara ini baru sekala kecil kecil aja.saya mohon petunjuk dan bibimbungan dari prof. Atas segala info dari prof, saya ucapkan terima kasih.

5 09 2011
uripsantoso

sistem panggung untungnya lebih bersih, penyakit lebih sedikit, mutu karkas lebih baik, angka kemaatian lebih rendah. bobot badan realtif sama dengan sistem litter. kekurangannya perlu biaya awal yang lebih tinggi, yaitu membuat kandang panggung. tks.

6 09 2011
Hasbullah Thoyib

Ass,,Prof ,, salam kenal,,,
Sy memelihara ayam broiler dg memanfaatkan rumah tinggal yg kosong,,
pengalaman selama ini adalah kalo pagi hari udara didalam rumah tetap hangat,,, bobot ayam pada usia 30hr 1,5kg
apakah ada pengaruh terhadap berat bobot ayam?
terimakasih

9 09 2011
uripsantoso

Umur 30 hari sudah rata-rata 1,5 kg itu bagus sekali. Udara dingin memang dapat membuat sebagian energi dari pakan digunakan untuk mempertahankan suhu tubuh. Suhu yang ideal adalah rata-rata 25oC.

4 10 2011
Dody

Ass prof????mp pak saya mau tanya apa dengan bobot ayam 1.35/kg hbis pakan 5950kg dri populasi 2700 terlalu tinggi dn bgaimna cra mnekan pakan yang baik ….trms ya pak….

4 10 2011
uripsantoso

1,35 kg itu umur berapa? Jika ini umur 35 hari maka terlalu kecil. Tampaknya penggunaan pakan kurang efisien.

26 10 2011
siwha sparaw

umur 30hr yg ideal beratnya brp prof?…mksh

28 10 2011
uripsantoso

Umur 30 hari sekitar 1,5 kg, siwha

20 11 2011
siwha sparaw

prof…apakah ayam potong bisa dijadikan petelur?dan usia brp bisa bertelur…mohon penjelasanya…makasih

22 11 2011
uripsantoso

Bisa, umur bertelurnya seperti pada ayam petelur. Tapi tentu saja produksinya tidak seper4ti ayam petelur. Tks

16 12 2011
untung

prof..bl minggu ke 5 klu pagi diksh pkn ayam buras trs sore dan mlm diksh pkn standr broiler apa ada pengaruhny utk ayam?

19 12 2011
uripsantoso

Sebaliknya diberi pakan sesuai dengan kebutuhan ayam kampung agar efisien. Tks sdr Untung

20 12 2011
aries

pak santoso sy mau tanya..untuk menekan biaya pakan bisakah kita membuat campuran pakan sendiri di umur 21 ke atas gmn pak?semisal konsentrat,jagung,katul berapa perbandingannya pak?atau campuran bahan laen gimana pak santoso?trims,

21 12 2011
uripsantoso

Tentu saja bisa sdr Aries, asalkan sesuai dengan kebutuhan gizi ayam broiler. Kita bisa beli konsentrat, jagung, dedak, premiks dan mineral mix (jika belum terpenuhi kebutuhan mineral).

22 12 2011
aries

trimakasih bapak,,
ayam saya 2 ribu ekor pak.untuk mencampurnya ukurannya berapa pak per bahan agar harga per kilo pakan bisa lebih murah tapi gizinya tercukupi mksud saya begitu pak karena saya tidak bisa menghitung perbandingan kadar kebutuhan gizi yg diperlukan pak,
misalkan saja saya inigin mencampur bahan berikut:
1.pakan jadi
2.konsentrat
3.jagung
4.dedak
mohon bantuannya pak urip trima kasih,

28 12 2011
untung hari margana

maaf prof….yg saya mksud ayam broiler awal minggu ke 5 khusus pagi hr pkn diganti dg pkn jenis ‘pkn utk ayam buras’ efek negatifny apa? utk sore/mlm hr normal diksh pkn broiler. mksh

28 12 2011
taufik

salam,
sy peternak baru, berapa kg kebutuhan pakan perekor perhari menurut umur ayam sampai panen?
mohon informasinya, thx.

14 03 2012
Djoko supriyanto

Malam Prof sesuai artikel bapak pembatasan makanan untuk masa pemeliharaan 42 hari adalah umur 7 – 13 hari di puasakan selama 2 jam di pagi hari dan sore hari (Mohon Koreksi) yg saya tanyakan bagaimana jika masa pemeliharaan ayam 30 – 33 hari dengan populasi 5500 ekor, sebaiknya umur berapa di puasakan, berapa lama puasanya dan apakah puasa di waktu pagi hari dan sore hari juga untuk mendapatkan berat badan maximal

26 03 2012
hamdan

salam kenal sebelumnya,

saya peternak pemula, pernah membaca sebuah buku kalau program mati lampu dimulai umur ayam 8 s.d 20 dari jam 17.00-21.00
bagaimana menurut Bapak akan hal ini, mohon pencerahannya

terima kasih

27 03 2012
uripsantoso

Kalau hanya mati lampu tak apa, tapi jika termasuk pemanas perlu dipertanyakan karena pada umur 8 hari ayam masih butuh panas tambahan.

27 03 2012
hamdan

terima kasih Pak Pencerahannya
yang mau saya tanyakan lagi, apakah lampu yg mati selama 4 jam selama 13 hari tidak berdampak terhadapa penurunan bobot ayam ataukah hal ini justru dapat meningkatkan performa ayam?
sebenarnya program ini manfaat dan tujuan utamanya apa Pak?

27 03 2012
Djoko

Malam Prof sesuai artikel bapak pembatasan makanan untuk masa pemeliharaan 42 hari adalah umur 7 – 13 hari di puasakan selama 2 jam di pagi hari dan sore hari (Mohon Koreksi) yg saya tanyakan bagaimana jika masa pemeliharaan ayam 30 – 33 hari dengan populasi 5500 ekor, sebaiknya umur berapa di puasakan, berapa lama puasanya dan apakah puasa di waktu pagi hari dan sore hari juga untuk mendapatkan berat badan maximal ( Pak Tolong di jawab pak ya terimakasih )

27 03 2012
uripsantoso

Pembatasan pakan yang saya ajukan memang untuk umur potong 42 hari ke atas. Untuk umur 28-33 hari, model pembatasan pakan tidak cukup waktu untuk memulihkan penurunan berat selama pembatasan. Model pembatasan tersebut dapat diterapkan pada umur 28-35 hari, dengan syarat diberi pakan berprotein tinggi selama bebas puasa. Kan jadi mahal bukan?

30 03 2012
Djoko supriyanto

ok trims prof atas infonya dan ada caralain ga maksimalkan berat ayam dengan periode pemeliharaan sampe 33 hari

31 03 2012
uripsantoso

Ada beberapa cara untuk memaksimalkan berat badan, misalnya dengan memberikan feed additive atau feed supplement. Anda bisa menggunakan misalnya probiotik komersial yang banyak dijual di pasar. Hati-hati dengan pemalsuan. Tks.

28 04 2012
Ihsan Muttaqin

Salam Sukses Bapak Urip

Pada penelitian bapak, dengan pembatasan pakan di umur awal, pada umur 42 hari bobot rata2 ayam dan FCR nya berapa ya? terimakasih banyak, jurnal yang sangat menarik.

29 04 2012
uripsantoso

Bobot rata-rata diatas 2 kg dengan FCR sekitar 2,0. Tks

2 05 2012
khadijah djamil

salam sukses pak, kami beternak ayam broiler 2000 ekor dgn bermitra, tapi hasilnya belum pernah maksimal, bgmn cara pemberian pakan spy lebih efisien, panen antara umur 27-33 hari, dan berapa kali sebaiknya di beri vitamin dalam sehari, dan berapa kali diberi anti biotik dalam sehari, kebetulan jadwal pemberian vit dan antibiotik sdh ditentukan, yg kami bingung apakah pada pagi dan sore saja (2 x), atau pagi, siang, sore (3 x). Mohon penjelasannya Prof t kasih

2 05 2012
uripsantoso

Jika memakai pakan pabrik sejauh pengetahuan saya tidak perlu lagi memberi vitamin dan antibiotik. Pemberian vitamin dan antibiotik yang berlebihan — apalagi antibiotik — bisa membuat mikrobia patogen kebal dan juga terkumulasinya antibiotik dalam daging. Selain itu juga menambah biaya produksi kan, sehingga tidak efisien. Pemberian vitamin tambahan seperti vitamin C dapat diberikan ketika suhu lingkungan tinggi untuk menghindari stress panas. Tks.

2 05 2012
khadijah djamil

terima kasih prof ini sangat bermanfaat untuk kami dalam menjalankan bisnis ayam broiler, semoga prof sek selalu dalam lindungan Allah amin

18 05 2012
dian arum

ada yg ingin sya tanyakan prof…
tentang penjelasan mengapa FCR smakin mningkat ktika umur ayam bertambah penjelasan secara fisiologisnya bgmn?

19 05 2012
uripsantoso

Banyak sebab FCR tinggi sejalan dengan bertambah umur, antara lain: a) fungsi organ dalam menurun sejalan dengan bertambahnya umur; b) efisiensi pencernaan yang semakin menurun; c) metablolisme zat gizi yang semakin menurun sejalan bertambahnya umur. Tks.

22 05 2012
dian arum

terimakasih atas jawabannya….boleh sya tau tentang litelatur FCR smakin mningkat dengan bertambahnya umur ayam?

22 05 2012
uripsantoso

misalnya bioenergetics karangan Brody atau buku yang sejenis.

15 06 2012
purnama

Bgaimana cara mengatasi k0ndisi ayam agar tetap sehat. Dikarenakan jarak antar kandang 1 dgn yg laen skitar 15meter’an. Yg Antara kandang 1 dgn kndang laeny trsebut yg mengelola dan manjemenya brbeda.
Terima kasih

15 06 2012
uripsantoso

Biasanya dalam satu perusahaan mempunyai standar pemeliharaan yang baku. Nah, standar itu yang dipakai sebagai pedoman, sehingga siapapun yang memelihara harus memperhatikan standar itu. Kalau tidak akan kena sangsi. Tks

6 07 2012
AlvinParadiptya

selamat pagi prof, saya alvin mahasiswa kedokteran hewan. salam kenal ya prof, rasanya senang sekali membaca blog nya prof.. saya ingin bertanya prof.

1. skrang yg di keluhkan peternak broiler adalah harga sekam/litter yg semakin mahal. apakah ada alternatif litter selain sekam dg harga yg murah? apakah itu?

2. untuk pakan tambahan yg di campur dg pakan pabrik saya menggunakan pakan jagung. nah harga jagung jg semakin mahal. apakah ada alternatif pakan tambahan selain jagung dan dedak yg harga relatif murah dan mudah di jumpai ?

terimaksih prof, mohon pencerahannya

6 07 2012
uripsantoso

1. Pada dasarnya sekam itu sebagai alas saja, maka dapat diganti dengan bahan lain seperti daun alang-alang, jerami padi, serbuk gergaji atau apa saja yang banyak tersedia dan murah di tempat Anda.
2. Untuk mengurangi biaya pakan, Anda dapat menyusun ransum sendiri dengan bahan pakan yang ada di tempat tinggal Anda. Prinsipnya, kebutuhan gizi ternak tercukupi. Tks.

6 07 2012
AlvinParadiptya

kalau untuk program pencahayaan atau lighting program pada ayam broiler sebaiknya
1. lampu di matikan pada jam berapa sampai berapa? dan untuk umur berapa sampai berapa prof?
2. yang di gunakan pencahayaan ayam broiler di kandang lampu neon atau lampu pijar prof sebaiknya?

terima kasih prof maaf merepotkan.. mohon pencerahaanya

7 07 2012
uripsantoso

Banyak metode mengenai program pencahayaan. Yang dimaksud dengan periode gelap adalah memang benar-benar tidak ada cahaya yang masuk sedikitpun. Kalau kandang peternak di Indonesia rasanya tidak ada ya. Untuk program pencahayaan biasanya menggunakan windowless house. Lamanya pencahayaan bervariasi. Untuk yang biasa pencahayaan selama 14 jam. Biasanya siang hari diberi cahaya. Ada juga 2 jam gelap 2 jam terang.

20 07 2012
Irham

Mo tnya prof
brpa jam max memuasakan ayam?tq

2 10 2012
khadijah djamil

Assalamu alaikum prof. Kami beternak broiler dengan populasi 2200 ekor dengan bermitra. Untuk pakan sudah diberi petunjuk besarnya pemakaian setiap harinya. Yang jadi masalah besarnya jumlah pakan tersebut tidak mencukupi jika pakan harus tersedia setiap saat. jadi pemberian pakan tsb kami atur dengan cara pakan diberikan mulai pada umur 15 hari pada pagi hari sampai jam 12 siang, setelah itu dibiarkan tanpa pakan, selanjutnya diberikan pada jam 15 sore sampai pagi secara add libitum, apakah ini tidak akan mempengaruhi berat akhir , rencana panen umur 28 sampai 35 hari, tkasih prof kami sangat mengharapkan jawabannya. Wassalam

2 10 2012
uripsantoso

Jika Anda mengikuti pola kemitraan tentu saja sebaiknya mengikuti petunjuk kemitraan tersebut. Saya yakin, mitra Anda mempunyai tujuan tertentu dengan pola pemberian pakan terbatas tersebut,misalnya berat badan yang tertentu pada umur 28 atau 35 hari dengan efisiensi tertentu. Pola yang Anda lakukan tentu saja berpengaruh terhadap berat badan pasar.

4 10 2012
khadijah djamil

Terima kasih Prof salam sukses

9 10 2012
Hidayat Prayogo

Gimana dengan penggunaan tetes tebu? apa bener bisa meningkatkan berat?

10 10 2012
uripsantoso

Tetes tebu digunakan sebagai pakan unggas sumber energi. Tentu saja bisa meningkatkan berta badan. Tks

16 12 2012
agus

tanya pak,periode kemarin sy mencoba membatasi pakan, tapi banyak komplain dari bakul, katanya tembolok besar,gmna pak biar tembolok nggak besar tapi pakan tetep bisa dibatasi.terimakasih.

31 12 2012
LIZA TRI ASTINI E1C011052

LIZA TRI ASTINI
E1C011052

Pembatasan pakan secara kuantitatif akan lebih efektif, karena metode ini selain dapat memberikan hasil yang sama terhadap berat badan akhir dan mengurangi lemak tubuh juga mudah untuk dilakukan.Jika lemak tidak dikurangi akibat nya apa ya pk..???

8 05 2013
agus supriyadi

pemberian vitamin pada ayam broiler yang mengandung asam amino apa bisa meningkatkan bobot ayam ?

9 05 2013
uripsantoso

Mas Agus, semua kebutuhan ayam sudah dipublikasikan oleh NRC (1994) seperti kebutuhan vitamin, asam amino, mineral, energi dll. Jika semua kebutuhannya dipenuhi maka berat ayam akan mencapai optimal. Jika berlebihan atau kekurangan maka berat optimal tak akan tercapai. Tks

12 07 2013
indri

ngasih pakan jam 5.30 pagi baik tidak ya

13 07 2013
uripsantoso

Boleh saja Indri.

5 09 2013
hary

sangat bagus prof , penelitianya sangat bermanfaat bagi dunia peternakan sukses ya prof , sembah nuwun

10 10 2013
eman

mohon ijin, copy

26 01 2014
khadijah

Salam prof mohon pendapatnya tentang pemberian em 4 peternakan pada broiler kombinasi antibiotik tksh

27 01 2014
uripsantoso

EM4 digunakan sebagai pengganti antibiotik. Saat ini ada kecenderungan untuk mengganti antibiotik dengan mikrobia efektif termasuk EM4. Namun, superioritas abtibiotika belum bisa diimbangi oleh mikrobia efektif. Jadi tidak usah mengkombinasikan antara EM4 dan antibiotika. Tks

21 02 2014
kusnan

selamat malam pak urip saya mau tanya
pada umur berapakah yang paling tepat untuk pemberian extr katu atau tetes tebu atau prebiotik
sekarang umur ayam saya 21 hari panen 35 hari apakah tidak terlambat untuk diberikan

24 02 2014
uripsantoso

Untuk ekstrak katuk sebaiknya diberikan mulai umur 21-42 hari atau 14-35 hari. Tks

21 02 2014
kusnan

mohon sarannya pak terima kasih sebelumnya

28 02 2014
abandi

mohon sarannya apakah pemberian menir dapat meningkatkan bobot ayam prof? kalau ya umur berapa pemberian menir dilakukan>

4 03 2014
uripsantoso

Menir bisa diberikan pada ayam sebagai pengganti jagung (sumber energi). Tapi menir ada kekurangan spt zat pewarna kuning yang sangat rendah. Jadi hanya dpt digunakan terbatas. Tks

6 03 2014
ANDRI

Maaf pak mau tanya, apa pengaruh dari pemberian pakan yang terlambat pda DOC dan pemberian air minum. dan tembolok besar dikarenakan apa. terima kasih

9 03 2014
uripsantoso

Pengaruhnya jelas akan menghambat pertumbuhan, menurunkan efisiensi, meningkatkan angka kematian dan abnormalitas dan akhirnya akan menurunkan keuntungan yang diperoleh. Tks

9 03 2014
uripsantoso

Untuk uraian tembolok besar baca postingan saya yang terbaru. Tks

21 04 2014
saiful

mau tanya prof. apa efek positif dan negatif penambahan jagung pada pakan komersil ayam broiler? tq

21 04 2014
uripsantoso

Pada ayam broiler jagung dapat diberikan sampai dg 60% dari total ransum sebagai sumber energi dan sumber pigmen. Kalau jagung ditambahkan pada pakan komersial maka akan berdampak pada turunnya kadar protein dan naiknya kadar energi ransum komersial. Tks.

23 04 2014
saiful

kalau dampak lgsg ke ayamnya prof.

23 04 2014
uripsantoso

dampak langsung yang bisa diamati adalah turunnya berat badan dan efisiensi pakan. Tks

31 07 2014
aos farm

Untuk membantu mitra peternak dalam mengelola usaha ternak ayam potong, saat ini AOS FARM telah mengeluarkan produk organik yang bernama AOS AMINO TERNAK. Produk ini berbentuk cair dan pemberiannya dicampur dengan minuman. Hasil yang diperoleh dengan perlakuan aos amino ternak pada ayam potong antara lain:
1. Kandungan lemak pada karkas ayam lebih rendah.
2. Rasa daging menyerupai daging ayam kampung
3. Penggunaan pakan lebih hemat karena daya serap pencernaan ayam menngkat dari 20% menjadi 80%.
4. Kotoran ayam lebih sedikit dan kering kurang berbau.
5. Pertumbuhan ayam lebih seragam
6. Bobot ayam lebih tinggi 2 ons per ekor.
Untuk lebih jelasnya silahkan berkunjung ke http://www.aosfarm.blogspot.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: