Perencanaan Usaha

13 04 2008

Setelah ide untuk memulai usaha muncul, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat perencanaan. Perencanaan usaha adalah suatu cetak biru tertulis yang berisikan tentang misi usaha,  usulan usaha, operasional usaha, rincian financial, strategi usaha, peluang pasar yang mungkin diperoleh, dan kemampuan serta keterampilan pengelolanya. Perencanaan usaha  sebgai persiapan awal memiliki dua fungsi penting yaitu: (1) sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan manajemen usaha, dan (2) sebagai alat untuk mengajukan kebutuhan permodalan yang bersumber dari luar.

            Ada beberapa unsur yang harus ada dalam perencanaan usaha, yaitu (1) ringkasan pelaksanaan, (2) profil usaha, (3) strategi usaha, (4) produk dan jasa, (5) strategi pemasaran, (6) analisis pesaing, (7) ringkasan karyawan dan pemilik, (8) rencana operasional, (9) data financial, (10) proposal/usulan pinjaman, (11) jadwal operasional (Zimmerer, 1993). Menurut  Lambing (2000) perencanaan usaha memuat sejumlah topic yaitu: (1) ringkasan eksekutif, (2) pernyataan misi, (3) lingkungan usaha, (4) perencanaan pemasaran, (5) tim manajemen, (6) data financial, (7) aspek-aspek legal, (8) jaminan asuransi, (9) orang-orang penting, (10) pemasok, (11) Risiko

 

Ringkasan esekutif

            Ringkasan esekutif menjelaskan tentang: (1) maksud usaha, (2) usulan finansial, (3) permintaan dana, (4) cara menggunakan dana dan cara pembayaran kembali pinjaman.

            Ringkasan eksekutif ini dibuat tidak lebih dari dua halamaan yang memuat tentang:

(a)    nama, alamat, dan nomor telepon perusahaan.

(b)   Nama, alamat dan nomor telepon key person.

(c)    Laporan singkat gambaran perusahaan.

(d)   Laporan singkat gambaran pasar untuk produk.

(e)    Laporan singkat gambaran aksi-aksi strategis untuk meraih keberhasilan perusahaan.

(f)     Laporan singkat gambaran manajerial dan pengalaman teknik key person.

(g)    Laporan keperluan dana dan cara menggunakannya.

(h)    Rekening penerimaan dan neraca saldo.

 

Misi usaha

            Setelah ringkasan eksekutif maka uraikan misi usaha. Misi usaha menggambarkan maksud-maksud usaha dan filosofi manajemen perusahaan.

 

Perencaan usaha secara detail

(a)    latar belakang usaha: (1) laporan singkat sejarah perusahaan, (2) situasi yang ada saat ini.

(b)    Gambaran usaha secara detail: (1) keunikan usaha yang dimiliki, (2) bagaimana keunikan itu menciptakan nilai, (3) factor-faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan.

(c)    Analisis pasar: (1) potensi pembeli terhadap barang, (2) motivasi mereka membeli, (3) ukuran pasar (jumlah pelanggan di pasar), (4) pembelanjaan total tahunan, (5) sifat-sifat pembelian, apakah barang tahan lama? Apakah produk hanya dibeli pada musim tertentu?, (6) target pasar spesifik, apakah kita mengetahui konsumen potensial yang akan kita tuju, (7) pengaruh pasar eskternal, bagaimana masing-masing kekuatan eksternal mempengaruhi penjualan, misalnya factor ekonomi dan factor social.

(d)    Analisis pesaing, memuat gambaran tentang: (1) pesaing yang ada, jumlah pesaing yang kita kenal dan kepercayaan pelanggan terhadap kita, (2) perusahaan yang mungkin masuk pasar, siapa, kapan, dan mengapa masuk pasar? Apa dampak dari masuknya pasaing baru terhadap target pasar kita?, (3) kekutan dan kelemahan pesaing.

(e)    Perencanaan strategi usaha: (1) rencana untuk memasarkan produk, khususnya yang berkenaan dengan strategi pemasaran, seperti harga, promosi dan periklanan, dan pelayanan pada pelanggan, (2) bandingkan produk kita dengan produk yang sudah ada di pasar.

(f)      Spesifikasi organisasi dan manajemen: (1) bagaimana perusahaan diorganisir, (2) orang-orang kunci dalam perusahaan, beserta latar belakang dan sifat-sifat spesifik lain yang mempengaruhi keberhasilan usaha.

(g)    Perencanaan keuangan: (1) jumlah uang yang diperlukan untuk memproduksi barang dan jasa serta untuk operasional usaha, (2) ciptakan pembelanjaan kas untuk ditunjukkan kepada bank atau investor lain yang kan membantu pendanaan perusahaan, (3) proyeksi biaya operasional secara realistic untuk membiayai material, tenaga kerja, peralatan pemasaran, dan biaya lainnya,  (4) proyeksi dan aktualisasi necara dan laporan laba rugi perusahaan, (5) analisis peluang pokok.

(h)    Perencanaan aksi strategis: (1) penjelasan misi kita dalam perusahaan, (2) penampilan tujuan dan sasaran yang spesifik, (3) pernyataan strategi produksi dan pemasaran, (4) bagaimana strategi akan dikonversikan ke dalam perencanaan operasional, (5) prosedur pengawasan untuk menjaga perusahaan dari serangan.

 

Seorang calon pengusaha juga harus membuat usulan atau proposal usaha. Usulan usaha dimaksudkan untuk mengajukan dana kepada penyandang dana. Beberapa aspek yang biasanya  dimuat dalam proposal usaha meliputi: (1) manajemen usaha, (2) pemasaran, (3) produksi/operasional, (4) keuangan perusahaan.

 

Daftar Pustaka

Bulaeng, A. R. 2000. Komunikasi Pemasaran. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta.

Muntolib, A. 1979. Management dan Perencanaan. BPFE-UGM, Yogyakarta.

Ramli, R. dan A. Warsidi. 2001. Asas-asas Manajemen. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, Jakarta.

Suryana. 2003. Kewirausahaan; Pedoman praktis, kiat dan proses menuju sukses. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

About these ads

Actions

Information

16 responses

9 07 2008
abin

Blog yang bagus,
Saya tertarik dengan tulisan anda tentang perencanaan usaha, memang kalo kita membuat perencanaan bisnis seperti yang anda tulis pasti itu sangat ideal, tapi kadang-kadang tidak semua orang mampu untuk membuat itu, apalagi pada kalangan umkm. Tapi saya sudah mencoba membuat sebuah business plan melalui sebuah software, dari beberapa software yang saya coba “Business Plan Pro” lebih friendly.
Saya juga skrg lagi membuat sebuah blog yang berhubungan dengan perencanaan, bisnis, proteksi, klo ada kesempatan silahkan kunjungi; http://www.abin.co.nr
Bolehkah saya mengambil cuplikan dari artikel anda ini untuk saya sunting dalam blog saya? and saya akan mencantumkan blog anda ini dalam daftar link saya.
terima kasih
abin

10 07 2008
uripsantoso

Artikel saya boleh anda cuplik untuk blog anda, tetapi tolong ditulis sumbernya. Tentu saja saya akan mengunjungi blog anda untuk menambah pengetahuan saya. Thanks atas kunjungannya.

19 04 2009
jeems

wahhhhhhhhhhhhhhhhh bagus bgt tulisan anda.
oya mas ada g contohnya. usaha yang menengah

19 04 2009
uripsantoso

Sayang sekali saya tidak punya contohnya mas jeems. saya yakin anda bisa membuatnya. thanks.

2 06 2009
dorado david putrado

thank ya mas atas infonya cukup membantu saya untuk mengembangkan
perencanaan managemen usaha saya..

2 06 2009
uripsantoso

Terima kasih kembali sdr dorado.

25 09 2009
Syarif

Tulisan anda sangat bagus dan informatif. Ada tidak contoh yang lebih konkrit? Saya berminat mendirikan sebuah klinik di salah satu tempat di maluku, kalau sekiranya anda mempunyai contoh master plan terkait. Mohon kiranya di kirim ke malsyar307@yahoo.co.id. Terimakasih :-)

27 09 2009
uripsantoso

Ada tahapan yang harus anda jalani sebelum mendirikan klinik sdr syarif. Tahapan itu antara lain adanya kajian UPL/UKL yang merupakan dokumen pengelolaan lingkungan. Ini merupakan salah satu syaratnya. Barangkali anda dapat mencari informasi di Pemda setempat. tq.

15 10 2009
irko

ada tidak contoh perencanaan bisnis dengan menggunakan BUSINESS PLAN PRO?kalau ada tolong kirim ke email saya : irkointermilan@yahoo.co.id
Makasih banyak

15 10 2009
uripsantoso

sayang irko saya belum punya. tq.

30 01 2010
kartono anton

tulisan anda sangat bagus tentang perencanaan usaha and saya
tertarik untuk mempraktekkannya

31 01 2010
uripsantoso

silahkan dipraktekkan

18 04 2010
nus

mohon kalo ada contoh perencanaan strategi bisnis kuliner bagikan ke aku karena aku pingin buat usaha tapi tak tahu harus mulai dari mana, so thanks before and GBU

21 02 2011
usaha sukses

Kalo kita ingin buat usaha dalam skala kecil point apa yang bisa dilewatkan pak? Atau diabaikan dalam perencanaan?

2 11 2011
chusnul

gimana ci cara bikin blog

2 11 2011
uripsantoso

Cara bikin blog banyak disajikan di internet, tinggal browsing kok. Buatnya sih tak lama. Paling 5 menit jadi. Yang lama adalah ngisinya dan mempercantik blog agar pengunjung tertarik. Tks.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: