SOSIALISASI TRACER STUDY

8 04 2008

Tracer study dewasa ini banyak diterapkan untuk menelusuri sesuatu peristiwa atau fakta. Tracer study ini banyak berguna untuk mengetahui dan memperbaiki jaringan komunikasi yang pada akhirnya akan memperbaiki komunikasi. Perbaikan komunikasi sangat berguna bagi lancarnya arus informasi dari satu pihak ke pihak lain secara timbal balik.

            Oleh karena tracer study melibatkan banyak pihak, maka sosialisasi tentang rencana tracer study perlu disosialisasikan kepada masyarakat yang akan kita telusur.  Untuk tujuan tracer study bagi para alumni peternakan, maka  rencana tracer study ini perlu disosialisasikan kepada mereka. Sosialisasi ini amat berguna agar terbentuk saling pengertian di antara para alumni, sehingga mereka  akan berusaha memberikan informasi secara akurat. Mereka termotivasi membantu tracer study tentu saja karena hasil tracer study nantinya akan berguna bagi  masa depan mereka baik yang berkaitan dengan peningkatan karir, informasi kerja, hubungan personal ataupun bentuk-bentuk lainnya.

 

Informasi yang Harus Diperoleh

            Untuk keperluan tracer study bagi alumni jurusan peternakan, diperlukan beberapa informasi sebagai berikut:

1.      Data inviduvi yang meliputi data demografi, kelulusan, tempat kerja, gaji pertama, tahun lulus, tahun kerja dll.

2.      Arys informasi dari alumni ke alumni tentang informasi kerja, jenis pekerjaan, kondisi almamater, kondisi pekerjaan.

3.      Media yang digunakan dalam berkomunikasi antar alumni dan alumni, antara alumni-almamater, alumni-stakeholder dll.

4.      Jaringan komunikasi antara alumni-alumni-stakeholder-almamater.

5.      Jaringan komunikasi antara alumni peternakan UNIB dengan alumni peternakan di luar UNIB.

 

Tujuan Tracer Study

1.      Menjaring informasi tentang kondisi alumni Jurusan Peternakan-UNIB.

2.      Mengevaluasi jaringan komunikasi alumni-alumni-stakeholder-almamater.

 

Manfaat Tracer Study

1.      Sebagai bahan masukan untuk perbaikkan proses belajar mengajar di Jurusan Peternakan UNIB.

2.      Sebagai bahan untuk mengevaluasi kurikulum yang berlaku. Yang dievaluasi disini adalah apakah kurikulum sudah sesuai dengan kebutuhan stakeholder atau belum?

3.      Sebagai bahan untuk mengevaluasi materi-materi perkuliahan. Dari informasi tracer study akan diperoleh sesuai atau tidaknya materi perkuliahan dengan kebutuhan di pasar kerja.

4.      Sebagai bahan untuk mengevaluasi daya adaptasi lulusan di tempat kerja.

5.      Sebagai bahan untuk mengevaluasi angka pengangguran alumni peternakan, dan mencari solusinya.

6.      Mendapatkan masukkan yang berharga dari alumni guna perbaikkan mutu lulusan.

7.      Sebagai bahan untuk mengevaluasi citra Jurusan Peternakan di masyarakat, dan sebagai bahan untuk menyusun strategi promosi di masa yang akan datang.

8.      Sebagai bahan untuk mengevaluasi mutu lulusan Peternakan UNIB dengan alumni dari luar UNIB.

9.      Sebagai alat promosi yang efektif.

10.  Bagi alumni, dapat dijadikan alat untuk membentuk jaringan informasi, sehingga mereka selalu mendapat informasi yang mereka butuhkan setiap saat. Informasi tersebut amat berguna bagi pemenuhan kebutuhan mereka sendiri.

 

Luaran yang Diperoleh

1.      Model jaringan komunikasi  alumni-almamater-stakeholder, dan kemudian dicari upaya perbaikkan jaringan.

2.      Mutu dan kondisi alumni Jurusan Peternakan.

 

Manfaat Sosialisasi Tracer Study

            Rencana dan hasil tracer study perlu disosialisasikan kepada pihak-pihak yang terkait seperti alumni, almamater, stakeholder maupun masyarakat umum. Bagi alumni, sosialisasi perlu dilakukan agar mereka bersedia membantu informasi-informasi yang diperlukan dalam tracer study. Mereka perlu diberi informasi tentang manfaat  hasil tracer study bagi mereka secara langsung. Jika mereka merasakan bahwa tracer study nantikan akan membantu melancarkan kebutuhan mereka, baik kebutuhan yang bersifat materi maupun yang non-materi, mereka akan dengan sungguh-sungguh memberikan informasi yang akurat. Dengan informasi yang akurat ini, kita akan dapat membuat kesimpulan yang mendekati kenyataan di lapangan.

            Oleh sebab itu, dalam sosialisasi tracer study kepada alumni perlu dijelaskan secara jelas manfaat hasil tracer study bagi pemenuhan kebutuhan mereka. Manfaat tracer study bagi alumni yang pertama adalah mengetahui arus informasi yang ada. Dengan mengetahui arus informasi yang ada, mereka dapat mengetahui kelemahan arus informasi diantara mereka sendiri. Mereka dapat mengevaluasi arus informasi tersebut dan kemudian memperbaikinya. Dengan cara tersebut, mereka termotivasi untuk membentuk jaringan komunikasi yang lebih mantap. Jaringan komunikasi tersebut kemudian dapat diformalkan menjadi Ikatan Alumni. Ikatan Alumni inilah yang kemudian mengatur jalannya informasi diantara para alumni.

            Sosialisasi tracer study juga perlu diberikan kepada para dosen dan karyawan di lingkungan jurusan peternakan. Hal ini perlu dilakukan, agar  mereka juga menyadari akan pentingnya  hasil tracer study. Bagi dosen dan penyelenggara jurusan, hasil tracer study amat berguna bagi perbaikkan pembelajaran dan manajemen jurusan. Dengan demikian, jurusan akan selalu menjalin hubungan dengan Ikatan Alumni yang terbentuk. Jika kedua belah pihak telah menyadari bahwa hasil tracer study sangat berguna bagi pemenuhan kebutuhan masing-masing, maka jaringan komunikasi antara almamater dengan alumni dapat berjalan dengan baik.

            Sosialisasi tracer study juga perlu diberikan kepada stakeholder. Hal ini sangat penting agar stakeholder bersedia memberikan informasi yang diperlukan secara sungguh-sungguh. Kepada mereka tentu saja perlu dijelaskan manfaat yang akan mereka peroleh jika hasil tracer study akurat sesuai kondisi di lapangan.

 

Daftar Pustaka

Setiawan, B. dan A. Muntaha. 2000. Metode Penelitian Komunikasi II. Pusat Penerbitan Universitas Terbuka. Jakarta.

About these ads

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: