PENYUSUNAN STANDARD OPERATING PROCEDURE LAYANAN UNIVERSITAS BENGKULU

8 04 2008

Pendahuluan

            Universitas Bengkulu melalui visinya menyebutkan bahwa UNIB mengedepankan pelayanan prima kepada stakeholders, baik stakeholders internal maupun eksternal. Namun, visi yang amat luhur ini masih terkendala oleh berbagai factor antara lain oleh inefisiensi dalam melayani stakeholders serta banyaknya keluhan stakeholders tentang lambatnya pelayanan di UNIB ini. Dalam rangka mencapai pelayanan prima, yang ditandai oleh kepuasan stakeholders, adanya akuntabilitas publik dll maka perlu dilakukan evaluasi sejauh mana prosedur kerja telah dirancang, dilaksanakan dan direvisi serta bagaimana pelaksanaan SOP di lingkungan UNIB.

            UNIB bertekad untuk menerapkan prinsip-prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance), sehingga diharapkan akan mendorong terbentuknya manajemen UNIB yang lebih efisien, dan terbentuknya profesionalisme. Untuk mencapai kondisi tersebut, maka perlu adanya evaluasi  SOP yang telah ada dan merevisinya jika diperlukan, dan membuat SOP baru jika memang belum ada. Kata kunci utama dalam pembuatan SOP adalah disusun berdasarkan kebutuhan stakeholders, baik internal maupun eksternal.

 

Apa itu SOP?

            Standard Operating Procedure merupakan satu set pedeoman dalam suatu organisasi yang menjelaskan prosedur kegiatan rutin. SOP sangat dibutuhkan oleh suatu organisasi untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien. Sebelum membuat SOP, maka pada tingkat pertama UNIB  harus membuat kebijakan mutu layanan yang biasanya tertuang dalam visi, misi, dan Renstra UNIB, yang kemudian dituangkan dalam ”quality manual”.  Quality manual memuat kebijakan kualitas dan memberikan tinjauan umum dari proses-proses inti dalam suatu organisasi. Kebijakan mutu kemudian dijabarkan ke dalam SOP-SOP (tingkat kedua). SOP adalah prosedur-prosedur standard yang mendefinisikan bagaimana eksukusi berbagai tanggungjawab dari unit terkait yang relevan dengan investigasi mutu layanan. Agar SOP dapat dilaksanakan, maka perlu dibuat jabaran SOP secara teknis yang tertuang dalam instruksi kerja dalam suatu unit kerja (tingkat ke 3). Pada tingkat terakhir (tingkat ke 4) dapat dibagi menjadi dua. Bagian pertama meliputi formulir-formulir yang diperlukan untuk mendukung kegiatan layanan di UNIB, serta dokumen-dokumen pendukung terkait. Bagian kedua meliputi records yang berfungsi sebagai bukti bahwa langkah-langkah inti dari mutu layanan telah terpenuhi. Records berguna untuk analisis data dan peningkatan layanan yang berkesinambungan.

 

Manfaat SOP

  1. dapat digunakan sebagai sarana untuk mengkomunikasikan pelaksanaan suatu pekerjaan di UNIB.
  2. dapat digunakan sebagai sarana  acuan dalam melakukan penilaian terhadap proses layanan di UNIB.
  3. dapat digunakan sebagai sarana pelatihan bagi staf baru sehingga mengurangi waktu yang terbuang untuk memberikan pengarahan.
  4. dapat digunakan sebagai sarana mengendalikan dan menggantisipasi apabila terdapat suatu perubahan sistem di UNIB.
  5. dapat digunakan sebagai sarana audit sistem informasi di UNIB.

 

Pembuatan SOP

A. Penilaian kebutuhan SOP

            Langkah pertama dalam membuat SOP adalah penilaian kebutuhan SOP. Jika di suatu bagian/sub bagian belum ada SOP-nya, maka pertanyaan yang perlu dicarikan jawabnya adalah ”SOP apa yang dibutuhkan oleh suatu bagian/sub bagian/UNIB? Jika sudah ada SOP pertanyaannya adalah ”Apakah SOP yang telah ada mampu memenuhi kebutuhan organisasi UNIB?

 

B. Pengembangan SOP

          Langkah-langkah pengembangan adalah sebagai berikut:

  1. Pembentukkan tim dan kelengkapannya
  2. Pengumpulan informasi dan identifikasi alternatif.
  3. Analisis dan pemilihan alternatif.
  4. Penulisan SOP.
  5. Pengujian & Review SOP
  6. Pengesahan SOP

 

Peraturan Per-UU-an

Lingkungan Operasional

Kebutuhan organisasi & Stakeholder

Penilaian kebutuhan

 

SOP apa yang dibutuhkan?

 

 

 

Mampukah SOP

Yang ada memenuhi?

 

  Tidak

 

Ya

SOP yang

ada

Pengembangan SOP

 

                                         

Gambar 1. Model Penilaian Kebutuhan SOP

 

 

          Pengumpulan informasi dan data yang diperlukan untuk membuat SOP dapat dilakukan melalui brainstorming, focus group, wawancara, survey, benchmark dan telaahn dokumen. Pada tahap ini, perlu dipahami apa Tupoksi yang ada di UNIB? Perlu diidentifikasi jumlah layanan yang ada di UNIB. Setiap jenis layanan dapat menjadi SOP tersendiri, atau dapat pula jenis layanan yang sejenis/berkesinambungan dikelompokkan. Nah, layanan yang sudah dikelompokkan dibuatkan SOP-nya. Identifikasi apakah layanan telah sejalan dengan tupoksi? Identifikasi apakah di UNIB  sudah ada SOP-nya? Jika sudah, apakah sudah sesuai dengan  visi-misi UNIB yaitu memberikan pelayanan prima? Apakah layanan di UNIB sudah sesuai dengan kebutuhan stakeholders? Apakah layanan yang dilakukan telah efisien dan efektif? Adakah masalah dalam kegiatan layanan di UNIB? Efektifkah prosedur yang telah ada? Bandingkan dengan prosedur di tempat lain? Jika ada masalah, bagaimana prosedur-prosedur itu seharusnya berdasarkan data dan informasi yang ada? Dan lain-lain! Sebagai contoh, ditemukan bahwa di bagian kepegawaian terdapat masalah lamanya proses kenaikkan pangkat/jabatan fungsional, dosen kesulitan dalam mengurus kenaikkan jabatan/pangkat, dosen tidak tahu cara menghitung KUM, staf bagian ini kurang terampil, pimpinan menghambat, sidang senat universitas tidak jelas dll. Masalah-masalah ini kemudian dicarikan akar masalahnya, keterkaitan antar masalah dll., dan berdasarkan hal ini kemudian dibuat SOP yang mampu mengatasi akar masalah tersebut.

          Setelah kita mengumpulkan informasi dan data yang dibutuhkan serta telah mengidentifikasi apa yang terjadi, apa akar masalahnya, maka tahap selanjutnya adalah menganalisis dan memilih alternatif-alternatif prosedur (untuk memecahkan akar masalah dalam layanan) yang berhasil diidentifikasi untuk dibuatkan standardnya. Dalam tahap ini kita menganalisis a) kelayakan prosedur: realistik? Implikasinya? Reaksi yang mungkin timbul? Dll!, b) Implementasi: dapat diimplementasikan? Perlu training? Perlu sarana/prasarana baru? Perlu jabatan baru? Dll., c) Kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan, d) kelayakan politis: mencerminkan aspek akuntabilitas? Mempengaruhi citra UNIB? Dll. Hasil kegiatan ini dapat dilokakaryakan untuk mendapatkan masukan dari berbagai pihak.

 

Tabel 1. SOP yang disusun oleh UI

Manajemen Umum

Manajemen Akademik

1. Organisasi

1. Administrasi akademik

2. Dokumentasi

2. Records mahasiswa

3. Administrasi Umum

3. Sistem evaluasi dan konsistensi penerapannya.

4. Sistem Kontrak

4. Petunjuk dan konseling

5. Operasi dan pemeliharaan fasilitas

5. Pengembangan kurikulum

6. Pengembangan dan pelatihan staf

6. Metode belajar-mengajar

7. Sistem pelaporan

7. Manajemen laboratorium dan lat bantu mengajar

8. Human Rosource Management

8. Audit akademik

9. Audit internal

 

   

          Setelah dianalisis maka tahap berikutnya adakah pembuatan SOP. Dalam hal ini perlu dipertimbangkan sebelum membuat SOP yaitu tentang apa tipe SOP yang akan dibuat, format SOP yang dipilih. Seperti yang telah saya sampaikan bahwa setiap jenis layanan dapat dibuatkan SOP-nya, tetapi dapat pula layanan sejenis dikelompokkan kemudian dibuat SOP-nya. Untuk cara yang terakhir, SOP disusun dalam bentuk modul. Jika terdapat 10 layanan, maka dalam satu SOP terdiri dari 10 modul. Modul dalam SOP terdiri dari nama modul, tujuan, ruang lingkup, referensi, sarana, prosedur kerja, flowchart & lampiran. Misalnya, di subbagian regristrasi terdapat 6 layanan seperti daftar ulang, penerimaan mahasiswa PPA & PBM, regristrasi mahasiswa PPA & PBM, penerimaan mahasiswa lewat SPMB, penerimaan mahasiswa diploma, pembuatan KTM non reguler. Maka dalam SOP ini terdiri dari enam modul. Bisa saja setiap layanan dibuat SOP-nya. UI misalnya, mengidentifikasi bahwa di UI untuk 12 fakultas dan 1 PPS terdapat 2000 jenis layanan. Pada tahap pertama UI membuat 17 prosedur seperti yang tertera dalam Tabel 1.

 

          Format SOP bervariasi diantara organisasi. Tidak ada format baku yang wajib dianutnya. Pada umumnya SOP (adminsitrasi) mempunyai kelengkapan sebagai berikut:

  1. Sistem penomoran: penting untuk pengintegrasian SOP individual ke dalam  seluruh sistem.
  2. Kategori SOP: misal penanganan data (DATA), administrasi (ADM).
  3. Tanggal efektif: tanggal dimana SOP secara resmi digunakan.
  4. Tanggal revisi: tanggal diperlukannya revisi secara periodik jika diperlukan.
  5. Halaman judul: judul, nomor identifikasi SOP, tanggal pembuatan/revisi, tanda tangan dan tanggal penandatanganan oleh pejabat.
  6. Daftar isi
  7. Prosedur terdiri atas: a) tujuan, b) dapat diterapkan: mengidentifikasikan kapan prosedur yang telah disusun harus dilaksanakan, c) ringkasan, d) definisi: mengidentifikasi beberapa definisi yang digunakan dalam SOP terkait, e) kualifikasi personel: mengidentifikasi beberapa kualifikasi yang harus dimiliki oleh pengguna, f) kriteria, checklist atau standard lain yang harus diterapkan: menidentifikasi semua langkah langkah dan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menunjang prosedur, g) pencatatan: mencatat format yang digunakan, lokasi tempat file, dsb. Dapat pula dibuatkan latar belakang pembuatan SOP sebelum menulis tujuan.
  8. Kontrol kualitas dan jaminan kualitas: menggambarkan beberapa langkah pengawasan dalam proses pengiriman atau penerimaan suatu produk.
  9. Referensi

 

Adalah penting bahwa sebelum membuat SOP, UNIB perlu membuat SOP untuk pembuatan SOP di lingkungan UNIB.  Hal ini  bertujuan agar terdapat keseragaman format dalam pembuatan SOP di UNIB.
Contoh 1.
SOP Pengajuan Cuti Tahunan (Format simple steps SOP)

 

 

DEPARTEMENPENDIDIKAN NASIONAL

 UNIVERSITAS BENGKULU

Jalan Raya Kandang Limun Bengkulu

Telp. 21170-21884 –20236

Faksimile (0736) 20236 Kode Pos 38371A

Nomor : PK-C05

Tanggal: 4 Maret 2005

Tanggal revisi: 3 Maret 2005

Standard Operating Procedure

Pengajuan Cuti Tahunan

 

Dasar hukum:

 

 Prosedur:

  1. Pegawai yang akan mengajukan cuti tahunan, harus mengisi formulir cuti tahunan, dan menyerahkan formulir yang telah diisi kepada bagian kepegawaian untuk diteliti mengenai hak cuti yang tersisa;
  2. Pengawai yang mengajukan cuti menandatangani formulir pengajuan dan menyampaikan kepada atasan langsung yang bersangkutan dan pejabat yang berwenang memberikan cuti untuk ditandatangani;
  3. Atasan langsung menyerahkan kepada pegawai yang bersangkutan.
  4. Pegawai yang melaksanakan cuti wajib melapor kepada atasan langsung setelah melaksanakan cuti.

 

Disahkan oleh:

Kepala……………………

 

 

 

Contoh format diatas termasuk SOP yang sangat sederhana. Jika dibandingkan dengan format yang dikemukakan maka dapat dikatakan masih jauh dari sempurna.

 

 


 Daftar Pustaka

Anonim. ? SOP Preparing, approving and implementing SOP. California Department of pesticide regulation. ?

 

Jifsan Good Aquacultural Practices Program. ? Standard Operating Procedures. ?

 

Lembaga Administrasi Negara RI.  2005. Penyusunan Standard Operating Procedures. Lembaga Administrasi Negara RI, Jakarta.

 

Montana Department. ? Guidance for preparing a standard operating procedure. ?

 

Pusat Informasi Lingkungan Bapedal. ? Bapedal Environmental Management Services Project. Egis Consulting. Jakarta.

 

QMS.? Peningkatan Manajemen SDM: Pengembangan Quality Management System. UI. Jakarta.

 

About these ads

Actions

Information

149 responses

14 04 2008
isnani murti

SOP memang amat penting bagi lancarnya pekerjaan. Dapatkah anda membantu saya untuk membuatkan SOP untuk penyusunan kurikulum?

14 04 2008
uripsantoso

Penyusunan suatu SOP tidaklah mudah. Seperti yang saya tulis bahwa langkah pertama adalah menganalisis kebutuhan. Saya dapat membantu anda jika diberikan waktu yang cukup. Tentunya ini memerlukan sedikit biaya. Apakah anda setuju?

22 01 2011
agus kristanto

pak minta tlg.saya mau mendistribusikan motor baru,ke masing-masing devisi,dan untuk mobilitasnya per bulan harus lapor ke saya bag transportasi gimana pak ya bagusnya,
sebelu dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih

12 07 2008
evy

saya ingin membuat SOP yang mana akan saya terapkan di bisnis catering yang sedang saya jalankan. Selama ini, karyawan tidak pernah dibuatkan SOP secara tertulis. Mohon bantuannya. Terima kasih.

12 07 2008
uripsantoso

Dalam tulisan ini telah dijelaskan langkah-langkah pembuatan SOP. Jika anda belum bisa mengikuti langkah-langkah tersebut, anda bisa membuat instruksi kerja. Instruksi kerja merupakan urutan kerja dari langkah satu sampai terakhir. Untuk membuatnya anda perlu mengidentifikasi ada berapa jenis layanan di katering anda, misalnya penerimaan pesan, masak, membungkus pesanan, pengiriman pesanan dll. Masing-masing dibuat tahapan kerjanya. Hasilnya diujicobakan. Jika ada kelemahan diperbaiki. Anda bisa membuat instruksi kerja dengan bagan alir (flow chart). Semoga anda selalu sukses. Urip S

13 08 2008
nugraha

saya ingin membuta SOP untuk System jika ada error pada aplikasi, pada tolong dengan contoh

17 08 2008
uripsantoso

untuk membuat SOP diperlukan beberapa langkah seperti yang saya uraikan. Kita memerlukan survei untuk menentukan langkah-langkah yang tepat dalam SOP. Jadi saya perlu mempelajari apa-apa potensi di institusi anda untuk membuat SOP. Thanks. Anda dapat membuat instruksi kerja sebagai langkah awal. Buatlah instruksi kerja sesuai dengan apa yang telah anda lakukan dalam tugas anda. Thanks

31 08 2008
Agung

Terima kasih pak atas uraian SOP nya
Saya izin copy ya
Thx

Agung

31 08 2008
uripsantoso

Silahkan dimanfaatkan.

27 09 2008
johannes

Senang membaca tulisan ini, membantu saya menyiapkan SOP di tingkat Fakultas. Saya ingin tambahkan penyusunan SOP melulu bukan saja menyangkut kecakapan teknis, akan tetapi membutuhkan tanggungjawab pimpinan. SOP hanya berhasil bilamana menjadi persyaratan dalam menjalankan satu organisasi, fakltasmisalnya. Lebih dari itu, seluruh pelanggan internal haruslah sadar betul untuk menggunakannnya sebagai instrumen dasar dalam pelayanan. Karena isfat SOP selalu dinamis.

Jambi, 27 September 08.

27 09 2008
uripsantoso

Anda benar. Tanpa pelibatan semua unsur dalam organisasi maka SOP yang dibuat akan banyak kelemahannya dan ada kemungkinan tidak dapat dilaksanakan. Setelah SOP disusun, sering terjadi SOP tidak dijadikan dasar dalam kerja. Akibatnya SOP hanya menjadi dokumen yang tidak berguna. Ya, semua unsur dalam organisasi hendaknya menjadikan SOP sebagai pedoman dalam menyelesaikan tugasnya. Thanks.

21 10 2008
Days

Maaf, apakah anda tau mengenai buku khusus yang membahas SOP. Soalnya saya sangat memerlukan buku itu sebagai referensi untuk skripsi saya.
terimakasih.

21 10 2008
uripsantoso

Ada buku yang diterbitkan oleh Dikti tentang SOP. Selebihnya pembahasan SOP ada di buku-buku administrasi atau management. Thanks.

22 10 2008
devita

maaf,saya mau tanya buku apa yang membahas tentang SOP secara lengkap..? soalnya saya membutuhkan segala sesuatu tentang SOP untuk skripsi saya…terima kasih

15 12 2009
ian

sama nic gue juga lagi nyari skripsi saya ………
kalau loe dah ketemu bagi gw ya….
trimakasih sebelumnya…
sallam kenal ya Dev…

21 12 2009
uripsantoso

Ian buku tentang SOP sudah ada yang beredar di pasaran. tq.

23 10 2008
uripsantoso

Buku itu bukan diterbitkan oleh Dikti. Informasi tentang buku SOP yang saya maksud ada dalam daftar pustaka pada tulisan ini. Thanks.

26 11 2008
Risa dwia novA

Ada yang bisa bantu untuk contoh SOP Penggunanaan CCTV ga ?

30 12 2008
lie

sangat bagus sekali atulisan anda, saya ijin copy ya? teruys bisa ga klau saya diberi contoh SOP untuk sebuag CV

30 12 2008
uripsantoso

Sebenarnya contoh SOP di perusahaan dapat anda dapatkan dari internet. Coba browsing saja.

12 05 2012
kamarudin

salam kenal… anda bisa mendaptkan kumpulan contoh-contoh SOP perusahaan selengkapnya di http://bikinsop.blogspot.com/
terimakasih

30 12 2008
lie

trimakasih atas contoh yang nanti bisa diberikan

30 12 2008
uripsantoso

Pada dasarnya SOP untuk CV sama saja cara pembuatannya. Untuk memulai membuat SOP, coba anda tulis saja tahapan-tahapan yang harus dilakukan pada setiap kegiatan di CV anda yang telah dilaksanakan sehari-hari. Ini merupakan cikal bakal SOP. Tahapan-tahapan pada setiap kegiatan disebut instruksi kerja. Thanks.

8 01 2009
adiyanto eko pm

Salam kenal pak urip.

saya eko, civitas akademika univ. panca budi Medan.
selain mengenal via blog, sy juga kenal bapak dari teman bapak yg bernama pak Musriadi Nabeu.

Pak urip, bolehkah sy minta contoh SOP pembuatan anggaran belanja. Atas bantuan bapak sy ucapkan banyak terima kasih.

eko

8 01 2009
uripsantoso

Untuk membuat SOP, saya harus tahu dulu tentang anggaran belanja. Apa saja yang wajib harus ada. Tanpa itu saya tidak bisa membuatnya. Sedang contoh yang sudah jadi saya tidak punya. Maaf dan terima kasih.

9 01 2009
adiyanto eko pm

TERIMA KASIH PAK ATAS JAWABANNYA.
Insya Allah nanti akan sy kirim rincian belanja tetap dan tidak tetap.

eko

9 01 2009
uripsantoso

Sekalilagi untuk bisa membuat SOP, pembuat SOP harus menguasai bidang atau kegiatan yang akan dibuat SOP. Biasanya SOP dibuat oleh suatu tim yang memahami betul bidang itu. Pembuatan SOP juga memerlukan waktu yang tidak sedikit. Thanks.

10 02 2009
bayu Pamura

terimakasih atas contohnya pak, yang saya tanyakan apakah SOP adalah elemen yang termasuk diverifikasi dalam ISO 9000?

10 02 2009
uripsantoso

SOP merupakan salah satu item manajemen, sebagai pedoman pelaksanaan tugas pokok dan fungsi suatu institusi. SOP wajib ada dalam manajemen modern. Dengan SOP suatu institusi dapat mengevaluasi sejauh mana sistem berjalan dengan baik. Jika ada penyimpangan bagaimana memperbaikinya. Ibarat kita akan ke Jakarta kita harus tahu jalan tersingkat, terbaik dll. agar mencapai tujuan sesuai dengan target yang direncanakan. thanks.

16 02 2009
sri wahyuningsih

trimakasih, tulisan bapak sangat berguna untuk referensi saya. saat ini saya sangat membutuhkan contoh PP di perusahaan Trading perikanan, trimakasih.

17 02 2009
uripsantoso

Terima kasih kembali, semoga bermanfaat bagi anda.

19 03 2009
diani

saya baru saja diangkat kajur,bantu saya buat SOP sistem administrasi skripsi mulai dari mahasiswa memprogram skripsi sampai dengan ujian kompre dan sidang pendadaran. Tolong bri masukan ya..tks banget

19 03 2009
uripsantoso

Akan saya coba membuat instruksi kerja pembuatan skripsi mahasiswa s1, sebab lebih operasional dan lebih sederhana. thanks

21 03 2009
vivi

Mas urip…
kira2 buku :
Lembaga Administrasi Negara RI. 2005. Penyusunan Standard Operating Procedures. Lembaga Administrasi Negara RI, Jakarta.

bisa saya dapatkan dimana ya?
saya cari do toko buku gag ketemu.
tolong bantuannya mas…
terima kasih….

21 03 2009
uripsantoso

Anda sebenarnya bisa membeli buku SOP yang dijual bebas. Saya pernah menemukan buku tentang SOP. Selamat mencari. Harganya sekitar 70.000. thanks.

21 03 2009
uripsantoso

Buku itu memang tidak dijua. Tapi saya pernah menemukan buku yang dijual bebas tentang SOP. Harganya kira-kira 70.000. Saya pernah meihatnya di Gramedia.

2 04 2009
vivi

mas urip bisa kasih contoh kerangka SOP pada perusahaan farmasi gag?
thx…

2 04 2009
uripsantoso

Mohon maaf saya tidak bisa kasih contoh SOP farmasi. Untuk membuat SOP perlu langkah-langkah yang telah saya sebutkan. thanks.

15 04 2009
Antoni Kurnia Putra

Dimana saya bisa mendapatkan contoh-contoh penyusunan SOP tentang pelayanan

15 04 2009
uripsantoso

Ada buku yang dipublikasikan yang membahas tentang SOP. Anda juga dapat mencari di internet atau anda bisa ke instansi. Di instansi-instansi biasanya mempunyai SOP. thanks.

18 04 2009
Antoni Kurnia Putra

bisa diberikan contoh sop tentang pelayanan pada pdam dan langkah-langkah pembuatan

26 05 2009
nisa

saya mau membuat SOP untuk suatu pelatuhan mohon bantuan teman -teman. Mungkin ada yang sudah pernah buat. Terimakasih sebelumnya
Nisa

26 05 2009
uripsantoso

ayuk siapa yang bisa menolong sdr nisa

15 03 2012
awal

Oh mba nisa….Mba nisa buat dulu alur kerjanya….klo udah mba nisa buat instruksi kerjanya. begitu saran saya

14 09 2009
aerial123

Ketentuan dan kebijakan di perusahaan saya seringkali berubah membuat saya seringkali bingung terhadap revisi2 SOP.
Apakah sehat apabila suatu SOP sering berubah atau direvisi?
Apakah setiap perubahan ketentuan dan kebijakan perusahaan itu memerlukan revisi pada SOP nya?

14 09 2009
uripsantoso

SOP yang baik dapat berlaku dalam jangka panjang. Tentu saja jika SOP sering diubah itu menandakan bahwa SOP yang dibuat kurang baik. thanks.

28 10 2009
Tommy

Pak Urip, salam kenal…
bisa bantu saya dalam hal pembuatan SOP (langkah-langkah) terutama yang terkaitan dengan keselamatan kerja. apakah bapak punya reverensi SOP dalam bidang Teknik (Oil&GAS and Mining & Kontruksi). terima kasih sebelumnya

28 10 2009
uripsantoso

Saya tidak punya referensi sdr Tomy. Tetapi anda bisa membuat SOP dengan mengikuti langkah-langkah yang telah saya tulis dalam artikel ini. tq.

18 11 2009
man

oak izin kopinya ya…..menRIKNI

18 11 2009
uripsantoso

silahkan dimanfaatkan sebagai salah satu referensi. tq

11 01 2010
sinta buana

Salam sejahtera pak Urip…bisakah bapak membantu saya karena saya akan membuat SOP di Dinas Ksehatan Provinsi?? langkah awal apa yang harus saya kerjakan..tks

11 01 2010
uripsantoso

Langkah awal adalah menginventarisasi semua kegiatan yang ada di dinas. Baru kemudian digabungkan kegiatan-kegiatan yang sejenis. Setelah itu prioritas mana yang akan dibuat SOP. Soalnya, dalam suatu dinas tentu banyak kegiatan, sehingga tidak mungkin dalam satu tahun semuanya akan selesai. Setelah ditentukan prioritas, barulah kita menyusunnya. Tahapan menyusun SOP telah dijelaskan dalam makalah saya. tq.

20 01 2010
edy prast

Trimakasih atas informasi SOP di artikel. Saya ada sedikit pertanyaan. Kalau SOP perusahaan jasa ( bengkel atau produksi jasa) itu materi apa saja yang harus diperhatikan????

21 01 2010
uripsantoso

Penyusunan SOP bergantung kepada jenis kegiatan. Cobalah ikuti langkah-langah penyusunan SOP. Nanti akan ketemu. tq.

4 02 2010
Chendana Saksono

Pak bolehkah saya meminta template utk SOP usaha f&b atau ada contohnya..
sebelumnya saya ucapkan terima kasih

5 02 2010
uripsantoso

saya tidak punya contohnya, tapi bpk bisa membuat SOP dg langkah2 yang saya tulis, tq.

8 02 2010
faizal daud

APAKAH YANG DITERBITKAN LAN 2005 BISA DIJADIKAN ACUAN PEMBUATAN SOP

9 02 2010
uripsantoso

pada dasarnya tahapan membuat sop adalah seperti yang saya terangkan. Masing-masing penulis mungkin ada variasinya. Itu tidak jadi masalah. tq

4 03 2010
indah mutiara

Pak, bisakah saya minta tolong.Bagaimana membuat SOP untuk lembaga bimbingan belajar (privat) yang terdiri dari beberapa tentor? Dan bagaimana agar para tentor benar-benar serius dalam kerjanya (mengajar)?Karena para tentor sedikit yang serius, mereka lebih mengutamakan urusan pribadi dari pada kepuasan masyarakat terhadap pelayanan.Sehingga hal tersebut bisa menurunkan kualitas terhadap pandangan masyarakat.Padahal sebelum dibukanya bimbingan belajar tersebut, sudah diadakan rapat terlebih dahulu untuk menjelaskan apa visi dan misi, hak dan kewajiban tentor, serta informasi yang harus mereka ketahui.Sebelum rapat pertama saya memberikan informasi pada para tentor tentang waktu dan tempat rapat, informasi tersebut saya berikan 2 kali. yaitu 1 minggu sebelum rapat dan 2 hari sebelum rapat.Pada rapat pertama banyak tentor yang datang, bisa dibilang 90% yang datang.Pada rapat kedua, yang datang malah lebih sedikt, bisa dibilang hanya 10%.Memang sebelum rapat kedua saya hanya memberikan informasi waktu dan tempat rapat hanya 1 kali (1minggu sebelum rapat), yang mana tempatnya sama.Saya sengaja hanya memberikan informasi 1 kali untuk rapat kedua, agar bisa diketahui siapa saja tentor yang benar-benar serius.Saya minta tolong bagaimana solusinya.Sebelumnya saya haturkan terimakasih.

5 03 2010
uripsantoso

Sebaiknya Anda membuat deskripsi kerja untuk masing-masing tentor. Deskripsi kerja itu dibarengi dengan reward and punishment system, artinya ada sangsi bagi yang melanggar dan bagi yang patuh mendapat penghargaan. tq

9 05 2010
mustaqim

Tolong kirimkan contoh tabel SOP Laporan Kesaksian Kecelakaan kerja dunk… buat referensi sy…. thanks ya..

2 08 2010
benny

lagi buat sop buat online shop, haha semoga lancar setelah lihat contoh di atas

8 08 2010
uripsantoso

Iya sih maunya bisa membuatkan semua yang diinginkan oleh pembaca, tapi keswempatan dan kemampuan saya terbatas sdr benny. tq

22 09 2010
Baruno

Salam sejahtera pak, saya mau bertanya pak Urip, apakah SOP tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, apabila penghargaan dan hukuman bagi pegawai juga belum efektiv?

23 09 2010
uripsantoso

Sdr Baruno, SOP adalah tahapan-tahapan dalam suatu aktivitas yang harus dilakukan agar mencapai standard atau tujuan yang diharapkan. Jika tidak jalan maka harus dievaluasi mengapa tidak jalan. Mengenai sangsi sebenarnya sudah diatur, tinggal memberlakukannya. Jika ini tidak dilaksanakan maka SOP tinggal dokumen saja. tq.

23 09 2010
basri yusuf

Assalamualaikum ww.
Saya tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai sop untuk perguruan tinggi. Mohon bantuan bapak untuk memberikan alamat situs ditjen dikti yang dapat saya hubungi. Terima kasih atas bantuannya.

Wassalam.

24 09 2010
uripsantoso

Di blog ini sudah saya hubungkan dengan situs Ditjen Dikti. Coba lihat link di sebelah kanan blog ini bagian organisasi. Tq

25 09 2010
rio

Salam kenal pak urip,

Terimakasih untuk uraiannya,
Mohon ijin saya copy untuk reverensi pribadi.

Sy rio – jakarta, Background sy komputer akt, sy ada pengalaman untuk develop sistem it, tapi sekarang ini sy dpt tantangan baru untuk manage dua pabrik kecil di pinggir jkt.

1 pabrik lama yg hampir collapse produksi turunan plastik, byk sekali kesulitannya sehubungan dengan mesin yg rata2 sudah tua dan hampir tidak pernah bisa memenuhi target produksi.

pabrik kedua adl pabrik lama yg sedang berganti produk (kini produk air minum kemasan) kemungkinannya kesulitannya lebih sedikit krn menggunakan mesin yg semuanya brand new dan pastinya ada garansi dari importir.

Sedikit kesulitan bagi saya adalah karena saya ingin merubah sistem yg sekarang (tradisional) menjadi manajemen modern dgn sistem it sesuai kebutuhan.

Bagi sesama rekan pemula maupun praktisi sop senior mohon jalin kebersamaan, bisa add ym saya di adhi dot satrio at ymail dot com
Sukur bisa ngobrol conference bareng2 kapan2.

Terimakasih sebelumnya

Rio

Terimakasih sebelumnya.

27 09 2010
uripsantoso

Silahkan dimanfaatkan sdr Rio, semoga sukses selalu menyertai Anda.

27 10 2010
Kamilus

Pagi pak Urip. kami lagi menyusun Standar Operasional Prosedur, mohon info struktur pembuatan SOP..trims Pa Joko (Kamilus-Universitas Timor)

1 11 2010
uripsantoso

Mengenai struktur sudah saya uraikan di makalah. tq

16 11 2010
Dwi H

Pak Urip Santosa,

mohon informasi buku apa yang didalamnya sudah memuat contoh-contoh draft SOP utk semua jenis usaha perusahaan ?

Salam,
Dwi H

18 11 2010
uripsantoso

Sdr Dwi saya belum menemukan buku yang Anda maksud. tq

2 12 2010
Penanganan Sampah untuk Menuju Kota Bersih dan Sehat « Blog Archive « indraarsip

[…] PENYUSUNAN STANDARD OPERATING PROCEDURE LAYANAN UNIVERSITAS BENGKULU […]

4 12 2010
ekha

pak, apa anda memiliki contoh sop suatu perusahan?
saya sangat membutuhkannya untuk referensi tugas saya
terimakasih

6 12 2010
Ricky Wiersema

titanic almanac you accept

2 01 2011
djoy

pak, tolong dijelaskan jika sy ingin menyusun SOP pembinaan dan pelayanan masyarakat. Jika bapak punya contohnya bisa dikirim ke email sy (pacedjoy@yahoo.com)

thanks.

13 01 2011
Ses

Mohon izin Pak untuk menyadur tulisan bapak ini, saya fasilitator pada program pemberdayaan masyarakat di PRov. Sumut. Kebetulan, sedang memfasilitsi lembaga di perdesaan untuk menyusun SOP, sebagai acuan kelambagaan. Kalau Bapak tidak keratan, mohon referensi steakholder di Sumut yang bisa di ajak dialog atau pun diskusi dalam rangka perkeuatan kelembagaan di Perdesaan. Terima kasih Sebelumnya…

13 01 2011
uripsantoso

Silahkan dimanfaatkan sdr Ses. tq

13 01 2011
Ses

Terima kasih, Pak. Semoga bapak sekelaurga semakin suskes…amin.

13 01 2011
Ses

erima kasih, Pak. Semoga bapak sekeluarga semakin suskes…amin.

11 05 2011
nurida

aslkm..
pak, hmm, gmn cara buat SOp untuk perusahan jasa..
ap saja yg hrus kita buat..
mohon bantuanya… nie email saya. trimx.

11 05 2011
uripsantoso

Cara membuat SOP untuk perusahaan jasa juga sama saja langkah-langkahnya.

7 07 2011
Occe

kk faktor yang menjadi pertimbangan penyusunan SOP apa y?

23 08 2011
Lzy

Sering kali bila SOP telah disusun sedemikian rupa namun tidak dapat dijalankan sebagaimana mestinya. Jadi , menyusun SOP juga mempersulit prosedur kerja kita. Dan setelah di audit, kita gagal lolos. Bagaimana pendapat menurut Anda?
Mohon penjelasannya.

24 08 2011
uripsantoso

Dengan adanya SOP justru mempermudah layanan/penyelesaian tugas. SOP disusun berdasarkan kondisi nyata di suatu institusi, sehingga bisa dilaksanakan. Kalau SOP mempersulit berarti SOP-nya tidak baik dan perlu direvisi. Tks.

14 09 2011
rahardjo

Saya sedang ditugaskan atasan membuat SOP, yg saya tanyakan :
1.apakah proses membuat surat misal memparaf juga hrs digambar
2.surat tembusan ke fihak lain perlu digambar ? tks

14 09 2011
uripsantoso

Cara menyusun SOP bisa dalam bentuk diagram/flowchart atau tulisan saja

19 10 2011
Rasmalem

Kepada Yth Bapak Urip
Apakah Bapak punya contoh untuk pembuatan SOP untuk PUKET I (Bidang Akademik).

Thanks.
Rasmalem

19 10 2011
uripsantoso

Pembuatan SOP harus disesuaikan dengan kondisi nyata di institusi tersebut. Caranya dengan melakukan langkah-langkah yang saya uraikan. Tks sdr Rasmalem.

9 12 2011
Hanna

selamat siang pa,,,,,
slam knal saya hanna ,, Hana mau minta contoh bentuk SOP yang sudah baku ada tidaak pa ?? sbnarnya Hanna faham dngan artikel dan uraian yang bapa buat, dnan ada sedikit bayangan cuma kalau belum lihat konkretnya jadi bayanganya kabur-kabur bgitu… karena kebetuan Hanna diwajibkan untuk membuat SOP Secepatnya, jadi Hanna mohon bantuan bapa y untuk Attachment file contoh bentuk SOP yang sudah jadi k email saya y, mungkin kesini juga bisa pa d publikasikan karena Hanna yakin yang lain juga butuh bantuan bapa untuk bentuk konkretnya pa,,, jazakallah khaeron katsir sebelummnya pa..

9 12 2011
uripsantoso

SOP itu bervariasi Hana, tergantuung kepada karakteristik institusi dan kegiatan. Formatnya pun bervariasi. Yang penting tahapan penyusunan SOP seperti yang telah saya tulis. Tks.

3 01 2012
agung

Terima kasih atas infonya mas. Bagi yang ingin membuat sop perusahaan Jasa dan manufaktur, atau mau ikut workshop SOP bisa hubungi kita di Waru consulting, hub : agungbntr@gmail.com. Terima kasih. Agung.

6 01 2012
Agus Susanto

selamat malam pak
salam kenal, saya agus, saya mohon petunjuk pembuatan SOP Pertambangan, terimakasih Pak
salam hormat saya

Agus

6 01 2012
uripsantoso

Sdr Agus langkah-langkah pembuatan SOP Pertambangan sama saja. Atau begini saja, buat saja dulu instruksi kerja pada semua jenis kegiatan di pertambangan. Instruksi kerja dibuat berdasarkan tahapan pekerjaan yang saat ini dilakukan.Tks.

20 01 2012
diana

di suruh buat tugas SOP tapi bngung kya gi mana ??

21 01 2012
uripsantoso

kan sudah saya uraikan langkah-langkahnya. Atau sebagai tahap pertama buat instruksi kerja yang menguraikan tahapan kerja yang telah ada. Tks

22 01 2012
Dee Dee May

sy d bri tugas utk mmbuat SOP perusahaan d bid.pengolahan limbah industri oleh manager ….ini hal bru bt sy….ngblank….
mohon d bantu…tq…

22 01 2012
uripsantoso

Untuk membuat SOP tsb saya harus survey dulu ke perusahaan tersebut. Jadi Anda lebih tahu tentang keadaan perusahaan tsb. Tks

29 02 2012
zoel

sya diamanhkan buat SOP pelatihan dan seminar…bingung neh cz blm prnh buat sblmx..

15 03 2012
awal

browsing aja mas…SOP sudah banyak di internet contoh-contohnya

18 03 2012
Rio

Makasih ya pak..info sop nya..
Semoga saya bisa membuat management yang sukses.

11 04 2012
tie tien

trimakasih pak,, sangat berguna sekali utk bahan referensi saya..
salam sukses :)

12 04 2012
uripsantoso

Thanks Tie Tien. Salam kembali.

19 04 2012
sudjilah

thx untuk tambahan referensi kami

7 05 2012
ria

salam kenal, pak. saya ria, minta ijin copy untuk keperluan akreditasi ya, pak.

7 05 2012
uripsantoso

Silahkan Ria

12 05 2012
kamarudin

assalamualaikum,,salam kenal bapak dan ibu…nebeng info,
bagi bapak dan ibu yang membetuhkan kumpulan contoh-contoh SOP perusahaan monggo mampir ke blog saya.

http://bikinsop.blogspot.com

terimakasih

12 05 2012
kamarudin

didalam kumpulan contoh-contoh SOP juga ada dijelaskan cara membuat SOP..
atau SOP yang ada diambil langsung di edit bisa…
selengkapnya di

http://bikinsop.blogspot.com

atau kontak saya di 085649 866 123 untuk mendapatkan kumpulan SOP untuk dikirimkan ke email bapak/ibu.
terimakasih semoga bermnfaat

12 05 2012
uripsantoso

Terima kasih pak.

20 05 2012
Anggoro Suprapto

Trims, lengkap sekali. Pengertiannya juga mudah diserap dan jelas. Akan saya coba praktekkan dalam tim.

Salam kompak:
Obyektif Cyber Magazine
(obyektif.com)

19 06 2012
Ar-Rachman

Terimakasih sudah sharing tentang penyusunan SOP..
penyusunan SOP akan berbeda sesuai dengan sop ini akan diaplikasikan. perlu adanya pemetaan terhadap organisasi kita sendiri..

19 06 2012
uripsantoso

Benar. Memang tahap 1 dari penyusunan SOP adalah observasi, baru kemudian melakukan langkah-langkah seperti yang diuraikan dalam artikel ini.

8 08 2012
adam

Pak urip, kebetulan saya bekerja di salah satu perusahaan alat berat. saat ini kami sedang mempersiapkan ketidaksesuaian untuk re-sertifikasi ISO 9001 dan 14001. Permasalahannya adalah ada beberapa SOP ISO 9001 yang masih menggunakan tahun 2000 dan bukan tahun 2008. Melalui kasus ini perlukah saya melakukan revisi perubahan tulisan dari 2000 ke 2008. karena kalau revisi harus beberapa pihak yang menandatangani dan membutuhkan waktu yang sangat lama. mohon petunjuknya pak.

9 08 2012
uripsantoso

Secara substansial SOP yang sudah ada tak perlu direvsi jika memang secara nyata di lapangan tidak perlu ada revisi. Nah, masalahnya ada di ISO itu sendiri adakah semua SOP harus disesuaikan mengacu kepada yang 2008. Jika ya, berarti harus direvisi. Tks.

28 09 2012
Tari Shafira

Assalamu’alaikum … maaf pak urip mau tanya : saya ada dokumen Pedoman Mutu & K3, apakah dokumen itu bisa disebut SOP ?

Terimakasih bnyk atas jawabannya …Wassalamu’alaikum wrwb

28 09 2012
Tari Shafira

Assalamu’alaikum … maaf pak urip mau tanya : saya ada dokumen QSM Pedoman Mutu & K3, apakah dokumen itu bisa disebut SOP ?

Terimakasih bnyk atas jawabannya …Wassalamu’alaikum wrwb

30 09 2012
uripsantoso

Pedoman mutu berbeda dengan SOP. SOP itu lebih kepada mekanisme pelaksanaan agar mutu yang hendak dicapai dapat terpenuhi. Tks

20 12 2012
siti masruroh

salam kenal pak, saya skrg ditugaskan di perusahaan tekstil. saya diperintah untuk membuat sop untuk pabrik ini. apa sop sama seperti peraturan perusahaan yang lebih khusus di departemen masing2?

21 12 2012
uripsantoso

Sdr Siti, SOP itu merupakan prosedur standar operasionAL pada suatu layanan, agar layanan itu bisa prima sehingga pelanggan puas dan tetap menjadi pelanggan setia. sop Bisa juga prosedur kerja yang rinci sehingga tujuan bisa dicapai tepat waktu dan bermutu bagus. Tks

28 12 2012
greater london man and van

In the event it comes to publishing good information you surely are the don, high five from
me. ! . !

20 03 2013
iffa izza

pak, itu sudah contoh nyata SOP ?

21 03 2013
uripsantoso

Ya itu contoh SOP sederhana. SOP itu banyak macam dan jenisnya. Ada yang sederhana, semikompleks dan kompleks. Tks

30 05 2013
suleman

so much great data on here, : D.

inscriptionare si personalizare bijuterii de aur

30 05 2013
suleman

I precisely desired to say thanks once more. I am not sure what I could possibly have tried inside the absence of those tips contributed by you relating to such a subject. It had become a distressing condition in my view, even so , being able to view the well-written tactic you processed it produced me to weep over joy. Really grateful for your guidance and believe you realize what an incredible job you are doing instructing other people with the aid of a web site. Most likely you haven’t come across any of us.

personalizare bratari si bijuterii

30 05 2013
suleman

Some really good and utilitarian info on this internet internet site , also I believe the style and style holds great functions.

gravura co2

30 05 2013
suleman

Oh my goodness! an amazing post dude. Thank you However I’m experiencing concern with ur rss . Don’t know why Unable to subscribe to it. Is there anyone finding identical rss difficulty? Anyone who knows kindly respond. Thnkx

gravura co2

30 05 2013
suleman

I don’t normally take a look at these types of web sites (I’m a pretty modest person) – but even though I was a bit shocked as I was reading, I was surely a bit excited as properly. Thanks for producing my day

gravura co2

31 05 2013
suleman

A blog like yours should be earning significantly dollars from adsense..-.,”

personalizare bratari si bijuterii

31 05 2013
suleman

I’m glad to be one of the visitants on this excellent site (:, thanks for putting up.

personalizare bratari si bijuterii

31 05 2013
suleman

I always was interested in this topic and still am, regards for posting .

gravura co2

31 05 2013
suleman

Private Krankenversicherung – Nur dann, wenn Sie sich für die Absicherung über die Rentenversicherung entschieden haben, dann können Sie sich sicher sein, dass Sie im Alter so viel Geld haben, damit Sie Ihren Lebensstandard halten können.

inscriptionare si personalizare bijuterii de aur

31 05 2013
suleman

I just should let you know that you have written an excellent and exclusive article that I truly enjoyed reading. I’m fascinated by how well you laid out your material and presented your views. Thank you.

inscriptionare si personalizare bijuterii de aur

31 05 2013
suleman

This really is a good blog i need to say, generally i don????t post comments on others???? blogs but would like to say that this post genuinely forced me to do so!

personalizare bratari si bijuterii

31 05 2013
suleman

Hi, Neat post. There’s a difficulty together with your website in internet explorer, would test this… IE still may be the market leader and a big portion of folks will miss your wonderful writing because of this issue.

inscriptionare si personalizare bijuterii de aur

31 05 2013
suleman

Oh my goodness! a wonderful post dude. Thanks Nevertheless My business is experiencing issue with ur rss . Don’t know why Not able to sign up for it. Possibly there is any person obtaining identical rss difficulty? Anyone who knows kindly respond. Thnkx

inscriptionare si personalizare bijuterii de aur

31 05 2013
suleman

I would like to thnkx for the efforts you might have put in writing this weblog. I’m hoping exactly the same high-grade website post from you in the upcoming also. In fact your creative writing skills has inspired me to get my own internet site now. Truly the blogging is spreading its wings rapidly. Your write up can be a great example of it.

gravura co2

31 05 2013
suleman

What i don’t realize is in fact how you’re no longer actually a lot more smartly-liked than you may be appropriate now. That you are extremely intelligent. You understand thus significantly on the topic of this matter, produced me for my part envision it from so a lot of various angles. Its like men and women are not involved unless it’s something to do with Lady gaga! Your personal stuffs nice. Always sustain it up!

inscriptionare si personalizare bijuterii de aur

31 05 2013
suleman

Be the precise blog should you have wants to learn about this subject. You comprehend considerably its nearly onerous to argue to you (not that I personally would needHaHa). You undoubtedly put a new spin for a topic thats been discussing for some time. Nice stuff, just nice!

personalizare bratari si bijuterii

1 06 2013
suleman

I’m crazy about this weblog. I have visit so several time to this weblog. I was identified this blog from Google. I have received a good stuff of info. I really appreciate to meet to it and i emphasize to this blog. My curiosity to learn much more and a lot more on this blog.

personalizare bratari si bijuterii

1 06 2013
suleman

I’m not sure exactly where that you are finding your data, but good subject. I needs to spend some time learning significantly more or understanding much more. Thanks for fantastic information I was searching for this information for my mission.

gravura co2

1 06 2013
suleman

Some truly good stuff on this site , I it.

personalizare bratari si bijuterii

1 06 2013
suleman

This web site is usually a walk-through you discover the details it suited you about this and didn’t know who want to. Glimpse here, and you’ll undoubtedly discover it.

gravura co2

1 06 2013
suleman

I’m often to blogging and i also truly appreciate your internet site content. The content has actually peaks my interest. I am about to bookmark your weblog and sustain checking for new details.

gravura co2

1 06 2013
suleman

Excellent post. I be taught something much more difficult on entirely different blogs everyday. It need to always be stimulating to read content from other writers and observe a little bit 1 thing from their store. I’d prefer to use some with the content on my weblog whether or not you don’t mind. Natually I’ll give you a link in your net blog. Thanks for sharing.

inscriptionare si personalizare bijuterii de aur

1 06 2013
suleman

Youre so cool! I dont suppose Ive read anything like this before. So good to find somebody with some original thoughts on this topic. realy thank you for starting this up. this site is something that is required on the web, someone with a bit originality. valuable job for bringing something new towards the internet!

inscriptionare si personalizare bijuterii de aur

1 06 2013
suleman

Seriously very excellent contribution, I genuinely depend on up-dates of your stuff.

gravura co2

22 10 2014
Ponco Arisafandi

kadang agak ragu antara SOP, instruksi kerja, dan job des……bagaimana kedudukan istialh ini tks

28 10 2014
uripsantoso

SOP bersifat umum, sementara instruksi kerja & job descriptionitu lebih operasional. IK & JD sama saja.Tks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: